11 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Xioami Redmi K40 Pro, Harga dan Spesifikasi

Xiaomi tak lelah-lelah terus merilis smartphone anyar mereka, hal ini lah yang membuat produsen smartphone asal Tiongkok banyak digemari orang-orang, terutama anak muda, sebab mereka sering merilis smartphone berspesifikasi tinggi dengan harga yang terjangkau. Hal ini lah yang menyakinkan saya untuk menyebut bahwa Xiaomi merupakan salah satu merk smartphone paling populer tahun ini, bulan ini, hari ini, dan dikemudian hari.

Mau model entri, mid-range, maupun flagship, semua ada pilihan samrtphone khusus dari Xiaomi. Nah kali ini kita akan bahas nih smartphone terbaru yang baru rilis di tahun 2021 ini yakni Xiaomi Redmi K40 Pro yang masuk kedalam kelas mid-range dan hampir menyentuh flagship.

Ini adalah seri kedua dari Redmi K40 series, yang pertama adalah K40 yang rilis lebih awal. Namun kita tahu ada beberapa kekurangan yang terlihat pada seri sebelumnya, dan seperti yang kamu tahu juga Xiaomi sering merilis versi “pro” pada setiap seri smartphonenya untuk memperbaiki beberapa aspek dari pendahulunya, Nah inilah yang ditemukan pada Seri smartphone kali ini, Xiaomi Redmi K40 Pro hadir dengan beberapa kelebihan yang tidak ditemukan pada versi regulernya, Inilah yang menarik dan patut kita bahas.

Sebagai versi penerus tentu ada Kelebihan dari Redmi K40 Pro ini, dan kita akan membahasnya dibawah, namun tidak menutup kemungkinan juga ada aspek kekurangan yang mungkin terlihat. Oke untuk referensi saja mari kita bahas berikut ini.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekuangan HP Xiaomi Redmi K40 Gaming Edition, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan Smartphone Xioami Redmi K40 Pro

Sebagai salah satu samrtphone unggulan dari Xiaomi, tentu seri K40 Pro ini sangat menarik untuk diulas, layarr, desain, kamera, baterai, perfroma, dan aspek lainnya cukup unggul. Nah untuk mengetahuinya, yuk kita bahas poin-poin kelebihan dari Redmi K40 Pro ini.

1. Desain menarik dari bodi belakangnya

body menarik redmi k40 pro

Kalau kita bandingkan saja dengan seri pendahulunya desain bodi belakang sangat berbeda sekali, jika Redmi K30 pro memiliki frame kamera center maka berbeda dengan K40 pro yang frame kameranya seperti layaknya smartphone pada umumnya yakni samping kiri memanjang kebawah dengan konfigurasi Triple-camera, di pojok bawah kita juga bisa melihat ada logo Redmi berukuran kecil yang sangat simetris dan menambah kesan elegan dari Redmi K40 pro ini.

Tetapi secara garis besar, desain dari K40 Pro ini hampir mirip kok dengan K40 standar. Keduanya memiliki berat dan ukuran yang sama, bentuknya tipis namun juga ringan.

Untuk warna bodi sendiri, sebenarnya Redmi sebelumnya ingin melapisi warna hitam murni pada K40 pro ini, namun dibatalkan dan digantikan dengan versi Damascus Pattern yang secara ekslusif ada di seri Pro ini. Kalau kita lihat-lihat nih, bodinya sangat unik dan elegan berbeda dengan samrtphone pada umumnya yang hanya memainkan gradien warna, saya rasa ini lebih menawan untuk dilihat. Kedua varian lainnya adalah Icy White dan Dreamland.

Selain itu Smartphone Redmi K40 pro ini juga sudah memiliki serifikasi IP53 juga, seperti yang kita lihat pada generasi pendahulunya yakni Redmi K30 Pro. Jadi kamu tidak perlu khawatir juga smartphonemu terkena percikan air hujan atau debu.

2. Layar lebar dengan Refresh Rate 120Hz

Refresh Rate 120Hz redmi k40 pro

Siapa sih yang tidak senang jika smartphonenya memiliki Layar yang besar dan berkualitas. Hal inilah yang ditawarkan Redmi K40 pro, aspek layarnya memiliki panel AMOLED berukuran 6,67 inci yang sudah mendapatkan sertifikasi HDR-10, resolusinya mencapai 2400 x 1080 piksel dengan kerapatan piksel hampir menyentuh angka 400 ppi.

Yang membuat spesial menurut saya dalah Kemampuan Refresh Rate 120 Hz yang mampu memberikan pengalaman display yang luar biasa, dengan refresh rate segini kamu bisa nih menikmati menonton video dengan mulus, bermain game dengan pergerakan yang halus, dan lain sebagainya.

Penggunaan panel AMOLED juga menjadi keunggulan lain, dengan ini layar Redmi K40 pro memberikan warna poppy, saturasi yang tepat, hitam lebih hitam dan putih lebih cerah. Selain kontras yang mencolok Redmi K40 Pro juga menawarkan layar dengan cakupan ruang warna DCI-P3 dan sRGB yang tinggi.

Untuk kamu juga yang sering menggunakan smartphone dibawah terik sinar matahari, jangan khawatir. Redmi K40 pro ini memiliki layar yang tingkat kecerhaannya mencapai puncak 1300 nits dan berkat tingkat kontras dan kecerhaan tinggi, smartphone Redmi ini sangat menyakinkan ketika digunakan dibawah sinar matahari atau dicuaca yang cerah, secara keseluruhan Stabilitas sudut pandang panel AMOLED sangat baik.

Dan terakhir, Layarnya juga sudah mendukung sertifikasi dari Widevine L1 DRM yang membuat tampilan FHD flamboyannya mengalirkan konten HDR yang mengesankan, tentu ini sangat cocok untuk kamu yang gemar menonton film di smartphone. Kamu akan mendapatkan pengalaman menonton yang menakjubkan yang tiada duanya.

3. Performa ngebut berkat Chipset Snapdragon 888

Chipset Snapdragon 888 redmi k40 pro

Redmi K40 pro ini bukalah smartphone gaming, memang benar. Namun smartphone ini tetap menjadi andalan serba bisa yang sangat memungkinkan, ini dikarenakan perfromanya yang ngebut dengan chipset dari Qualcomm Snapdragon 888 yang  didasarkan pada unit CPU Kryo-680 terbaru. Ini mengintegrasikan yang namnaya “Prime Core” dari arsitiketur ARM Cortex-X1 dengan 2,84 GHZ. Selain itu tiga inti kinerja cepat juga berbasis Cotex-A78 (2,42 GHz) dan empat inti ARM Cotex A55 (1,8 GHz). Sampai sini saja kita sudah bisa tahu kemampuan performa dari Redmi K40 Pro ini, sangat luar biasa.

Selain itu chipset ini disandingkan dengan pengelola grafis dari Adreno 660. Beberapa test juga menyebutkan Redmi K40 pro ini sangat andal, cepat, dan yang terbaik. Pengoprasiannya lancar dalam penggunaan sehari-hari, baik itu untuk multitasking pekerjaan maupun untuk bermain game sekalipun. Hal ini juga tidak lepas dari peran penyimpanan UFS 128GB/256GB yang responsif dan kombinasi RAM LPDDR5 6GB/8GB dengan kinerja yang tinggi.

peforma Chipset Snapdragon 888 redmi k40 pro

Untuk hasil benchmark yang dilakukan, Redmi K40 pro ini mendapatkan skor 804.683 untuk AnTuTU 9 angka ini bahkan lebih tinggi dibandingkan Smartphone Xiaomi lainnya yakni Mi 11 Lite 5G yang hanya mendapat 521.880 saja, Hasil Geekbench 5.3 juga sangat meyakinkan dengan 1089 poin. Hasil ini tentu didapat berdasarkan Chipset yang dipakainya maupun GPU yang ikut mengokang Performa secara keselurhan dari Smartphone ini.

4. Konfigurasi kamera 64MP yang Oke

kamera 64MP redmi k40 pro

Saya tidak haran lagi kalau Xiaomi ini memiliki kualitas kamera yang mumpuni, sebab sudah sering saya mengulang smartphone Xiaomi dan selalu menemukan aspek kamera yang unggul disana. Seperti seri K40 standar, konfigurasi Triple kamera tetap menjadi andalan. Nah kualitas dan spesifikasinya juga cukup meyakinkan lo, oke untuk selanjutnya yuk ulas lebih dalam.

Untuk lensa utamanya, Smartphone ini dibekali dengan resolusi 64MP yang dilengkapi sensor Sony IMX686, yang diklaim sebagai sensor populer dan unggulan di tahun 2020 lalu. Lensa ini memiliki aperture f/1.9 dan ukuran piksel 0,8 mikron (PDAF).

Lanjut ke lensa Ultrawide, yang memiliki resolusi 8MP sekunder dan mampu menangkap gambar dalam sudut pandang 119 derajat, lensa ini memiliki aperture f/2.2. Hasil yang didapatkan juga cukup oke, gambar begitu jernih dengan sedikit noise dengan menjaga kemurnian gambar.

Terkahir ada lensa Makro, dengan resolusi 5MP dan aperture f/2.4. Lensa ini mampu menangkap gambar dengan panjang fokus sampai 50mm. Ukuran pikselnya mencapai 1,12 mikron. Menurut beberapa test disebutkan juga bahwa lensa ini sangat persis sekali dengan Xiaomi Mi 11. Kinerja dan hasil samplenya hampir miirip, namun tetap saja ini sangat bagus dalam memoteret subjek yang sangat dekat dan hasilarak yang sangatt dekat sekalipun.

Berlaih ke bagian depan, lensa selfie memiliki resolusi 20MP yang ditempatkan dengan desain lubang punch-hole yang sangat kecil. Kualitas foto yang dihasilkan cukup luar biasa, apalagi di siang hari.

Untuk kamu yang gemar videografi, Redmi K40 pro juga cocok. Kamera belakangnya dengan modul sensor berkualitas tinggi mampu menghasilkan perekaman video maksimal 8K@30fps. Sementara untuk perekaman 4K maksimal menghasilkan 60fps.

5. Konfigurasi Baterai besar dan Fast Charging

4520 mAh redmi k40 pro

Baterai adalah salah satu komponen penting dalam sebuah pernagkat smartphone, keguaannya sangat vital sekali sebab itulah energi yang membuat smartphone kita bisa digunakan, semakin besar dan awet tentu pengguna akan semakin puas dan senang. Inilah yang saya lihat di Redmi K40 pro yang menanamkan kapasitas baterai jumbo 4,520 mAh.

Masa pakai baterai sebesar ini cukup lumayan lo untuk kegiatan sehari-hari, seperti test yang dilajukan GiZMOCHINA menyebutkan smartphone ini bisa bertahan selama satu jam ketika digunakan untuk bermain PUBG Mobile dan daya yang berkurang hanya 23% saja, kemudian ketika menggunakan kamera untuk merekam video 1080p selama satu jam lagi, daya yang dihabiskan hanya berkurang 19% saja. Hematnya baterai ini sebenarnya juga dipengaruhi oleh Snapdragon 888 yang dimilikinya sebab ia menyuguhkan kemampuan efesiensi yang sedikit lebih baik dalam hal kosumsi daya baterai.

Pasti lama nih pengisan dayanya? Eitss jangan salah, Redmi K40 pro ini sudah dibekali dengan teknologi fast charging yang kecang dengan daya 33W. Dari hasil test pengisan daya dari 0% sampai 70% dibutuhkan waktu 30 menit, dan untuk 100% hanya membutuhkan 50 menit saja.

6. Dolby Atmos dual Speaker

Dolby Atmos dual Speaker redmi k40 pro

Kualitas suara yang sempurna tentu menjadi salah satu aspek yang diidam-idamkan juga oleh para pengguna smartphone, pastinya kamu tidak mau kan smartphone kesayanganmu memiliki kualitas suara yang jelek. Pada Redmi K40 pro ini kabar baiknya sudah menggunakan dual-speaker yang sudah memiliki sertifikasi Dolby Atmos yang sama seperti Mi 11.

Mungkin ini asing bagi kalian, tetapi untuk kamu yang sering menonton film di Bioskop pasti sudah tahu. Jadi nih Dolby Atmos adalah sistem suara yang bertujuan untuk menyebarkan suara dalam ruang 3 dimensi, dengan teknologi suara ini kamu dapat merasakan pengalaman yang berbeda ketika menonton film, bermain game, atau mendengarkan lagu pada Smartphone.

Redmi K40 ini dapat memberikan kualitas suara stereo yang cukup imersif dan mengesankan.

7. Dukungan NFC

Akhir akhir ini memang sangat marak sekali yang namnya NFC. Apa sih NFC ini, oke jadi ini adalah kependekan dari Near Field Fommunication, suatu teknologi yang memungkinkan smartphone-mu berinteraksi dengan perangkat lain, atau saling bertukar data tanpa tersambung kabel satu sama lain, jadi ini dilakukan secara nirkabel (biasanya didekatkan gitu).

Fungsi NFC ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, diera teknologi sekarang fitur ini sangat memudahkan sekali lo, seperti Transfer data, melakukan pembayaran online, menjalankan aplikasi di smartphone lain, bahkan sudah ada inovasi untuk membuka pintu dengan NFC ini lo.

Baca Juga : 15 HP Xiaomi yang Mendukung Fitur NFC Terbaru

Dan yang paling penting adalah Redmi K40 Pro ini sudah dibekali dengan teknologi ini. perlu kamu tahu juga NFC ini sebenarnya sudah hadir sejak Redmi K20 generasi pertama, dan hingga saat ini terus berkembang dan disematkan pada generasi K series berikutnya.

Kekurangan Smartphone Xiaomi Redmi K40 Pro

Mungkin kebanyakan dari kamu terkesan dengan kelebihan-kelebihan yang Redmi K40 tawarkan, namun itu tidak menutup kemungkinan Smartphone ini tanpa kekurangan, nyatanya masih ada beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui, berikut pembahasannya.

1. Tidak ada lensa Telephoto

Tidak ada lensa Telephoto redmi k40 pro

Baik kita bisa menerima aspek kamera dari Redmi K40 Pro ini memang sangat unggul dan cukup oke hasil jepretannya, namun ada yang kurang nih. Smartphone ini hanya disematkan konfigurasi Triple-Camera dengan masing-masing adalah lensa wide, ultrawide, dan macro. Lah kok tidak ada lensa telephoto? yhap itulah yang saya sayangkan, kenapa smartphone dengan kelas harga ini tidak ada lensa telephoto.

Oke mungkin sebagian dari kamu belum tahu apa itu telephoto lens. Jadi nih lensa ini dirancang khusus untuk kamu yang ingin mengambil objek secara detail, kemampuannya adalah dapat mengambil gambar dengan jarak yang jauh namun tetap mempertahankan perspektif alami tanpa distorsi.

Kenapa saya anggap ini kekurangan? Karena kalau kita bandingkan dengan Redmi K series sebelumnya, seperti K20 pro dan K30 pro keduanya sudah dibekali dengan lensa telephoto. Namun kenapa digenerasi terbaru ini mala Xiaomi menghilangkannya. Tetapi ini balik lagi ke masing-masing, seberapa pentingnya aspek kamera bagi kamu, kalau saya sih sebagai orang yang hobi fotografi mungkin absennya telephoto ini cukup menjadi kekurangan.

2. Tidak ada Jack audio 3.5mm

Tidak ada Jack audio 3.5mm redmi k40 pro

Adanya jack audio 3.5mm pada saat ini kalau kita lihat, marak sekali lo ditanamkan pada Smartphone-smartphone terbaru maupun yang lawas. Dengan port ini kamu bisa menggunakan smartphone untuk mendengarkan musik maupun sebagai mikrofon.

Namun kenyataannya tren Jack Auido 3.5mm ini mulai tergantikan, buktinya Redmi K40 Pro sebagai smartphone terbaru dan canggih pun tidak membekali 3.5mm jack audio, mengapa?

Oke kita bisa terima ini menjadi aspek kekurangan, sebab tanpa audio jack, kita tidak bisa menyambungkan earphone kabel misal ke smartphone. Jadi tren ini mulai digantikan dengan adanya Headset nirkabel (atau tanpa kabel). Pejualan dan pertumbuhan yang semakin cepat berkembang tentu membuat gencar para produsen smartphone untuk menghilangkan lubang 3.5mm ini.

Tetapi tidak semua samrtphone dikelas entri sampai flagship mengtidakan jack audio 3.5mm ini, masih ada kok bahkan banyak juga smartphone yang masih menggunakannya. Namun untuk Redmi K40 Pro tidak dulu!.

Sayang sekali memang, sebab kalau kita lihat generasi sebelumnya yakni Redmi K30 Pro, bahkan masih menggunakan Jack audio 3.5mm lo. hanya saja sejak Redmi K40 rilis pertama kali, fitur ini dihilangkan.

3. Tidak ada Wireless Charging

Tidak ada Wireless Charging redmi k40 pro

Pada spesifikasi Baterai Xiaomi Redmi K40 Pro ini, hanya ditemukan kemampuan Fast Charging 33W, Power Delivery 3.0, dan Quick Charge 3+. Oke mungkin kita bisa menerima, ketiga kemampuan charging itu memang sangat unggulan apalagi dikelas harganya. Namun menurut saya masih kurang satu lagi, yakni Wireless Charging.

Untuk kamu yang masih asing nih dengan, Wireless Charging yuk kita simak sedikit. Jadi teknologi charging ini memungkinkan kamu untuk ngecas baterai smartphone tanpa menggunakan kabel, jadi istilahnya ini pengisian daya dilakukan secara Nirkabel (hanya mendekatkan smartphone ke perangkat charge).

Dengan harga yang cukup luamyan dan ada dikelas menengah, seharusnya Redmi K40 Pro ini sudah dibekali teknologi Wireless Charging namun Xiaomi ternyata tidak menanamkannya lagi di seri terbaru kali ini, kalau kita lihat seri sebelumnya K30 Pro juga sama tidak dibekali dengan Teknologi ini.

4. Sayangnya masih Hybrid Slot

hybrid slot redmi k40 pro

Banyak yang menyebutka bahwa tipe slot ini sudah usang? benarkah begitu. Oke sebelum kita bahas lebih tentang kekurangan satu ini mari kita lihat dulu pengertian apa sih Hybird Slot, jadi Redmi K40 pro menggunkan tipe slot ini yang artinya hanya ada dua tempat untuk menyimpan kartu SIM, namun salah satu tempatnya bisa digunakan untuk kartu SD. Jadi konsepnya ini kamu harus memilih, ingin menggunakan dual SIM secara berbarengan atau memilih menggunakan satu SIM dan satu microSD didalamnya.

Ini berbeda dengan tipe dedicated slot, yang menurut saya lebih relevan dijaman sekarang. Tipe slot ini memungkinakn kamu untuk menyimpan dua SIM sekaligus dengan tambahan satu microSD, tanpa melepas salah satunya.

Namun menurut saya Penggunaan tipe Hybrid pada Redmi K40 Pro tidak terlalu berpengaruh, hal ini karenakan kapasitas memori internal yang sudah dipakai, cukup memiliki runag yang Besar yakni 128 GB. Jadi mungkin slot kartu SD tidak terlalu dibutuhkan, namun masih memungkinkan juga jika kamu ingin.

Harga Spesifikasi Xiaomi Redmi K40 Pro

  • Nama : Xiaomi Redmi K40 Pro
  • Rilis: Februari 2021
  • Bobot : 196 gram
  • Layar: Super AMOLED 6.67 inci, Refresh Rate 120Hz, Corning Gorilla Glass 5
  • Resolusi : 1080 x 2400 piksel, screen ratio 85, 9%
  • Sistem Operasi : Android 11, MIUI 12
  • RAM : 6 GB dan 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB dan 256 GB
  • Chipset :  Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G (5 nm)
  • GPU :  Adreno 660
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera Depan : 20 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4520 mAh, non-removable, Fast Charging 33 W, Quick Charge 3+

Kesimpulan

Akhirnya sampai juga dipenghujung artikel kali ini, Menurut saya pribadi smartphone Xiaomi Redmi K40 Pro cukup bagus apalagi dikelas harganya yang meyakinkan bisa mengeser para kompetitornya. Seri K40 ini jelas hadir sebagai entri revolusioner dipasar smartphone 2021 yang semakin maju.

Tentu saya masih terkesan dengan harga dan spek yang ditawarkannya, bagaimana tidak dengan harga yang lumayan terjangkau kamu bisa memboyong perangkat gahar dari Xiaomi. Dibandingkan dengan Redmi K30 Pro sebagai pendahulunya, saya lebih suka dengan Redmi K40 Pro terbaru ini karena banyak kejutan yang ditawarkannya.

Kalau kita bahas kelebihan, hal yang menonjol dari Redmi K40 Pro ini adalah Display dan kinerja smartphone yang sulit untuk ditemukan pada kelas harga yang sama atau bahkan diatasnya.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.