9 Kelebihan dan Kekurangan HP Xioami Redmi K40 Gaming Edition, Harga dan Spesifikasi

Untuk kamu yang hobi sekali dengan bermain game tentu membutuhkan smartphone bertipe gaming yang mumpuni agar ketika game berjalan kita bisa menikmatinya bukan malah lemot yang dirasakan. Dan kalau kita lihat-lihat nih semakin hari ke hari, Smartphone gaming juga banyak dihadirkan di segmen harga yang lebih terjangkau. Bukan melulu dikelas flagship yang paling andal dan gesit performanya, smartphone dibawahnya juga banyak yang menyediakan smartphone berspesifikasi gaming. Hal ini dipengaruhi juga berkat ketersediaan chipset yang lebih murah.

Nah untuk Xiaomi sendiri di tahun 2020 merilis salah satu smartphone gamingnya dengan tajuk Redmi K40 Gaming Edition. Bukan Xiaomi namanya kalau tidak menghadirkan smartphone dengan harga terjangkau namun tetap memiliki spesifikasi yang tinggi. Secara keseluruhan kalau bisa saya deskripsikan, Redmi K40 Gaming ini adalah salah satu smartphone terjangkau yang dibuat begitu powerful pada berbagai aspeknya, mulai dari prosesornya, layar, baterai, speaker, kamera, dan lain sebagainya.

Oh ya sekedar info juga, ini adalah seri ketiga dari Redmi K40 series. Kedua serinya adalah K40 standar dan pro, mereka juga sama memiliki spesifikasi yang bagus diharga terjangkau namun jika kamu mencari pilihan yang cocok untuk Bermain game-game berat, maka K40 Gaming Edition ini sangat cocok untuk kamu.

Baik daripada membuat pensaran, dan saya pun juga tidak sabar mengetahui isi lengkap dari Redmi K40 pro ini. Nah oleh karena itu yuk kita ulas Kelebihan dan Kekurangan dari smartphone ini, berikut ulasannya.

Baca Juga : 11 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi K40 Pro, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan Smartphone Xioami Redmi K40 Gaming Edition

Sebagai salah satu smartphone gaming masa kini, tentu Redmi K40 Gaming Ediiton ini sangat sangat bisa diandalkan untuk kamu yang hobi banget bermain game, Secara keseluruhan aspek dan spesifikasi yang disugguhkan sangat menarik apalagi untuk melibas game-game berat seperti PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, atau Mobile Lagends sekalipun semua dapat dimainkan tanpa terkendala lemot.

Namun tidak melulu soal gaming lo, Smartphone ini juga sangat unggul pada beberapa aspek lainnya. Untuk mengetahui itu yuk kita bahas Kelebihannya.

1. Desain bodi keren ala Gaming

desain redmi k40 gaming

Jujur saja Redmi K40 Gaming Edition ini memiliki desain bodi yang sangat keren sekali, desainnya terinspirasi dari gaya e-sports. Bagian atas bodi kita bisa melihat frame kamera yang disusun secara vertikal, dibagian atas dan bawahnya kita melihat ada dua buah strip cahaya melengkung mereka akan berkedip ketika mengisi daya, pesan masuk, dan bermain game. Tak lupa ada desain yang unik dari Flash-nya yakni berbentuk petir dengan dua lampu disana.

Dibagian tengahnya juga ada gambar bertuliskan FIGHTING dengan ditata secara vertikal, membuat smartphone tampak lebih meyakinkan dan elagan. tak lupa seperti kebanyakan seri Redmi lainnya, selalu ada logo “Redmi” kecil di samping kiri smartphone untuk menambah identitas.

Memang kalau kita lihat sangat menarik bodi belakangnya, bahkan ini tidak mencerminkan sama sekali bahwa ini termasuk smartphone K40 series. Berbeda dan spesial itulah yang bisa saya ungkapkan, Kalau kita bandingkan dengan desain smartphone gaming diluar sana mungkin Redmi K40 ini memiliki desain yang lebih Konvesional dan Sederhana ketimbang Black Shark 4 yang begitu atraktif dan mewah. Yhap walau hadir sebagai smartphone gaming, K40 Game Enhanced Edition ini tetap mempertahankan pengaturan kamera, desain tekstur yang lebih disiplin dan tidak neko-neko.

kelebihan dan kekurangan redmi k40 gaming

Namun jika kita bandingkan dengan Redmi K40 maupun K40 Pro, Smartphone kali ini sungguh berbeda apalagi tampilan desainnya yang luar biasa dan artistik dikelasnya. Kalua kita lihat di samping atas dan bawahnya, terdapat tiga mikrofon sekaligus, side fingerprint, speaker dari JBL, ada juga trigger layaknya smartphone gaming pada umumnya, pilihan empat varian warna yang berbeda yakni Hitam, Abu-abu, Perak, dan edisi spesial Bruce Lee dalam warna kuning. Ini menambah kesan premium dari Redmi K40 Gaming Edition ini, selain itu perlindungan Gorilla Glass juga menambah ketangguhannya.

Oh ya satu lagi, Smartphone ini termasuk smartphone Gaming yang memiliki ukuran tertipis dan teringan saat ini dengan ketebalan 8,3 mm dan berat 205 gram. Kalau kita bandingkan dengan smartphone gaming diluaran sana, bobot dan ukurannya kadang sangat berat dan lebar itulah.

2. Layar dengan 120 Hz Refresh Rate

120 Hz Refresh Rate redmi k40 gaming

Selain desain yang akan membuat penggunanya merasa nyaman dan enak dipandang, Aspek lain yang sangat penting ketika bermain game adalah layar. Dan kabar baiknya Redmi K40 Gaming Ediiton ini sangat unggul juga untuk performa visualnya, pengalaman pengguna dibuat puas dengan layar berukuran 6,67 inci ini. Ada Teknologi yang namanya COP untuk memastikan pengalaman bermain game yang lebih baik dan nyaman lagi dengan bezel 2,7 inci dengan resolusi 2400 x 1080 piksel.

Layar yang digunaan juga lurus fleksibel, panel yang digunakan adalah AMOLED, dengan 1,07 miliar warnanya, selain itu ia juga mendukung HDR10+ yang merupakan teknologi untuk meningkatkan kualitas warna dan kontras pada sebuah video dan menjadikannya lebih hidup serta dinamis, yang juga mencakup gamut warna lebar DCI-P3.

Refresh Rate pada layarnya juga tinggi lo, yakni 120Hz yang akan membuat pengalaman bermain game menjadi lebih halus, ada juga Touch Samping 480Hz yang semakin tinggi maka akan semakin sedikit pula jeda waktu yang dibutuhkan antara sentuhan dan respon layar, jadi menurut saya kedua spesifikasi ini sudah sangat pas untuk pengalaman visual yang menakjubkan, seperti bermain game, menonton film, scrolling, dan lain sebagainya.

3. Kapasitas Baterai 5065 mAh

Kapasitas Baterai 5065 mAh redmi k40 gaming

Redmi K40 Gaming ini tidak hanya menghadirkan pengalaman bermain game yang andal, namun juga waktu bermain yang lebih lama. Hal ini berkat dibekalinya baterai berkapasitas besar 5.065 mAh, Bukan hanya angka besar test membuktikan bahwa smartphone ini juga sangat awet ketika digunakan untuk bermain game tentunya.

Dari uji coba yang dilakukan Giztop menyebutkan bahwa setelah bermain game online selama 2 jam terus-menerus, baterai yang tersisa masih 55 persen, ini hasil yang sangat bagus. Selain itu jika kita menonton Tiktok selama setengah jam, hanya berkurang 4 persen, video 1080p selama setengah jam berkurang 5 persen.

Yhap seperti yang sudah saya singgung diatas, angka 5065 bukan sekedar kapasitas saja, melainkan juga tentang kualitas yang mampu bertahan lama. Hal ini lah yang menambah amunisi bermain game kamu menjadi lebih lama lagi.

4. Kemampuan Fast Charging 67W

Kemampuan Fast Charging 67W redmi k40 gaming

Kalau Redmi K40 Pro sebelumnya memang benar memiliki pengisian cepat 33W, dan ini bukan angka yang kecil bahkan sudah cukup besar untuk smartphone dengan harga terjangkau. Nah di seri terbarunya kali ini, dengan tajuk Gaming Edition Xiaomi ternyata membuat kejuatan dengan membakali daya dari fast charging dengan 67 W. Jadi walaupun kapasitas baterai cukup besar, kamu tidak perlu takut menunggu lama ketika mengisi ulangnya, berkat teknologi Fast Charging super cepatnya ini.

Nah untuk rincian kemampuan dari pengisian baterianya, berikut data dari Xiaomitoday. Menyebutkan dari 1% sampai 19% dapat dicapai dalam waktu 5 menit saja, 33% dalam waktu 10 menit, 46% dalam 15 menit, 56% dalam 20 menit, 56% dalam 25 menit, 78% dalam 30 menit, 88% dalam 35 menit, dan total untuk mengisi daya sampai 100% dengan kapasitas baterai 5065 mAh dan kemampuan fast charging flash 67W dapat dicapai dalam waktu 48 menit saja!.

5. Performa gaming luar biasa

MediaTek Dimensity 1200 redmi k40 gaming

Sebagai Smartphone gaming tentu aspek perfroma menjadi hal yang nomer satu bagi para vendor dalam merancang setiap Smartphonnya. Hal ini yang ditunjukkan pada Redmi K40 Gaming Edition yang bisa memenuhi kebutuhan gaming kamu serhari-hari dengan lancar tanpa adanya lag, Benarkah begitu? nah untuk membuktikannya mari kita bahas aspek performanya dibawah ini secara lengkap.

K40 Gaming Edition adalah smartphone kedua yang menggunakan chipset dari MediaTek Dimensity 1200, setelah realme GT Neo. Mungkin banyak dari kalian kaget dengan chipset yang dipakainya, sebab umumnya smartphone dengan tipe gaming tidak  menggunakan chip dari MediaTek, Namun ini adalah langkah berani dari Xiaomi sebab kita akan mengetahui seberapa tungguh sih chipset andalan dari MediaTek ini.

Ada alasan Xiaomi memakai Chipset ini, hasil kinerja yang diberikan Dimensity 1200 sangat komprehensif dan menawarkan keseimbangan yang sempurna antara kinerja dan konsumsi daya. Dan kalau kita bandingkan dengan pendahulunya yakni Dimensity 1000+ kinerja secara keseluruhan telah meningkat sebesar 22 persen, sementara untuk konsumsi daya telah berkurang sebesar 25% hal inilah yang membuat kenapa Smartphone ini sangat hemat daya baterainya.

chipset MediaTek Dimensity 1200 redmi k40 gaming

Dimensity 1200 ini menggunakan proses manufaktur 6nm, yang CPUnya dirancang dengan arsitektur tiga kluster terbaru yakni “1+3+4” , termasuk juga 1 frekuensi utama Super core 3.0GHz Cortex-A78,  4 core kecil Cortex-A55 dengan frekuensi utama 2.04GHz, 3 core Cortex-A78 dengan frekuensi utama 2.6GHz, dan dibekali juga pengelola grafis dari Mali-G77 MC9.

Edisi Gaming kali ini tentu sudah bisa kamu tebak kan, Bermain game dengan lancar tanpa lag adalah fokus utamanya. Hal ini juga dibuktikan oleh hasil Benchmark yang diperoleh, Untuk Antutu sendiri mendapatkan skor 696321, 3DMark dengan skor 4147, GFX Bench OpenGL mendapatkan 1741, dan untuk Manhattan 3.1 memperoleh skor 4136. Data ini bahkan lebih baik ketimbang Snapdragon 865+, namun sedikit lebih rendah daripada Snapdragon 870 yang ada pada K40 standar.

Pada smartphone ini juga, Redmi secara khusus menyematkan berbagai fitur yang sangat berguna ketika kamu bermain game. Seperti tools Game Acceleration, Game Turbo, kamu juga bisa menyesuaikan pengaturan kecepatan frame rate sesuai kebutuhan game, resolusi, getaran audio 4D ketika bermain, aspek pengelihatan ketika bermain game, aspek kontrol, trigger pop up yang akan muncul ketika kamu mengaktifkan sakelar, dan lain sebagainya yang hampir semua faktor terkait dengan pengalaman bermain game secara keseleruhan sudah didukung oleh Smartphone ini dan pengguna secara khusus dapat Mempersonalisasinya sendiri.

Multi-stacked graphite layers redmi k40 gaming

Nah untuk kamu yang hobi bermain game selama berjam-jam dan takut smartphone kamu panas, Jangan khawatir dengan Redmi K40 Gaming Edition ini. sebab ia sudah dilengkapi sistem pendingin tiga dimensi yang sangat baik. Multi-stacked graphite layers dikombinasikan dengan ruang uap super besar yang menutupi semua komponen dari perangkat utama, hal inilah yang membuat kinerja ketika bermain game tetap mulus. Sistem pendingin ini juga tidak hanya menghilangkan panas secara efesien, namun juga menawarkan insulasi yang baik.

6. Kualitas Kamera juga oke dengan 64 MP

Mengingat Smartphone Redmi K40 Gaming Edition ini lebih berfokus pada kebutuhan bermain game, maka aspek kameranya tidak terlalu bagus-bagus banget, Namun tetap cukup oke untuk menangkap gambar dengan hasil yang berkualitas.

kamera 64 MP redmi k40 gaming

Pada bagian belakangnya, kita bisa menemukan frame kamera dengan tiga lensa disana, masing-masing sebagai berikut:

Lensa Utama dengan resolusi 64MP, bukaan f/1.65, hasil foto yang diberikan sangat pas. Frame rate lebih tinggi, warna yang menyenangkan, kinerja pada siang dan malam hari sangat apik. Oh iya lensa ini memiliki single piksel 0,7 mikrometer dan sudah didukung dengan teknologi piksel four-in-one.

Lensa Ultra-wide 8MP dengan bukaan f/2.2. Seperti layaknya kamera ultra-wide pada umumnya, gambar yang dihasilkan pada lensa ini cukup keren dengan tangkapan yang lebih luas, untuk ini sendiri bahkan sampai 120 derajat.

Lensa Makro dengan 2MP nya. Ini hanyalah lensa biasa, kegunaanya untuk menangkap suatu objek dalam jarak yang sangat dekat sekalipun dengan sangat jelas tanpa gangguan, bahkan bisa mencapai jarak terdekat 4cm.

Terakhir ada, lensa selfie 16MP. Lensa ini didesain berbentuk punch hole di bagian depannya, walau resolusinya menuru ketimbang K40 standar namun tetap saja hasilnya untuk digunakan selfie cukup oke.

Tidak lupa juga dengan perfroma videografinya, Redmi K40 pro ini walau hadir sebagai smartphone gaming namun untuk urusan media tidak ketinggalan juga. Stabilisasi perekaman sangat baik, kamera utamanya mendukung 4K dengan 30 fps, dan kamera ultra-wide mendukung hingga 1080p 30fps.

7. Kualitas speaker Dolby Atmos dan Sertifikasi JBL

Kualitas speaker Dolby Atmos dan Sertifikasi JBL redmi k40 gaming

Sugguhan smartphone gaming benar-benar bisa saya rasakan ketika melihat Smartphone ini, beberapa aspek juga sangat mendukung bahwa memang benar-benar Redmi K40 Gaming Edition ini sangat mumpuni untuk digunakan saat bermain game. Namun tahukah kamu aspek experience lain ketika ngegame, yhap audio speaker.

Kualitas suara juga menjadi salah satu aspek, Dan kabar baiknya smartphone ini telah menghadirkan dual sepaker stereo dengan kualitas yang luar biasa. Masing masing memiliki 1014 earpice combo spekaer pada bagian atas dan 1216 untuk bagian bawahnya.

Selain dual speaker kita juga bisa merasakan kualitas suara ala-ala Efek Dolby Atmos yang sudah mendapatkan sertifikasi dari JBL, nah inilah yang menambah pengalaman bermaingame menjadi benar-benar imersif.

Kekurangan Smartphone Xioami Redmi K40 Gaming Edition

Walau notabennya sebagai smartphone gaming, Namun tidak selamanya Smartphone ini sempurna dan benar-benar sebagai perangkat yang bisa memainkan game dengan sangat lancar. Ada beberapa kendala lain yang mungkin mengganjal, nah dibawah ini kita akan mengetahui itu, mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk kamu.

1. Tidak ada slot khusus microSD

tidak ada slot miscro sd redmi k40 gaming

Lagi lagi di model terbarunya kali ini, Xiaomi masih belum meyematkan tipe slot dedicated pada smartphone terbarunya, apalagi di K series. Semenjak seri awal yakni K20 sampai K40 tidak ada dukungan untuk slot khusus micorSD.

Betul sekali seperti yang sudah bisa kamu tebak, Redmi K40 Gaming Edition ini masih menggunakna tipe Hybrid slot yang hanya bisa di isi dengan dua buat kartu SIM, dan jika kamu ingin memasanga microSD bisa, namun harus melepas salah satu SIM terlebih dahulu. Jadi kita harus gentian tempat nih.

Walaupun Smartphone ini dibekali dengan Internal memori yang besar, namun tidak menutup kemungkinan jika ditambahkan slot khusus untuk microSD. Sebab pada jaman sekarang, banyak orang yang nggak mau ribet, jadi harapannya dengan ini mobilitas pengguna pada smartphonenya lebih bebas.

2. Tidak ada 3.5mm jack audio

Tidak ada 3.5mm jack audio redmi k40 gaming

Sudah tidak diragukan lagi tren port audio jack 3.5mm dari hari kehari semakin populer penggunaanya, ini adalah salah satu lubang colokan yang sudah ada sejak lama. Namun sayangnya kini ada tren juga yang mencoba menghilangkan lubang audio jack 3.5mm ini, harapannya bisa memberikan perubahan luar biasa pada kultur teknologi di dunia. Contohnya adalah teknologi Bluetooth yang bisa menghantarkan suara dan menghasilkan suara yang benar-benar jernih dan sesaui harapan, Namun tampaknya hal itu belum sepenuhnya sempurna.

Jadi harapannya utnuk perkembangan teknologi selanjutnya, Untuk meggantikan lubang audio jack ini adalah konektivitas bluetooth. Contoh ketika kamu ingin mendengarkan lagu dengan Headset nirkabel.

Yhap menurut saya Tidak adanya 3.5mm audio jack ini menjadi kekurangan, oh ya hilangnya fitur ini hanya ada ditemukan pada K40 series lo, kalau yang pendahulunya masiha ada.

Pro dan kontra tentu ada ditengah tren ini, seperti asumsi “Mengapa kita tidak mendapatkan lebih dari satu lubang, bukan malah menghilangkannya?” Namun itu semua sebenarnya kembali lagi ke masing-masing, seberapa sering sih penggunaan headset ketika kamu menggunakan smartphone.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Redmi K40 Gaming Edition

harga dan spesifikasi redmi k40 gaming
  • Nama : Xiaomi Redmi K40 Gaming Edition
  • Rilis: April 2021
  • Bobot : 205 gram
  • Layar: Super AMOLED 6.67 inci, Refresh Rate 120Hz, Corning Gorilla Glass 5
  • Resolusi : 1080 x 2400 piksel, screen ratio 86, 3%
  • Sistem Operasi : Android 11, MIUI 12.5
  • RAM : 6 GB, 8 GB, dan 12 GB
  • Memori Internal : 128 GB dan 256 GB
  • Chipset :  MediaTek MT6893 Dimensity 1200 5G (6 nm)
  • GPU :  Mali-G77 MC9
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera Depan : 16 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5065 mAh, non-removable, Fast Charging 67 W, Quick Charge 3+

Kesimpulan

Pada peluncurannya, CEO Redmi Mr. Lu mengatakan dalam sebuah wawancara: “Industri smartphone gaming saat ini telah memasuki siklus buntu, banyak produk telah menyimpang dari kebutuhan pengguna, dan sekarang yang harus kita lakukan adalah kembali untuk memenuhi kebutuhan pengguna tersebut.”

Saya cukup terkesan dengan varian Redmi K40 Gaming Edition ini, seluruh aspeknya begitu oke. Kita lihat saja harganya yang sagata terjangkau sekali daripada Smartphone bertipe gaming diluar sana.

Smartphone ini juga berbeda menurut saya, tidak seperti lainnya yang biasanya memberikan trigger sampai enam atau delapan untuk kebutuhan gaming, atau juga penggunaan chipset dari Snapdragon, tetapi smartphone ini tetap unggul, yha selain harganya yang lebih murah itu ini juga memiliki tampilan yang keren sekali, chipset kencang yang menawarkan pengalaman bermain game dengan segala fitur terbaiknya, baterai yang besar, dan lain sebagainya.

Lalu berapa sih kocek yang perlu kita keluarkan untuk memiliki Smartphone Redmi K40 Gaming Edition ini? Nah untuk harga sendiri, tidak terlalu bengkak kok seperti smartphone gaming pada umumnya, bahkan ini termasuk tidak mahal-mahal amat. Ada banyak varian yang tersedia dan harganya juga berbeda-beda, dari 4 jutaan hingga 7 jutaan dengan masing-masing kapasitas RAM dan Internal yang berbeda.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.