9 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Reno4 F, Harga dan Spesifikasi

Kalau sebelumnya kita membahas smartphone termahal dari sekuel reno4 series, yaitu Oppo Reno4 Pro. Nah kali ini kita akan membahas versi yang paling murahnya dalam seri ini, yaitu Oppo Reno4 F yang dirilis pada Oktober 2020 lalu, Selang 1 bulan setelah perilisan versi Pro.

Walau harga dari Oppo Reno4 F ini adalah yang paling murah di sekuelnya, Namun jangan beranggapan bahwa dalamannya pun juga murahan. Tentu tidak, spesifikasi dan fitur dari Smartphone ini sudah cukup baik. Apalagi desain khasnya yang stylish dan elegan membuatnya banyak diincar para anak muda.

Segala aspek didalamnya sangat imbang dengan harga yang ditawarkannya, mulai dari desain Quad-camera yang berkualitas, dua Kamera selfie, Baterai yang besar, Chipset unggulan dari Mediatek, dan masih banyak lagi. Ya intinya walau kita bisa membawa pulang Oppo Reno4 F ini dalam budget yang hemat, namun kita tetap bisa mendaptkan keunggulan yang masih relevan.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Reno4 F, Harga dan Spesifikasi

Nah untuk kamu yang sudah mengincar Smartphone ini, pasti mengetahui Kelebihan dan Kekurangan juga perlu kita perhatikan. Siapa tahu ada beberapa hal yang kurang dalam smartphone ini, atau bahkan ada kelebihan yang tak terduga dari Reno4 F ini.

Harga HP Oppo Reno4 F

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno4 F

Dengan jargonnya “Clearly Yout Expression” Oppo berusaha menggeluarkan smartphone yang memiliki kaya fitur dan bisa membuat para penggunanya puas dengan smartphone yang mereka beli.

Kira-kira apa saja ya kelebihan yang dipertahankan Oppo Reno4 F ini dan membuatnya berbeda? dan apa saja juga yang menjadi aspek kekurangan dari Smartphone ini yang patut diperhatikan?

Tak perlu lama-lama mari kita langsung ketahui jawabannya dibawah ini.

Kelebihan Oppo Reno4 F

Lagi-lagi saya katakan, jangan melihat smartphone ini dari harganya saja, Kalau kamu tahu segala kelebihan yang ditawarkannya pasti kamu akan mempertimbangkan Oppo Reno4 F ini. Mulai dari bodi, layar, kamera, performa, baterai, sudah sangat baik untuk memenuhi keinginan pengguna.

1. Desain Bodinya yang Stylish, Tipis, dan Modis

Stylish modis tipis HP Oppo Reno4 F

Kalau kita bandingkan bodi dari kedua versi Reno4 lainnya dengan Reno4 F ini, Bodinya tidak kalah jauh dan ketiga Smartphone ini juga sama-sama menyediakan dua pilihan warna yang berbeda.

Warna yang dibawa Reno4 F pada bodinya mengusung dua opsi yaitu Silky White dan Starry Night yang begitu elegan dan premium ketika dilihat. Selain bodinya yang tampak indah, kita juga bisa menikmati Smartphone dengan keyebalan yang sangat tipis, yaitu 7,48mm dan ini adalah yang paling tipis diantara seri Reno lainnya.

Selain itu bobot dari Oppo Reno4 F ini juga cukup ringan, yaitu 164 gram saja. Inilah kelebihan yang berarti untuk penggunanya, yang ketika memeggang Smartphone ini terasa nyaman dan pas ditangan, apalagi dengan sensasi grip dari bodinya dan ketebalan yang ideal.

2. Layar Super AMOLED yang Kokoh dan Cerah

layar super amoled HP Oppo Reno4 F

Layar dari Oppo Reno4 F ini bisa saya bilang sama impresinya dengan versi sebelumnya yaitu Oppo Reno4 yang sama-sama memiliki dimensi layar 6,4 inci dan dilapisi panel Super AMOLED dengan resolusi yang sama-sama full HD+ (1080 x 2400 piksel).

Selain itu bezel dari layarnya juga sangat tipis, yaitu dengan rasio bodi ke layar mencapai 90,67% yang membuatnya nyaman ketika digunakan unutk bermain game atau sekedar untuk menonton video.

Satu lagi untuk tingkat kecerhaannya kita bisa mendapatkan sampai 800 nits, Tentu ini sangat cocok untuk kamu yang sering menggunakan smartphone di luar ruangan atau dibawah terik matahari.

3. Konfigurasi Quad-Camera yang Berkualitas

Satu hal yang menarik dari setiap produk keluaran Oppo adalah kualitas kameranya yang diluar dugaan dan banyak menghadirkan fitur keren yang dapat membuat hasil jepretan kamu menjadi lebih bagus dan jernih.

Total untuk semua lini ada 6 lensa kamera yang terpasang di depan 2 dan dibelakang ada 4 lensa kamera. Untuk bagian belakangnya, terdiri dari 48MP sensor utama, 8 MP untuk ultra-wide, dan 2 MP untuk kamera makro dan mono.

Jika untuk bagian depan, Oppo Reno4 F ini mendesain kedua lensanya dengan Dual Punch Hole, yang terdiri dari 16 MP untuk sensor utama dan 2 MP untuk potratit.

Sama seperti fitur kamera dari kedua versi Reno4 pedahulunya, yang menyuguhkan fitur AI Color Picker yang dapat membuat mengisolasi objek agar tetap berawarna namun untuk warna latar belakangnya dapat dibuat menjadi hitam putih secara otomatis.

4. Baterai yang Besar, Awet, dan kaya Fitur

Baterai 4000 mAh HP Oppo Reno4 F

Dengan kapasitas baterai 4,000 mAh membuat Oppo Reno4 F ini mampu diandalkan ketika kamu berpergian ke luar-luar tanpa kehabisan baterai dengan cepat, Untuk penggunaan sehari-harinya screen-on time mampu mencapai 4,5 sampai 5 jam, Dan waktu ini tergantung pada intensitas penggunaan aplikasi yang kamu buka.

Hal Ini juga didukung dengan pengisian daya yang cepat, yaitu dengan dukungan fast charging 18 W, diamana mampu mengisi daya dari 10% sampai penuh dalam waktu sekitar 90 menit.

Lalu untuk fitur dari baterai pada Oppo Reno4 F ini terdapat AI Night Charging yaitu teknologi yang mampu mempelajari waktu tidur penggunanya, Sehingga saat kita mengisi daya baterainya dalam semalaman, maka secara otomatis daya akan mencapai waktu 100% pada waktu bangun tidur si pengguna (ini bisa kamu atur sendiri). Ada juga fitur Sleep Standby optimazation yang dapat membuat baterai tidak terkosumsi ketika standby dijam malam.

Selain itu ada juga fitur SuperPower Saving, yang mampu membuat beterai ketika 5% dapat bertahan dan masih bisa digunakan untuk berbagai hal seperti Membuka WhatsApp dalam waktu hingga 35 menitan.

5. Chipset unggulan super Kencang

Chipset MediaTek helio P95 HP Oppo Reno4 F

Oppo Reno4 F ini dibekali chipset MediaTek Helio P95 octa-core yang mampu bekerja dengan gesit ketika digunakan untuk berbagai mobilitas pada smartphone. Penggunaan chipset ini tentu ada alasannya, sebab kalau kuta melihat dua versi sebelumnya Reno4 ini sudah dibekali chipset dari Qualcomm.

Wajar saja bila Oppo Reno4 F kali ini hanya menggunakan tenaga pacu MediaTek saja, mengingat harganya juga tergolong paling murah daripada Reno4 series lainnya. Chipset Helio P95 dengan manufaktur 12nm dani dibekali dengan CPU octa-core sampai 2,2 GHz serta ditemani dengan kapasitas RAM 8GB dan Penyimpanan internal dengan kapasitas 128GB UFS 2.1

6. Menghadirkan triple slot

Triple Slot Card HP Oppo Reno4 F

Triple Slot card sangat berguna untuk saat ini, ya walau seiring waktu perkembangan smartphone semakin meningkat dan kapasitas memori pun juga semakin besar. Inilah yang membuat sebagian smartphone hanya menerapkan dual-slot saja.

Namun berbeda dengan Oppo Reno4 F ini yang cukup baik hati menghadirkan slot tambahan untuk micorSD yang dibarengi dengan dua slot simCard. Tentu slot untuk Memori Eksternal ini sangat berguna untuk kamu yang sering menyimpan data dalam ukuran yang besar.

Kekurangan Oppo Reno4 F

Namun ada juga kekurangannya, sebab dengan harga yang terjangkau, Bukan tak mungkin kita melihat beberapa aspek kekurangan dari Oppo Reno4 F ini. Untuk mengetahuinya mari kita membahas beberapa kekurangannya dibawah ini.

1. Lagi lagi tanpa Lensa Telephoto

tanpa lensa telephoto HP Oppo Reno4 F

Beberapa smartphone tarbaru saat banyak yang sudah menggunakan lensa telephoto, dimana lensa ini begitu sangat berguna ketika pengguna ingin menangkap suatu objek yang jauh dengan Zoom super dari kemampuan lensa telephoto ini, bahkan dengan lensa ini kamu bisa melakukan zoom hingga puluhan kali lebih jauh dan detail.

Sayang seribu sayang, Oppo reno4 F ini tidak mendukung kamera telephoto, Tentu ini membuatnya tidak menarik, Walau sudah ada Quad-camera disana.

2. Tak ada NFC

tidak ada NFC HP Oppo Reno4 F

Hidup di tengah perkembangan jaman yang semakin canggih teknologi-teknologinya, tentu kamu sudah tidak asing dengan teknologi NFC (Near Field Communication) yang sangat membantu pengguna untuk lebih produktif ketika melakukan transkasi digital, yang hanya perlu menempelkan smartphone mereka.

Lagi-lagi kekecewaan muncul, sebab teknologi super berguna ini tidak hadir pada Oppo Reno4 F. Kalau kita tahu NFC biasanya muncul pada smartphone segmen mid-range keatas, Sama halnya dengan Reno4 F ini yang sama-sama hadir di kelas mid-range namun tak menghadirkan NFC.

3. Fast Charging yang Berkurang

Fast charging berkurang HP Oppo Reno4 F

Walau memiliki kapasitas baterai yang cukup besar, tak membuat Oppo bergerak untuk menadopsi fast charging yang lebih cepat  untuk pengisian daya. Dengan mengandalkan daya 18 W,tentu ini sangat lambat dibandingkan pendahulunya Oppo Reno4 yang sudah mengandalkan fast charging 30 W dimana daya ini mampu mengisi baterai sampai 50% hanya dalam 20 menit pengecesan.

Tentu sudah bisa kamu bayangkan, jika daya yang diberikan untuk fast charging hanya 18W maka kemampuannya untuk megisi daya bisa lebih lamban.

Ya walaupun begitu, fast charging 18 W masih cukuplah untuk kamu yang sering menggunakan smartphone untuk berbagai hal dan ingin segera penuh baterainya, walau membutuhkan waktu yang lebih lama, tapi cukuplah.

Harga dan Spesifikasi Oppo Reno 4 F

  • Nama : Oppo Reno 4 F
  • Rilis : 12 Oktober 2021
  • Bobot : 164 gram
  • Layar : 6,43 inci & Super AMOLED (rasio layar ~90,67%), Refresh Rate 60Hz
  • Resolusi : 1.080 x 2.400 piksel
  • Sistem Operasi : Android 10, ColorOS 7.2
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Chipset :MediaTek Helio P95
  • GPU : IMG 9XM-HP8 970MHz
  • Kamera Belakang : 48MP (kamera utama), 8MP (ultra wide 119 derajat), 2MP (kamera makro), dan 2 MP (depth sensor).
  • Kamera Depan : 16 MP (utama), 2 MP (potrait)
  • Baterai :  4000mAh, Fast Charging 18W
  • Harga resmi : Rp 3.999.000

Kesimpulan

Itulah Pembahasan mengenai Kelebihan dan juga Kekurangan dari Oppo Reno4 F ini, dengan kita mengetahuinya kita jadi tahu apakah Smartphone ini masuk kedalam kriteria kita. Dengan kita melihat iming-iming harga yang lebih murah daripada saudaranya, apakah Oppo Reno4 F mampu menjadi satu versi yang unggul di kelas mid-range?

Saya melihatnya masih bisa lah untuk bersaing, sebab kita bisa melihat ada beberapa kelebihan yang cukup bagus dari Reno4 F ini, seperti layarnya dengan Super AMOLED, Baterainya 4000 mAh yang tak kalah jauh dengan Seri Reno4 lainnya, Konfigurasi Quad-cameranya dengan hasil jepretan yang ciamik, dan lain sebagainya.

Namun namanya juga smartphone, pasti saja ada kekurangan dari beberapa aspeknya. Yang cukup mengecewakan menurut saya adalah pengurangan kemampuan fast charging yang hanya 18W saja, selain itu kekurangan lainnya yang tak mengalami perbaikan dari versi Reno4 lainnya adalah Absennya lensa Telephoto dan Tak ada lagi teknologi NFC.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.