10 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Reno4 Pro, Harga dan Spesifikasi

Hadirnya Oppo Reno4 di indonesia pada Agustus lalu cukup membuat para pecinta smartphone puas dengan berbagai keunggulannya, Namun apakah kamu tahu kini muncul seri Pro-nya pada awal September 2020.

Oppo Reno4 Pro ini menjadi opsi paling mahal dari Reno4 series, Pada waktu launching smartphone ini cukup banyak menyita perhatian sebab kalau kita lihat seklias yang diunggulkan smartphone ini adalah Desainnya yang lebih premium dan stylish.

Smartphone Oppo Reno4 Pro ini termasuk yang terbaik di kelas premium mid-range, ada banyak keunggulan yang menyita perhatian, seperti fitur fast chargingnya yang bisa mencapai 65W Super VOOC 2.0, tentu ini mengalami peningkatan daripada seri sebelumnya yang hanya mendaptkan fast charging 30W saja.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Reno4 F, Harga dan Spesifikasi

Untuk selanjutnya kita akan membahas Kelebihan dan Kekurangan dari Oppo Reno4 Pro ini, apakah seri Pro ini bisa bersaing dengan smartphone mid-range premium lainnya. untuk lebih lengkapnya mari kita bahas secara lengkap dibawah ini.

Harga HP Oppo Reno4 Pro

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno4 Pro

Pastinya ada banyak kelebihan yang ditawarkan Reno4 Pro, mengingat ini adalah smartphone termahal di seri Reno 4. Harganya juga lumayan mahal yaitu 7 jutaan untuk membawanya pulang, ini lebih mahal 3 jutaan daripada versi sebelumnya yang hanya 4 jutaan saja.

Apakah selesih harga yang luamayan ini bisa menjadi aspek yang perlu diperhatikan? langsung saja kita akan membahas tuntas kelebihan dan kekurangan dari smartphone ini.

Kelebihan Oppo Reno4 Pro

Saya melihat ada berbagai peningkatan yang berarti dari Oppo Reno4 Pro ini, ternyata embel-embel Pro tidak menjadi kiasan saja melainkan mencerminkan juga kualitas spesifikasi dan performa yang diberikannya. Oke langsung saja kita akan membahas Smartphone ini dari segi Kelebihannya.

1. Tampilan layarnya yang Spektakuler

Tampilan layar HP Oppo Reno4 Pro

Saya cukup puas melihat kualitas layar yang diberikan Oppo Reno4 Pro ini, sangat sebanding dengan harga belinya. Dengan mengusung 3D curved design, membuat kedua sisi layar dari smartphone ini sedikit melengkung di bagian kanan dan kirinya. Apalagi kalau kita lihat keempat bezelnya sangat ramping sekali, ya begitulah Oppo Reno4 Pro ini terlihat Premium jika dilihat dari depan.

Selain itu Oppo Reno4 Pro ini juga sudah menggunakan pelindung layar Corning Gorilla Glass 5 yang sangat kokoh, hal in juga didukung dengan ukuran layarnya yang lebar yaitu 6,5 inci dengan Panel super AMOLED.

Perlu kamu tahu juga layar dari Reno4 Pro ini juga sudah mendukung standar warna DCI-P3 100%, yang mampu menyala terang sampai maksimum 1100 nits ketika diperlukan. Dan terakhir tentang keunggulan aspek layar, yaitu sertifikasi TÜV Rheinland Full Care Display yang sudah dikantongi Oppo Reno4 Pro, Sertifikasi ini memungkinkan layar smartphone kamu terlindungi, aman, dan nyaman untuk kesehatan mata.

2. Hadirnya Refresh Rate 90Hz

Refresh rate 90Hz HP Oppo Reno4 Pro

Semakin tinggi refresh rate maka akan semakin baik pula pengalaman pengguna dalam menikmati setiap konten yang tersaji di dalam smartphonenya, ini secara keseluruhan akan menambah visualisasi yang lebih berkualitas.

Contoh pada Oppo Reno4 Pro ini sudah mendukung refresh rate 90Hz, dimana teknologi pada layar ini mampu memberikan visual yang lebih cepat dan halus ketika kamu menggulirkan konten apapun dilayar. Ini termasuk juga ketika kamu bermain game atau menonton video, maka semakin tinggi refresh rate semakin halus juga pergerakan  gambarnya.

3. Bodinya yang Ramping dan Premium

Body Ramping HP Oppo Reno4 Pro

Desain bodi dari Oppo Reno4 Pro ini sangat stylish dan jauh lebih elegan dari versi Reno4 sebelumnya, Walau kita lihat ada persamaan dari finishing modul kamera, logo oppo, Namun saya melihat Oppo Reno4 Pro ini lebih solid desainnya. apalagi saat kita lihat pada bodi belakangnya yang mengambil dua warna kalem yaitu Siliky White dan Starry Night.

Selain itu Reno4 Pro in juga merupakan smartphone dengan berat yang ringan, yaitu hanya 161 gram saja lebih ringan 4 gram dari versi sebelumnya. Ini juga satu hal yang unik sebab Smartphone dengan kelas mid-range biasanya banyak memiliki bobot yang lebih berat kebanyakan 180 gram. Lalu kenapa Oppo Reno4 Pro ini bisa seringan itu? Hal ini disebabkan karena penggunaan cover bodi belakangnya yang menggunakan bahan plastik (polikarbonat).

4. Pengisian baterai yang Sangat cepat

Fast Charging HP Oppo Reno4 Pro

Desainnya memang tipis dan ringan, Namun apakah kamu tahu bahwa kapasitas baterai dari Oppo Reno4 Pro ini adalah 4,000 mAh. Dimana ini juga sama dengan versi sebelumnya yaitu Reno4 yang sama-sama menggunakan kapasitas tersebut. Tapi yang spesial adalah perbedaan teknologi pengecesannya yang menghadirkan SuperVOOC 2.0 dengan charger 65 Watt.

Bahkan Oppo sendiri mengklaim bahwa teknologi pengecesannya ini mampu mengisi daya Oppo Reno4 Pro dari 0% sampai 100% hanya dalam waktu 36 Menit saja!.

Ukuran dari charger ini juga relatif lebih kecil walau dengan besaran watt yang lebih tinggi. Teknologi pengisian daya VOOC ini juga dapat membuat smartphone tidak panas ketika menggunakannya walau dalam kondisi sambil di cas.

5. Kualitas kamera yang Unggul

kualitas kamera HP Oppo Reno4 Pro

Dengan memiliki empat modul kamera belakang ala pengaturan Smartphone Mid-range klasik menambah nilai karismatik dari Oppo reno4 pro ini. Kamera utamanya memiliki resolusi 48 MP, 8 MP untuk ultra wide-angle, dan 2 MP untuk lensa makro dan depth sensor. Kamera utama dari Reno4 Pro ini juga mampu merekam video sampai resolusi 4K 30fps dan slow-motion sampai 960fps.

Beralih ke kamera bagian depan, yang sangat cocok digunakan untuk berswafoto. Dengan konfigurasi resolusi 32 MP, lensa ini mampu menangkap hasil potret yang baik dengan separasi halus antara objek dan backgroudnya.

Ada satu fitur Kecerdasan buatan yang ditanamkan di kamera Oppo Reno4 Pro ini, yaitu AI Color Portrait yang mampu membuat latar belakang berwarna hutam putih namun dapat membuat objek utama menjadi bewarna. Selain itu ada juga fitur Ultra Steady Video 3.0 berbasis EIS, yang sangat efektif dalam meredam getaran dan mampu menyetabilkan video menjadi baik (ini berlaku untuk kamera depan dan belakang).

6. Sudah Menggunakan Triple Slot untuk microSD

Triple Slot Card HP Oppo Reno4 Pro

Walau hadir dengan kapasitas memori internal yang bisa dibilang besar yaitu 128 GB dan 256 GB dengan standar kecepataan UFS 2.1 , Tak menghalangi Oppo unutk menghadirkan satu slot tambahan untuk menyematkan microSD.

Atau dalam arti lain, Oppo Reno4 Pro ini menghadirkan dukungan triple slot pada smartphoenya. Artinya kamu bisa menggunakan dua simCard sekaligus plus kamu bisa menambahkan satu slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan yang ada.

7. Kembali hadirnya 3.5mm Jack Audio

Jack Audio 3.5mm HP Oppo Reno4 F

Dengan semakin berkembangnya tren smartphone saat ini, banyak brand-brand yang memutuskan untuk membuat ide yang lebih efektif untuk memudahkan pengguna. Seperti hilangnya port audio 3,5mm pada produk smartphone di pasar Rp7 jutaan ke atas.

Memang benar beberapa smartphone flagship sudah menghilangkan port super berguna ini. Namun ada hal yang mengejutkan dari Oppo Reno4 Pro ini yang membuat para penggunanya kaget kalau mereka kembali lagi menyediakan 3,5mm jack audio di smartphonenya.

Kekurangan Oppo Reno4 Pro

Walau sudah kita lihat smartphone cukuplah dikelasnya dalam memenuhi beberapa aspek, seperti performa dan spek. Namun tidak berarti Reno4 Pro ini tidak memiliki kekurangan, sayangnya ada beberapa aspek yang masih menjadi ketidaksempurnaan dari samrtphone ini. Lalu apa saja kekurangan tersebut? yuk kita bahas ini secara jelas.

1. Tidak hadirnya NFC di pasar Indonesia

Tidak ada NFC HP Oppo Reno4 Pro

Perkembangan smartphone di dunia saat ini banyak menghadirkan inovas-inovasi baru yang memudahkan penggunanya, seperti teknologi NFC yang dapat membantumu dalam bertransaksi atau sekedar mengecek saldo dompet digitalmu.

Teknologi NFC ini sayangnya tidak didukung pada Oppo Reno4 Pro, tapi dalam jangkauan pasar indonesia. Maksudnya di untuk pasar indonesia Smartphone ini tidak dibekali dengan NFC, ya fitur ini hanya hadir berdasarkan tipe modulnya dan bergantung pada wilayah pasar.

Untuk kita yang tinggal di indonesia, Oppo Reno4 Pro ini tidak membekali dirinya dengan teknologi super berguna ini.

2. Chipsetnya yang masih Kalah Saing

Chipset Qualcomm Snapdragon 720G NFC HP Oppo Reno4 Pro

Smartphone dengan harga Rp7 jutaan seharusnya mendapatkan chipset yang layak dan lebih berdaya saing. Oppo Reno4 Pro ini hanya dibekali dengan chipset Snapdragon 720G dengan manufaktur 8nm yang membuat samrtphonenya menjadi lebih awet dan tidak mudah panas baterainya.

Menurut saya chipset Snapdragon 720G yang digunakan pada Oppo Reno4 Pro ini maish ketinggalan dengan kompetitornya, seperti Poco F2 Pro yang sama-sama membandrol harga 7 jutaan, Namun smartphone ini sudah membekali dirinya dengan chipset Snapdragon 865. Dan masih banyak lagi sebenarnya conoth smartphone dengan harga Rp7 jutaan namun sudah dibekali dengan Chipset berdaya saing tinggi.

3. Absennya kamera Telephoto

Kamera Telephoto HP Oppo Reno4 Pro

Untuk kamu yang gemar fotografi mungkin harus mengurungkan niat bila ingin menangkap gambar dari jarak jauh. Sebab Oppo Reno4 pro ini tidak menghadirkan lensa telephoto yang mampu melakukan zoom optik, atau dapat mengambil gambar dari kejauhan dengan tetap menjaga keutuhan detailnya walau di zoom berkali-kali.

Sayangnya Oppo Reno4 pro ini hanya membekali kameranya dengan fitur zoom 2 kali dan 5 kali saja, Namun yang mengecewakan adalah ketika sudah max zoom 5x kualitas gambarnya berkurang.

Harga dan Spesifikasi Oppo Reno 4 Pro

  • Nama : Oppo Reno 4 Pro
  • Rilis: 7 September 2021
  • Bobot : 161 gram
  • Layar: 6, 5 inci & Super AMOLED (rasio layar ~92,01%) , Corning Gorilla Glass 5
  • Resolusi : 1.080 x 2.400 piksel
  • Sistem Operasi : Android 10, ColorOS 7.2
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 256 GB
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon SDM720G (8 cores)
  • GPU : Adreno™ 618@750MHz
  • Kamera Belakang : 48MP (kamera utama), 8MP (ultra wide, 2MP (kamera makro), dan 2 MP (kamera mono).
  • Kamera Depan : 32 MP
  • Baterai : 4.015 mAh, Fast Charging 65W
  • Harga resmi : Rp 6.999.000

Kesimpulan

Sudah kita lihat berbagai Hal tentang Kelebihan maupun Kekurangan dari Oppo Reno4 Pro ini, smartphone kelas mid-high ini ternyata juga memiliki beberapa keunikan lo, seperti jack audionya yang berukuran 3,5mm (padahal port ini sudah mulai ditinggalkan untuk Smartphone seharga ini).

Selain itu kelebihan yang menurut saya patut diapresiasi adalah Pencahayaannya yang tinggi sehingga sangat baik untuk digunakan diluar rumah, ada juga kemampuan fast chargingnya yang mengalami peningkatan sebanyak 31 W dari pendahulunya, tepatnya Oppo Reno4 Pro ini mengandalkan kemampuan fast charging 65 W.

Namun ada juga kekurangan yang sangat disayangkan, yaitu absennya teknologi NFC. Pasti ada kekecewaan untuk pecinta smartphone, padahal smartphone dalam rentang harga segini sudah ada teknologi super berguna NFC ini.

Begitulah ulasan dari Smartphone Reno4 Pro, kita sudah mengerti ada Kelebihan dan Kekurangan, Namun secara keseluruhan menurut saya Smartphone terbaru di seri Reno 4 ini sudah diatas rata-rata ponsel mid-hight pada umumnya.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.