8 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A92, Harga dan Spesifikasi

Siapa yang tahu dengan produk Oppo di seri A? Nah kalau kamu belum tahu mungkin, membaca artikel ini bisa menjadi pengetahuan untuk kamu. Seri A adalah salah satu kategori smartphone Oppo pada kelas entry-level, yang varian harga jualnya kebanyakan juga terjangkau dari Rp 2 jutaan sampai Rp 4 jutaan.

Selama ini, lini di seri A juga banyak dikatakan sebagai tulang punggung penjualan OPPO di indonesia. Maksudnya adalah kebanyakan smarpthone di seri A banyak berkontribusi dalam penjuaan ponsel dari tahun ke tahun, bahkan angkanya sampai 50% dari berbagai lini yang ada.  Ya bisa saya katakan Oppo A series adalah seri populer dari Oppo yang banyak menyuguhkan keunggulan-keunggulan yang cukup oke.

Salah satu smartphone tersebut adalah OPPO A92 yang dimana ini adalah penerus dari generasi sebelumnya yakni OPPO A91 yang telah terlebih dahulu rilis pada Maret 2020, namun tidak lama setelah itu ternyata OPPO sudah mengkantongi generasi penerusnya, yakni A92 yang rilis pada Mei 2020.

Baca Juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A74, Harga dan Spesifikasi

OPPO A92 kali ini memiliki harga yang cukup terjangkau selayaknya smarpthone di seri A. Namun walau terjangkau, jangan ragukan kelebihan yang ditawarkannya. Smartphone ini cukup baik dalam aspek layar, chipset, desain, baterai, dan berbagai teknologi lainnya.

Nah untuk kamu yang sudah terpesona dengan Oppo A92 ini, mungkin mengetahui kelebihan dan kekurangannya bisa jadi pertimbangan untuk kamu jika ingin membawanya pulang.

kelebihan dan kekurangan hp oppo a92

Kelebihan Smartphone OPPO A92

Dengan harga tertinggi yang pernah ditawarkan Oppo A series tentu kita sudah bisa menebak, pasti smartphone ini memiliki beberapa kelebihan yang patut dipertimbangkan. Saya cukup suka dengan berbagai gaya yang dibuat Oppo pada A92 ini, apalagi ada beberapa hal premium yang disugguhkan untuk ponsel entri pada Oppo A92 ini. Penasaran apa saja kelebihan itu? mari kita bahas dibawah ini.

1. Desain yang bervariasi dan Premium

desain premium hp oppo a92

Desain yang dibuat Oppo pada setiap smartphone terbarunya tidak pernah mengecewakan, selalu ada hal-hal baru yang terlihat. Seperti yang diterapkan pada Oppo A92, dimana kita bisa melihat kreasi bodi yang memiliki desain 3D quad-curve yang begitu elegan dan stylish.

Motif desain yang diadopsi Oppo A92 ini memiliki bentuk warna dengan lengkungan yang dioptimalkan, jadi walau kita melihatnya hanya satu warna sari atas, namun kalau kita gerak-gerakan ada variasi warna yang indah disana.

Ada tiga pilihan warna yang ditawarkan, yakni Twilight Black, Aurora Purple, dan Shining White. Dari ketiga warna ini kamu bisa melihat inspirasi polarisasi warna yang sangat baik dan pas.

Bodi belakangnya juga terbuat dari bahan polikarbonat dengan paduan model side fingerprint yang revolusioner sehingga bisa memudahkan aktivitas sehari-hari.

Beralih ke bagian depan, dimana Oppo A92 ini menggunakan desain lensa dengan punch hole. Ini terasa seperti smartphone kelas menengah saja, ini tentu menjadi kelebihan sebab desain punch hole ini tidak menggangu garis tepi simetris dari layar.

2. Layarnya Jempolan di Seri A

layar amoled 6.5 inci hp oppo a92

Saya cukup terkesima dengan Oppo A92 ini, walau harganya cukup terjangkau namun tidak membuat niat Oppo untuk memberikan pengalaman yang luar biasa kepada penggunanya luntur. Sebab Smartphone ini memakai panel Super AMOLED yang cerah dengan ukuran 6,5 inch dan resolusi 1080 x 2400 piksel.

Kalau kita bandingkan dengan Oppo seri sebelumnya yakni A91, itu saja sudah menawarkan sugguhan layar yang baik dan berkualitas, apalagi dengan seri terbarunya kali ini. Selain itu layarnya juga memiliki kerapatan sampai 480 nits.

Oppo sendiri menyebut teknologi layar yang digunakan adalah Neo Display, yaitu dengan perpaduan sistem kamera punch hole, dan rasio to bodi yang mencapai 90,50% ini sungguh mengesankan.

Selain itu untuk untuk teknologi yang digunakannya, Oppo A92 ini menggunakan teknologi pelindung mata yang terlah bersertifikasi TÜV Rheinland, ada juga fitur Eye care dimana kamu bisa mengaktifkannya dikala kamu kelelahan melihat visual yang ada pada layar smartphone.

3. Kapasitas Baterai yang Besar

baterai 5000mAh hp oppo a92

Kapasitas baterai yang besar dan juga awet tentu menjadi hal spesial yang diincar banyak orang, sebab kapasitas daya ini bisa mempengaruhi penggunaan sehari-hari. Dan kejutannya ternyata Oppo A92 ini membekali smartphonenya dengan baterai tanam Li-Po 5000 mAh.

Bukan hanya kapasitasnya yang besar, Oppo A92 ini juga diklaim mampu bertahan lama ketika dipakai. Bahkan untuk menelpon saja bisa bertahan sampai 34 jam, memutar musik sampai 50 jam, memutar video 7 jam, dan bermain game bisa 3 sampai 5 jaman.

4. Sudah mendukung Fast Charging

Baterai besar pasti Chargingnya lama? Eitss, jangan salah Oppo A92 ini sudah dibekali dengan teknologi Fast Charging 18 W sehingga mampu mengisi daya dengan cepat. Bahkan Oppo sendiri mengklaim bahwa daya chargingnya mampu mengisi baterai dari 0% sampai 50% dalam 45 menit saja dan untuk 20% sampai 100% membutuhkan waktu 1 jam 39 menit.

Ada juga pengakuan dari Uzone tentang kekuatan fast charging dari Oppo A92 ini, pengujian ini mampu membutikan bahwa smarpthone ini bisa mengisi daya dari 0% sampai 100% hanya dalam 75 menit saja.

5. Desain sidik jari di samping bodi

sidik jari samping bodi Oppo a92

Side Fingerprint Unclok benar-benar menjadi fitur baru dan paling menarik pada Oppo A92 ini.  Jadi tombol fingerprint atau sidik jari ini berada di samping kanan smartphone menyatu dengan tombol power. Menurut saya keputusan Oppo untuk memberikan side fingerprint pada Oppo A92 ini sangat pas, mengingat kebanyakan smartphonenya sudah terbiasa dengan sidik jari di belakang layar atau di dalam layar.

Dengan desain side fingerprint ini jadi kita bisa memfungsikannya untuk membuka kunci smartphone dengan cepat dan tidak ribet.

6. Memori RAM dan Internal yang besar

kapasitas ram besar 8gb 128gb Oppo a92

Kedua fungsi memori ini yakni RAM dan ROM atau internal memory sangat berperan penting pada kinerja daripada smartphone, misal RAM sangat berperan pada penyimpanan sementara ketika kamu membuka banyak aplikasi secara bersamaan, sehingga semakin besar kapasitas maka akan semakin enteng pula kinerjanya. Jika untuk ROM bisa menjadi tempat penyimpanan file-file di smartphonemu, semakin besar maka akan semakin berguna pula.

Nah kabar baiknya ternyata Oppo A92 ini didukung memori RAM sebesar 8GB dan Storage 128 GB.  Ada juga tambahan, storage memori internal ini bisa kamu tambah kapasitasnya, sebab Smartphone ini sudah mendukung tambahan slot untuk memori eksternal untuk memeprluas kapasitas penyimpanan.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A53, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Smartphone OPPO A92

Sayangnya kelebihan-kelebihan diatas, tak sepenuhnya bisa menutupi kekurangan yang terlihat pada Oppo A92. masih ada beberapa hal yang mungkin membuat kita kurang suka dengan smartphone ini, ya relatif sih sebenarnya. Kamu bisa menilai sesuai diri kamu sendiri.

1. Chipset yang dipakai masih Biasa saja

Sebenarnya chipset Snapdragon 665 termasuk chipset yang kecang, namun penggunannya pada Oppo A92 ini masih  biasa saja. Jenis chipset ini banyak sekali digunakan pada smartphone pada keluaran tahun 2019 dan 2020, termasuk Oppo A92 ini.

Saya tidak menyalahkan hasil performa yang diberikan Snapdragon 665 ini, bahkan saya melihat chipset ini dapat memberikan kualitas dan kemampuan yang efesien dan cepat. Sebagai gambaran saja, hasil AnTuTu 8 dari Oppo A92 ini bisa mencapai skor 170 ribuan. Ini sudah termasuk skor yang pas, dan bisa digunakan untuk bermain PUBG atau CODM.

Tidak ada yang salah memang dari chipset ini, Namun Snapdragon 665 ini sudah banyak digunakan pada smartphone di kelas harga yang  lebih terjangkau. Seperti Realme 5, Redmi Note 8, atau Realme 5s. Yang sama-sama hadir direntang Rp2 jutaan dan dibekali dengan chipset Snapdragon 665.

Ya saya sangat berharap sebenarnya Oppo A92 ini dibekali dengan chipset yang lebih tinggi, mengingat harga jualnya yang lumayan, yakni Rp4 jutaan.

2. Kameranya yang kurang bagus

quad camera oppo a92

Saya cukup terkesan sebenarnya dengan konfigurasi Quad Camera dengan spesifikasi kualitas resolusi yang mumpuni, yakni 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (makro), dan 8 MP (depth) ada juga kamera depan dengan desain punch holenya memiliki resolusi 16 MP.

Tidak mengecewakan memang, namun yang menjadi kekurangan  disini adalah hasil jepretannya yang tergolong biasa saja. Mengutip dari David channel GadgetIn menyebutkan bahwa kualitas foto yang dihasilkan Oppo A92 ini biasa saja, dan tidak tajam-tajam amat selain itu detailnya jga kurang apalagi di kondisi low-light.

Walau begitu sebenatnya semua kamera dari Oppo A92 ini baik depan maupun belakang cukup mengesankan dengan berbagai fitur dan teknologi unggulannya, seperti rekaman video yang mencapai kualitas 4K ada juga kamera selfie yang hadir dengan mode beauty yang bisa mempercantik wajah.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A33, Harga dan Spesifikasi

Harga dan Spesifikasi Oppo A92

  • Nama : Oppo A92
  • Rilis: Mei 2020
  • Bobot :  192 gram
  • Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16 M colors dengan 6,5 inci,
  • Resolusi : 1080 x 2400 piksel, 102,0 cm2 (~83,4%  screen to body ratio)
  • Sistem Operasi : Android 10, ColorOS 7.1    
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB UFS 2.1
  • Chipset :  Qualcomm SD6125 Snapdragon 665 (11 nm)
  • GPU :  Adreno 610
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (depth), 2 MP (mono)
  • Kamera Depan : 16 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po non-removable 5000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga : Rp 2.300.000 – Rp 3.200.000.

Baca Juga : 11 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A54, Harga dan Spesifikasi

Kesimpulan

Dibandrol dengan harga Rp4 jutaan kebawah, tentu membuat kita tertarik ingin membelinya. Selain mendapatkan harga yang lumayan murah, kita juga bisa merasakan berbagai fitur dan teknologi unggulan dari Oppo A92, mungkin kamu menyangka chipset dan kamera menjadi kelebihan dari smarpthone, namun tidak selamanya begitu. memang bagus kedua aspek tersebut namun masih ada yang lebih baik daripada keduanya.

Kualitas Aurora Display yang ditawarkannya cukup indah dan memuaskan, apalagi dengan ditunjang kelebihan-kelebihan lainnya seperti kapasitas baterai yang besar, fitur pengecasan ulang yang cepat, pilihan desain yang bervariasi, dan masih ada beberapa alasan lainnya yang membaut saya jatuh cinta dengan Oppo A92 ini. Nah sekian dulu dalam pembahasan kelebihan dan kekurangan Oppo A92 ini, jangan ragu untuk membelinya dan membawanya pulang, kamu tidak akan kecewa dengan spesifikasi yang ditawarkannya.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.