9 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Reno4, Harga dan Spesifikasi

Oppo terus konsisten dari waktu ke waktu dalam merilis seri smartphone terbarunya dengan spesifikasi yang lebih bagus dan perfroma penggunaan yang lebih meingkat. Terbukti dengan setiap tahunya pasti selalu rilis sekuel terbaru, contoh dari Reno4 ini yang baru rilis pada Agustus 2020 lalu, Hanya beberapa bulan setelah Oppo Reno3 rilis di indonesia pada Maret 2020.

Seperti umumnya, jika produsen smartphone baru merilis sekuel di lini produknya, maka sudah dipastikan Smartphone tersebut hadir dengan beberapa peningkatan, seperti spek yang lebih baik dan fitur yang lebih menarik.

Ada satu hal yang unik dari Perilisan Reno4 ini, sebab kalau kita lihat Harga pada Oppo Reno3 (generasi sebelumnya) lebih mahal daripada sekuel terbaru Oppo satu ini yaitu Reno4. Ehmm, ada apa nih kalau kita lihat dari segi spesifikasi memang benar Smartphone tarbaru ini terdapat peningkatan dalam beberapa aspek.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Reno4 F, Harga dan Spesifikasi

Nah untuk mengetahuinya lebih jelas mari kita membahas lengkap Oppo Reno4 ini dalam beberapa hal seperti Kelebihan dan Kekurangannya.

harga dan spesifikasi oppo reno4

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 4

Smartphone asal Tiongkok ini memang menjadi primadona bagi para pecinta smartphone, Tentu ada alasannya seperti Kameranya yang terkenal dengan resolusinya, Chipset yang digunakannya, Baterainya yang berkapasitas besar, dan lain sebagainya.

Meski begitu tak bisa dihindari memang, Ada saja sisi yang menjadi kekurangan dari Oppo Reno4 ini juga, Untuk lebih lengkapnya yuk mari kita ulas dibawah ini.

Kelebihan Oppo Reno 4

Sudah tak diragukan lagi OPPO selalu mengahadirkan keunggulan yang berbeda dengan Smartphone lainnya. Kalau kita lihat pada perubahan yang diberikan Reno4 ini, lumayan ada beberapa hal perubahan yang lebih baik dari Reno3 sebelumnya. Baik itu dari segi hardware, desain, hingga fiturnya.

1. Layar OLED yang Luas dan Memukau

layar 6.4 inci oppo reno4

Dengan bentang layar sebesar 6.4 inci dan mengusung kualitas layar Full HD+ membuat Oppo Reno4 ini sangat cocok untuk kamu yang mencari smartphone yang lebar dan berkualitas utuk bermain game atau sekedar menonton video.

Sebagian besar dari kalian mungkin berpendapat bahwa smartphone seharga mid-range sangat kurang cocok jika panel layarnya menggunakan IPS LCD. Nah inilah yang berbeda dari Oppo Reno4, sebab smartphone ini sudah berpanelkan OLED dengan kontras dan rentang dinamis yag lebih tinggi.

Selain itu jika kamu sering beraktivitas menggunakan Smartphone di siang hari atau dibawah terik matahari, layar yang memiliki kecerahan tinggi tentu sangat cocok. Inilah yang Oppo tawarkan, sebab ia mengklaim bahwa layarnya mampu menawarkan tingakatan local peak brightness sampai 800 nits.

2. Material Pelindung yang Kokoh dan Premium

material kokoh oppo reno4

Kalau kita lihat desain bodi dan layar dari Oppo Reno4 ini terlihat sangat menarik dan elegan ketika dipandang, Mungkin inilah hasil dari penggunaan Materal Premium yang melekat di bodi dan layarnya.

Untuk layar Smartphone ini sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 5, yang bisa tahan ketika jatuh. Bahkan material ini mampu bertahan ketika jatuh dari ketinggian 1.6 meter, dan dapat juga mencegah retak sampai 80% ketika jatuh dari ketinggian 1 meter ke permukaan yang keras.

Untuk bagian bodinya juga sudah terlindungi Corning Gorilla Glass 3, penggunan Pelindung ini diyakini mampu memberikan visibilitas yang lebih rendah dan kekuatan yang lebih baik ketika ada goresan atau ketika jatuh.

3. Desain Bodi yang Stylish

bodi stylish oppo reno4

Tidak ada bosan-bosannya Oppo memang selalu membuat spesial pada penampilan dari Smartphone barunya. Termasuk Oppo Reno4 ini yang kalau kita lihat sekilas desain bodinya sangat stylish dan elegan dengan warna khas dan premium.

Bodinya ini memang tidak begitu mengkilap dilihat, namun tetap menampilkan permainan gradasi warna jika kita lihat dari berbagai sudut yang berbeda.

Kita berlaih ke varian warna yang dirancang untuk Oppo Reno4 ini yang menyediakan dua pilihan warna, yaitu Galactic Blue dan Space Black. Oppo Reno4 ini juga mengusung sensor under fingerprint, ini juga satu kelebihan sebab bodi belakangnya sangat bersih dan hanya menyisakan modul kamera saja.

4. Baterai tahan lama dan Fast Charging cepat

baterai awet oppo reno4

Oppo Reno4 ini memiliki daya baterai sebesar 4,015 mAh yang bisa bertahan sehari penuh, dengan screen-on time sekitar 5 jam. Kapasitas sebesar ini tentu akan membutuhkan waktu yang lama untuk mengisi dayanya, Tapi tenang-tenang sebab Oppo Reno4 ini sudah mendukung teknologi fast charging 30W.

Dimana kita bisa mengisi daya sekitar 50% dalam waktu 20 menit, sementara untuk 100% bisa membutuhkan waktu sekitar 1 jam 15 menitan. Tentu ini sangat cocok untuk kita yang tidak sabar ketika chrager HP, tenang dengan teknologi ini kita bisa mengecas smartphone kesayangan kita dengan cepat.

Selain itu ketika daya baterai sudah mau habis dan kamu masih ingin menggunakannya, kamu bisa mengandalkan fitur Super Power Saving mode yang bisa menghemat baterai dengan cerdas. Bahkan ketika baterai sudah 5% kamu masih bisa menelepon lebih dari 1 jam, atau berkirim pesan WhatsApp sampai 90 menit.

5. Chipset unggulan

snapdragon 720G oppo reno4

Mungkin ini adalah kelebihan yang kamu nanti-nanti pastinya. Dengan harga yang cukup terjangkau kita bisa menikmati chipset premium super cepat dari Snapdragon 720G, dengan chipset ini kamu bisa mendapatkan performa yang gahar untuk menunjang kebutuhan kamu ketika bermain game yang berat.

Selain itu Oppo Reno4  juga terkonfigurasi dengan 8 inti porsesor yang tersemat didalamnya, yakni terdrii dari 2 buah Kryo 465 Gold dengan clock speed hingga 2,3 GHz, dan 6 inti Kryo 465 Silber dengan kecepataan 1,8 GHz.

Performa luar biasa dari CPU ini juga diimbangi dengan GPU hadalnya yang menggunakan Adreno 618. Pokoknya untuk hal perofrma Oppo Reno4 ini sudah sangat-sangat baik dan cocok untuk kamu yang ingin menggunakannya untuk bermain game sepuasnya.

6. Kapasitas Memori yang besar

128 GB kapasitas memori oppo reno4

Selain Performa chipsetnya yang super, kita juga bisa mendapatkan Storage yang besar dari Oppo Reno4 ini. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar tentu kita bisa memanfaatkannya untuk berbagai hal, seperti menginstall banyak game, menyimpan video, dan lain sebagainya.

Oppo Reno4 ini membawa kapasitas memori yang cukup bongsor yaitu 128 GB, dan jika kamu masih kekurangan kamu bisa menambah ekspansi lewat slot kartu microSD yang  bisa di Up sampai 256GB.

Selain itu, Smartphone ini juga menghadirkan 8 GB RAM yang sudah sangat baik itu kelas mid-range, kapasitas RAM sebesar ini tentu akan mendukung aktifitas kita dalam memainkan game-game berat atau menggunakan Oppo Reno4 ini untuk multitasking pekerjaan.

7. Kualitas Kamera yang Memanjakan mata

kualitas kamera hingga 48MP oppo reno4

Konfigurasi Quad-Camera dari Oppo Reno4 ii juga menjadi satu kelebihan yang menonjol dan membiatnya terlihat stand out daripada kompetitornya, dukungan berbagai software dan fitur dalam kameranya juga sangat cocok untuk mendukung aktifitas fotografi.

Smartphone ini membekali lensa nya dengan 48MP kamera utama, 8MP untuk Ultra wide yang dapat menangkap objek seluas 119 derajat, dan yang terkahir 2MP kamera makro dan mono.

Beralih kedepan, Kamera selfie dari Oppo Reno4 ini menghadirkan dua lensa sekaligus dengan resolusi 32 MP dan lensa AON Smart Sensor dengan resolusi 1,2 MP.

Untuk hal potret memotret Smartphone ini sudah terbilang baik, dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan kamera Oppo Reno4 sudah dapat mendukung hobi fotografi kamu, agar hasil jepretan menjadi lebih berkualitas dan mengesankan.

Kekurangan Oppo Reno 4

Benar kita bisa melihat banyak kelebihan yang ditawarkannya, mulai dari aspek desain, performa, fitur, sampai harga semuanya sudah cukup baik. Tapi tapi ada beberapa hal yang menjadi ketidaksempurnaan dari smartphone ini, walau hanya beberapa saja namun hal ini sudah dimengerti lah, kita tahu dibalik kekurangan tersebut pasti ada maksud tersendiri.

1. Tidak support NFC

oppo reno4 tidak support nfc

Teknologi NFC dari hari ke hari terus mengalami peningkatan dan perkembangan guna memudahkan para pemilik smartphone bisa bertransaksi dengan aman dan mudah tanpa hambatan apapun. Mungkin untuk kamu yang memiliki mobilitas yang tinggi seperti berpergian ke pusat pembelanjaan atau Jalan tol, pasti membutuhkan yang namanya Transkasi.

Sayang sekali Oppo Reno4 ini tidak mendukung teknologi NFC, walau kelas harga dari smartphone ini sudah banyak yang membekali smartphonenya dengan NFC, Namun tidak untuk Oppo Reno4 kali ini. Hal in tentu adalah kekurangan yang diwariskan dari pendahulunya yaitu Oppo Reno3, yang sama-sama tidak mendukung NFC.

Baca Juga : 15 HP Samsung yang Ada Fitur NFC untuk Cek Saldo E-Money atau E-Toll

2. Tidak ada Kamera Telephoto

Walau kita sudah membaca ada kelebihan dari aspek Kamera pada Oppo Reno4 ini, namun ada secuil kekurangan juga yang masih kita lihat dari kameranya. Seperti tidak hadirnya Lensa Telephoto yang memungkinkan pengguna untuk menangkap gambar dari jangkauan yang jauh dengan Zoom yang tinggi.

Oppo Reno4 ini hanya menghadirkan Zoom maksimal 5x saja, dan itu sangat terbatas sekali. Terlepas dari itu, menurut saya ini tidak terlalu berarti bagi saya, sebab Kualitas kamera dari Oppo Reno4 ini sudah sangat baik dan menjanjikan untuk digunakan sebagai alat fotografi.

Harga dan Spesifikasi Oppo Reno 4

  • Nama : Oppo Reno 4
  • Rilis: 6 Agustus 2021
  • Bobot : 165 gram
  • Layar: 6, 4 inci & Super AMOLED (rasio layar ~83,5%) , GorillaGlass 5
  • Resolusi : 1.080 x 2.400 piksel
  • Sistem Operasi : Android 10, ColorOS 7.2
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Chipset : Qualcomm® Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU : Adrenoâ„¢ 618
  • Kamera Belakang : 48MP (kamera utama), 8MP (ultra wide 119 derajat), 2MP (kamera makro), dan 2 MP (depth sensor).
  • Kamera Depan : 32 MP
  • Baterai : 4.015 mAh, Fast Charging30W
  • Harga resmi : Rp 4.999.000

Kesimpulan

Walau kita tahu harga dari Oppo Reno4 ini lebih murah daripada pedahulunya yaitu Oppo Reno3, Tapi jangan bilang berbagai spek dari smartphone ini ketinggalan. Bahkan saya bisa katakan Reno4 ini diatas kertas dari pedahulunya. Ada peningkatan performa yang cukup signifikan, dan berbagai fitur barunya yang lebih menarik.

Pokoknya Oppo reno4 ini menjadi pilihan kamu banget buat yang mencari smartphone yang murah namun tetap menghadirkan segudang kelebihan yang bisa kita nikmati. Smartphone kelas menengah ini cukup baik untuk bersaing dengan kompetitornya, Mulai dari desain, performa, kamera, fitur, sudah lengkap dan memusahkan.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.