10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Redmi Note 9, Harga dan Spesifikasi

Sebagai salah satu vendor smartphone terbesar di dunia, sekaligus terlaris juga. Xiaomi terus berlomba-lomba untuk merilis setiap smartphonenya dengan dibekali spesifikasi dan kualitas yang mumpuni, tentu ini adalah strategi dari mereka agar tetap konsisten di pasar. Salah satu seri smartphone dari Xiaomi yang banyak diminati adalah seri Note. Dan di 2020 lalu, Xiaomi tepat merilis Xiaomi Note seri ke 9 yang dibekali dengan segudang kelebihan menarik.

Dismartphone yang semakin barunya ini tampaknya Xiaomi semakin menggeliat di kelas Mid-range, Salah satunya adalah Redmi Note 9 yang hadir di rentang harga 2 jutaan saja.  Walau begitu tenyata tak membuat Xiaomi menurunkan kemampuan dari samrtphone ini, buktinya smartphone ini menciptakan benchmark, kamera, baterai yang lebih baru dan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya di kelas menengah.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi Redmi Note 9, Harga dan Spesifikasi

Kalau kita bandingkan dengan pendahulunya yakni Redmi Note 8, mungkin di seri terbaru kali ini Xiaomi mencoba meningkatkan berbagai spesifikasinya, namun selain itu juga Xiaomi tetap merilis smartphone yang ramah dikantong, tetapi juga berkualitas.

Nah daripada berspekulasi, Yuk kita buktikan bahwa Xiaomi Redmi Note 9 ini termasuk smartphone kelas menengah yang memiliki kualitas dan patut untuk kamu pertimbangan, Dibawah ini kita akan bahas kelebihan dan kekurangan smartphone ini. Pensaran? langsung saja kita ke pembahasannya.

Kelebihan Smartphone Redmi Note 9

Xiaomi Indonesia menyebutkan bahwa smartphone terbarunya kali ini dinamakan “#Parajawara”, alasannya karena Redmi Note 9 diklaim mampu meciptakan beberapa keunggulan pada beberapa aspeknya. Ya walau tidak terlalu mencolok, namun seri terbaru kali ini cukup esensial. Baik mari kita ketahui bersama-sama apa saja sih kelebihan dari Redmi Note 9.

1. Desain yang menarik dan berbeda

desain unik redmi note 9

Sebagai salah satu smartphone yang banyak digemari oleh anak muda, Xiaomi tentu selalu memberikan tren yang bagus pada aspek desain bodinya, yang trendi dan menarik. Inilah yang coba diberikan pada Smartphone terbarunya yakni Xiaomi Redmi Note 9, yang tampaknya sangat berbeda sekali dengan pendahulunya di seri yang sama (Redmi Note 8).

Racikan desain yang berbeda ini nampak dari beberapa hal. seperti Tata letak frame kamera yang disimetriskan di tengah-tengah bodi belakangnya, diikuti juga dengan sidik jari, dan logo Redmi dibawah bodinya dan sama juga simetris ditengah persis. Tentu ini berbeda seperti smartphone pada umumnya, apalagi dikelas mid-range yang biasanya mendesain frame kamera di pojok kiri bodi, Namun berbeda dengan Redmi Note 9 tampaknya.

Xiaomi sendiri memberikan klaim bahwa smartphone terbarunya ini dibuat agar semirip mungkin dengan smartphone premium, layaknya dikelas flagship.

Lanjut ke bagian varian warna yang dihadirkan pada Redmi note 9 ini. Ada tiga warna disana yakni Forest Greem Midnight Grey, dan Polar White. Saya rasa desain kali ini terasa sangat minimalis dan simple namun tidak menghilangkan kesan stylish dan premium dari Redmi Note 9.

Selain menarik dan elegan, Smartphone ini juga sangat cocok untuk kamu yang menginginkan ketahanan bodi. Sebab sebagai generasi yang aktif tentu kita tidak mau kan smartphone kesayangan kita rusak karena terjatuh atau terkena air, Nah inilah yang coba diatasi Xiaomi dengan menghadirkan pelindung kaca bodi Corning Gorilla Glass 5. Selanjutnya bodinya juga sudah dilapisi dengan P2i nano coating, yang dapat membuatnya tetap aman walaupun terkena cipratan air atau rintikan air hujan sekalipun.

2. Layar yang Luas dan Memuaskan

layar 6.3 inci redmi note 9

Pokoknya Redmi Note 9 ini dirombak total lah desain-desain yang dibawa seri sebelumnya yakni Redmi Note 8. Setelah dari desain bodinya, kita berlanjut ke aspek kamera. Di smartphone terbarunya kali ini Xiaomi tidka lagi menggunakan desain waterdrop notch pada kamera depannya, kali ini ia mengusung desain DotDisplay dengan dibekali layar IPS LCD berukuran 6,53 inci dan resolusi 1090 x 2340 piksel yang mampu menghasilkan rasio aspek 19,5:9 yang sangat pas. Dari ukuran dimensi saja bisa kita bandingkan kan, meningkat dari 6,3 inci ke 6,53 inci di seri terbarunya ini.

Dengan dibekalinya panel IPS LCD, smartphone ini cukup baik dalam akurasi warnanya yang menyenangkan. Wanra hitam yang ditampilkan begitu pekat dan natural, tentu ini akan menjadi pengalaman yang benar-benar terasa ketika melihat hal-hal yang berhubungan dengan visual seperti Menonton video atau gambar. Ya walaupun IPS LCD ini ada dikelas bawah, namun ini tetap menjadi salah satu keunggulan yang cukup menarik.

Di aspek layar saya juga tidak bisa melihat keajaiban Refresh rate yang tinggi, ya mungkin inilah standar yang coba dipertahankan sebab kita tahu Redmi Note 9 memiliki harga yang cukip terjangkau. Jadi untuk aspek tampilan atau dipslay cukuplah di beberapa hal diatas.

3. Kapasitas baterai besar dan Daya Tahan Baterai

baterai 5020 mah redmi note 9

Pada jamn sekarang tentu smartphone yang memiliki baterai besar dan awet sangat dibutuhkan, sebab kita tahu dikemajuan teknologi saat ini kita sering menggunakan perangakat smartphone kemanapun dan dimanapun, hal inilah yang menjadi alasan banyak pengguna mengincar aspek baterai ketika memilih smartphone.

Xiaomi Redmi Note 9 barangkali bisa juga menjadi rekomendasi untuk kamu, sebab kalau kita lihat kapasitas baterainya cukup besar dengan 5.020 mAh. Upgrade pada aspek baterai juga cukup lumayan lo, pendahulunya yakni Redmi Note 8 hanya dibekali dengan kapasitas 4.000 mAh saja.

Dengan kapasitas sebesar ini Redmi Note 9 sangat ampuh untuk digunakan dalam beberapa aktivitas seperti bermain game, menonton film, atau yang lainnya. Bukan hanya angka saja, kapasitas baterai yang besar juga dibuktikan dengan daya tahan baterai yang cukup awet.

Nah dari situs resmi Xiaomi, mengklaim bahwa samrtphonenya ini mampi bertahan selama 147 jam untuk mendengarkan musik, 33 jam unutk telpon, 16 jam untuk penavigasian di GPS, dan 13 Jam untuk Bermain game.

Lalu bagaimana untuk Pengisan ulang? Jangan khawatir walau memiliki kapasitas baterai yang lumayan besar, Xiaomi Redmi Note 9 juga sangat unggul lo untuk aspek pengisan baterai, Sebab dirinya telah dibekali dengan teknologi Fast Charging 18 W lewat port USB Type-C nya. Daya yang dikelaurkan mampu mengisi baterai sampai 46% dalam satu jam, 85% diwaktu dua jam, dan hingga penuh 100% dapat ditunggu sampai sekitar tiga jam.

4. Performa yang kencang dari chipset MediaTek

Chipset Helio G85 redmi note 9

Oke kita bisa terima Xiaomi Redmi Note 9 ini bukan termasuk samrtphone kelas atas, Namun performanya menjadi salah satu aspek bak kelas atas. Kali ini Xiaomi membekali smartphonenya dengan chipset kencang dari MediaTek Helio G85, perlu kamu tahu juga Redmi Note 9 adalah samrtphone pertama yang memakai chipset ini sejak Mei 2020 lalu. Helio G85 menggunakan manufaktur fabrikasi 12nm dengan memiliki arsitektur octa-core, dengan CPU 2-core Cortex A75 sampai 2GHz dan 6-core Cortex A55 untuk pemrosesan ringan.

Xiaomi Redmi Note 9 juga termasuk smartphone gaming lo, hal ini dibuktikan dari chipset yang dipakainya, selain itu juga pengelola grafis juga sangat andal dengan ARM Mali G-G52 yang memiliki clockspeed hingga 1GHz, dan dibekali juga dengan fitur super berguna untuk para gamer yakni HyperEngine.

Kapasitas RAM dan Internal juga menjadi salah satu aspek pendukung yang  menambah kualitas dari Xiaomi Redmi Note 9 ini. Sebenarnya perlu kamu tahu Smartphone ini memiliki dua model harga yang dibedakan melalui RAM dan ROM.

Untuk varian 4GB/ 64 GB dan ada juga  6GB/ 128 GB. Menurut saya kapasitas ini pas lah untuk menopang aktivitas gaming kamu di Smartphone dan mendukung juga pengalaman multitasking menjadi lebih baik lagi.

Jadi kesimpulannya, Performa dari Xiaomi Redmi 9 ini meningkat dari Xiaomi Redmi Note 8. Hal ini dibuktikan dengan spesifikasi prosesor atau chipsetnya. Helio G85 diklaim lebih baik daripada Snapdragon 665 yang di pakai Redmi Note 8. Seperti tanggapan dari Alvin Tse (Country Director Xiaomi Indonesia) mengatakan bahwa Helio G85 memiliki peningkatan perfroma sebesar 20 persen dari Snapdragin 665.

5. Quad-camera dengan tangkapan yang Apik

Quad Camera redmi note 9

Kamera tentu menjadi salah satu aspek yang sering sekali kita gunakan, Berkembangnya media sosial tentu menambah peran dari kamera ini, sebab kamera yang berkualitas akan banyak dicari terutama ketika ingin membeli Smartphone. Dari rilisan smartphone di jajaran Redmi note, saya cukup terkesan dengan teknologi lensa kamera yang dihadirkannya, rasanya selalu unggul saja dan tidak ada kekurangan.

Xioami Redmi Note 9 ini memiliki konfigurasi Quad-camera , dengan spesifikasi lensa utama 48 MP dengan bukaan f/1.8, lensa ultrawide memiliki 8 MP bukaan f/2.2, lensa makro 2 MP, dan terakhir lensa depth atau kedalaman dengan resolusi 2 MP, lensa terakhir ini mungkin tujuannya hanya unutk estetika daripada fungsional nya seperti kebanyakan smartphone umumnya. Dan jika kita lihat pada bagian depannya, lensa depan dari Xiaomi Redmi Note 9 dibekali dengan 13 MP f/2.0. Perlu kamu tahu juga masing-masing lensa tersebut memiliki kelebihannya masing-masing lo, yuk kita bahas lebih dalam lagi.

  • Lensa Utama 48 MP, walau resolusinya sama seperti generasi sebelumnya namun hal ini tetap menjadi tren yang baik. Kamera utamanya ini menghasilkan foto dengan kualitas warna yang bagus dan ketajaman yang memuaskan.
  • Lensa Ultra Wide 8 MP, meski hanya memiliki resolusi yang tidak terlalu besar namun kualitas gambar yang dihasilkan lumayan lo. Lensa ultrawide ini mampu menangkap gambar dengan sudut 118 derajat.
  • Lensa Makro 2 MP, ingin mengambil gambar dalam jarak yang sangat dekat? Nah mungkin lensa makro bisa menjadi, dengan menggunakan lensa khusus ini kamu dapat menangkap gambar dengan blue yang mantap di jarak yang dekat, sehingga hasilnya sangat luar biasa.
  • Lensa depan 13 MP, Ini juga sangat bagus dan unggul. Ketajaman dan detailnya coba dipertahankan, warna dan dynamic range lebar juga cukup mengesankan.

Terkahir mungkin untuk tambahan, kemampuan Pemgambilan video dari Xiaomi Redmi Note 9 ini juga cukup lah, dengan resolusi 1080p 30fps.

Jadi aspek kamera pada smartphone ini cukup menjadi unggulan juga sebab beberapa alasan seperti diatas, walau hanya dibandrol dengan harga 2 jutaan saja kamu sudah bisa mendapatkan Smartphone dengan kamera mumpuni sekaligus berspesifikasi pas untuk fotografi.

6. Sudah mendukung Slot memori Eksternal

memori eksternal redmi note 9

Walau kita sudah tau kapasitas memori internal dari Xiaomi Redmi Note 9 cukup besar yakni 64 GB dan 128 GB, Namun tak membuat Xiaomi menurunkan kualitasnya  dengan tidak menghadirkan slot khusus untuk Memori Eksternal.

Memang benar kapasitas internal yang dimiliki Redmi Note 9 tergolong besar dan pas di kelas menengah. Namun saya cukup senang dengan tren yang dibuat Xiaomi sejak hadirnya tipe slot dedicated pada Redmi Note 8 pendahulunya, dan mungkin keunggulan ini akan terus berlanjut di generasi-generasi berikutnya.

Sebelumnya perlu kamu tahu, Dedicated slot adalah tipe slot yang dapat memuat dua simCard dan satu microSD sekaligus. Hal ini berbeda dengan Redmi Note 7 yang hanya menggunakan Hybrid slot, yang hanya bisa diisi dua simCard dan jika ingin memasang microSD maka salah satu sim harus lepas.

7. Dukungan Widevine L1

dukungan Widevine L1 redmi note 9

Apakah kamu sering menggunakan smartphone sebagai perangkat untuk stremming film di Netflix, Prime Video, Hulu, atau aplikasi stremming lainnya? Jika iya mungkin Xiaomi Redmi Note 9 ini sangat cocok untuk kamu. Sebab samrtphone ini telah dibekali dengan teknologi yang namanya Widevine L1.

Oke kita ambil contoh Netflix, ketika kamu ingin menonton film disana tentu ada beberapa paket yang menawarkan resolusi HD. Namun tidak semua smartphone menudkung resolusi HD ini di Netflix. Ada satu lisensi khusus yang mengatur tentang ini, yhap dia adalah Widevine.

Jadi kalau singkatnya, Widevine ini fungsinya sebagai indikator pengukur apakah sebuah samrtphone memiliki tingkat keamanan yang kuat, sehingga dapat menikmati layanan stremming di Netflix dengan kualitas yang ditawarkan dan proteksi yang tidak gampang dibajak. Ada tiga lisensi Widevine saat ini, yang terendah adalah L3, dan yang paling tinggi adalah L1.

Dan untuk perbandingannya, sertifikasi L3 hanya mampu memberikan kualitas streming dibawah HD, yakni di 480p saja. Sedangkan untuk sertifikasi L1 akan memberikan kualitas konten HD (720p) sampai Full HD (1080p).

8. Sudah Menggunakan Bluetooth 5.0

bluetooth 5.0 redmi note 9

Salah satu konektivitas yang masih awet dan bertahan sampai saat ini adalah Bluetooth. Tahukan kamu, dengan bluetooth kita bisa melakukan aktivitas nirkabel seperti bertukar data, saling kirim file dokumen, foto, aplikasi, video, dan lain sebagainya tanpa memerlukan kabel, cukup dengan saling pairing satu sama lain dalam jarak tertentu maka aktivitas ini akan berjalan dengan baik.

Pada akhir tahun 2016 hingga awal 2017 lalu, Bluetooth resmi merilis versi ke 5, yang memiliki banyak sekali kelebihan. Dan beruntungnya pada Xioami Redmi Note 9 ini sudah mendukung versi Bluetooth 5.0. Kenapa saya anggap in kelebihan? Mungkin yang pertama adalah peningkatan, sebab kalau kita lihat pada Redmi Note 8 hanya dibekali dengan koneksi Bluetooth 4.2 saja.

Nah dengan Bluetooth 5.0 pada Xiaomi Redmi Note 9 ini, kamu dapat menikmati kelebihan seperti Jangkauan yang dua kali lebih luas dibandingkan versi sebelumnya, 4 kali lebih cepat ketika digunakan, Dukungan IoT (Internet of Things), dan lain sebagainya.

Kekurangan Smartphone Redmi Note 9

Dibalik berbagai kelebihan yang ditawarkannya ternyata tak membuat Redmi Note 9 sebagai satu-satunya samrtphone yang terbaik dikelasnya, hal ini dibuktikan dengan beberapa kekurangan dibawah ini.

1. Absennya Teknologi NFC

tidak ada teknologi NFC redmi note 9

Semakin berkembangnya jaman tentu semakin canggih teknologi sekarang, banyak sekali inovasi yang terus muncul sehingga memudahkan aktivitas kita. Salah satu teknologi kekinian dan tren di dunia smartphone adalah NFC. Mungkin di indonesia teknologi ini belum cukup dikenal dan banyak yang mengabaikannya juga, Namun kalau kita lihat di ngara-negara maju NFC ini sudah populer dan banyak dicari.

Baca Juga : 15 HP Xiaomi yang Mendukung NFC Terbaru

Di indonesia mungkin akan juga semakin mengenal teknologi ini, sebab kalau kita lihat kegunaannya, NFC ini cukup memudahkan aktivitas kita lo. Seperti membayar transaksi digital, mengecek saldo eToll, atau lain sebagainya. Hal ini dilakukan secara Nirkabel yang memungkin dua perangkat elektronik bisa tersambung dan bertukar data satu sama lain, ya seperti contoh diatas.

Sayangnya Xiaomi Redmi Note 9 ini belum mendukung teknologi NFC pada semua model smartphonenya, Jadi hanya beberapa saja nih yang menghadirkan NFC pada model tertentu. dan tidak semua. Kalau kamu ingin mencari smartphone yang sudah mendukung NFC pada semua modelnya kamu bisa cek Xiaomi Redmi Note 9 Pro.

2. Layarnya masih kurang terang

layar redmi note 9

Walau kita bisa melihat kelebihan daripada aspek layar Redmi Note 9, Namun aspek ini ternyata tidak sepenuhnya sempuruna. Smartphone keluaran 2020 ini tidak mampu mencapai kecerhaan maksimal, layarnya hanya bisa mencapai kecerahaan di angka 450 nits saja, tentu akan membuat layar susah terlihat ketika digunakan dibawah sinar matahari atau saat siang hari.

Beberapa kekurangan dari aspek layar juga terlihat, seperti Rasio kontras yang tidak terlalu bagus, akurasi wanra default yang kurang, dan dukungan HDR10 yang tidak ada.

Harga dan Spesifikasi Redmi Note 9

  • Nama : Xiaomi Redmi Note 9
  • Rilis: April 2020
  • Bobot : 199 gram
  • Layar: IPS LCD 6.53 inci, Corning Gorilla Glass 5
  • Resolusi : 1080 x 2340 piksel, screen ratio 83, 6%
  • Sistem Operasi : Android 10, MIUI 12
  • RAM : 4 GB dan 6 GB
  • Memori Internal : 64 GB dan 128 GB
  • Chipset :  MediaTek Helio G85 (12nm)
  • GPU :  Mali-G52 MC2
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), dan 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 13 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5020 mAh non-removable, Fast Charging 33 W, Reverse Charging 9 W
  • Harga Resmi : (4GB + 64GB) Rp 1.999.000 & (6GB + 128GB) Rp 2.399.000

Kesimpulan

Sebagai salah satu smartphone dikelas menengah kebawah yang dibandrol dengan harga Rp2,3 jutaan, Xiaomi Redmi Note 9 ini menjadi varian pertama dan seri terbaru dari Redmi Note. Tentu ini menjadi sebuah tren yang baik bagi Xiaomi karena mereka terus konsisten dalam meluncurkan smartphone-smartphone canggih yang berkualitas.

Seperti Xiaomi Redmi Note 9, kita bisa melihat beberapa kelebihan yang ditawarkannya, Smartphone ini memiliki daya minat yang cukup dipasar, Pertama kita lihat desainnya yang lebih modern, banyak pilihan warna, dibuat simetris sehingga berbeda dari yang lainnya, Aspek layar juga cukup mengesankan dengan desain DotDrop Display, Perfroma yang kencang dengan dari MediaTek, Konfigurasi Quad-camera yang oke, dan fitur-fitur pelengkap lainnya yang membuat Smartphone ini memang layak untuk dipertimbangkan. Ya walau kita bisa melihat kekurangan disana, Namun itu tidak menjadi masalah besar. Xiaomi Redmi Note 9 tetap menjadi smartphone di kelas mid-range yang cukup recomended, selain karena kualitas speknya harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.