Kelebihan dan Kekurangan Realme C11, Harga dan Spesifikasi

Siapa nih yang ngefans banget dengan Smartphone dari Realme? Sudah tidak diragukan lagi sih kalau setiap smartphone terbitan dari Realme selalu jadi idam-idaman bagi anak muda. Desain yang dibawa selalu menarik dan estetik, tidak cuman itu saja Spesifikasi yang di hadirkan juga tidak kalah bagusnya.

Salah satu smartphone yang saya suka dari Realme adalah C11 yang pertama kali rilis pada Juni 2020 lalu, Smartphone ini memasuki pasar harga entry-level yang terkenal dengan rentang harganya yang murah yaitu hanya 1 jutaan saja.

Walau realme c11 ini memiliki harga yang terjangkau tetapi jangan ragukan soal Performa dan Spesifikasinya. Kali ini saya akan membahas beberapa Kelebihan dan Kekurangan dari Relame c11 yang mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk kamu nantinya dalam membeli Handphone, siapa tahu c11 bisa menjadi rekomendasi untukmu.

Kelebihan dan Kekurangan Realme C11 – Berikut ini saya akan membahas dua hal terkait realme c11 yaitu kelebihan yang ditawarkan dan kekurangannya. Berikut pembahasannya.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Realme C15, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan Smartphone realme C11

Banyak sih yang mengatakan bahwa smartphone dari realme selalu menyuguhkan keunggulan pada setiap aspeknya, baik dari desain, kamera, baterai, chipset, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas kelebihan dari realme c11 secara spesifik.

1. Desain bodi yang kece dan trendi

desain oke realme c11

Ini nih yang saya suka dari smartphone realme yang selalu menghadirkan desain bodi yang estetik dan bervariasi, Untuk realme c11 ini mengusung dua varian warna yaitu Mint Green dan Pepper Grey.

Kalau kalian lihat nih dari belakang, bodinya sangat terlihat aesthetic dengan warna yang cukup indah dan mulus. Jadi desain bodi belakangnya mirip dengan realme C2 yang menyuguhkan tema “Geometric Design”.

Material yang digunakan untuk bodi-nya adalah berbahan plastik polikarbonat, Walau berbahan “plastik” tetapi kalau dirasakan beda banget, rasanya smooth, tidak licin, dan kesat berasa pegang Smartphone mahal deh pokoknya.

2. Layarnya yang lebar

layar smartphone realme c11

Untuk kamu yang hobi nonton film, realme C11 ini juga cocok untuk kamu, pasalnya smartphone ini dibekali dengan layar 6,5 inci dengan resolusi HD+ 1600 x 720 piksel.

layarnya yang mengusung panel IPS LCD ini memiliki rasio 20:9 dengan kerapatan 270 ppi. Kalau bicara soal display layarnya, saya sudah sangat puas.

Seperti yang sudah saya sebut di atas tadi, bahwa realme c11 ini cocok banget untuk menonton film. tampilan layarnya dibuat dengan desain poni waterdrop artinya hanya ada ceruk sedikit untuk tempat kamera depan.

Rasio dari bodi layarnya sebesar 88,7% yang membuatnya sangat cocok sekali untuk berbagai hal, seperti Bermain game dan menonton film.

3. Kapasitas Baterai sampai 5000 mAh

kapasitas baterai smartphone realme c11

Realme juga terkenal dengan setiap smartphone yang selalu hadir dengan kapasitas baterai yang besar, seperti C11 ini yang menyuguhkan 5000 mAh untuk kapasitas baterai. kapasitas sebesar ini tentu sudah sangat puas untuk berbagai aktivitas penggunaan smartphone.

Untuk kondisi siaga atau tidak digunakan untuk apapun realme c11 ini bisa bertahan hingga 40 hari, untuk bermain game bisa bertahan hingga 12,1 jam, menonton Video bisa sampai 21,6 jam, dan untuk Telepon bisa bertahan sampai 31,9 jam.

Dengan kapasitas sebesar ini realme C11 bisa digunakan sebagai power bank atau istilahnya reverse charger.

Menurut saya kapasitas 5000 mAh ini sudah sangat spesial untuk Smartphone seharga 1 jutaan. Seperti realme memberikan sesuatu yang berbeda untuk persaingan di pasar entry-level.

4. Sokongan chipset Helio G35

chipset realme c11

Performa dari realme C11 ini juga patut untuk di pertimbangkan, ia hadir dengan MediaTek Helio G35 dengan prosesor Octa-core 64bits yang jika di gunakan untuk bermain game akan menjadi lebih kencang.

Helio G35 ini hadir dengan 8 buah inti ARM Cortek A53 yang mempunyai clock speed hingga 2,3 GHz dengan pengelola grafis PowerVR GE8320. Diyakini chipset ini memiliki performa di atas Snapdragon 625, Tetapi masih dibawah Snapdragon 632. Ya mengesankan sih, mengingat ini adalah smartphone di kelas entry-level tak heran saja C11 memiliki daya saing yang tinggi.

Kita kembali lagi ke pembahasan, Perlu diketahui Helio G35 ini adalah chipset gaming terbaru dari MediaTek, chipset ini diklaim memiliki efisiensi daya yang optimal berkat proses produksi dari FunFet 12nm.

Ada beberapa keuntungan dari chipset Helio G35 yang digunakan pada realme C11, antara lain.

  • Menawarkan pengalaman gaming dengan litensi paling rendah artinya ini cocok banget buat kamu yang suka main game online namun tidak mau “ping” terlalu tinggi.
  • MediaTek HyperEngine yang akan mengatur umur baterai menjadi lebih panjang dan efisien dalam penggunaan daya ketika bermain game sekalipun.
  • Teknologi cerdas MediaTek TAS 2.0 yang secara aktif berguna untuk mendeteksi kualitas sinyal agar bisa menyediakan koneksi terbaik namun tetap dengan konsumsi daya yang rendah.

5. Sudah hadir dengan 3 Card slot

memori eksternal realme c11

Kebanyakan smartphone di segmen harga murah apalagi yang 1 jutaan, mungkin untuk saat ini banyak yang menggunakan hybrid slot atau 2 card slot saja, tentu ada kekurangan yang mungkin dirasakan pengguna smartphone pada tipe hybrid slot ini, seperti ketika ingin memasang dua sim harus mengorbankan Micro SD di lepas dahulu, tentu ini sangat merepotkan ya.

Namun berbeda dengan realme C11 yang ternyata nih sudah menggunakan dedicated slot atau 3 card slot pada smartphonennya, dimana kamu bisa menggunakan 2 SIM card dan 1 Micro SD pada sekaligus tanpa melepas-lepas salah satunya seperti hybrid slot.

6. Kamera oke dengan Hasil kece

kamera realme c11

Realme memang terkenal dengan smartphone yang muda banget, selain harga nya yang terjangkau kualitas tentu tidak dilupakan. Seperti kamera, realme C11 ternyata hadir dengan dual kamera belakang dan satu kamera depan.

Hasil foto yang diberikan cukup bagus untuk Smartphone di kelas entry-level. Pada bagian belakang kita bisa melihat kotak untuk penyimpan dua kamera dan flash. Kedua kamera ini memiliki resolusi 13 MP dan 2 MP. Sedangkan untuk kamera selfie atau kamera depan hadir dengan 5 MP yang dibekali teknologi AI selfie.

Ada berbagai keunggulan yang terdapat pada kamera realme C11 seperti pengambilan foto bokeh yang mulus, pengambilan di malam hari yang dinamakan Supert Nightscape Mode dimana mode ini dapat menjaga detail foto walau dalam kondisi yang minim cahaya sekalipun.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Realme C12, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Smartphone Realme C11

Ada kelebihan maka tidak lupa juga dengan kekurangan. Mengingat smartphone ini juga dibandrol dengan harga yang lumayan terjangkau, maka tak heran ada beberapa kekurangan.

1. Belum dilindungi Gorilla Glass

pelindung realme c11

Sayang banget realme C11 ternyata belum menggunakan layar Gorilla Glass untuk melindunginya agar tidak mudah pecah dan tergores, tipe layar ini memang sudah cukup tangguh.

Perlu kamu tahu Gorilla Glass adalah teknologi coanting atau lapisan untuk melindungi layar smartphone, selain tangguh layar ini juga tidak melupakan posturnya yang tipis dan indah sehingga nyaman ketika digunakan.

Dan realme C11 belum menggunakan ini, jadi untuk kamu yang ingin awet menggunakan smartphone agar tidak mudah pecah ketika terjatuh dan tidak mudah tergores, maka saran saya pasang lapisan proteksi layar tambahan.

2. Tidak hadirnya Fingerprint Scanner

face unlock realme c11

Apa yang mendasari realme C11 absennya fitur keamanan ini, mengingat pemindai sidik jari adalah fitur yang sudah sangat tren sekali di Smartphone entry-level. Mungkin saja realme ingin mempertahankan bodi belakangnya yang estetik dan bersih, dengan tidak menghadirkan fitur Fingerprint.

Untuk keamanan realme C11 sudah dibekali teknologi Face Unlock yang menggunakan kamera depannya. Namun tetap saja, absennya fingerprint sangat terasa  pada hal kekurangan.

Kesimpulan

Baik kelebihan maupun kekurangan yang saya rangkum dari Smartphone realme C11 diatas diharapkan bisa jadi pertimbangan untukmu dalam memilih smartphone ini. Walau ada beberapa kekurangan yang ada, namun saya masih suka dengan beberapa kelebihan yang realme c11 tawarkan. Apalagi smartphone ini juga dibandrol dengan harga yang terjangkau.

Jadi hal-hal seperti baterai, kamera, chipset, yang realme C11 gunakan cukup membuat saya ingin membawa smartphone dari koleksi realme C series ini. Walau harganya yang 1 jutaan saja, kualitas yang diberikan bisa dikatakan melampaui batas dan cukup berani untuk sekelas smartphone di kelas entry-level, Ya ini menurut saya adalah strategi realme untuk menyasar anak-anak muda yang mencari smartphone dengan harga murah namun dengan kualitas yang mahal.

Bagikan:
Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published.