11 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Xiaomi Redmi Note 10S, Harga dan Spesifikasi

Setelah hadir dengan dua versi pertamanya yakni Note 10 dan Note 10 pro, ternyata Xiaomi Redmi 10 series tidak berhenti disini saja. Nyatanya masih ada smartphone baru di keluarga ini.

Smartphone itu adalah Xiaomi Redmi Note 10S, yang dirilis pertama kali pada petengahan Mei 2021 lalu. Ada banyak kelebihan yang diunggulkan pada versi terbaru kali ini, penggunaan kata “S” ini artinya adalah Super, benar sekali perangkat ini menyajikan kemampuan Super dikelas harganya dan dibanding dengan kompetitor lainnya. Kalau kita bisa bandingkan sebelumnya Perbedaan Note 10 dan Note 10 pro jarak dari kedua smartphone tersebut cukup lumayan untuk perbandingan, Nah hadirnya versi terbaru ini dimaksud untuk menjembatani jarak yang agak lebar dari kedua smartphone pendahulunya.

Walau sebelumnya Country Director Xiaomi Indonesia (Alvin Tse) mengatakan bahwa pihaknya hanya akan merilis dua smartphone saja pada Redmi Note 10 Series ke indonesia. Namun nyatannya karena peminat Seri ini cukup banyak, dan untuk melengkapi kekurangan-kekurangan sebelumnya, maka hadirlah Xiaomi Redmi Note 10S yang cukup untuk mendorong permintaan yang lebih kepada para penggemarnya.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi 9C, Harga dan Spesifikasi

Oke daripada membuat pensaran, untuk melengkapi pertanyaan dari kalian semua Apakah Smartphone Xiaomi Redmi Note 10S ini cukup unggul daripada pesaing-pesaingnya, dibawah ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dari Smartphone ini. Nah untuk mengetahuinya langsung saja kita ke poinnya dibawah ini.

Kelebihan Smartphone Xiaomi Redmi Note 10S

Smarpthone ini memiliki beberapa kelebihan yang hampir sama dengan Note 10, namun ada beberapa poin yang membuat Note 10S satu tingkat diatasnya. Untuk mengetahui itu mari kita bahas kelebihan dari smartphone ini secara menyeluruh dan jelas.

1. Desainnya menawan dan trendi

kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 10S

Sebenarnya dari Redmi Note 10 series lainnya, Smartphone kali ini tidak jauh berbeda dalam segi desain. Namun tetap saja, bagian desain dan bodi menjadi keunggulan yang selalu melekat pada Note 10 Series. Penggunaan material plastik pada bodi belakangnya mungkin cukup baik disandingkan dengan Note 10S ini, sebab material ini jauh lebih tahan terhadap benturan ketimbang material kaca, jadi cukup tagguh untuk ketahanan.

Ukuran dari smartphone ini juga cukup tipis lo, dengan dimensi 160,5 x 74,5 x 8,3 mm dan bobotnya juga yang relatif ringan untuk smartphone tangguh ini, yakni 178 gram saja.

Beberapa opsi warna bodi belakang yang ditawarkan mungkin cukup berbeda dan lebih estetik, seperti Opsi wanra Onyx Gray, Ocean Blue, dan Pebble white. Saya cukup suka dengan wanra bodi yang dipilih pada setiap smartphone rilisan Xiaomi, dimana warna yang dirancang selalu kekinian namun tetap simple. Oh ya satu hal yang mungkin selalu identik pada Note 10 Series adalah tulisan Redmi kecil yang menghiasi kover belakangnya, tulisan ini cukup kecil dan tidak seperti seri lainnya yang menonjolkan nama Redmi.

Tepi samping penel bodinya juga sedikit lebih melengkung dari versi sebelumnya, dan ini terasa lembih ramping juga hal inilah yang membuat Note 10S sangat bagus untuk cengkraman dan di genggam.

Kita bahas beberapa yang mungkin terlihat istimewa dari desain smartphone ini, seperti sidik jari yang ada disamping, penempatan ini sebenarnya sudah di adaptasi dari versi Note 10 series sebelumnya, bahkan mungkin semua versi sama penempatannya. Ada juga peliundung tangguh dari Gorilla Glass 3 yang turut melapisi bodi belakang dari Note 10S.

2. Sudah memegang sertifikasi IP53

sertifikasi IP53 Xiaomi Redmi Note 10S

Pada saat ini banyak perangkat elektronik seperti smartphone yang sudah menggunakan Ingress Protection atau biasa dikenal dengan IP Code. jadi apapun pernagkatnya jika usdah ada IP Code maka sudah dipastikan perangkat tersebut terjamin proteksinya, namun perlu kamu tahu ada dua digit dibelakang IP.  Beda angka tentu beda kemampuan proteksi juga.

Untuk Redmi Note 10S ini sudah dibekali dengan sertifikasi IP53. Yang artinya, 5 untuk proteksi dari debu (namun jumlah debu yang masuk kedalam smartphone tidak sampai menggangu kinerjannya), dan 2 proteksi terhadap tetesan air dari atas setara 3 mm curah hujan yang turun.

Nah jadi smartphone ini cukup aman untuk digunakan, apalagi untuk kamu yang takut pada kerusakan. Tentu acuan Sertifikasi IP Code menjadi wajib untuk kamu.

3. AMOLED yang luas dan kaya warna

AMOLED 6,43 inci HD+ Xiaomi Redmi Note 10S

Aspek layar sebenarnya menjadi kesamaan dengan pendahulunya yakni Redmi Note 10. Dengan mengggunakan panel AMOLED 6,43 inci dan resolsui layar 2400×1800 piksel, Artinya selain memiliki layar yang lebar smartphone ini juga sangat baik soal kualitas.

Dengan Resolusi Full HD+ dan disandingkan dengan AMOLED tentu menjadi keunggulan yang cukup sehingga membuat Redmi Note 10S sangat baik dalam urusan Reproduksi warna. Jadi hal ini dikarenakan kedalaman warna yang masuk sudah dalam rentang DCI-P3. Artinya kamu akan mendapatkan standar menonton video atau film yang setara dengan pengalaman ketika menonton di bioskop, hal in karena tiingkat akurasi warna yang ditampilkan hampir mendekati nyata. Jadi layar ini mempunyai kontras warna yang tinggi juga, yakni 4,5 juta:1. Yang artinyaa, unutk mengungkap satu warna saja (seperti, Biru) ada 4,5 juta pilihan warna biru disana, sehingga warna yang ditampilkan akan lebih nyata dan berkualitas.

Indikator lain yang menjadikannya lebih bagus adalah, Fitur DC Dimming atau Anti Flicker yang mampu mengurangi kedipan layar ketika level kecerhaan diturunkan Nah dengan ini mata tidak akan cepat lelah ketika menantap layar, Sertifikasi Rendah radiasi cahaya biru yang dikeluarkan oleh Lembaga inspeksi asal Swiss SGS (Société Générale de Surveillance), Kerapatan pixel pada layarnya Yakni mencapai 409 ppi yang berarti tampilan layarnya begitu tajam. ada juga tingkat kecerahaan yang dijanjikan sampai 700 nit (diluar ruangan) dan puncak ada di 110 nit (untuk HDR). Beberapa indikator diatas yang sudah kita bahas semua, membuktikan bahwa Redmi Note 10S cukup baik dalam penyajian kualitas layar.

4. Daya tahan baterai yang baik dan Fast Charging 33W

5000 mAh Xiaomi Redmi Note 10S

Dengan kapasitas yang masih sama dengan Redmi Note 10, yakni dengan kapasitas baterai sebesar 5000 mAh cukup membuat smartphone Redmi Note 10S ini tetap menjadi keunggulan pada aspek baterainya.  Beberapa penguji juga menyebutkan bahwa smartphone ini memang cukup unggul untuk urusan ketahanan baterai, apalagi dalam pemakaian intensitas tinggi, sangat bisa diandalkan.

Untuk bertahan seharian penuh mungkin juga bisa, seperti bermain game dan menonton film. Atau untuk pemakaian ringan seperti browsing dan sosial media yang bisa bertahan selama 2 harian. Mungkin kamu menyangka smartphone ini akan mengisi dayanya kembali dalma waktu yang lama, tentu TIDAK. Sebab kita sudah bisa menikmati kemampuan fast charging 33 W yang ada pada Note 10S ini.

Menurut beberapa tes, smartphone ini mampu mengisi baterai dari nol sampai penuh hanya dalam waktu 1 jam 20 menit saja lo. Ini adalah waktu yang lumayan cepat lah, apalagi untuk kamu yang biasanya menggunakan smartphone sebagai perangkat yang selalu ada disekitarmu, tentu daya yang penuh akan membuatmu tenang.

5. Kameranya cukup Oke dengan 64MP

Camera 64Mp Xiaomi Redmi Note 10S

Dari generasi ke generasi sektor kamera selalu menjadi andalan dan faktor pembeda dari Produk Xiaomi.  Kali ini Redmi Note 10S memiliki konfigurasi yang sama dengan Note 10 yakni Quad-camera, namun yang membedakan adalah resolusi dari lensa utamanya. Kalau sebelumnya Note 10 menggunakan resolusi yang lebih kecil yakni 48 MP saja dengan ukuran sensor 1/2 nah kali ini di smartphone terbarunya Note 10S, xiaomi membekalinya dengan peningkatan resolusi sebesar 54 MP dan ukuran sensor 1/1,97 inci.

Selain itu untuk ketiga lensa lainnya memiliki spesifikasi sebagai berikut, untuk Ultrawide dengan 8MP f/2.2, makro 2MP f/2.4 dan depth (sensor kedalaman) 2MP f/2.3.  Masing-masing dari lensanya tentu memiliki kelebihannya sendiri-sendiri, nah inilah yang akan kita tunjukkan.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi 9, Harga dan Spesifikasi

Kamera utama dengan sensor dari OmniVision OV64B ini memiliki kualitas dalam menghasilkan foto dengan detail yang bagus, tone warna yang pas, dan dynamic range yang cukup luas.

Kamera Ultrawide dengan Sony IMX355 yang menawarkan view tangkapan yang lebih luas untuk fotografi lanskap dan kamera ini juga mempertahankan banyak detail sudut dalam satu pemandangan.

Untuk dua kamera lainnya mungkin menurut saya kurang spesial, dan cenderung biasa saja.  Hasil dari kamera makronya dengan 2 MP memberikan output gambar yang kurang tajam dan sensornya akan lama dalam memproses fokus dari subjek. dan untuk kamera depth atau kedalaman, seperti kebanyakan orang tahu saja lensa ini dasarnya ada hanya untuk megisi lembar spesifikasi, jadi ya kualitas hanya berhenti disitu saja.

OmniVision OV64B Xiaomi Redmi Note 10S

Beralih kedepan, dimana kamera selfie dari Redmi Note 10S ini cukup bagus. dengan Resolusi 13 MP kamu dapat mengambil gambar yang berkualitas, dan hasilnya cukup lumayan jika dibawah sinar matahari. Kamera selfie ini mungkin juga sudah diberikan fitur beauty dari sananya, sebab dari beberapa uji coba mengatakan bahwa gambar dari kamera ini tampak diperindah walau sudah mematikan filter pemercantik.

Untuk hal perekaman, Redmi Note 10S dapat merekamn video 4K 30fps dari kamera utamanya dan untuk kamera ultrawide dan selfienya mampu mendapatkan hasil video 1080p 30fps.

6. Kapsitas Memori RAM dan ROM sudah pas

kapasitas RAM 4 GB Xiaomi Redmi Note 10S

Kalau kita lihat smartphone sebelumnya yakni Redmi Note 10, kita tahu bahwa ia hanya dibekali dengan kapasitas RAM 4 GB saja, dan menurut saya itu sangat pas sekali dan mungkin kurang untuk beberapa perminatan pengguna.

Nah ternyata di versi terbarunya kali ini, Xiaomi memperbarui samrtphonenya dengan meningkatkan kapasitas RAM pada Xiaomi Redmi Note 10S. Smartphone ini hadir dengan dua varian RAM yakni 6GB disandingkan dengan 64GB Internal Memori dan 8GB dengan 128GB. Keduanya tentu juga memiliki berbedaan harga, jadi kamu bisa memilih sesaui kebutuhan.

Nah yang membuat saya lebih suka lagi, Walaupun memori internal dari Redmi Note 10S cukup besar namun ia tidak menghilangkan fitur super bergunanya, yakni Dedicated Slot atau slot khusus untuk microSD. jadi kamu bisa menambahkan kapsaitas dengan memasang memori eksternal sampai 512 GB.

7. Perfroma Chipset tangguh dan kencang

5000 MediaTek Helio G95 Xiaomi Redmi Note 10S

Perfroma tentu menjadi keunggulan juga bagi Redmi Note 10S, hal ini dibuktikan dengan beberapa sektor. Seperti chipset yang digunaknanya, smartphone ini ditenagai dengan Chipset dari MediaTek Helio G95. Kalau secara kemampuan sebenarnya chipset ini tidak kalah jauh dengan Snapdragon 678 seperti yang dimiliki Redmi Note 10 sebelumnya.

Kedua memiliki struktur CPU yang sangat serupa namun pada kecepatan clockspeed dan fabrikasi yang sedikit berbeda. GPU yang digunakan juga berbeda, inilah yang membuat saya cukup suka dengan chipset yang digunakan Redmi Note 10S dan lebih kuat diatas kertas dibanding pendahulunya.

Nah yang membedakan keduanya adalah kemampuan pengelola grafisnya, Smartphone ini menggunakan GPU Mali-G76 3EEMC4 yang mampu memberikan kecepatan lebih tinggi (900 MHz) daripada Adreno 612 (800 MHz) milik Snapdragon 678. Tentu dengan bukti ini, kita bisa merasakan kemampuan dari Redmi Note 10S dalam menjalankan game dengan lancar, halus, dan settingan grafis tinggi.

Selain itu untuk penggunaan sehari-hari smartphone ini juga sudah sangat pas dan tidak ada masalah yang cukup berarti dalam menjalankan banyak aplikasi atau multitasking. Tentu perfroma dari Redmi Note 10S juga tidak lepas dari kapasitas memorinya yang sudah menggunakan LPDDR4X dan interneal UFS 2.2.

8. Sudah mendukung NFC

mendukung NFC Xiaomi Redmi Note 10S

Sebenarnya beberapa konektivitas yang ada pada Note 10 sama seperti Note 10s, dan hampir semua. Seperti dukungan 5G, Bluetooth 5.0, Radio FM, WiFi 2,4 GHz dan 5 GHz. yhap semua hal itu diadaptasi dari smartphone pendahulunya, namun ada yang membedakan dan menjadi spesial dari smartphone kali ini.

Yakni NFC, siapa sih yang belum tahu NFC tentu kebanyakan dari kalian sudah mengetahui teknologi super keren ini. jadi jika Smartphone sudah mendukung NFC, maka segala aktivitas nirkabel kamu menjadi dimudahkan, seperti contoh transfer uang, membayar e-toll, melihat saldo rekening digital, dan lain sebagainya.

Hal ini dilakukan dengancara menempelkan smartphone ke sebuah perangkat tertentu. Tentu ini bisa dilakukan jika samrtphone sudah didukung NFC, dan tidak banyak smartphone dikelas menengah kebawah yang sudah mendukung fitur ini. Redmi Note 10S yang spesial dengan pembaruannya, yakni menambahkan NFC pada konektivitasnya.

Baca Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi 9T, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan  Smarphon Xiaomi Redmi Note 10S

Yhaa kita bisa membaca ada beberapa kelebihan yang cukup berarti bagi Redmi Note 10S ini, namun tidak menutuup kemungkinan bahwa smartphone ini juga memiliki beberapa kekurangan. Sebagai pertimbangan untuk kalian, yuk kita bahas beberapa poin yang menjadi kekurangan smartphone ini.

1. Penggunaan MIUI 12.5 masih Aneh dan Bloatware

Antarmuka MIUI 12.5 Xiaomi Redmi Note 10S

Apakah kamu tahu Redmi Note 10S menjadi smartphone pertama dari Redmi yang menggunakan Antarmuka MIUI 12.5 sejak pertama kali didalam kardus. Ya walapun antarmuka terbaru ini juga memiliki banyak kelebihan sebenarnya, seperti transisi yang lebih lembut, tidak adanya stutter ketika melakukan aktivitas multitasking, dan fitur lainnya.

Namun yang sangat disayangkan adalah penggunaan MIUI 12.5 pada Redmi Note 10S ini adalah versi interim atau Sementara. Artinya kamu tidak bisa menikmati fitur-fitur utama yang seharusnya ada di MIUI 12.5 versi final, fitur utama yang sebenarnya cukup mengesankan seperti Perekam layar, perekam suara, tools untuk penggurangan penggunaan CPU dan Konsumsi daya, kompas, Radio, Paket Wallpaper dan Tema baru, Tweak UI kecil versi terbaru, dan lain sebagainya.

Namun menurut GSMarena, pada penggunaan sehari-hari tidak ditemukan apa yang berbeda dari MIUI 12.5 terbaru ini, dengan demikian sebagian besar pengalaman dan tampulan hampir sama dengan yang dijalankan pada MIUI 12.

2. Refresh Rate hanya sampai 60Hz

refresh rate 60Hz Xiaomi Redmi Note 10S

Baik mungkin kita bisa menerima ada kelebihan pada aspek layar Redmi Note 10S ini, sebenarnya tidak ada masalah yang benar-benar berarti, Reproduksi warna, kualitas kontras, kecerhaan, sudut pandang semua sudah cukup baik untuk kelas smartphone yang sama. Smartphone ini juga memiliki responsif yang baik ketika membaca sentuhan, mengingat touch sampling rate-nya mencapai 180 Hz, selain baik untuk scrolling, ini juga sangat baik untuk kegiatan gaming.

Namun sangat disayangkan sekali, layar dengan ukuran 6,43 inci ini belum mendukung refresh rate yang tinggi. Untuk standar hanya sampai 60 Hz saja, Jadi walaupun kemampuan membaca sentuhan cukup baik karena touch sampingnya, Redmi Note 10S menurut saya kurang karena belum cukup mulus untuk diandakan sebagai smartphone gaming karena hanya mampu memberikan setelan sampai 90 FPS atau 120 FPS saja.

3. Mudah Overheat

mudah overheat Xiaomi Redmi Note 10S

Isu Overheating pada Redmi Note 10S tentu menjadi salah satu hal yang tidak inginkan oleh apra penggemarnya, dari beberapa sumber mengatakan bahwa smartphone ini mudah panas apalagi jika digunakna pada daerah yang iklimnya tropis. Oke mungkin kita bisa terima overheat adalah hal yang wajar untuk pernagkat elektronik apalagi samrtphone, namun hal in akan menyebabkan perfroma smartphone menjadi menurun, dan jika tidak ditanagi tentu akan merusak komponen.

Dari uji coba CPU Throttling selama 30 menit, ternyata Redmi Note 10S ini mengalami penurunan kinerja yang cukup signifikan yakni turun ke level 78 persen dari performa puncaknya. dan dalam kurun waktu tersebut, suhu CPU meningkat sampai 50 °C.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi 9A, Harga dan Spesifikasi

Banyak pengguna yang mengeluhkan masalah Overheating ini disebabkan karena pembaruan MIUI 12.5 versi terbaru. Pengguna banyak yang mengeluhkan pemansan tidka normal ketika digunakan untuk hal-hal biasa seperti membuka media sosial, melakukan panggilan, mengisi daya, dan bahkan bermain game pun.

Jadi MIUI versi terbaru ini tidak memiliki nuasa yang cukup bagus dari pendahulunya, ini juga memiliki banyak masalah yang perlu segera diperbaiki.

Harga dan Spesifikasi Redmi Note 10S

  • Nama : Xiaomi Redmi Note 10S
  • Rilis: Mei 2021
  • Bobot : 178,,8 gram
  • Layar: Super AMOLED 6.43 inci, Corning Gorilla Glass 3
  • Resolusi : 2400 x 1080 piksel, screen ratio 83, 5%
  • Sistem Operasi : Android 11, MIUI 12.5
  • RAM : 6 GB dan 8 GB
  • Memori Internal : 64 GB dan 128 GB
  • Chipset :  Mediatek Helio G95 (12 nm)
  • GPU :  Mali-G76 MC4
  • Kamera Belakang : 64MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), dan 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 13 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh non-removable, Fast Charging 33 W

Kesimpulan

Smartphone Xiaomi Redmi Note 10S ini memiliki harga ssedikit lebih mahal dibandingkan Note 10, Smartphone ini dijual dengan dua varian harga berdasarkan memori penyimpnannya. Untuk Rp2,8 juta kita bisa mendapatkan varian 6/64 GB dan untuk Rp3,2 juta untuk varian 8/128 GB. Yhap betul harganya sedikit mahal daripada pendahulunya, namun ini sebanding dengan peningkatan dari beberapa sektor, seperti Memori RAM, Kamera, NFC, dan Chipsetnya.

Secara keseluruhan memang benar Redmi Note 10S ini menjadi pilihan untuk kamu dari kedua veris Redmi Note 10 lainnya. Dibilang ini ada di posisi tengah-tengah antara ketiganya, Untuk kualitas memang Smartphone ini cukup unggul, kita bisa tahu sendiri ada beberapa kelebihan yang menarik perhatian, namun ada juga sektor yang menjadi kekurangan namun itu tidak masalah bagi saya. Smartphone Redmi Note 10S masih tetap baik dan menjadi rekomendasi untuk kamu. Dukungan NFC yang sebelumnya tidak ada pada Note 10, Chipset Mediatek yang sanggup digunakan untuk melibas game-game berat, Kapasitas baterai yang besar sehingga sangup menunjang aktivitas mu sehari-hari, Fitur fast charging 33W yang cukup kencang, dan lain sebagainya. Saya cukup antusias dengan hadirnya versi lain dari Note 10S ini.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.