11 Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A54, Harga dan Spesifikasi

Pada 2021 ini OPPO banyak merilis smartphone terbarunya dibeberapa seri, walau kebanyakan seri Reno namun ternyata belakangan ini OPPO juga menambahkan wajah baru pada seri A-nya, yakni OPPO A54.

Smartpone ini membawa kesan spesial di pasar, sebab kalau boleh saya bocorkan, Smartpone ini secara spesial membawa banyak pembaruan pada setiap aspeknya baik itu dalam segi desain, performa, maupun teknologi yang dibawanya. Perlu kamu tahu juga, seri A dari OPPO ini terkenal juga dengan smartphonenya yang memiliki harga-harga yang terjangkau namun dengan jeroan yang tak bisa diragukan.

Ada fakta juga nih, mengutip dari Kompas.com. Smartphone OPPO di seri A ternyata menyumbang 40-50 persen penjualan di indonesia, ini tentu menjadi bukti bahwa fakta masyakarat indonesia biasanya mencari smarpthone yang murah namun tidak murahan, seperti OPPO A54 ini contohnya.

Mungkin kamu sudah penasaran kan dengan ulasan smartphone ini, nah saya juga. Untuk mengetahuinya lebih lengkap lagi, dibawah ini kita akan membahas Kelebihan dan Kekurangan OPPO A54.

Baca Juga : 7 Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A52, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan Smartphone OPPO A54

Pada segi kelebihan, saya bisa menilai bahwa Smartphone ini sangat baik pada setiap aspeknya, entah itu desain tampilan, kapasitas baterai, performa, teknologi, dan lain sebagainya.

Maka dari itu untuk kamu yang ingin mencari nih bagian-bagian spesial dari OPPO A54, dan ingin membandingkannya dengan smartphone lain, bisa membaca ringkas ulasan dibawah ini.

Baca Juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A92, Harga dan Spesifikasi

1. Desain stylish dan Tahan air

desain tahan air oppo a54

OPPO A54 ini membawa desain yang simple namun tetap stylish dan elegan. Desainnya sangat berbeda dengan pendahulnnya dari seri A yakni OPPO A53 yang memunculkan variasi gradasi warna yang ramai. OPPO A54 ini masih terkesan simpel.

Pilihan warnanya juga sangat pas sekali, ada dua pilihan warna, yaitu Starry Blue dan Crystal Black. Kedua pilihan warna ini tampak glossy dan mengkilap ketika terkena cahaya, ada efek-efek gradasi warna disana, hal ini karena adanya teknologi electroplating dengan tiga lapisan penyemprotan warna yang hasilnya dapat memberikan gradasi bingkai yang halus dan modern.

Nah ada satu lagi yang menarik pada smartphone ini, yaitu seritifkasi IPX4 yang secara hebat bisa memproteksi smartphone terhadap cipratan air, hal ini juga dibuktikan dari beberapa uji ketahanan. Angka 4 pada IPX4 ini membuktikan bahwa smartphone ini mampu tahan pada cipratan air pada berbagai sisinya, hal ini berbeda dengan angka 3 yang ada di IP53 yang hanya bisa tahan air pada satu sisinya saja.

Sebenarnya dengan harga hanya 2 jutaan saja, OPPO A54 ini sudah termasuk smartphone yang terjangkau yang menyajikan teknologi tahan air paling baik.

2. Layarnya yang lebar dan memuaskan

layar 6,5 inci oppo a54

Layar yang dipasangkan pada OPPO A54 ini sangat baik pada kelasnya, dengan kehadiran layar bertipe punch hole 6,51 inci tentu menjadi pembeda pada smartphone ini. Apalagi rasio to bodi dari layarnya mencapai 89, 2% lo.

Dengan panel IPS LCD dengan resolusi HD+ (1600 x 720 piksel) layar IPS dari OPPO A54 ini sanggup menawarkan reproduksi warna yang natural dan mampu terhindar dari efek burn-in (perbedaan warna layar yang terlihat seiring umur pemakaian smartphone), seperti layaknya panel AMOLED.

Selain lebar, layar dari OPPO A54 ini juga menyediakan tiga fitur yang sangat berguna sekali, Yakni Smart Sunlight Screen dan Moonlight screen yang mampu menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis sesuai lingkungan penggunaan baik itu dibawah sinar matahari maupun di malam hari, dan Eye Comfort Mode yang bisa mengubah temperatur warna sehingga bisa menjadi lebih hangat, ini juga bisa menyaring warna biru sehingga kita tidak mudah lelah ketika menggunakan smartphone.

Untuk laju penyegeran atau refresh rate dari OPPO A54 ini sudah mendukung 60Hz dan touch sampling rate sampai 120Hz.

3. Kapasitas baterai 5000 mAh

kapasitas baterai 5000 mAh oppo a54

Hal lainnya yang menjadi hal yang menonjol pada smartphone ini, adalah kapasitas baterainya yang menggunakan 5.000 mAh.  Kapasitas segini mungkin bukan yang paling besar, namun untuk soal awet mungkin bisa pertimbangkan. Mengingat resolusi layar dari OPPO A54 ini hanya HD+, maka baterainya pun juga tidak gampang terkuras.

Jadi untuk penggunaan sehari-hari masih bisa diandalkan, OPPO sendiri bahkan mengklaim bahwa dalam kondisi baterai penuh, OPPO A54 ini bisa digunakan untuk menonton video stremming sampai 19,9 jam dan mendengarkan musik tanpa henti bertahan hingga 41 jam!.

Selain memiliki kapasitas baterai yang besar, ada juga fitur-fitur fungsional yang turut hadir seperti Super Power Mode yang bisa kamu aktifkan untuk membuat ponsel bertahan lama ketika baterai sudah menipis.

Baterai yang tahan lama dan besar tentu tidak lengkap jika tidak disandingkan dengan teknologi pengisian cepat, OPPO A54 ini menggunakan fast charging berdaya 18W (9V, 2A) yang memungkinkan kamu untuk bisa mengisi baterai ketika habis sampai penuh dengan cepat.

Untuk fitur fungsional dari pengisian dayanya, adalah fitur Optimized Night Charging yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah smartphone agar tidak overchraged ketika di isi dayanya. Intinya fitur ini bisa kamu gunakan ketika kamu mengecas hp dan ditinggal tidur, daya dari adaptor akan mengisi baterai hanya sampai 80 persen kemudian aliran listrik akan diputus walau kabel cas masih terhubung.

4. Memori yang Besar

OPPO A54 ini secara spesial mempersembahkan memori yang besar untuk smartphonenya, baik itu memori RAM atau memori ROM. Dengan RAM 4GB dan Internal 128GB tentu ini sudah termasuk besar dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Apakah kapasitas memori internal 128GB masih kurang? Tenang OPPO A54 ini juga sudah mengukung slot microSD yang dirancang secara terpisah dengan dua tempat nanoSIM.

RAM 4GB yang diberikan juga sudah sangat pas apalkagi dikelas entry-level, kapasitas ini membuat perangkat A54 menjadi lebih mulus apalagi RAM juga menggunakan tipe LPDDR4X yang memiliki peningkatakan performa puncak sampai 10% lebih tinggi dibandingkan teknologi sebelumnya.

5. Triple Kamera AI

triple kamera AI oppo a54

Bukti bahwa OPPO A54 menyasar kalangan muda terbukti dengan hadirnya dukungan Triple AI Camera yang mumpuni untuk digunakan aktivitas fotografi. Dengan spesifikasi kamera utama 13 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera bokeh sebesar 2 MP, tentu ini menjadi hal yang pas untuk digunakan potret memotret.

Selain itu, ketiga kamera tersebut juga sudah dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan yang bisa dinikmati penggunanya, teknologi itu meliputi beberapa contoh. Seperti Dazzle Color yang bisa digunakan untuk meningkatkan saturasi dan kecerhaan gambar, AI Scane Recognition yang mendukung 23 suasana pengenalan secara otomatis, Ultra Night Mode yang bisa menjadi solusi unutk kamu ketika menangkap foto di malam hari.

Beralih ke kamera depan dengan spesifikasi 16 MP, dengan desain punch hole di kamera depan dari OPPO A54 ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi AI agar foto yang dihasilkan bisa memberikan hasil yang berkualitas, tajam, dan jernih.

6. Fingerprint dan Port yang lengkap

sensor fingerprint oppo a54

Fingerprint dari OPPO A54 ini terletak di samping smartphone, hal ini berbeda dari pendahulunya yaitu OPPO A53 yang memiliki fingerprint sensor di bagian bodi belakangnya. Fingerprint yang ada pada OPPO A54 ini terletak di bawah tombol power smartphone, posisi ini dirasa cukup ideal dan lebih mudah untuk dijangkau ketika kamu ingin membuka kunci dengan fingerprint.

Walau dapat dijangkau dengan harga yang cukup terjangkau, bisa saya katakan OPPO A54 ini memiliki sensor-sensor yang cukup lengkap, mulai dari akselerometer, cahaya, kompas, dan proksimit.

Selain sensornya, Smartphone ini juga cukup lengkap dalam hal Port yang dimilikinya. Disana ada USB C dan jack audio 3,3 mm yang dipasang pada bagian bawah smartphone.

7. Sudah mendukung Dedicated Slot

sudah mendukung Dedicated Slot oppo a54

Dedicated slot atau tiga slot untuk dua simCard dan satu microSD. Tentu ini adalah hal yang spesial, dukungan slot untuk microSD sangat bermanfaat jika kamu membutuhkan penyimpanan yang lebih besar.

Walau sudah dibekali dengan memori internal sebesar 128GB, tak mengehentikan niat OPPO untuk memberikan triple slot card untuk OPPO A54 ini. Jadi kamu tidak perlu mengorbankan satu simCard jika ingin memasang microSD atau sebaliknya, seperti layaknya pada tipe Hybrid Slot.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A53, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Smartphone OPPO A54

OPPO A54 bukan sebenar-benarnya smartphone yang sempurna di mata, masih ada saja kok kekurangan yang nampak dari dalam maupun luar smartphone ini. Nah dibawah ini kita akan mengetahui kekurangan-kekurangan tersebut, agar kamu bisa mempertimbangkan lebih dalam lagi untuk membawa pulang OPPO A54 ini.

1. Resolusi layarnya masih HD+

resolusi layar HD+ oppo a54

Untuk kamu yang mencari smartphone dengan tipe layar yang tajam dan lebih jernih, mungkin OPPO A54 tidak termasuk ke kategori tersebut. Sebab smartphone ini hanya menggunakan panel layar HD+ saja, hal ini tentu akan membuat kegiatan visual kita menjadi kurang tajam ketika digunakan untuk bermain game, menonton film, dan lainsebagainya.

2. Refresh rate hanya 60Hz

Masih termasuk kedalam aspek kekurangan dari layar OPPO A54, smartphone ini hanya menggunakan laju penyegaran 60Hz saja. Hal ini tentu menjadi kekurangan sebab kalau kita bandingkan dengan pendahulunya yakni OPPO A53 yang sudah memiliki refresh rate 90Hz.

Besarnya refresh rate ini sangat berpengarug pada kenyamanan ketika kamu menantap layar, seperti pergerakan dan kelancaran dari visual layar, dan halusnya layar ketika digunakan untuk scrolling medsos atau bermain game.

3. Chipsetnya masih kalah saing

OPPO A54 ini kurang cocok untuk kamu yang gemar bermain game berat-berat, sebab smartphone ini hanya dipersenjatai dengan chipset MediaTek Helio  P35 saja. Chipset ini sama dengan yang digunakan pada OPPO A15 yang notabenny adalah pedahulunya, walau memiliki harga yang sangat jauh berbeda namun kedua seri smartphone ini tidak jauh berbeda pada hal performanya.

4. Tidak ada proteksi layar

Walau kita bisa menemukan ada banyak kelebihan pada aspek layar dari OPPO A54 diatas, namun tidak disangka ada juga kekurangan yang nampak disana. Dengan spesifikasi layar berpanel IPS LCS sangat sayang jika OPPO A54 tidak dibekali dengan satupun pelindung layar disana.

Absennya proteksi layar ini memaksa kamu untuk memasangkan Tempered Glass guna melindungi layar dari goresan atau meminimalkan benturan yang menyebabkan layar pecah.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A74, Harga dan Spesifikasi

Harga dan Spesifikasi HP Oppo A54

  • Nama : Oppo A54
  • Rilis: April 2021
  • Bobot : 192 gram
  • Layar: Punch Hole 6,54 inci
  • Resolusi : 1600 x 720 piksel (HD+), rasio to bodi 89,2%
  • Sistem Operasi : Android 10, ColorOS 7.2
  • RAM : 4 GB & 6 GB
  • Memori Internal : 64 & 128 GB
  • Chipset : Mediatek MT6765 Helio P35 (12 nm)
  • GPU :  PowerVR GE8320
  • Kamera Belakang : 13 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (bokeh)
  • Kamera Depan : 16 MP
  • Baterai : 5.000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga resmi : Rp 2.699.000

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A74 5G, Harga dan Spesifikasi

Kesimpulan

Sekian dulu untuk ulasan kelebihan dan kekurangan OPPO A54 diatas, smartphone ini memang bisa diandalkan untuk berbagai hal mengingat kalau kita melihat baterai, kamera, dan perfroma sudah cukup baik untuk mengakomondasi kebutuhan pengguna. Namun tidak selamanya ini sempurna, ada plus dan minusnya tentu saja.

Dengan bandrolan harga yang hanya 2 jutaan saja, OPPO A54 pun tidak luput dari yang namanya kekurangan juga. Smartphone entry-level ini namun masih oke untuk menunjang aktivitas sehari-harimu, seperti berofoto-foto, scorilling sosmed, streming, bermain game, dan lain sebagainya.

Apalagi kalau kita lihat kan OPPO A54 ini juga sudah di lengkapi dengan sertifikasi tahan percikan air IPX4, ini tentu sangat berguna untuk kebutuhan sehari-harimu.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.