7 Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A12, Harga dan Spesifikasi

Sebagai salah satu produsen smartphone terbesar di dunia, Oppo pastinya selalu serius pada setiap ponsel keluarannya, entah itu dikelas entry-level, menengah, maupun flagship semuanya seimbang menawarkan berbagai kelunggulan yang tak boleh diragukan.

Oppo Indonesia pada April 2020 lalu memperkenalkan smartphone terbarunya pada kelas entri, dengan tajuk OPPO A12. Smartphone ini sebenarnya ditargetkan untuk pengguna yang menginginkan perangkat dengan berbagai kelebihan namun tetap dengan harga terjangkau, jadi A12 ini sangat cocok untuk anak-anak muda yang biasanya ingin ponsel andal namun dengan budget yang terjangkau.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo a11k, Harga dan Spesifikasi

Smartphone ini memiliki beberapa aspek spesial, seperti kameranya yang mumpuni, daya tahan baterainya yang kuat, Kapsitas RAM yang cukup, teknologi dan fitur yang relevan, dan lain sebagainya.

Nah daripada kita membahas satu-satu, mending kita bahas ulasan mengenai Kelebihan dan Kekurangan OPPO A12 ini dalam artikel dibawah ini.

kelebihan dan kekurangan HP Oppo A12

Kelebihan Smartphone OPPO A12

Smartphone dari Oppo selalu menyajikan berbagai keunggulan yang tidak main-main, kalau kita lihat treck record dari OPPO memang tidak mengecewakan. Bahkan pada website ini kita juga banyak mengulas mengenai brand Oppo yang banyak menyuguhkan kualitas pada setiap smartphone terbarunya.

1. Desainnya Unik dan Memanjakan mata

desain memanjakan mata hp oppo a12

Saya sudah tidak ragu lagi dengan setiap keluaran produk terbaru dari Oppo, desainnya selalu mengesankan. Seperti yang disugguhkan pada Oppo A12 ini yang memperlihatkan bodi belakang dengan aksen ala-ala berlian atau 3D Diamond Blaze dengan dua warna yang kontras dan indah.

Material polikarbonat yang digunakan pada Oppo A12 ini juga menambah keunggulan daripada bodi belakangnya. Permukaannya juga terasa glossy dan enak digenggaman.

2. Sudah mendukung Dirac Audio

desain memanjakan mata hp oppo a12

Mendengarkan audio yang sempurna dari smartphone tentu menjadi pengalaman yang luar biasa untuk penggunanya, apalagi ketika digunakan untuk mendengarkan lagu atau menonton film. Seperti teknologi Dirac Audio yang disematkan pada Oppo A12 ini.

Dirac Audio ini juga tidak perlu diaktifkan, jadi secara otomatis Ketika kamu menggunakan smarpthone untuk aktivitas bermain game, mendegarkan lagi, menonton film dan lain sebagainya yang ada hubungannya dengan audio, teknologi ini akan secara otomatis berganti mode dan menciptakan pengalaman yang baik untuk berbagai aktivitas.

3. Kapasitas Baterai yang Lumayan

baterai 4230 mAh oppo a12

Hadir dengan baterai berkapasitas 4230 mAh tentu Oppo A12 sangat bisa diandalkan untuk berbagai aktivitas dan bisa bertahan dalam durasi yang lama sehingga tidak cepat habis.

Untuk kamu yang hobi bermain game tentu kapasitas baterai yang besar sangat berguna untuk diandalkan, sehingga kamu tidak cepat kehabisan. Dengan kapasitas ini Oppo A12 mampu digunakan bermain game hingga 8 jam, Stremming video bisa sampai 17 Jam.

4. Sudah mendukung Slot untuk Memori Eksternal

Smartphone dengan slot microSD khusus tentu sangat memberikan manfaat bagi penggunanya, apalagi ketika kita membutuhkan penyimpanan tamabahan. Kabar baiknya Oppo A12 ini ternyata sudah mendukung Dedicated slot dimana kamu bisa memasang 2 simCard + 1 microSd tanpa melepas salah satunya.

Kita ketahui sendiri saat ini banyak smarpthone diluar sana yang tidak menggunakan dedicated slot, kebanyakan hanya hybrid slot yang bisa dipasangkan 2 simCard tanpa ada microSd, jika ingin memasangnya maka kamu harus mengkorbankan salah satu simCard mu.

Baca Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A15S, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Smartrphone OPPO A12

Walau memiliki beberapa kelebihan yang dapat kita terima, namun jangan lupakan juga ada beberapa aspek kekurangan yang mungkin belum kamu ketahui. Dibawah ini kita akan mengetahui beberapa kekurangan pada OPPO A12 yang mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk kamu sebelum membelinya.

1. Layar masih IPS LCD

waterdrop 6,22 inch hp oppo a12

Layar yang berkualitas tentu akan memuaskan penggunanya ketika melihat visual yang diberikan layar smartphonenya. Dengan didukung panel IPS LCD seluas 6,22 inch tentu Oppo A12 ini sudah cukup sebenarnya, apalagi dengan resolusi 720 x 1560 piksel dan rasio to bodi mencapai 80,7%.

Ya memang sudah cukup untuk kita, namun kekurangannya adalah jenis layarnya yang masih IPS LCD. Dimana tipe layar ini masih kalah dari AMOELD yang bisa memberikan keunggulan dalam menampilkan visual warna dan gambar yang lebih akurat.

IPS LCD pada Oppo A12 sangat kurang, apalagi ciri khasnya ketika layar mati ia masih memancarkan backlight sehingga ini akan berpengaruh pada baterai yang semakin boros.

Kalau kita bandingkan dengan AMOLED yang mampu memberikan rasio kontras yang baik ini cukup jauh, dimana tipe panel ini juga sangat hemat daya.

2. Tidak ada Fast Charging

10w charging battery oppo a12

Teknologi pengisian cepat atau fast charging mulai marak diterapkan pada smartphone-smartphone terbaru saat ini, tentunya fast charging ini menjadi gebrakan terbaik pada industri teknologi. Sudah banyak juga produk Oppo yang menerapkannya, baik itu dikelas entri, menengah, maupun premium sekalipun.

Tapi untuk Oppo A12 ini sayangnya tidak mendukung kemampuan fast charging, sangat disayangkan memang mengingat smarpthone keluaran terbaru dari Oppo banyak yang menggunakna teknologi ini. Apalagi kalau kita melihat kapasitas baterai dari oppo A12 juga cukup besar, daya yang berikan untuk mengisi baterai hanya sebesar 10W.

3. Dual kamera yang pas-pasan

dual kamera oppo a12

Dengan hanya dibekali dual kamera yang memiliki resolusi pas pasan tentu menjadi kekurangan bagi Oppo A12 ini. Yakni dengan lensa utama 13 MP dan lensa bokeh 2MP. Saya sebenarnya susah untuk mengatakan ini sebagai kekurangan, kalau kita lihat hasil gambar juga cukup baik dari kedua lensanya apalagi ditambah kamera selfie yang mumpuni.

Namun yang sedikit mengganjal adalah fitur-fitur pada kameranya yang kurang, apalagi dengan hanya 2 lensa belakang saja. Bahkan kalau kita lihat dipasar sudah banyak Smartphone seharga dua jutaan yang sudah hadir dengan triple-camera bahkan quad-camera.

Baca Juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A15, Harga dan Spesifikasi

Harga dan Spesifikasi HP Oppo A12

  • Nama : Oppo A12
  • Rilis: April 2020
  • Bobot :  165 gram
  • Layar: IPS LCD 6,22 inch, Corning Gorilla Glass 3
  • Resolusi : 720 x 1520 pixels, 82% rasio ke bodi
  • Sistem Operasi : Android 9, ColorOS 6.1      
  • RAM : 4 GB
  • Memori Internal : 64 GB
  • Chipset :  Mediatek MT6765V/CB Helio P35
  • GPU :  PowerVR GE8320
  • Kamera Belakang : 13 MP (wide) + 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 5 MP
  • Baterai : Li-Po 4230 mAh, non-removable
  • Harga : Rp 1.300.000 – 1.600.000

Kesimpulan

Setelah kita membaca ulasan mengenai kelebihan dan kekurangannya, bagaimana apakah smartphone OPPO A12 sudah sangat cocok untuk dan masuk kriteria kamu? kalau saya sih sudah. smartphone ini sangat worth it sekali. selain kita bisa melihat beberapa spesifikasi dan perfromanya yang unggulan, OPPO A12 juga sangat terjangkau harga jualnya.

Namun selain saya tertarik dengan smartphone ini, ada juga beberapa hal yang saya sayangkan. Seperti tidak adanya teknologi fast charging, hal ini tentu akan memangkas waktu pengecasan menjadi lebih lama, selain itu dual kamera belakangnya juga kurang sempurna apalagi kalau kita menggunakannya di kondisi yang minim cahaya. Tapi kalau saya timbang-timbang, Oppo A12 masih cocok kok untuk kamu bawa pulang. hanya dengan bandrol 2 jutaan saja kamu sudah bisa menikmati berbagai keunggulan yang ditawarkannya. Bagaimana tertarik ingin membelinya?

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.