12 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Redmi Note 10 Pro, Harga dan Spesifikasi

Xiaomi dikenal sebagai salah satu brand smartphone yang terkenal dengan kualitas smartphone yang ia buat, Harga ayng terjangkau dan mumpuni dikelasnya sanggup menyita hati para pecinta smartphone Android. Nah salah satu seri Xiaomi yang menjadi andalan lahir ke dunia, yhap dia adalah Redmi Note 10 Pro.

Ini adalah generasi ke 10 dari Redmi Note series dan masuk ke keluarga Note 10. Xiaomi tentu sudah melewati panjangnya proses dalam membesarkan Redmi Note, dari generasi pertamanya pada 2014 hingga generasi paling terbarunya saat ini yakni generasi ke-10. Mereka selalu berusaha untuk tanggap terhadap persaingan dipasar smartphone dunia, tidak asal mereka membuat sebuah perangkat smartphone.

Redmi Note series sangat sukses dipasaran apalagi dikelas harga entri sampai menengah, seperti pedahulunya yakni Redmi Note 8 Pro dan Redmi Note 9 Pro yang banyak menyita perhatian dan mendapatkan respons yang positif juga di masyarakat, dengan membekali smartphonenya dengan spesifikasi mumpuni namun tetap dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca Juga : 12 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Redmi Note 10, Harga dan Spesifikasi

Dengan tajuk Redmi Note 10 Pro, Xiaomi ini benar-benar serius dalam memperbaiki smartphonenya dari versi sebelumnya yakni Redmi Note 10 yang rilis tidak lama setelah itu. Perbandingannya bisa Anda baca pada artikel 8 Perbedaan HP Xiaomi Redmi Note 10, Note 10 Pro dan Note 10s . Hal yang paling menonjol pada updatean kali ini adalah Snapdragon 732 yang kencang serta kamera 108 MP yang tajam dan berkualitas direntang harga yang hanya tiga jutaan saja!

Oke mungkin itu hanya pemanasan saja, untuk intinya mari kita bahas Smartphone super keren ini dibawah ini. Kita buktikan seberapa spesial dan tangguh smartphone, apakah sudah cukup membuat para penggemarnya jatuh hati? oke berikut ulasannya.

Kelebihan Smartphone Redmi Note 10 Pro

Dengan menyandang nama Pro di belakangnya, apakah Smarphone ini lebih unggul dan mendapatkan perbaikan yang signifikan dari versi sebelumnya. Baik daripada membuat kita penasaran, mari kita membaca Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10 Pro ini.

1. Memiliki desain yang indah dengan sertifikasi IP53

sertifikasi IP53 redmi note 10 Pro

Sebenarnya kalau kita bandingkan dengan versi Redmi Note 10 sebelumnya, desain bodi belakangnya tidak jauh berbeda lo. Seperti penempatan modul kamera yang sama dan logo Redmi dengan font berukuran kecil di bagian kiri bodi. Smartphone Redmi Note 10 Pro ini memberikan kesan bodi yang cantik dengan material yang lebih premium dan elegan. bodinya ini juga memiliki pelidung Corning Gorilla Glass 5 melengkung yang disatukan dengan frame plastik berakses glossy disana.

Untuk urusan Warna, mungkin Xiaomi memberikan kesan yang simple namun tetap indah, terbukti bodi belakangnya memberikan pantulan cahaya yang halus dan mengkilap namun tidak mencolok. Ada tiga pilihan warna yakni Glacier Blue (biru reflektif terang) dan Gradient Bronze (gradien gelap ke oranye) dan Onyx Grey (abu-abu yang mengkilap).

Kalau kita perhatikan sebenarnya Xiaomi sangat serius dalam merancang desain Redmi Note 10 Pro ini secara totalitas. Hal inilah yang membuatnya menjadi smartphone yang tidak hanya enak dipandang, namun juga enak untuk dipegang. Tidak haya memiliki kualitas bodi yang sempura, Xiaomi Redmi 10 Pro ini juga aman ketika terkena percikan air atau debu. Ini karena sertifikasi IP53 yang sudah di kantonginya. Perlu kamu tahu juga, sertifikasi in sebenarnya juga ada pada pendahulunya yakni Redmi Note 10.

2. Layar lebar dengan AMOLED 120Hz yang lur biasa

AMOLED 120Hz redmi note 10 Pro

Redmi Note 10 Pro ini mencetak sejarah smartphone seri Redmi Note sebagai layar berukuran paling besar saat ini yakni 6,68 inci yang berpanelkan AMOLED Full HD+, mungkin aspek layar pada smartphone ini cukup mencuri perhatian para penggemarnya. Pasalnya ukuran layar ini juga di barengi dengan laju penyegaran adaptif 120 Hz dan touch samping rate 240 Gz, bukan hanya layar ini juga sudah menudkung Widevine L1 yang memungkinkan kamu menonton film di Netflix dengan resolusi yang luar bisa, serta ada juga retknologi rentang dinamis HDR10.

Oh ya jika kamu belum tahu smartphone dikelas harga menengah seperti Redmi Note 10 Pro memiliki standar refresh rate hanya di 60Hz. Nah yang luar biasanya refresh rate di smartphone ini sampai 120 Hz yang merupakan standar untuk smartphone di kelas atas. Refresh rate sebesar ini memberikan dampak pada pengalaman display penggunannya, seperti Scrolling yang lebih halus tanpa tersendat dan juga animasi yang ditampilkan pada layar begitu mulus tanpa adanya gangguan.

Sekedar tahu saja, Refresh rate lebih tinggi maka akan semakin boros juga baterai yang digunakan utnuk layarnya. Namun hal ini secara cerdas di tangani oleh Xiaomi dengan secara default layar akan menampilkan di angka 120 Hz unutk beberapa aplikasi yang didukung, dan ia akan berpindah ke setelan 60 Hz jika layar menampilkan gambar yang diam, seperti YouTube, Netflix, atau Prime Video.

Namun jika kamu tidak menginginkan setelan default, kamu bisa melakukan setting secara manual dengan menguncinya ke setelan 60Hz jika mau.

Kita bahas juga Touch Sampling rate 240 Hz yang digunakan Redmi Note 10 Pro ini. Dampak penggunaanya di angka ini berpengaruh pada layarnya yang dapat menmproses 120 titik sentuan dalam satu detiknya. Hal ini sangat berguna untuk kamu yang suka bermain game, jadi smartphone akan bebas dari lag ketika bermain dengan sentuhan.

Bisa saya katakan, kesimpulan dari keunggulan aspek layar Redmi Note 10 Pro ini begitu sangat apik dalam memproses visual ke dalam displaynya. Tampilan yang diberikan tajam, kontrasnya sempurna, dan rentang warna juga dalma. Smarpthone ini sangat oke untuk menonton film ataupun bermain game.

3. Daya tahan beterai yang awet

5.020 mAh redmi note 10 Pro

Dengan ditenagai baterai berkapasitas 5.020 mAh tentu membuat Redmi Note 10 pro sangat tangguh dikelas harganya. Selain berkapasitas tidak berarti smartphone ini memiliki daya tahan baterai yang biasa saja, bahkan menurut GSM Arena, smartphone ini sanggup dipakai selama 28 Jam 45 menit untuk telepon, 15 Jam 47 menit untuk menonton video, dan 13 jam 58 menit untuk Browsing di internet. Bahkan Edurance rating-nya mencapai angka 118 jam lo!, lebih lama dari pendahulunya yakni Xiaomi Redmi Note 10 yang hanya 110 jam.

Sebenarnya daya tahan mungkin berbeda dan untuk versi Pro ini lebih sedikit boros, mengapa? Hal itu karena layarnya yang menggunakan refresh rate 120 Hz dan juga panel AMOLED yang menghabiskan lebih banyak daya.

Namun Xiaomi Redmi Note 10 Pro cukup bagus dengan menghadirkan kapasitas sebesar ini, yang tampaknya ini merupakan kapasitas yang cukup tinggi untuk smartphone di rentang harga terjangkau.

4. Kemampuan Fast Charging 33W

fast charging 33w redmi note 10 Pro

Teknologi pengisan cepat pada jaman sekarang  sangat dibutuhkan, sebab banyak orang-orang yang tidak sabar untuk cepat menggunakan smartphone nya kembali setelah ia gunakan. Maka hadirlah teknologi fast charging yang sanggup mengisi daya dengan cepat pada perangkat smartphone, jadi kita tidak perlu menunggu lama untuk membuatnya sampai penuh dan kita gunakan kembali.

Syukurnya di Xiaomi Redmi Note 10 Pro ini masih menggunakan teknologi fast charging, maka dari itu ini menjadi keunggulan untuk smartphonenya. Walau daya yang diberikan tidak berubah yakni tetap dengan 33 W. Namun ini termasuk angka yang sangat besar dan cepat untuk pengisan baterai.

Menurut riset yang saya kutip dari GSM Arena, Redmi Note 10 pro ini dapat mengisi daya sampai 50% hanya dalam waktu 30 menit saja, dan unutk pengisian daya sampai penuh memerlukan waktu 81 menit.

5. Kinerja yang baik dengan Snapdragon 732G

Snapdragon 732G redmi note 10 Pro

Nah mungkin ini adalah bagian andalan dari Xiaomi Redmi Note 10 Pro, yakni Tenaga pacu yang digunakannya. Smartphone ini kebagian jatah SoC kelas menengah premium terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 732H dengan proses fabrikasi 8nm. Chipset ini memiliki 2 CPU Kryo 470 Gold dengan basis Cortex A76 (2.3 GHz), 6 CPU Kryo 465 Silver berbasis Cortex A55, dan untuk pengelola grafisnya menggunakan GPU Adreno 618 (810 MHz). Ya kita bisa melihat sendiri prosesor yang digunakan sanggup melakukan beberapa pengoptimalan untuk bermain game, yang bersumber pada bagian grafis dengan clock speed yang tinggi.

Nah hal menarik sebenarnya tenaga pacu yang dipakai ini sama dengan yang dipakai oleh POCO X3 NFC. Namun yang membedakannya adalah hasil tes benchmark, untuk skor AnTuTu 8 smartphone Xiaomi Redmi Note 10 Pro mendapatkan skot 295.442 lebih besar daripada POCO X3 NFC yang hanya mendapat 283.750 saja, beberapa tes benchmark lainnya juga menunjukkan bahwa memang smartphone ini sedikit lebih unggul daripada POCO X3 NFC.

Snapdragon 732G ini memang salah satu chipset yang digunakan untuk bermain game. kita bisa lihat akhiran G yang ada pada 732 memang berarti game. Ya walaupun begitu, tidak sepenuhnya Redmi Note 10 pro menjadi smartphone yang sangat andal unutk bermain game berat dan settingan tinggi.

perbandingan peforma redmi note

Namun utnuk sekedar bekerja atau menggunakannya untuk hal-hal standar, seperti membuka banyak aplikasi, menggunakannya untuk menonton, editing video atau photo, browsing, atau kegiatan lainnya yang berhungan dengan kinerja smarpthone. Hal ini masih aman-aman saja dan cukup  dalam menangani pekerjaan tersebut.

Bahkan menurut Techradar, Xiaomi Redmi Note 10 Pro menjadi salah satu smartphone gaming yang hebat. ada argumen pula yang menyebutkan bahwa ini adalah smartphone gaming terbaik untuk kelas menengah dan terjangaku saat ini, hal ini berkat harga, speaker, dan layar AMOLED yang mengesankan.

Hal lainnya yang mungkin menunjang performa dari Smartphone ini adalah dibekalinya penyimpanan UFS 2.2 dengan kapasitas 64 GB dan 128 GB, dimana kamu akan mendapatkan RAM LPDDR4 6GB untuk kedua opsi penyimpanan tersebut. Namun ada juga varian lain dengan RAM 8GB + penyimpanan 128GB yang bisa juga menjadi pilihan.

6. Lensa utama 108 MP yang tajam

Lensa utama 108 MP redmi note 10 Pro

Fotografi selalu menjadi hal yang dispesialkan Xiaomi pada setiap smartphone besutannya, Seperti yang bisa kitalihat pada Xiaomi Redmi Note 10 Pro yang memiliki konfigurasi quad-camera dengan lensa utama sampai 108 MP. Oke mungkin itu hanya permulaan, kita akna membahas aspek kamera ini secara lengkap dibawah.

Spesifikasi Kamera yang sangat menarik pada Xiaomi Redmi Note 10 pro ini, tak heran selain sangat andal digunakan untuk bermain game smartphone ini juga sangat recomend untuk aktivitas fotografi. Quad-camera menjadi andalan Redmi Note 10 Pro, baik kita akna membahas keempat lensa yang tersemat pada samrtphone ini.

Yang pertama untuk kamera utama memiliki resolusi 108 MP f/1.9 yang dibekali dengan sensor Samsung ISOCELL HM2 dengan ukuran 1/1,52 inci yang menggunakna teknologi nanopixel dan menggabungkan 9 piksel menjadi sebuah piksel berukuran 2.1┬Ám. Teknologi nanopixel ini akan menghasilkan gambar 12 MP (108/9 =12) begitu mungkin. Hasil kamera 108 MP yang diambil resolusi 12 MP ini, cukup mengesankan dan tidak mengecewakan, apalagi kalau kita lihat direntang harganya. Dynamic range yang bagus, kontras yang baik, noise yang rendah, tingkat ketajaman yang bagus, tidak oberbrightness, dan lain sebagainya.

Kamera redmi note 10 Pro

Kedua ada lensa ultrawide dengan resolusi 8 MP. Lensa ini diperkuat dengan sensor dari Sony IMX 355, dengan bukaan f/2.2 yang sanggup mengambil foto dengan sudut lebar 118 derajat. Lensa ini juga cukup baik dengan memberikan hasil foto dengan warna yanga akurat, dynamic range yang oke, noisi yang cukup rendah, dan sudut yang diluruskan dengan baik.

Lanjut lensa ketiga, dimana ada lensa makro dengan ditenagai resolusi 5MP dan sensor OmniVision OV5675. Bisa jujur lensa ini tidak terlalu baik dengan dua lensa lainnya, Namun jika kita gunakan untuk menangkap objek dalam jarak yang dekat warnanya cukup hidup dan lebih tajam tentunya.

Terkahir ada lensa depth (sensor kedalaman) dengan resolusi 2 MP yang berlabel GC02M1. Tidak lupa juga untuk Kamera depan dimana lensa selfie ini dibekali dengan resolusi 16 MP f/2.45 yang mampu menangkap gambar dengan sangat cantik, lensa berbasis sensor Sony IMX471 dengan ukuran 1/3 inci.

Jadi kesimpulannya, saya cukup terkesan dengan spesifikasi kamera yang disematkan pada Redmi Note 10 pro ini, sebab kita bisa mendapatkan hasil foto yang berkualitas. Jadi selain apik pada aspek performanya, Xiaomi tetap memperhatikan kebutuhan pengguna dengan merancang kameranya dengan sangat baik.

7. Dibekalinya MIUI 12 dan Android 11

MIUI 12 dan Android 11 redmi note 10 Pro

Xiaomi Redmi Note 10 pro adalah salah satu smartphone Xiaomi pertama yang di pasangi sistem operasi  Android 11 dengan MIUI 12 sejak dalma kardus produknya. Kedua hal ini tentu akan menambah kinerja smartphone menjadi lebih luar biasa, dengan tampilan dari MIUI terbaru dan perfroma dari OS terbaru Andorid 11.

Ada banyak keunggulan dalam penggunaan MIUI versi 12 ini, Seperti tampilan Always-on yang dapat menjadwalkan smartphone untuk terus hidup atau mati setiap saat, Ada juga kategori aplikasi yang secara otomatis sudah dikategorikan jadi kamu bisa dengan mudah memilih aplikasi untuk digunakan.

Notification Shade yang juga menjadi fitur menarik dimana kamu bisa memanggil dua menu dari arah yang berbeda, menarik ke bawah dari bagian kiri untuk memunjulkan pusat Pemberitahuan atau menarik ke bawah dari kanan untuk bagian Pusat kontrol menu. Hal ini sama seperti fitur yanga da pada iPhone.

MIUI juga mendukung aplikasi keamanan bawaan yang dapat memindai smartphone dari malware, mengelola dan membatasi penggunaan kamu,melakukan konfigurasi perilaku baterai, membersihkan RAm dan lain sebagainya.

Nah hal-hal lain yang terdapat pada MIUI 12 adalah Night Mode, Mi Remote (IR Blaster), Radio FM, pengaturan Tema yang sudah tersedia di toko tema dan kamu bisa mengunduhnya kapan pun.

8. Speaker Stereo yang berkualitas

Speaker Stereo redmi note 10 Pro

Kualitas audio ya berkualitas mungkin tidak banyak diperhatikan, Namun hal ini mungkin akan sangat penting jika kamu gunakan smartphone untuk aktvitas seperti menonton Netflix, mendengarkan Spotify, bermain game, atau lainnya yang memrlukan akses audio yang cukup.

Maka saat ini ada yang namanya Suara Streofonik atau lebih dikenal dengan suara stereo , keberadaan ini menciptakan ilusi perspektif audio multiarah yang alami dan menggema. Nah Speaker Stereo pada samrtphone berfungsi untuk mereproduksi suara dari saluran audio independen dari sisi kiri dan kanan.

Di Redmi Note 10 Pro Speaker streo juga tidak ketinggalan, ada dua kisi-kisi speaker di ujung smartphone yang berlawanan, dan kita bisa mendengarkan kualitas audio yang seimbang dan nyaring.

9. Sudah mendukung NFC

mendukung NFC redmi note 10 Pro

Mungkin dengan didukungnya NFC pada Redmi Note 10 Pro ini menjadi sebuah kemajuan untuk seri Note 10 sebab kalau kita lihat pendahulunya ini belum ada yang namanya konektivitas NFC, hal ini juga pernah kita ulas pada artikel Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 10, dan ketidak hadiran NFC menjadi salah satu kekurangannya.

Baca Juga : 15 HP Xiaomi yang Mendukung NFC Terbaru

Di veri terbarunya kali ini akhirnya Xiaomi mendengar keluhan para penggemarnya dengan menghadirkan teknologi super berguna yakni NFC. Nah dengan hadirnya konektivitas NFC ini membuat smartphone Redmi Note 10 Pro bisa digunakan untuk berbagai aktivtas nirkabel, misalnya transfer uang, membayar e-toll hanya dengan menempelkan smartphone ke sebuah alat khusus.

10. Dukungan slot khusus microSD

slot khusus micro SD redmi note 10 Pro

Tampaknya dukungan slot khusus untuk microSD menjadi sebuah tren untuk seri Redmi Note, sebab kalau kita lihat dari seri Redmi Note 8 sampai Redmi Note 10 saat ini, semua sudah menggunakan tipe slot Dedicated.

Jadi kamu tidak perlu repot memasang mencopot simCard untuk menggunakan microSD. jadi slot khusus untuk eksternal memori sudah tersedia. hal ini juga spesial sebab walau sudah memiliki penyimpanan internal yang cukup besar yakni 64 GB dan 128 GB tidak menghalangi xiaomi untuk meneruskan tren baik dengan mendukung tipe dedicated slot untuk Redmi Note series.

Kekurangan Smartphone Redmi Note 10 Pro

Tidak ada smartphone yang sepenuhnya Sempurna, itu mustahil. Pasti ada saja beberapa celah kekurangan yang membuatnya sedikit mengecewakan. Nah Redmi Note 10 Pro ini walau berbekal dengan spek yang cukup mumpuni, ada saja beberapa kekurangan yang terlihat.

1. Masih belum ada Reverse Charging

not reverse charging redmi note 10 Pro

Kekurangan ini mungkin masih sama dengan versi sebelumnya yakni Redmi Note 10 yang sama-sama belum mendukung teknologi reverse charging. Ya tidak ada kemajuan secara nyata dari Xiaomi dalam aspek chargingnya, selain daya fast charging yang tidak bertambah, tidak supportnya reverse charging kembali menjadi hal yang cukup sayangkan.

Sebab kalau kita bandingkan dengan smartphone pesaing di produk yang sama, yakni Xiaomi Poco M3 yang bahkan memiliki harga yang lebih murah daripada Redmi Note 10 Pro sudah support 18W reverse charging.

Oke mungkin yang belum mengerti, jadi Reverse charing ini adalah sebuah teknologi yang memungkinkan bagi sesama pengguna smartphone untuk saling berbagi daya baterai, dan hal ini bisa dilakukan dengan cara wireless atau juga bisa mendekatkan smartphone satu dengan lainnya.

2. Perekaman video yang kurang dan Low light

daya rekam redmi note 10 Pro

Memang walau saja memiliki keunggilan yang cukup menonjol, tidak selamanya kamera yang ada pada smartphone memiliki kesempurnaan yang tidak bisa ditandingi, pasti akan ada saja kekurangan yang nampak, walau itu hanya secuil.

Oke kita bisa terima mungkin aspek kamera pada Xiaomi Redmi Note 10 Pro ini sangat mumpuni bahkan yang terbaik di kelas harganya. Namun ada sisi yang membuat mengganjal dari aspek kameranya, yakni kekurangan pada pengambilan foto di kondisi minim cahaya (low light), hal ini disebabkan karena tidak adanya OIS, maka kualitas yang diberikan tetap saja medioker atau biasa-biasa saja.

Dengan tanpa OIS juga menyebabkan hasil gambar yang diberikan kurang tajam atau soft. Night mode juga hanya ada di kamera utama, untuk lensa ultrawide dan makro tidak menggunakannya.

Lanjut ke masalah perekaman video, Mungkin Redmi Note 10 pro ini sudah ada penstabil gyro-EIS namun fitur ini hany ada pada resolusi 1080p di 30 fps atau 60 fps. Nah ini akan menjadi masalah ketika kamu mencoba merekam video yag berkualitas dan stabil, maka jangan berharap lebih pada kameranya.

Harga dan Spesifikasi Redmi Note 10 Pro

  • Nama : Xiaomi Redmi Note 10 Pro
  • Rilis: Maret 2021
  • Bobot : 178 gram
  • Layar: Super AMOLED 6.67 inci, Corning Gorilla Glass 5
  • Resolusi : 2400 x 1080 piksel, screen ratio 85, 6%
  • Sistem Operasi : Android 11, MIUI 12
  • RAM : 6 GB dan 8 GB
  • Memori Internal : 64 GB dan 128 GB
  • Chipset :  Qualcomm SM7150 Snapdragon 732G (8 nm)
  • GPU :  Adreno 618
  • Kamera Belakang : 108 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 5 MP (macro), dan 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 16 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5020 mAh non-removable, Fast Charging 33 W

Kesimpulan

Smartphone mainstream dari Xiaomi ini cukup andal untuk digunakan dalam berbagai situasi, spesifikasinya cukup baik apalagi dikelas harga menengah. Bisa saya katakan Redmi Note 10 pro ini menjadi smartphone dengan penawaran terpanas ditahun ini, dan mungkin sulit untuk ditandingi. Mengingat dengan harganya yang hanya direntang 3 jutaan saja kita bisa merasakan pengalaman smartphone ala flagship yang mumpuni dan sanggup digunakan untuk menangani beragam pekerjaan selain itu ia juga menawarkan estetika dan kenyamanan yang cukup memadai.

Dengan menempatkan layar berkualitas dengan teknologi AMOLED 120Hz kalian bisa merasakan betapa dimenakjubkannya kualitas layar dari Redmi Note 10 Pro ini, selain itu ia juga sudah mengantongi sertifikasi IP53 yang sanggup tahan terhadap percikan air dan debu.

Tentu sudah bisa kamu rasakan, betapa tergodanya kita ketika pertama kali membaca berbagai keunggulan yang ditawarkannya. Oh ya urusan perfroma dan kameranya juga menjadi unggulan,  dapur pacu yang digunakannya adalah Qualcomm Snapdragon 732G yang memiliki kinerja cukup kencang, serta Kamera utama dengan resolusi 108 MP yang sangat apik dalam menangkap gambar.

Redmi Note 10 Pro memiliki beberapa varian harga, hal ini dibedakan dari segi memori penyimpananya. Dengan spesifikasi 8/128 GB Smartphone ini dibandorl dengan harga Rp 3.999.000, dan varian 6/64 GB dibandrol dengan harga Rp 3.599.000 saja.

Untuk ditahun 2021 ini, mungkin ini adalah kejutan untuk smartphone dikelas menengah, sebab ada Smartphone yang memiliki harga sangat terjangkau namun ia menawarkan segudang kelebihan pada aspek spesifikasinya. Jadi Redmi Note 10 Pro ini bisa menjadi pertimbangan untuk kamu yang ingin membawa pulang smartphone berkualitas dengan anggaran yang terbatas.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *