10 Kelebihan dan Kekurangan HP Poco X3 GT, Harga dan Spesifikasi

POCO X series kembali kedatangan produk baru dikelas menengah pada Agustus 2021 lalu, POCO X3 GT resmi dijual dengan harga mulai dari 4 jutaan dipasar indonesia. Smartphone ini kabarnya ditunjukkan untuk pengguna yang gemar bermain game mobile dan mengosnumsi konten entertainment di gadgetnya.

Head of Marketing POCO Indoneesia, Andi renreng dalam keterangannya mengatakan.

“Kami melihat bahwa POCO fans di indonesia itu didominasi oleh anak muda yang gemar bermain game dan menonton hiburan. Sehingga, kami yakin bahwa POCO X3 GT ini dapat menjadi pilihan yang sempurna.”

Kalau boleh disinggung dulu, setiap aspek yang terlihat seperti Bodi dan Layar cukup berkualitas apalgi ia sudah menudkung panel Full HD+ dengan refresh rate hingga 120hz, Bodi belakangnya juga memiliki desain yang lebih minimalis dan artistik.

Selain itu aspek yang menjadi perhatian adalah dukungan teknologi Turbo Charging hingga 67W yang diklain mampu mengisi baterai yang habis hingga penuh hanya dalam 43 menit saja.

Oke oke untuk lebih jelas dan lengkapnya mending kita bahas dibawah ini, dalam Kelebihan dan Kekurangan POCO X3 GT.

kelebihan dan kekurangan hp poco x3 gt

Kelebihan Smartphone POCO X3 GT

Seperti ciri-cirinya, seri X dari POCO ini memiliki keunggulan pada bagian layarnya yang dibekali dengan refresh rate tinggi hingga 120Hz dan touch sampling sampai 240Hz tentu ini adalah penawaran yang menggiurkan, apalagi ia juga ditambah dengan spesifikasi tambahan lainnya yang menarik seperti baterai jumbo, kamera, hingga prosessor.

Baca Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Poco M3 PRO 5G

1. Bodi belakang yang Cantik

bodi belakang cantik hp poco x3 gt

POCO X3 GT ini dikemas dengan dimensi yang lumayan besar dimana ia memiliki ukuran 163m3 x 75,9 x 8,9 mm dengan berat 193 gram, ya walau tidak besar-besar amat tetapi dimensinya masih wajar lah. Selain itu untuk bahan dari bodi belakangnya terbuat dari material plastik yang dikemas dengan sangat menarik dan cantik.

Ada tiga pilihan warna yang tersedia, seperti ada Stargaze Black, Wave Blue, dan Cloud White. Setiap varian warna memiliki kesan dan setuhan akhir yang berbeda-beda. Kalau untuk Stargaze Black memiliki tampilan menyerupai langit dengan bintik-bintik bintang pada bodi belakangnya.

Sedangkan untuk warna Wave Blue dan Cloud White memiliki tekstur bodi dengan harisgaris vertikal yang cukup sedap untuk dipandang. Finishing doff pada bodi belakang membuatnya bebas dari licin dan kotor, sementara untuk aksen tekstur garis-garisnya membuatnya terlihat sedikit lebih menarik dan atraktif.

2. Layar berkualitas tampilan priotitas

layar 6,6 inci hp poco x3 gt

Smartphone ini menggunakan konfigurasi layar berukuran 6,6 inci dengan bezel yang tidak tebal-tebal  amat ditambah ada kamera selfie bergaya punch hole di bagian atasnya. Layar dari POCO X3 GT ini menggunakan resolusi super dengan Full HD+ atau 1080 x 2400 piksel yang sudah mendukung kemampuan refresh rate hingga 120Hz dan touch sampling rate 240Hz yang juga dapat memancarkan kecerhaan hingga angka 465 nit.

Lanjut lagi, selain halus kualitas displaynya ada juyga tambahan teknologi DynamicSwitch yang membuat kemampuan refresh ratenya menyesuaikan konten yang ditampilkan, seperti ketika bermain game ternyata membutuhkan refresh 90Hz, atau hanya untuk nonton Youtube saja yang 30Hz pun bisa, hal ini ada juga untuk penghematan daya baterai. Untuk kamu yang gemar menonton video atau film dengan samrtphone juga cocok dengan Layar POCO X3 GT ini dimana layarnya sudah menggunakan standar DCI-P3 untuk akurasi tinggi, ditambah ada dukungan untuk konten HDR10.

Corning Gorilla Glass Victus hp poco x3 gt

Ada satu hal yang spesial lagi yakni pada Layarnya yang secara khusus dilapisi dengan kaca proteksi paling sip didunia, yakni Corning Gorilla Glass Victus. Kaca pengaman ini bahkan diyakini 1,5 kali lebih tahan benturan dan 2 kali lebih tahan akan goresan dariapda Gorilla Glass 6 sebelumnya.

3. Dapur pacu andalan dari Dimensity 1100 5G

Kita masuk ke kemampuan dapur pacunya yang ternyata POCO X3 GT ini dibekali dengan chipset yang setara dengan Snapdragon 870, tetapi kali ini ia menggunakan chipset buatan Mediatek yakni Dimensity 1100 5G dengan konfigurasi delapan inti core. Chipset ini termasuk kedalam kategori kelas atas yang dimana ia memakai arsitektur yang lebih baru dan nampol performanya. Kebutuhan chipset yang bertenaga dan Prosessor yang berkualitas sudah tidak bisa diragukan lagi, terutama untuk kamu yang sering menggunakan smartphone untuk bermain game atau aktivitas yang membutuhkan performa.

Dimensity 1100 5G hp poco x3 gt

Dimensity 1100 ini terdiri dari empat core perfroma SoC dengan Cortex A78 (2,6 GHz), sedangkan ada juga empat inti core untuk efesiensi daya berbasis Cortex A55 (2,0 GHz). Nah diklaster CPU sendiri terdapat beberapa komponen lainnya, termasuk juga Pengelola Grafisnya yang menggunakan Mali G77 MC9 (850 MHz) dengan prses fabrikasi 6nm.

Smartphone ini juga memiliki 8GB kapasitas RAM yang bisa ditambah 2GB lewat fitur Memory Expansions dan ada juga dua varian memori internel yakni 128GB dan 256GB.

Seperti yang sudah saya bilang diatas, bahwa POCO X3 GT ini sangat cocok untuk pengguna yang sering menggunakan smartphonennya untuk urusan perfroma baik itu bermain game maupun multitasking, ada satu fitur yang keren dan cocok untuk gamer, yakni Game Turbo yang akan meningkatkan pengalaman bermain dengan segelintir pintasan dan fitur berguna ketika bermain game.

Baca Juga : 11 Kelebihan Kekurangan Poco M4 Pro 5G, Harga dan Spesifikasi

4. Spesifikasi kamera yang apik dengan hasil ciamik

Hal spesial lainnya dari keunggulan POCO X3 GT adalah aspek konfigurasi kameranya yang cukup lengkap dan berkualitas, dibarisan belakang ia dibekali dengan tiga lensa yang terdiri dari utama 64 MP dengan bukaan f/1.79, ada juga lensa ultrawide 8 MP dengan aperture f/2.2 dan mampu menangkap sudut pandang hingga 120 derajat, dan ada tambahan satu lensa makro beresolusi 2MP dengan f/2.4.

Sementara untuk bagian depannya kita bisa menemukan satu lensa selfie dengan resolusi 16MP dengan bukaan f/2.45 yang kemampuannya bisa menangkap gambar dengan apik dan cantik.

Untuk hal videografi sendiri, kamera belakang dari POCO X3 GT ini bisa merekam video sampai resolusi 4K pada 30fps, dan bisa juga mengambil 1080p pada 30, 50, dan 120 fps. Sedangkan untuk kamera depannya hanya mentok di resolusi 1080p pada 30fps saja, tetapi kerennya kamera depan ini bisa merekam video slow motion hingga 720p pada 960fps.

5. Baterai tahan lama dan Fast Charging super Ngebut

Fast Charging super Ngebut hp poco x3 gt

Keinginan untuk memainkan Smartphone sepanjang waktu tanpa takut cepat habis baterai sangat dibutuhkan pada jaman sekarang, apalagi dengan adanya pandemi virus Corona ini, aktivitas online dengan smartphone pastinya sangat penting, oleh karena itu banyak dari pengguna yang mengincar smartphone dengan kapasitas baterai yang jumbo dan ketahanan baterai yang oke.

Banyak yang puas dengan kapasitas baterai yang ada pada POCO X3 GT ini, dimana kapasitas yang diberikan adalah 5000mAh, tidak hanya soal angka untuk urusan ketahanan baterai smartphone ini juga cukup unggul, apalagi ditambah dengan kemampuan efesiensi baterai yang ada pada chipset Dimensity 1100 nya.

Ketahanan baterainya ini sudah dibuktikan oleh para tester, seperti yang saya kutip dari Channel youtube  Legawa Gadget yang menguji ketahanan baterai dari POCO X3 GT, saat baterai masih 100% dan digunakan untuk menonton tiktok selama 1 jam baterai menyisakan 83%, nonton youtube selama 1 jam dan baterai masih menyisakan 70%, bermain PUBG dalam settingan grafis tinggi selama 1 jam dan menyisakan 50%, dan dilanjutkan lagi bermain PUBG sampai habis. Nah POCO X3 GT ini habis diwakti 5 jam 40 menit, cukup oke untuk smartphone sekelas POCO.

Selanjutnya kita bahas kemampuan chargingnya yang sangat cepat, dimana smartphone ini disematkan teknologi fast charging berdaya 67W yang diklaim mampu mengisi baterai sampai penuh hanya dalam 42 menit saja.

Baca Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Poco F3, Harga dan Spesifikasi

7. Speaker yang berkualitas

Mungkin banyak yang menyepelekan aspek ini, tetapi selain layar, chipset, baterai, atau bahkan kamera. Yang notabennya banyak dicari, tetapi jangan lupa untuk memilih smarpthone dengan prioritas speaker yang berkualitas, sebab dengan ini kamu akan menikmati pengalaman mendengar yang tiada duanya seperti ketika digunakan untuk bermain game atau mendengarkan musik.

POCO X3 GT ini kabar baiknya sudah dibekali oleh kemampuan dual speaker dan sensasi getar atau haptic feedback yang berkualitas. Spekaer dari smartphone ini telah disetel oleh perusahaan audio kenaaam asal Amerika, yakni JBL.

GSM Arena menyebutkan kalau kelantangan spekaer POCO X3 GT ini menghasilkan skala -28,5 LUFS. Sedangkan untuk haptic feedbacknya smartphone ini menggunakan dinamo X-axis linear motor, yang fungsi dari Dinamo ini adalah motor getar yang sama digunakan pada Xiaomi Mi 10.

8. Konektivitasnya lengkap

konektivitas 5G hp poco x3 gt

Selain beberapa aspek-aspek diatas, hal spesial lain dari POCO X3 GT adalah lengkapnya konektivitas yang dimilikinya, termasuk juga konektivitas 5G yang mendukung dua hal yakni NSA dan SA yang fungsinya untuk membuat umur HP menjadi lebih panjang.

NSA atau Non Standalone ini adalah 5G yang beroperasid engan frekuensi dibawah 6000 MHz, nah teknologi NSA inilah yang saat ini sedang dikembangkan di indonesia. Sedangkan untuk SA atau Standalone adalah 5G yang beroperasi denga frekuensi yang lebih tinggi yakni diatas 6000 MHz, teknologi ini lebih kencang namun membutuhkan infrastuktur yang tidak murah juga.

Selain kemampuan konektivitas 5G nya yang bisa menangkap sinyal NSA dan SA, POCO X3 GT juga dilengkapi dengan fitur-fitur konektivitas lainnya seperti NFC, Bluetooth 5.2, dan WiFi 6.

Baca Juga : 11 Kelebihan Kekurangan Poco M4 Pro 5G, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Smartphone POCO X3 GT

Dibandrol dengan harga sekitar Rp 4 jutaan keatas, POCO X3 GT ini sebenarnya sudah cukup untuk sekedar digunakan sehari-hari mengingat spesifikasi dan perfromanya cukup masuk akal. Tetapi bukan berarti Smartphone ini tidak memiliki kekurangan, ada saja beberapa kekurangan yang terlihat seperti dibawah ini.

1. Tidak adanya Slot MicroSD dan Jack Audio

Tidak adanya Slot MicroSD dan Jack Audio poco x3 gt

Sayang sekali POCO X3 GT ini hanya menggunakan konfigurasi dua slot nano SIM saja, dan tidak ada dukungan untuk MicroSD yang dapat dipasangkan. Hal ini tentu menjadi kekurangan untuk pengguna yang sering melakukan transfer data atau sering menyimpan file-file penting pada sebuah penyimpanan, ya walau kita tahu bahwa Kapasitas bawaan dari memori Internalnya cukup besar yakni 128GB dan 256GB.

Tren Smartphone Flagship yang menghilangkan slot microSD ini sudah banyak diikuti oleh smartphone-smartphone lainnya, tidak hanya di POCO saja.

Selain itu ada juga hal yang membuat pecinta sedikit mengurungkan niat untuk membeli POCO X3 GT ini, dimana tidak adanya jack audio 3.5mm pada smartphone ini menjadikan kamu yang suka mendengarkan music dengan Earphone atau Headset berkabel harus disambungkan duku dengan konverter USB C atau TWS.

Tetapi tidak adanya Jack Audio ini menurut saya mungkin juga untuk efektivitas, dimana hal ini juga seiring dengan trennya Airpods dan Headset Wireless.

2. Ada hal yang kurang dari Layarnya

panel dari AMOLED poco x3 gt

Oke kita bisa menerima bahwa POCO X3 GT ini memiliki keunggulan pada refresh ratenya yang mencapai 120Hz, tetapi hal ini berpengaruh pada implementasi layar dengan jenis panel IPS LCD. Jadi sebenarnya bisa dikatakan bahwa refresh rate yang tinggi akan sangat cocok bila pernagkat tersebut menggunakan panel dari AMOLED.

Ada beberapa kekurangan dalam hal ini, seperti yang dikutip dari beberapa pengetesan dimana terdapat kedipan layar (flickering) yang tidak perlu. Ya walau kedipan tersebut hanya terjadi kadang saja dan tidak sepanajnag pemakaian. Selain itu ada juga masalah ketika layar dilihat dari sudur yang berbeda, dimana ada bagian yang sedkit gelap di sekitar lensa depan dan didekat bingkai. Bagian yang terlihat ini berwarna putih dan akan sangat menganggu jika pengguna tidak nyaman.

Dan ada dua kemungkinan yang menjadi penyebab mengapa hal tersebut terjadi, seperti ketika pendar cahaya blacklit yang dipakai panel layarnya itu tidak rata, kedua juga karena lapisan filter yang kurang bagus dalam urusan polarisasi.

Nah itulah masalah yang ditemui pada aspek layarnya, walau POCO X3 GT sangat andal dalam urusan spesifikasi layar unggulan, ternyata kita masih menemukan kekurangan disana.

Harga dan Spesifikasi POCO X3 GT

  • Nama : POCO X3 GT
  • Rilis: Agustus 2021 (ind)
  • Bobot : 193 gram
  • Layar: IPS LCD 6.6 inci, 120hz, Corning Gorilla Glass Victus
  • Resolusi : 1080 x 2400 piksel, screen ratio 84, 9%
  • Sistem Operasi : Android 11, MIUI 12.5
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB & 256 GB
  • Chipset :  MediaTek Dimensity 1100 5G (6nm)
  • GPU :  Mali-G77 MC9
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide),dan 2 MP (macro)
  • Kamera Depan : 16 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh non-removable, Fast Charging 67 W

Kesimpulan

Semacam tardisi yang terus dibuat oleh POCO yang selalu mengeluarkan produk porduk smarpthone berkualitas dengan perfroma yang unggulan pada setiap aspeknya, tidak lupa juga dengan harganya yang terjangkau.

Sebagian orang ingin mencari smartphone dengan harga yang murah tetapi menawarkan keunggulan pada speknya, nah POCO X3 GT ini bisa menjadi pilihan kamu. Berada di kelas menengah smartphone ini sangat ampuh untuk melibas berbagai kegiataan seperti Bermain game, fotografi, multitasking, dan lain sebagainya.

Muali dari keunggulannya pada aspek bodi yang cantik dan karismatik, ditambah lagi dengan layar beresolusi full HD plus berefresh rate 120Hz yang canggih, perfroma unggulan berkat Dimensity 1100 5G, konfigurasi triple kamera yang mampu memberikan kualitas fotografi diatas rata-rata, kapasitas baterai jumbo, ditambah juga dengan kemampuan fast charging super ngebutnya.

Ada banyak sekali keunggulan dari POCO X3 GT ini, ya walau kita masih menemukan kekurangan yang nampak. Tetapi masih oke dan cocok untuk kamu bawa pulang mengingat banyaknya hal spesial dari Smarpthone ini. Harganya berapa sih POCO X3 GT ini? Nah mengutip dari halaman resmi poco, harga dari samrtphone ini dibedakan menajdi dua varian pertam ada varian 8GB+128GB dengan Rp 4.299.000 dan ada juga varian 8GB + 256 GB dengan harga Rp 4.699.000.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.