12 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Redmi Note 10, Harga dan Spesifikasi

Kali ini kita akan membahas smartphone terbaru yang baru di 2021 ini. Redmi Note 10 menunjukkan pesonanya ketika memijak pasar indonesia pada 30 Maret 2021 lalu, peluncurannya di indonesia ini tidak lama setelah perilisannya secara global pada awal Maret 2021. Mungkin versi terbaru dari Redmi Note series ini menjadi pembaruan dari Redmi Note 9 yang berhasil sukses di pasar smartphone dunia dengan berbagai keunggulan dan spesifikasi mumpuninya.

Selain itu Redmi Note 10 ini juga mendapatkan banyak sekali peningkatan pada berbagai aspeknya, seperti penyematan teknologi yang lebih kecang, hadirnya speaker streo yang lebih menggema, atau bahkan tata letak sidik jari yang berubah dan mudah diakses. Bahkan nih sebagai smartphone yang hadir di seri mainstream yang dimiliki Xiaomi, Note 10 juga digadang menjadi “Jawaranya AMOLED”, dimana smartphone ini menggunakan layar dengan rasio kontras hingga 4,5 juta bebanding 1 yang sangat baik dalam pengelolaan display.

Baca Juga : 12 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Redmi Note 10 Pro, Harga dan Spesifikasi

Daripada kita dibuat pensaran dengan smartphone mid-range dari Xiaomi ini, yuk kita berkenalan lebih dekat dengan Redmi Note 10 berikut ini.

Kelebihan Smartphone Redmi Note 10

desain ringkas elegan redmi note 10

Hal yang spesial dari Smartphone Redmi Note series adalah tipe smarpthonenya yang sangat unggulan apalagi untuk urusan perfroma dan kamera, namun spesifikasi mumpuni itu bisa kita dapatkan dengan harga yang terjangkau lo. Yhap betul hanya dengan 2 jutaan saja kita sudah bisa membawa pulang Note 10 ini. Oke dengan harga segitu, apa saja sih keunggulan yang bisa kita dapatkan. Yuk kita bahas sama-sama.

1. Desainnya Ringkas namun tetap elegan

Xiaomi adalah salah satu brand smartphone yang sering merilis perangkatnya dengan desain yang cukup ikonik dan berbeda dari yang lainnya. Untuk Redmi Note 10 ini mungkin memiliki variasi warna yang simple dan tidak terlalu atraktif. Bahkan dari ketiga pilihan wanranya yakni Onyx Gray, Pebble White, dan Lake Green sama-sama menampilkan desain bodi belakang yang sangat simple dengan modul kamera dibagian kiri dan logo redmi berukuran cukup kecil di bagian kiri juga. Memang benar tidak ada hal yang neko-neko pada desain Redmi Note 10 ini, namun desainnya cukup elegan dan mengkilap.

Baca Juga : 8 Perbedaan HP Xiaomi Redmi Note 10, Note 10 Pro dan Note 10s

Kita lihat pada bagian samping smartphonenya, yang berbentuk sedikit lebih melengkung dari biasanya membuatnya cukup nyaman ketika di genggam.

Selain desainnya yang cukup ringkas, Hal menarik yang ada pada Redmi Note 10 adalah lapisan pelidung bodi belakangnya dengan Gorilla Glass 3 yang diklaim dapat mencegah goresan sampai 35% dan 3 kali lebih kuat dariapda teknologi pelidung sebelumnya.

2. Sudah mengantongi Sertifikasi IP53

Sertifikasi IP53 desain ringkas elegan redmi note 10

Kadang kita suka takut terhadap perangkat yang sedang kita miliki, contoh saja smartphone. Perangkat ini mungkin menjadi sebuah barang yang selalu kita genggam, jadi kemungkinan untuk rusak karena terkena air atau debu adalah hal yang mungkin kita takutkan. Kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal itu mungkin untuk saat ini, sebab di jaman yang maju ini ada yang namnaya sertifikasi IP, dimana hal ini menujukkan seberapa tangguh kah sebuah samrtphone dari berbagai hal yang kemungkinan bisa merusaknya, seperti air ataupun debu.

Nah salah satu hal yang menarik dari Xiaomi Redmi 10 ini adalah kemampuannya yang dapat bertahan dari percikan air ataupun debu. Hal ini didasari dengan hadirnya sertifikasi IP53 yang sudah dikantongi smartphone ini.

3. Panel AMOLED yang cerah dan memukau

AMOLED DotDisplay redmi note 10

Layar menjadi salah satu aspek pada sebuah samrtphone yang menjadi sebuah hal yang selalu kita lihat. Tentu kualitas layar yang bagus dan berkualitas menjadi hal yang banyak dicari. Untuk Redmi Note 10 ini sebenarnya memiliki keunggulan pada aspek layarnya, namun kalau boleh jujur ini mengalami kemunduran dari pendahulunya yang sebelumnya 6.53 inci pada Redmi Note 9 menjadi 6.43 pada Redmi Note 10.

Ya walaupun begitu Smartphone ini tetap mendapatkan peningkatan, dengan bukti penggunaan panel berteknologi AMOLED DotDisplay yang begitu memukau, panel ini memiliki tingkat kecerahan lebih tinggi, kontras lebih baik, warna yang jelas, serta memiliki keunggulan dalam penghematan daya baterai.

Baik mungkin perlu diperjelas, Redmi Note 10 ini memilliki tingkat kecerhaan yang  cukup tinggi, dikatakan bahwa kecerhaannya mencapai maksimal hingga 1100 nits, namun beberapa pengujian mengkonfirmasi bahwa tampilannya mencapai sekitar 682 nits dalam mode otomatisnya. Jadi kamu sudah bisa menebak kelebihannya jika digunakan di luar ruangan atau dibawah sinar matahari, kamu bisa menikmati layar smartphone tanpa takut silau.

4. Kapasitas Baterai yang besar dan Fast Charging 33W

5000 mAh redmi note 10

Subsidi daya baterai yang diberikan Xiaomi pada Redmi Note 10 ini cukup berlimpah, Baterai lithium polymer dari Redmi Note 10 ini mendapatkan suntikan daya sebesar 5000 mAh, mungkin angka ini cukup besar mengingat smartphone ini hadir dikelas harga 2 jutaan saja. Namun angka ini lebih kecil sedikit dari pendahulunya yakni Redmi Note 9 dengan kapasitas 5020 mAh, ya walaupun begitu ini bukan menjadi masalah.

Daya tahan beterai yang diberikan Redmi Note 10 adalah 110 jam untuk penggunaan normal, Browsing web bisa tahan sampai 13 jam, Memutar video playback sampai 20 jam, dan melakukan panggilan 3G bisa bertahan sampai 41 jam lamanya.

Lanjut kita bahas kecepatan pengisian daya baterai Redmi Note 10, menurut data resmi dari Xiaomi. Smartphone ini adalah salah satu perangkat dengan pengisian daya tercepat dikelasnya. Hal ini berkat hadirnya teknologi fast charging dengan daya 33 W.

Hanya dalam waktu 30 menit yang sebelumnya 0% bisa sampai 65%. sementara untuk pengisan penuh bisa memakan waktu hanya 73 menit saja.

5. Performa chipset cukup bagus

Snapdragon 678 redmi note 10

Pengguna smartphone akan semakin betah menggunakan perangkatnya jika tidak lambat dan kencang untuk mengakses hal apapun. Dan berbahagialah kamu bahwa smartphone yang sedang kita bahas ini dibekali dengan chipset terbaru dari Qualcomm dan smartphone paling pertama yang menggunakan chipset ini, dengan Snapdragon 678 yang begitu menjanjikan untuk urusan performa sanggup menunjang berbagai aktivitas sehari-hari kamu dengan smartphone ini, mulai dari bermain game ataupun mutitasking.

Cjipset ini memiliki fabrikasi 11 nanometer dengan Octa-core yang terdiri dari dua buah Kryo. Yakni Kryo 460 Gold dengan kecepatan 2.2 GHz dan enam buah Kryo 460 Silver yang memiliki clock speed hingga 1.7 GHz. Satu lagi, Xiaomi Redmi Note 10 ini menggunakan bantuan pengelola grafis Adreno 612 yang cukup optimal dan baik pada proses pengelolaan tampilan. Hal lain yang mendukung performa dari Redmi Note 10 adalah kapasitas memori baik RAM maupun ROM yang cukup luas. Di indonesia sendiri terdapat satu varian saja, yakni RAM 4GB/ 64 GB. Perlu kamu tahu juga memori penyimpanan ini sudah dibantu dengan teknologi UFS 2.2 yang akan membuat proses simpan menyimpan berkas yang banyak menjadi lebih cepat.

6. Sokongan lensa kamera yang menakjubkan

Lensa Ultrawide 8 MP redmi note 10

Sudah bukan alasan lagi, aspek kamera adalah salah satu hal yang paling banyak dicari para pengguna smartphone. Sebab kamera yang berkualitas menjadi sebuah daya tarik tersendiri, apalagi dengan harga yang terjangkau.

Sebagai sebuah samrtphone yang hadir dikelas menengah, Redmi Note 10 menghadirkan konfigurasi empat lensa kamera yang mumpuni untuk fotografi.

Oke kita akan ulas ini, Pada bagian belakng terdapat sebuah modul kamera yang disusun dengan sangat cantik. Unit kamera utama memiliki resolusi sebesar 48 MP dengan aperture f/1.8 dengan sensor berukuran 1/2.0″ yang menawarkan 0.8µm piksel. Pada lensa ini pengguna bisa menggunakan fitur Zoom digital yang kemampuannya bisa mencpaai 10x zoom, untuk pengaturan maksimum hasilnya hanya mempertahankan detail saja.

Lensa Ultrawide 8 MP yang dapat mengambil gambar dengan jauh lebih lembut dan lebih lebar tentunya, dengan diafragma f/2.2 dan 1.12µm piksel, lensa ini menjanjikan kemampuan sudut lebar hingga 118 derajat. Dan untuk kedua lensanya yakni makro dan depth yang memiliki resolusi 2 MP saja yang sama-sama menggunakan bukaan f/2.4.

Sebenarnya ada banyak fitur yang terdapat pada kamera belakangnya, seperti LED Flash, HDR, Panorma, Night Mode, dan lain sebagainya.

7. Audio yang berkualitas dengan Speaker Streo

Speaker Streo redmi note 10

Kualitas audio pada smartphone tentu menjadi salah satu hal yang mungkin kita perhatikan, sebab segala aktivitas sehari-hari kita selalu berhubungan dengan speaker. Yhap kualitas speaker yang bagus menjadi keunggulan yang sangat berarti pada sebuah smartphone.

Xiaomi Redmi Nite 10 ini memiliki sepasang speaker streo yang terdengar bagus audionya. Kualitas kedua spekaernya terdengar begitu seimbang. Sebelumnya perlu kamu tahu juga Streo adalah reproduksi dari suara yang menggunakan lebih dari satu saluran suara yang bertujuan untuk mendapatkan kualitas suara yang natural dan bagus.

8. Sudah mendukung Slot microSD

Slot microSD redmi note 10

Dukungan untuk slot penyimpanan tambahan atau dedicated slot begitu berguna untuk smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan yang tidak terlalu besar, seperti Xiaomi Redmi Note 10 ini walau hanya memiliki kapasitas memori internal 64 GB saja, Xiaomi tidak ingin membuat para pengguna kecewa dengan kapasitas tersebut maka hadirlah slot khsuus untuk menyimpan microSD dan bisa menambah kapasitas penyimpanan kamu.

Kita tahu mungkin ada yang namanya hybrid slot, dimana hanya ada dua slot, yang satu berguna untuk simCard dan satu lagi berguna untuk simCard dan juga microSD, jadi kamu tidak bisa menggunaka ketiga kartu tersebut secara bersamaan. Maka ada yang namanya dedicated slot , dimana ada tiga slot disana, yakni 2 slot untuk simCard dan 1 lagi khusus untuk microSD.

Kekurangan Smartphone Redmi Note 10

Jangan berpikir bahwa versi Redmi Note 10 ini paling terbaik dan tidak memiliki kekurangan sama sekali, Eitss jangan salah walaupun kita bisa memngetahui beberapa kelebihan dari smartphone ini. namun bukan berarti tidak memiliki minus pada beberapa aspeknya. Dibawah ini kita akan mengetahui apa saja sih kekurangan dari Xiaomi Redmi Note 10.

1. Masih Tanpa NFC

tanpa NFC redmi note 10 Pro

Sayang sekali walau memiliki konektivitas yang cukup lengkap, Redmi Note 10 tidak menyematkan teknologi Near Field Communication pada samrtphonenya. Walau sudah banyak yang hadir di smartphone kelas menengah keatas, namun tidak untuk smartphone ini. Padahal teknologi ini begitu berguna dan lagi ngetren, pasalnya dengan NFC ini segala aktivitas yang berkaitan dengan transaksi bisa dilakukan dengan praktis.

Baca Juga : 15 HP Xiaomi yang Mendukung NFC Terbaru

Kekecewaan juga ada karena walau ini adalah smartphone seri terbaru dari Redmi Note series namun kenapa tidak ada pembaruan dari seri sebelumnya? kita tahu bahwa Redmi Note 9 juga tidak hadir dengan NFC.

2. Lensa Makro dan Slefie mengalami penurunan

Lensa Makro dan Selfie redmi note 10 Pro

Untuk kamu yang gemar melakukan fotografi dengan objek yang sangat dekat, mungkin lensa makro bisa kamu andalkan sebab lensa ini memungkin kan kamu untuk bisa menangkap objek yang sangat dekat sekalipun dengan lebih jelas.

Nah untuk Redmi Note 10 ini hanya membekali smartphonenya dengan lensa makro sebesar 2 MP saja dan bukaan f/2.4 dan fitur Auto Focus juga tidak ada, jadi kamu harus melakukannya dengan manual. Kalau kita lihat pendahulunya yakni Redmi Note 9 yang sama-sama menggunakan 2 MP untuk lensa makronya, namun bedanya lensa tersebut sudah mendukung fitur AF. Jadi bisa saya sebutkan lensa makro dair Redmi Note 10 ini tidak mengalami peningkatan, namun penurunan.

Selanjutnya untuk kamera selfie, yang juga mengalami penurunan.  pada Redmi Note 9 kamera selfie dibekali dengan 13 MP resolusi dengan bukaan f/2.3. Namun pada Redmi Note 10 ini, walau sama-sama hadir dengan 13 MP, namun bukaan membengkak sampai f/2.3 sheingga hal ini menyababkan efek bokeh tidak sehalus pendahulunya. Fitur Panorama juga tidak hadir, yang hadir malah HDR dan LED flash saja.

3. Hanya menggunakan Gorilla Glass 3

Gorilla Glass 3 redmi note 10 Pro

Lagi-lagi penurunan terlihat dari smarpthone Redmi Note 10 ini, kali ini Pelindung layar hanya menggunakan Corning Gorilla Glass 3 saja. hal ini tentu adalah kemunduran, sebab kalau kita bandingkan dengan Smartphone sebelumnya yakni Redmi Note 9 yang bahkan pelidung layarnya sudah menggunakna Corning Gorilla Glass 5 yang lebih kuat.

Kita tahu sendiri teknologi pelindung ini menjadi tren pada jaman sekarang tentu menjadi sebuah kewajiban para vendor samrtphone untuk menyertakannya, sebab smartphone yang kuat dan awet menjadi salah satu aspek yang diperhatikan para pengguna smartphone.

Perlu kamu tahu juga, walau memiliki selesih harga yang cukup banyak. Redmi Note 10 tidak berhasil dalam memberikan kemajuan pada aspek layarnya, Corning Gorilla Glass 3 mungkin tangguh namun hanya bisa melindungi kaca dari goresan, berbeda dengan Gorilla Glass 5 yang lebih kuat ketika terjatuh dari ketinggian, Bahkan ini menghasilkan kekuatan empat kali lipat dari versi sebelumnya.

4. Tidak ada Reverse Charging

not Reverse Charging redmi note 10

Kita bandingkan kembali Redmi Note 10 dengan pendahulunya yakni Redmi Note 9, kali ini kemunduran juga nampak pada aspek pengisian daya baterainya. Dimana Redmi Note 10 tidak mendukung teknologi reverse charging, namun untuk pendahulunya malah sudah menggunakna reverse charging dengan tenaga 9W.

Jadi teknologi ini cukup berguna ketika kamu ingin menggunakan smartphone kamu utuk mengisi perangkat daya berangkat lain, ya bisa saya bilang reverse charging seperti sebuah Power Bank namun ini menggunakan perangkat smartphone.

Harga dan Spesifikasi Redmi Note 10

  • Nama : Xiaomi Redmi Note 10
  • Rilis: Maret 2021
  • Bobot : 178 gram
  • Layar: Super AMOLED 6.43 inci, Corning Gorilla Glass 3
  • Resolusi : 2400 x 1080 piksel, screen ratio 83, 5%
  • Sistem Operasi : Android 11, MIUI 12
  • RAM : 4 GB
  • Memori Internal : 64 GB
  • Chipset :  Qualcomm SDM678 Snapdragon 678 (11 nm)
  • GPU :  Adreno 612
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), dan 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 13 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh non-removable, Fast Charging 33 W
  • Harga Resmi : Rp 2.399.000

Kesimpulan

Oke sebagai sebuah perangkat yang hadir di rentang harga hanya dua jutaan saja jujur mungkin spesifikasinya tidak terlalu wah. Namun perlu kamu tahu, Xiaomi dibilang menunjukkan eksitensinya dengan membutkikan bahwa smartphone yang terjangkau tidak harus memiliki spesifikasi rendah, buktinya Redmi Note 10 ini masih cukup bagus untuk beberapa aspeknya.

Jujur saja performa yang ditawarkan smartphone ini cukup baik apalagi di rentang hagra 2 jutaan. Chipset Snapdragon 678 membuat Redmi Note 10 sangat andal sebagai smartphone untuk multitasiking ataupun bermain game. Apalagi ditambah dengan kapasitas baterai yang besar dan kecanggihan teknologi fast charging 33 W yang sangat ngebut.

Mungkin untuk hal kekurangan kita bsia memakluminya, tidak ada kekurangan yang begitu berarti, mungkin hanya absennya NFC yang menurut saya cukup mengganjal. Kesimpulannya saya bisa menyebutkan bahwa Sebagai smartphone di kelas harga 2 jutaan dan cukup terjangkau, Redmi Note 10 ini termasuk smartphone dengan harga yang murah namun memiliki spesifikasi yang bukan murahan.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.