Review : Kelebihan HP Samsung Galaxy S21 Series 5G, Harga dan Spesifikasi

Saat ini banyak smartphone flagship yang terus bermunculan, Namun untuk pilihan yang benar-benar powerful hanya sebagian smartphone yang memenuhi spesifikasinya.

Nah di tahun 2021 ini ada sesuatu yang berbeda dengan Samsung, yaitu rilisnya smartphone flagship tebarunya yaitu Samsung Galaxy S21 5G yang merupakan seri ketiga dari Galaxy S21 series.

Walaupun ini adalah smartphone di kelas flagship, yang membuat unik adalah Galaxy S21 5G ini memiliki dimensi yang kecil, dan harganya pun juga tergolong murah dari generasi sebelumnya.

Kalau kita bahas lebih lanjut, mungkin ini akan menjadi pembahasan yang seru, Sebab smartphone ini sangat menarik sekali dari hal spesifikasi dan performa. Oke langsung saja kita menuju Ulasannya.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20 Ultra, Harga dan Spesifikasi

Review Samsung Galaxy S21 5G

Menjadi seri ketiga setelah varian plus dan ultra menjadikan Galaxy S21 5G ini memiliki kesan yang berbeda, walau perilisannya tergolong baru saja namun ternyata samrtphone ini banyak diminati oleh para fansnya.

Desain – Kecil dan Futurisitk

galaxy s21 ultra desain mungil

Ya berkali-kali saya singgung diatas, bahwa smartphone ini adalah satu hal yang berbeda dari varian lainnya. Dengan memiliki berat 170 gram saja dan ketebalan hanya 7,9mm membuatnya tampak ringan dan nyaman ketika di peggang di tangan.

Material bodi yang digunakan adalah polikarbonat, tentu ini berbeda dengan varian lainnya yang menggunakan kaca untuk bodi belakangnya. Nah tampaknya samsung sangatlah pintar untuk membuat bodinya agar ketika dipenggang mirip seperti kaca dan ini benar tidak ada bedanya sama sekali.

Desain bodi belakang yang dihadirkan terdiri dari empat warna yaitu Phantom White, Phantom Gray, Phantom Pink, dan Phantom Violet. Warna yang disajikan juga tidak terlalu mencolok namun tetap elegan ketika dipandang.

Tampilan Layar – Nyaman dan Mengesankan

galaxy s21 ultra tampilan layar 6.2 inci

Samsung Galaxy S21 5G ini dilengkapi dengan layar 6,2 inci yang lebar dengan bezel yang tipis, resolusinya mencapai 1080p ini lebih kecil dari kedua varian sebelumnya yang sudah memiliki panel 1440p, layar panelnya  memiliki ukuran yang relatif kecil yaitu 1080×2400 piksel.

Tipe layar yang digunakan adalah AMOLED 2x, dimana arti 2x ini mengartikan kemampuan refresh rate yang tinggi, dan Dynamic adalah tentang dukungan HDR 10+ yang digunakannya.

Yang kita tahu sendiri bahwa layar AMOLED sangat baik untuk hal kecerahaan, dimana smartphone ini dapat mencapai kecerhaan sampai 1300nits, nah tentu ini akan sangat nyaman jika digunakan untuk menonton video atau film.

Beralih ke bagian refresh rate, dengan memaksimalkan 120Hz yang sangat halus. Untuk screen protection Samsung Galaxy S21 5G menggunakan Gorilla Glass Victus dengan ketahanan layar yang bisa diandalkan.

Baterai – Sangat cocok dengan baterai 4.000 mAh

galaxy s21 series 5g baterai 4000 mah

Dengan daya tahan baterai berkapasitas 4.000 mAh tentu sudah cocok lah, mengingat ini adalah smartphone dengan dimensi kecil dan berat yang ringan juga.

Baterai ini dapat bertahan baik dan awet jika digunakan untuk berbagai hal mengenai smartphone.

Seperti untuk telephone  Galaxy S21 5G mampu bertahan selama 21 jam, untuk menonton video dapat bertahan selama 15 jam, dan untuk menjelajah internat bisa sampai 11 jam.

Lalu bagaimana untuk Pengisian baterai? Dengan standar yang sudah mendukung Fast Charging 25W, tentu tidak perlu khawatir jika baterai lowbat.

Dalam 30 menit, smartphone ini mampu mengisi daya sampai 50%, sementara jika sampai penuh membutuhkan waktu sekitar 75 menit.

Selain itu Galaxy S21 5G juga mendukung pengisian nirkabel dengan 10 W. Selain itu smartphone ini juga dapat digunakan untuk mengisi perangkat lain atau bisa juga disebut sebagai reverse charging.

Performa – Super kecang untuk berbagai hal

galaxy s21 series 5g peforma kencang

Dengan dibekali prosesor dari samsung yaitu Exynos 2100 5nm, yang dapat digunakan untuk berbagai hal seperti bermain game berat, membuka banyak aplikasi untuk multitasking, dan lain sebagainya.

Chipset ini diyakini punya arsitektur CPU yang mirip dengan Snapdragon 888. kalau kita melihat varian sebelumnya dari Galaxy S21 ini, chipset yang digunakan juga tidak berubah.

Pada bagian GPU, Chipset Exynos 2100 menggunakan Mali-G78 dengan 14 core dan menjanjikan peningkatan 46% dibanding versi sebelumnya.

Untuk bagian RAM, Smartphone ini juga tidak berbeda dengan varian sebelumnya yaitu dengan 8GB RAM, dan dibekali memori internal sebesar 128GB/ 256GB.

Hasil skor AnTuTu meghasilkan angka 584055 dan skor ini lebih tinggi daripada versi lain yaitu Samsung Galaxy S20 yang hanya mendapatkan skor 525029 saja.

Nah sudah terbukti Samsung Galaxy S21 5G sangat dapat diandalkan untuk berbagai hal, sebab dengan kita melihat performa yang diberikannya sangat mungkin untuk bersaing di kelas flagship saat ini.

Kamera – Tiga sensor yang berkualitas

galaxy s21 series 5g tiga sensor kamera

Dengan pengaturan tiga sensor pada kamera belakangnya, Galaxy S21 5G ini juga memiliki keunggulan pada hal potret memotretnya.

Konfigurasi triple camera tentu mirip dengan varian Galaxy S20, pada bagian spesifikasi sensor pun juga sama.

Ketiga kameranya terdiri dari 12 MP f/1.8 Dual Pixel, 12MP f/2.2 ultra-wide angle yang dapat menangkap lebar hingga 120 derajat, dan yang terakhir 65MP f/2.0 telephoto dengan fitur 3x hybrid zoom.

Beralih ke bagian depan, yaitu kamera selfie yang mengandalkan sensor 10MP dengan apertur f/2.2, Kamera ini dapat melakukan pemfokusan otomatis dengan panjang fokus sampai 26mm.

Jika untuk rekaman video, smartphone ini hanya dapat mengambil resolusi sampai 1080p pada 30fps saja.

Untuk kualitas bidikan yang dihasilkan dari keempat kamera smartphone ini, termasuk kamera selfie.

Semua dapat menangkap objek dengan dinamis dan tajam, baik itu pada siang hari maupun malam hari, hasil yang ditangkap sangatlah cukup untuk kamu yang gemar fotografi.

Kelebihan Samsung Galaxy S21 5G

Nah, kita beralih ke bagian kelebihan yang mungkin akan membuat kamu langsung jatuh cinta dengan smartphone ini.

Sejatinya Galaxy S21 5G ini adalah jenis ponsel flagship, namun yang membedakannya dari yang lainnya adalah ukuran dimensinya yang kecil.

1. Pilihan Warna yang bervariasi dan bagus

galaxy s21 series 5g varian warna indah

Jika kita lihat-lihat desain bodi dari Samsung Galaxy S21 5G ini memiliki warna yang sangat mencolok dengan paduan dua warna yang sangat indah dan menonjol.

Walau terlihat simple dan tidak ada gradasi disana, tetapi tetap saja smartphone ini sangatlah elegan dan menarik sekali untuk dilihat.

Selain itu, pilihan warna bodi juga lebih banyak daripada varian lainnya seperti Galaxy S21 plus yang hanya 3 warna atau Galaxy S21 Ultra yang hanya 2 warna saja.

Berbeda  dengan Varian terbaru kali ini yang memberikan pilihan 4 warna yang estetik, seperti Phantom Violet, Phantom Gray, Phantom White, dan terakhir Phantom Pink.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung Galaxy Note20 Ultra, Harga dan Spesifikasi.

2. Smartphone high-end yang cukup Ringkas

galaxy s21 series 5g smartphone high end

Sudah beberapa kali saya singgung, bahwa smartphone adalah ini adalah varian Galaxy S21 series yang memiliki dimensi terkecil dan ini menjadikannya keunggulan tersendiri. Walau hadir di kelas flagship, Dimensi dari smartphone ini jarang ditemui di ponsel-ponsel lainnya.

Dan galaxy S21 5G ini juga salah satu varian yang paling minim fitur daripada kedua kakaknya, Smartphone ini lebih ringan dan ringkas membuatnya lebih premium ketika kita bandingkan. Dan kalau sudah nempel di tangan, sangat terasa nyaman apalagi untuk kamu yang suka berpergian sangat mungkin dimasukkan ke saku tanpa menggangumu.

3. Layar AMOLED yang cerah dan Refresh Rate adaptif

Kelebihan lainnya terletak pada layar, tentu ini menjadi hal yang vital dan sangat dipetimbangkan ketika seseorang memilih smartphone, sebab layar yang berkualitas akan memberikan feel ke penggunaan sehari-hari kita.

Dengan digunakannya layar dengan Dynamic AMOLED 2x ini menjadikan Galaxy S21 5G sebagai smartphone dengan tampilan paling memukau di industri smartphone saat ini.

Selain itu kualitas kecerahaan yang diberikan juga tidak main-main, dengan kecerahaan puncak sampai 1300 nits tentu sangat puas ketika digunakan untuk menonton video atau bermain game, skor ini lebih rendah 150 nits dari Galaxy S21 Ultra.

Selain itu tampilan layar juga menjadi kelebihan lainnya dengan dukungan Refresh rate sampai 120hz, dua kali lebih mulus dan baik ketimbang 60Hz di ponsel pada umumnya.

Nah yang membedakan Galaxy S21 5G ini adalah refresh ratenya sudah mendukung kapabilitas adaptif yang bisa disesuaikan secara otomatis dengan mudah.

4. Memiliki Chipset yang unggul

galaxy s21 series 5g chipset Exynos 2100

Samsung Galaxy S21 5G mengusung dua tipe chipset, untuk pasar global smartphone ini dibekali dengan Exynos 2100 dan untuk pasar amerika smartphone ini hadir dengan Snapdragon 888.

Kedua chipset ini adalah versi terbarunya dan tentu soal keunggulan sudah tidak diragukan.

Namun jangan membandingkannya bahwa Snapdragon 888 lebih baik, sebenarnya Exynos 2100 juga memiliki konfigurasi CPU yang mirip, hal ini terdiri dari satu core Cortex-X1, tiga core Cortex-A78, dan empat core Cortex-A55.

Yang membedakan antara keduanya adalah bagian prosesor grafis (GPU), dimana Exynos menggunakan Mali-G78MP12, sedangkan Snapdragon 888 mengandalkan Andreno 660.

Dan dari segi teknologi yang digunakannya, seperti teknologi AI keduanya mengusung Neural Processing Unit (NPU) yang menawarkan kinerja cepat hingga Tera Operations Per Second (TOPS).

Kelebihan lainnya adalah chipset ini sudah mengusung konektivitas 5G, maka tak heran performa dari chip ini bisa lebih ngebut 10 persen, dan hemat daya sampai 20 persen dibandingkan dengan chipset teratas Exynos pada generasi sebelumnya.

Spesifikasi Samsung Galaxy S21 5G

Rilis14 Januari 2021
LayarDynamic AMOLED 2x, 6,2 inci, resolusi 1080 x 2400 piksel, Corning Gorilla Glass Victus
OSAndroid 11, One UI 3.1
ChipsetExynos 2100 (5nm) – global
GPUMali G78 MP14 – global
RAM8 GB
Memori Internal128 GB/ 256 GB
Kamera Belakang12 MP (wide), 64 MP (telephoto), 12 MP (ultrawide)
Kamera Depan10 MP (wide)
BateraiLi-Ion 4000 mAh, non-removeable, fast charging 25W
HargaRp 13.199.000, –

Kesimpulan

Bagaimana dengan pembahasan Samsung Galaxy S21 5G diatas, apakah kamu ingin memiliki smartphone flagship super canggih tersebut.

Walau memiliki beberapa spesifikasi unggulan, Smartphone ini sebenarnya layak mendapatkan peringkat untuk ponsel flagship yang baik dan berkemampuan.

Namun untuk hal bersaing dengan kompetitor, mungkin masih ambigu untuk menyebutkannya lebih baik daripada smartphone lainnya. Pasalnya, Galaxy S21 5G ini masih kurang pada beberapa fitur yang ada didalamnya.

Seperti contoh spek kamera yang masih sama seperti seri Galaxy S20 atau fitur fast charging yang tidak ada perubahan dari generasi sebelumnya.

Walau begitu, Samsung Galaxy S21 5G masih layak untuk kamu miliki sebagai smartphone sehari-hari untuk digunakan bermain game, berfoto-foto, menonton video, dan lain sebagainya.

Kita tahu sendiri bahwa smartphone ini sangat baik untuk hal display dan performa chipset yang diberikannya.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.