Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Reno3 Pro, Harga dan Spesifikasi

Oppo Reno3 mendapatkan pembaruan dengan munculnya seri Pro. tentu di seri terbaru ini, Oppo memberikan update pada beberapa sektornya, kekurangan-kekurangan yang ada pada Oppo Reno3 sebelumnya diperbaharui. Ada banyak aspek yang mendapatkan update disana, seperti aspek kamera, baterai, desain, dan lain sebagainya.

Kita tahu sendiri lah, Seri Reno dari Oppo ini memang menjadi seri smartphone yang paling bersinar. Baik itu dari segi prestasi atau fungsi produknya, Bahkan sampai saat ini Seri ini terus mendapatkan update untuk peningkatan dan kebutuhan pasar juga. Kalau bisa saya bilang Reno series ini menjadi role model dari keseluruhan seri Oppo di kelas menengah.

Dan kini kita kedatangan, Smarpthone Oppo Reno3 Pro. seri terbaru ini begitu powerful dan lebih premium baik itu segi desain maupun jeroannya. Dengan mengusung tagline “Clear in Every Shot” tentu kita sudah bisa menebak, apa hal yang diunggulkan pada Reno3 ini. Yhap sektor kamera menjadi hal yang menonjol dengan konfigurasi Quad-camera.

Sebenarnya itu hanya segelintir pembahasan saja dari Oppo Reno3 pro ini, selanjutnya kita akan membahas smartphone ini lebih dalam lagi dalam pembahasan kelebihan dan kekurangannya. Untuk kamu yang pensaran dengan jeroan maupun perfroma dari Oppo kamu bisa membaca bagian kelebihan, namun jika kamu ingin mempetimbangkan Reno3 pro dari segi kekurangan yang mungkin terlihat mari kita bahas.

kelebihan dan kekurangan reno3 pro

Kelebihan Smartphone Oppo Reno3 Pro

Saya cukup senang dengan seri terbaru dari Reno3 ini, dengan seri Pro tentu kita sudah berekspetasi bahwa smartphone ini membawa pembaruan yang lebih kali ini. Ya saya pun begitu, faktanya banyak sekali keunggulan dan pembaruan yang ditingkatan dari seri Reno3 sebelumnya. Untuk kamu yang sudah penasaran, mari kita ulas dibawah ini.

1. Layar AMOLED yang cerah dan lebar

layar amoled touchscreen hp oppo reno3 pro

Sebenarnya untuk urusan layar tidak ada fitur atau teknologi progresif yang diaplikasikan pada Reno3 pro kali ini, ya untuk teknologi yang digunakan masih sama dengan Reno3 sebelumnya. Dengan menggunakan tipe layar AMOLED capacitive touchscreen yang mampu mengakomondasi kebutuhan visualmu dengan pengalaman yang luar biasa.

Sebenarnya kalau saya bandingkan antara kedua seri Reno3 ini, keduanya tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan. Hanya screen ratio atau rasio layar ke bodinya yang meningkat dari 90,8% ke 91,5% yang membuat smartphone tarbaru dari Reno3 pro ini terasa bezelless serta membuat visualisasi layarnya menjadi lebih luas.

Masih sama menggunkan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel) dengan rasio 20:9, hal ini tentu sangat berguna sekali untuk kamu yang sering melakukan aktivitas visual pada smartphonemu seperti barmian game atau menonton film.

Ada juga perbedaan dari tempat kamera selfienya, kalau sebelumnya Reno3 hadir dengan gaya waterdropnya, kali ini Reno3 pro hadir dengan gaya punch-hole di pojok kiri atas dengan dua sensor disana.

Seperti yang sudah saya sebutkan juga Tingkat kecerhaan dari layar ini juga sangat sempurna, dimana layar Reno3 pro dapat memberikan tingkat kecerahaan maksimal sampai 500 nits, dan dalam kondisi yang sangat terang layar ini diklaim dapat meningkatkan kecerhaannya maksimal bisa samapai 800 nits.

2. Daya tahan Baterai yang sangat baik

4025 mAh Battery hp oppo reno3 pro

engan kapasitas baterai yang masih sama dengan seri sebelumnya, yakni 4025 mAh mungkin hal ini agak mengecewakan. Kenapa di pembaruan ini tidak ada peningkatan pada besarnya kapasitas baterai? mungkin sebagian orang berpendapat seperti itu.

Tapi mari kita lihat aspek baterai ini, dari kacamata lain yakni daya tahannya. Seperti yang sebelumnya kita ulas mengenai baterai pada Reno3, walaupun menggunakan kapasitas hanya 4025 mAh, nyatanya baterai smarpthone tersebut mampu bertahan cukup lama. Ya ini penyebabnya sekarang kapasitas tidak sepenuhnya menjadi acuan untuk daya tahan baterai.

Daya tahan baterai yang diberikan pada Oppo Reno3 pro kali ini juga ada kaitannya dengan penggunaan chipset Helio P95 yang terkenal dengan teknologi Hekmat dayanya. Menurut Uji coba dari GSMarena tentang daya tahan baterai dari Reno3 Pro ini, hasilnya cukup mengesankan dengan skor Edurance Rating mencapai 104 jam, kala kita hitung Smarpthone ini mampu bertahan selama dua harian dalam penggunaan normal.

3. Pengisian daya super cepat

fast charging oppo reno3 pro

Kalau untuk seri Reno3 sebelumnya, Fast Charging hanya dengan VOOC 3.0 namun di seri terbaru kali ini ternyata ada gebrakan baru dimana Oppo menyematkan teknologi VOOC Flash Charge 4.0 yang memiliki daya sampai 30W (5A/ 6A).

Dalam beberapa uji coba yang dilakukan, Kemampuan fast charging dari smartphone ini mampu melakukan pengisian daya dari kondisi 0 baterai sampai 50% hanya kurang dari 20 menitan saja dan untuk pengisian penuh bisa sampai 70 menitan kurang lebih.

4. Kualitas Quad-camera yang Mengesankan

kualitas quad camera hp oppo reno3 pro

Dengan konfigurasi empat kamera belakang tentu hal ini tidak ada perubahan dari seri sebelumnya, yang membedakannya adalah resolusi yang semakin besar dan kualitas foto tentu semakin baik. Dengan kamera utama 64 MP untuk wide angle, telephoto dengan 13 MP, ultra wide 8MP, dan mono 2MP, spesifikasi sensor-sensor ini sudah sangat baik untuk menunjang aktivitas fotografi kamu agar lebih maksimal.

Setiap sensor kameranya tentu memiliki fungsi dan kegunaan yang bervariasi, seperti sensor wide-angle yang hadir dengan teknologi pixel binning, untuk telephoto ada kemampuan 2x opticial zoom,  ada juga ultra-wide yang kemampuan mengambil gambar sampai 109 derajat, dan sensor mono yang bisa menangkap objek kecil sekalipun dengan jelas.

Hasil tangkapan kamera belakang pada Oppo Reno3 pro ini sebenarnya sudah sangat maksimal dan baik, foto yang dihasilkan mampu hasil warna yang bagus dan kualitas yang dinamis.

Hal ini sebenarnya juga didasari dengan teknologi AI yang tertanam dikameranya, dimana setiap kumpulan foto yang dihasilkan di saring terlebih dahulu oleh AI, hasilnya kualitas piksel yang dihasilkan mampu meningkat drastis, setiap bagian yang kurang fokus mampu dijadikannya lebih tajam dan bagus.

5. Dua Kamera depan yang berkualitas

dua kamera depan hp oppo reno3 pro

Selain kamera belakangnya yang super hebat, ternyata bagian depannya juga tidak kalah hebatnya. Dengan desain punch hole yang tertanam di pojok kiri atas layar, kamera depan dari Reno3 pro ini hadir dengan dua kamera, dimana satu kameranya memiliki resolusi  44 MP dan satunya hadir dengan sensor kedalaman 2 MP.

Kamera selfie dari Reno3 pro ini memang cukup berkualitas, ia dapat digunakan untuk berswafoto dan mampu menghasilkan foto yang cerah, taham, dan alami.

Kekurangan Smartphone Oppo Reno3 Pro

Setidaknya masih ada beberapa kekurangan pada smartphone Oppo Reno3 pro ini, Kekurangan ini juga saya bandingkan dengan seri sebelumnya ada sebagaian aspek yang belum mendapatkan perbaikan dari Reno3 sebelumnya.

1. Chipset Helio P95 yang masih kurang

chipset helio p95 hp oppo reno3 pro

Lagi lagi bukan soal chipsetnya yang jelek atau apa, saya bisa mengakui MediaTek Helio P95 ini adalah salah satu chipset generasi baru juga yang memiliki beberapa keunggulan, seperti contoh perannya yang berpengaruh pada daya tahan baterai dari smartphone sehingga menjadi lebih awet.

Kalau untuk perfroma yang dihasilkan oleh chipset ini, menurut saya kurang greget untuk Reno3 Pro. Ya masih kurang lah apalagi dikelas menegah keatas.

Masih ngak percaya, yuk kita lihat hasil AnTuTu 8 dari Reno3 Pro ini. Kita lihat hasil dibawah ini.

Reno3 Pro berhasil mendapatkan skor di 227810, dimana kalau kita bandingkan dengan smartphone diatasnta, yakni Xiaomi Mi Note 10, Samsung Galaxy A71, atau Realme X2 Pro. Dimana ketiga smarpthone itu harga bandrolnya masih terbilang murah dibandingkan Oppo Reno3 pro.

Kenapa ketiganya mendapatkan skor yang begitu tinggi? tentu saja chipset yang dipakainya yang mempengaruhi. Xiaomi Mi Note 10 dengan harga 6 Jutaan yang sudah dibekali dengan Snapdragon 730G, Samsung Galaxy A71 yang dibanrol dengan harga 5 jutaan namun sudah memakai chipset Snapdragon 730G, dan satu lagi Realme X2 Pro dimana dengan harga 7 jutaan ia mampu hadir dengan Snapdragon 855+.

2. Masih tidak ada NFC

Kenapa masih tidak ada NFC di seri pembaruan Reno3 ini? saya cukup menyayangkan kenapa teknologi berguna ini malah tidak ada dismartphone kelas menegah ketas seperti Reno3 pro. Jadi tanpa teknologi NFC ini kita mungkin agak susah untuk melakukan berbagai aktivitas transaksi atau yang berkaitan dengan pemabayaran, sebab kita tidak bisa memanfaatkan ponsel kita.

Kalau kita bandingkan dengan generasi sebelumnya yakni Oppo Reno2, yang bahkan harganya lebih murah. Malah sudah dibekali dengan NFC. Bukan hanya Reno2 sebenarnya masih banyak smartphone kelas menegah apalagi di kelas harga yang sama dengan Reno3 pro ini yang banyak membekali smartphonenya dengan teknologi NFC.

Harga dan Spesifikasi Oppo Reno 3 Pro

  • Nama : Oppo Reno3 Pro
  • Rilis: Maret 2020
  • Bobot : 175 gram
  • Layar: AMOLED 6.4 inci
  • Resolusi : 2400 x 1080 piksel, screen ratio 91,5%
  • Sistem Operasi : Android 10, ColorOS 7
  • RAM : 8GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Chipset :  Mediatek MT6779V Helio P95 (12 nm)
  • GPU :  PowerVR GM9446
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 13 MP (telephoto), 8 MP (ultrawide), 2 MP (mono)
  • Kamera Depan : 44 MP (wide), 2 MP (depth)
  • Baterai : Li-Po 4025 mAh, Fast Charging VOOC 4.0 (30W)
  • Harga :  Rp 3.500.000 – Rp 4.200.000

Kesimpulan

Oppo Reno3 Pro ini setidaknya sudah masuk dalam cakupan smartphone hebat dikelasnya. Dengan memiliki layar OLED yang begitu berkualitas dimana bisa hidup dan memberikan tingkat kecerahan super, ada juga kapasitas baterainya yang dapat memberikan daya tahan yang cukup lama, dan disandingkan dengan pengisian ulangnya dengan Super VOOC 4.0 yang begitu cepat. Ya tentu ini adalah hal yang wajar, megingat harga Reno3 dan Reno3 Pro ini perbandingannya cukup banyak jadi update-update spesifikasi maupun performa sudah pasti ada.

Yang saya sedikit sayangkan adalah pemilihan chipsetnya, dimana Reno3 pro ini hanya menggunakan Helio P95 yang bisa saya katakan agak ketinggalan jaman dan kalah saing dengan kompetitornya di segmen pasar yang sama.

Begitu saja ulasan kelebihan dan kekruangan Smartphone Oppo Reno3 Pro kali ini, semoga bisa menjadi pertimbangan untuk kamu yang ingin membelinya.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.