9 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A53, Harga dan Spesifikasi

Kembali lagi dengan pembahasan kelebihan dan kekurangan smartphone, kali ini hadir dari Oppo seri A yang rilis pada Agustus 2020 lalu. Smartphone ini di perkenalkan dengan nama Oppo A53 yang menghadirkan spesifikasi dan fitur yang mengejutkan dalam rentang harga 2 Jutaan saja.

Smartphone ini tentu hadir untuk mengakomodir kebutuhan dari para konsumen yang meninginkan fitur terkini, dan teknologi yang canggih pada smartphonenya.  Walaupun Oppo A53 ini termasuk dalam kelas entry-level, tetapi kalau kita lihat pada beberapa aspek spesifikasinya dapat dikatakan  smartphone ini mengadopsi beberapa aspek yang ada di kelas flasgship, walau tidak semua namun itu memberikan sesuatu yang berarti untuk bersaing di pasaran.

Oppo A53 ini sangat hebat dalam membawa berbagai kelebihan dan fitur kelas atas, seperti layarnya yang sudah membawa teknologi Neo-Display 90 Hz dan ini pertama kalinya untuk seri A, selain itu Performanya juga sudah cukup kencang dengan chipset terbaru dari Snapdragon.

Untuk mengetahui lebih lengkapnya pada hal-hal yang menarik, kita akan merangkumnya dalam Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Oppo A53 dalam artikel ini.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A33, Harga dan Spesifikasi

harga hp oppo a53

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A53

Walau dibandrol dengan harga 2 jutaan saja, tak menutup kemungkinan Oppo A53 ini memiliki banyak keunggulan pada setiap aspeknya. Seri kali ini juga menjadi penerus tradisi dari varian A series, yang membawa harga terjangkau namun tetap dengan kualitas spesifikasi yang luar biasa.

Tapi walaupun begitu, ada juga beberapa aspek yang menjadi kekurangan  dari Oppo A53 ini. Nah untuk mengetahuinya kita akan mengemasnya dalam satu pembahasan dibawah ini.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A54, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan OPPO A53

Sebenarnya smartphone ini adalah pilihan terbaik pada kelas entry-level, Dan menurut Arto Meidianto A sebagai PR Manager Oppo Indonesia menyebutkan bahwa Oppo A53 ini hadir sebagai komitmen Oppo untuk lini A-series. itu terbukti dengan ada banyak kelebihan yang terlihat dalam beberapa aspeknya, mulai dari Baterai, layar, chipset, dan lain-lain.

Untuk kamu yang pensaran dan berminat ingin membeli Oppo A53, mungkin dengan membaca ulasan kelebihannya sangat berguna untuk referensi ingin memmbelinya atau tidak.

1. Desain Bodi yang Mewah dan Elagan

desain mewah hp oppo a53

Oppo adalah brand smartphone yang terkenal dengan ciri khasnya dalam mengedapankan tampilan yang elegan dan stylish. Seperti Oppo A53 ini yang memiliki tampilan glossy dan paduan warna yang atraktif sehingga memberikan kesan mewan dan premium.

Ada dua pilihan warna yang ada di indonesia, yaitu Fancy Blue (biru terang) dan Electric Black (hitam gelap). Kalau kita lihat seklias bodi belakang dari Oppo A53 memancarkan warna garis cahaya seperti aurora, ini dinamakan 3D-curved iridescent Wave

Bodi belakangnya ini juga memiliki bahan plastik polikarbonat yang solid dan tak licin ketika digengam. Oppo A53 ini begitu luar biasa pada desain bodinya, apalagi dengan kombinasi frame dan metal coating di sisi smartphonenya yang membuatnya lebih terasa kokoh dan mantap di penggang.

2. Refresh Rate 90Hz

refresh 90hz hp oppo a53

Walau dapat dibeli dengan budget yang cukup murah, Oppo A53 ini ternyata sudah mendukung refresh rate 90 Hz yang dinama kamu bisa merasakan sensasi yang lembut dan nyaman ketika menggunakan smartphone.

Smartphone entry-level yang menerapkan 90 Hz refresh rate  untuk saat ini masih cukup jarang, biasanya kelas ini banyak menghadirkan refresh rate 60 Hz saja.

Untuk yang lainnya seperti touch sampling rate, layar ini mampu mencapai angka di 120 Hz. Sehingga menjadikan respon dari smartphone lebih cepat terhadap aksi yang dilakukan pengguna ketika menyentuhnya.

3. Kualitas Kameranya yang Oke

triple camera hp oppo a53

Untuk sektor fotografi Oppo A53 ini dibekali dengan konfigurasi triple-camera pada bodi belakangnya. Frame kamera ini di susun secara vertikal dengan modul berbentuk persegi dengan sudut membulat.

Ketiga kamera ini, memiliki spesifikasi 13 MP untuk lensa utama, 2 MP untuk lensa potrait, dan 2 MP untuk lensa makro. Walau kita tidak bisa melihat ada lensa telefoto disana, Tapi tenang kamera dari Oppo A53 in juga sudah mendukung zoom digital sampai 6 kali.

Beralih ke sektor depan, lensa selfie dari Smartphone ini memiliki resolusi 16 MP dengan desain punch-hole di atas layarnya.

Perlu kamu ketahui juga kamera dari Oppo A53 ini juga sudah menerapkan teknologi Artificial Intelegance terkini yang dapat mengambil gambar dengan natural dan pencahayaan yang maksimal.

4. Kapasitas Baterai yang besar

kapasitas baterai 5000 mAh hp oppo a53

Di era seperti sekarang tentu kita tidak bisa jauh-jauh dari yang namanya smartphone, kemana-mana harus ada smartphone di tangan kita. Ya ini disebabkan karena kamjuan teknologi yang semakin maju dan berkembang. Dan apakah kamu ciri-ciri orang yang ngak sabaran kalau baterai habis?

Tenang mungkin ini tidak berlaku pada Oppo A53, sebab kapasitas daya dari smartphone ini sangat besar, yakni 5.000 mAh yang dapat bertahan seharian penuh dalam pemakaian normal.

Kapasitas besar pasti chargingnya juga lama, tentu tidak demikian sebab Oppo A53 juga sudah dibekali dengan teknologi fast charging 18W. Ini memungkinkan kamu untuk mengisi daya dari 0% samapi 100% hanya kurang dari 20 jam.

Lalu jika baterai sudah hampir habis, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Super Power Saving Mode yang dapat memperpanjang masa pakai smartphone agar masih bisa digunakan. Ada juga fitur Sleep Standby Optimaization yang mampu membuat konsumsi daya hanya berkurang 2% ketika waktu tidur pengguna (atau 8 jam).

6. Sudah Menggunakan Triple Slot

triple slot card hp oppo a53

Slot tambahan untuk microSD saat ini memang sangat berguna, apalagi jika kita sering menyimpan file-file yang terpisah atau banyak, tentu penambahan memori eksternal sangat berguna, Apalagi smartphone kelas entry-level yang biasanya membekali memori internal mereka yang tidak terlalu besar.

Berbahagialah kamu, sebab Oppo A53 ini sudah menggunakan triple-slot untuk tempat dua simCard dan satu slot microSD sampai 256 GB. Jadi kamu tidak perlu repot-repot memasang dan mencopot kartu SIM maupun microSD untuk bergantian slot.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A15, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Oppo A53

Meski menjadi smartphone entry-level yang memiliki banyak kelebihan dan memberikan yang terbaik pada berbagai aspeknya, Oppo A53 ini tidak terhindar dari segi kekurangannya. Masih ada saja ketidaksempurnaan yang terlihat.

1. Tidak ada Lensa Ultra-wide

belum ada lensa ultra-wide hp oppo a53

Tidak ada peningkatan dari versi sebelumnya yaitu OPPO A52 yang sama-sama tidak mengahadirkan lensa tamabahan untuk sudut lebar atau ultra-wide. Absennya kembali lensa ultra-wide pada seri Oppo A53 ini tentu menjadi perhatian, sebab kalau kita lihat seri A lainnya yaitu Oppo A5 (2020) yang sudah menyediakan lensa untra-wide dengan resolusi 8MP.

Seperti kita ketahui, Lensa ultra-wide berguna untuk menangkap gambar dalam jangkauan yang lebih lebar, tentu untuk jaman sekarang yang notabennya serba digital, penangkapan gambar yang luas adalah nilai plus untuk sebuah smartphone.

2. Chipsetnya yang masih kalah saing

460 qualcomm snapdragon hp oppo a53

Dengan dibekalinya chipset Qualcomm Snapdragon 460 sebenarnya adalah nilai plus dari smartphone ini sendiri, chipset ini mampu memberikan performa 70% lebih baik ketimbang seri 450 sebelumnya. Selain itu Snapdragon 460 juga yang pertama kalinya dari seri 400 yang menghadirkan GPU Adreno 610 dengan manufaktur 11nm.

Ya walau begitu chipset yang digunakan Oppo A53 masih kalah dengan seri Oppo A lainnya. Seperti kalau kita melihat Oppo A52 dan Oppo A5 2020 yang sudah dibekali dengan Chipset Snapdragon 665 dengan performa yang jauh lebih cepat.

3. Resolusinya layarnya masih HD+

Layar dengan resolusi Full HD adalah nilai plus ketika sebuah smartphone sudah menggunakannya, Resolusi ini dapat memberikan pengalaman yang luar biasa kepada pengguna.

Namun sayangnya kita belihat ada kekruangan dari Oppo A53 ini yang hanya  memberikan resolusi layar HD+ saya, ini satu tingkat lebih rendah dari Full HD. Walau sudah termasuk baik, namun jika kita gunakan untuk menonton video, bermain game, dan melakukan aktivitas fotografi Akan berkurang kualitas dari tampilannya.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A11K, Harga dan Spesifikasi

Harga dan Spesifikasi Oppo A53

  • Nama : Oppo A53
  • Rilis: Agustus 2020
  • Bobot : 186 gram
  • Layar: LCD 6,5 inci  (rasio layar ~89,2%)
  • Resolusi : 1600 x 720 piksel
  • Refresh rate : 90Hz
  • Sistem Operasi : Android 10, ColorOS 7.2
  • RAM : 4 GB / 6 GB
  • Memori Internal : 64 GB / 128 GB
  • Chipset : Snapdragon 460
  • GPU :  Adreno 610
  • Kamera Belakang : 13 MP (lensa utama),2 MP (makro), 2 MP (lensa mono)
  • Kamera Depan : 8 MP
  • Baterai : 5.000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga resmi : Rp 2.499.000.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Find X3 Pro, Harga dan Spesifikasi

Kesimpulan

Oppo A53 ini sangat cocok untuk semua kalangan, terutama anak muda yang biasanya mencari smartphone murah namun tetap menghadirkan spesifikasi yang mumpuni untuk menunjang berbagi hal, seperti contoh bermain game yang cocok karena smartphone ini dibekali chipsetnya dengan Snapdragon 460, dan juga penggunaan sehari-hari yang sangat pas karena smartphone ini juga sudah dibekali dengan kapasitas baterai 5.000 mAh.

Dan untuk visualisasi dari layarnya yang sudah menggunakan Refresh rate 90Hz, menurut saya ini adalah yang paling menonjol, sebab penerapan ini sangat bagus apalagi notabennya Oppo A53 ini juga meruapakan smartphone kelas entry-level.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A74, Harga dan Spesifikasi

Kalau untuk hal kekurangan, mungkin tidak terlalu berarti untuk kita sebab beberapa aspek dari Oppo A53 ini sudah sangat baik sehingga menutup ketidaksempurnaan yang terlihat.  Oppo selaku merk Smartphone raksasa yang tak ada hentinya terus merilis produknya yang up-to-date dan banyak memberikan fasilitas beragam kepada konsumennya, tak heran smartphone dengan Merk Oppo banyak di cari-cari dan di mintai oleh orang-orang.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.