10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A74 5G, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A74 5G – April 2021 kali ini menjadi bulan yang spesial untuk OPPO seri A74 pasalnya kedua edisi smartphone tersebut yakni varian biasa dan 5G telah rilis di pasaran, meramaikan industri ponsel di kelas menengah.

Pihak Oppo sendiri menjadi vendor smartphone yang telah menyediakan Perangkat generasi Kelima dengan bentuk dukungan jaringan 5G di indonesia, walau kini di negera kita tercinta belum mendukung jaringan ini, Tetapi beberapa tahun kedepan pasti jaringan ini akan merata diseluruh wilayah, dan inilah kelebihan varian 5G dari OPPO A74, yang secara spesial kita bisa menikmati jaringan tersebut jika sudah di ada di indonesia.

Melalui peluncurannya sendiri PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto A menyebutkan bahwa “Peluncuran perangkat smartphone di acara OPPO 5G Academy mengeaskan bahwa OPPO berkomitmen untuk mendukung ekosistem 5G Indonesia sekaligus juga mempertegas OPPO sebagai pionir teknologi 5G di tanah air”.

Baca Juga : 8 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A92, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan pada bagian network dari OPPO A74 5G hanya secuil dari kelebihan-kelebihan lainnya, masih ada hal spesial yang patut untuk kita coba, seperti performanya yang telah mengandalkan chipset Snapdragon, Baterainya memiliki kapasitas besar, fitur fast charging, kamera dengan tangkapan ciamik, dan masih banyak lagi.

Nah oleh karena itu mengetahui kelebihan serta kekurangan bisa jadi referensi untuk kamu jika ingin membelinya. Untuk berikutnya, mari kita bahas ini lebih lanjut.

Dengan harga yang dibandrol hanya 3 jutaan saja, tentu ini tidak jauh berbeda dengan varian A74 lainnya. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan serta kekurangan, untuk lebih jelasnya mari kita ulas secara lengkap dibawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A74 5G

Kelebihan OPPO A74 5G

Kalau kita lihat-lihat sebenarnya kelebihan dari OPPO A74 5G tidak jauh berbeda dengan OPPO A74, smartphone ini memiliki hal spesial pada bagian baterainya, performanya, kameranya, dan lain-lain.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO A53, Harga dan Spesifikasi

1. Desain stylish dan premium

desain premium HP OPPO A74 5G

OPPO adalah salah satu vendor smartphone yang kerap menyuguhkan tampilan yang stylish dan kekinian dari smartphone rilisannya, Tak heran secara tidak langsung ini menjadi daya tarik untuk setiap konsumennya yang menginginkan bodi smartphone yang kekinian.

OPPO A74 5G salah satu dari smartphone terbaru yang telah memperkenalkan konsep desain Warm Tech, hal ini didasarkan pada tekstur matte, walau begitu bodinya tetap merefleksikan warna kilau metalik yang mengkilap, Gradasi warna yang dibawa juga begitu halus dan tidak silau.

Hadir dengan dua pilihan warna yang cemerlang, yakni Fluid Black dan Space Silver. OPPO A74 5G sanggup menyihir bagi siapa saja yang pertama kali melihatnya, Wanra Fluid blacknya yang menggunakan proses dip dye coating yang memberikan efek gradasi warna hitam secara elegan, dan Warna Space Silver dengan sentuhan akhir matte dengan warna silver/ perak yang ciamik.

2. Layar luas dengan refresh rate 90Hz

refresh rate 90hz HP OPPO A74 5G

Dengan suguhan layar lCD 6.49 inci yang luas dan memuaskan, dan penyegaran layar 90Hz sungguh kelebihan yanh tiada tara yang diberikan Oppo ke smartphone terbarunya satu ini. Ldengan desain single punch hole di pojok kiri atas, secara keselurhan layarnya memilik rasio layar 90,5% dengan resolusi FHD.

Selanjutnya, untuk menunjang aktifitas penggunaan smartphone dari pengguna. Oppo ini memberikan tingkat kecerhaan layarnya di angka 480 nits, tentu ini sangat baik dan aman unutk kesehatan mata pengguna.

Dalam hal penyuguhan visual warna yang akurat dan kaya, OPPO A74 5G ini dibekali dengan teknologi Hyper-color yang dapat mencangkup keselurhan DCI-P3 (Digital Cinema Initiavities), yang artinya pengguna akan merasa menonton layar bak sebuah bioskop dengan cukupan warna yang kaya dan luas.

3. Dukungan Jaringan 5G

dukungan jaringan 5G HP OPPO A74 5G

Tentu ini adalah kelebihan yang sudah bisa kamu tebak, dengan embel-embel 5G di akhir nama smartphonenya, tentu ini bukan hanya nama saja. Melainkan ada teknologi terbaru dari generasi kelima jaringan 5G disana, yang memungkinkan pengguna untuk bisa menikmati kecepataan internet super ngebut yang ditawarkan.

Tidak hanya itu, 5G ini diklaim juga dapat menghasilkan kecepataan transmisi sampai 10 GB per detik, dan kamu bisa menikmati segala aktivitas tanpa delay.

Selain kelebihan pada kecepataan internetnya, 5G ini ternyata juga berperan untuk hal lain juga lo. Seperti penggunaan 5G pada smartphone bisa menghemat daya baterai. Sehingga kamu bisa mengurangi konsumsi daya lebih banyak dibanding jaringan 4G sebelumnya.

4. Performa cepat dengan SoC dari Snapdargon

snapdragon HP OPPO A74 5G

Lanjut lagi ke bagian perfromanya, tentu performa adalah hal yang penting untuk kamu yang biasanya menggunakan smartphone untuk bermain game atau multitasking, sehingga smartphone tidak merasa terbebani pada setiap aktivitas yang kamu jalankan.

Dengan dibekali prosesor yang mumpuni dikelasnya, yakni Qualcomm Snapdragon 480 5G dengan teknologi fabrikasi 8 nanometer,  chipset ini diyakini telah menghadirkan pengingkatan 100% lebih baik dibandinhgkan prosesor generasi sebelumnya.

Performa smartphone ini juga ditunjang dengan hal-hal lain, seperti CPUnya yang menggunakan Octa-core demham dua inti Kryo 460 berkecepatan 2.0 GHz dan enam buah Kryo 460 dengan kecepatan 1.8 GHz.

Lanjut lagi untuk GPU, untuk menunjang tampilan visual yang maksimal dan berkualitas, OPPO A74 5G ini disokong oleh GPU Adreno 619 dengan dukungan lain yakni 6 GB RAM dan 128 GB ROM.

Semua aspek yang berkaitan dengan performa diatas, sangat berdampak pada kinerja smartphone itu sendiri, dengan ini OPPO A74 5G mampu menciptakan kinerja yang lebih cepat, baik itu untuk urusan gaming atau yang lainnya.

5. Quad-camera dengan resolusi tinggi

quad camera high resolution HP OPPO A74 5G

Kehadiran Konfigurasi Quad-camera pada OPPO A74 5G menjadikannya sangat pas untuk digunakan fotografi, selain itu resolusinya juga tidak terlalu jelek masih umum untuk ponsel di kelas menengah. Untuk Kamera utama memiliki resolusi 48 MP dengan bukaan f/1.7, ada juga sensor ultrawide dengan 8 MP, dan dua kamera lainnya yaitu makro dan mono dengan resolusi 2 MP.

Selanjutnya kita berlaih ke bagian depan, Guna memenuhi kebutuhan penggunaanya OPPO menyediakan resolusi 16 MP dengan aperture f/2.0 pada kamera depannya , kamera selfienya ini sangat baik untuk digunakan swafoto dengan hasil yang berkualitas.

Resolusi sudah, konfigurasi kamera yang lengkap sudah. Sekarang kita lihat apa saja sih fitur atau teknologi yang ada pada kamera dari OPPO A74 5G ini? Ada fitur AI Acane Enhancement 2.0 yang dapat mencerahkan dan meningkatkan hasil bidikan dengan mengenali setiap sekenario dan ini akan disesuaikan saturasi warna dan kontrasnya.

Ada juga fitur, AI Beautifacation yang bisa mengidentifikasi wajah dan kemudian akan dipercantik dengan riasan  sehingga hasilnya akan memuaskan. Ultra-Night Mode yang mampu mengakomondasi kebutuhan fotografi pada malam hari, dan terkahir Stylishing Filters dengan menyuguhkan 15 filter keren untuk meingkatkan kualitas saat fotografi.

6. Sudah mendukung NFC

mendukung NFC HP OPPO A74 5G

Mungkin ini adalah hal yang diluar dugaan, ternyata di smartphone terbarunya OPPO A74 edisi 5G sudah menghadirkan tekonologi NFC. Hal ini tentu tidak ditemukan pada edisi OPPO A74 sebelumnya. Satu teknologi ini begitu ngetren dijaman sekarang, bagaimana tidak kita bisa melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan transaksi secara digital dengan hanya memnafaatkan smartphone kita.

7. Kapasitas baterai jumbo

kapasitas baterai jumbo 5000 mAh HP OPPO A74 5G

Baterai adalah salah satu aspke yang seirng juga dilihat orang ketika ingin membeli smartphone. Nah beruntungnya OPPO A74 5G ini telah membekali smartphonenya dengan menanamkan baterai dengan kapasitas 5.000 mAh, kapasitas ini bisa dibilang melimpah dikelas mid-range, walau kalau kita bandingkan dengan edisi OPPO A74 sebelumnya baterai ini tidak mengalamai perbuahan pada segi kapasitas.

OPPO sendiri mengklaim bahwa smartphonenya mampu hidup selama 3 jam hanya sekedar untuk menonton stremming, 27 Jam untuk telefon, dan 40 jam dalam situasi siaga.

Baca Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A33, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan OPPO A74 5G

Tidak ada yang sempurna, itulah ungkapan yang patut disematkan. Walau kita bisa melihat ada berbagai kelebihan yang terlihat disana, namun OPPO A74 5G tidak luput juga dari kekurangan. Nah unutk mengetahuinya mari kita ulas secara terbuka dibawah ini.

1. Layarnya belum berpanelkan AMOLED

layar belum amoled HP OPPO A74 5G

Berbeda dengan edisi OPPO A74 sebelumnya yang sudah menggunakan pansel layar AMOLED, alih-alih smartphone OPPO A74 5G ini juga mengikuti kehebatan dari edisi sebelumnya, ternyata Smartphone ini hanya menggunakan layar dengan panel IPS LCD saja.

Hal ini tentu sedikit mengecewakan, pasalnya layar dengan panel AMOLED sekarang sudah mulai banyak digunakan pada smartphone terbaru apalagi dikelas menengah. Panel AMOLED adalah jenis layar yang mempunyai kontras serta saturasi yang tinggi, sehingga kamu bisa menikmati kualitas gambar semaksimal mungkin.

Namun untuk kekurangan dari panel IPS LCS pada OPPO A74 5G adalah kontras warna dan saturasinya kurang begitu tajam, selain itu paduan warna putihnya juga kurang bersih dan warna hitam masih kurang kuat, sehingga hal ini juga berdampak pada konsumsi daya baterai yang lebih boros.

2. Fast charging hanya 18W

kecepatan charging hanya 18w HP OPPO A74 5G

Dengan ditanamkan baterai dengan kapasitas jumbo, tidak membuat OPPO berpikiran menyajikan fast charging dengan kecepatan yang besar. Dengan hanya dibekali 18 W daya saja, kemampuan fast charging ini berbeda dengan edisi sebelumnya yang sudah dibekali dengan pengisian cepat sampai 33 W.

Dengan kecepatan ini, OPPO A74 5G hanya mampu mengisi daya dari 0% sampai 68% dalam kurun waktu 60 menitan.

3. Smartphone lebih Berat

bodi kokoh dan berat HP OPPO A74 5G

Iya benar desain bodi belakang dari OPPO A74 5G ini memang sungguh stylish dan menarik, namun sangat disayangkan ternyata bobot dari samrtphone ini cukup berat, dengan berat mencapai 190 gram.

Hal ini wajar, kan kapasitas baterainya juga besar?  Memang benar, namun kalau kita bandingkan kembali dengan OPPO A74 yang original, yang sama-sama membawa 5.000 mAh kapasitas baterai, berat dari smartpne tersebut hanya 175 gram saja.

Namun kekurangan ini kembali lagi ke pribadi masing-masing, ini hanya tentang kenyamanan saja. Jika kamu masih nyaman dengan berat segini, itu tidak menjadi masalah.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A15, Harga dan Spesifikasi

Harga dan Spesifikasi OPPO A74 5G

  • Nama : Oppo A74 5G
  • Rilis: April 2021
  • Bobot : 190  gram
  • Layar: LCD 6,5 inci, refresh rate 90Hz, touch sampling 180Hz
  • Resolusi : FHD+ 1080 x 2400 piksel (rasio ke layar 90,5%)
  • Sistem Operasi : Android 11, ColorOS 11.1
  • RAM : 6 GB
  • Memori Internal :128 GB
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 480 5G
  • GPU :  Adreno 619
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 8 MP (ultra-wide), 2 MP (macro), 2 MP (mono)
  • Kamera Depan : 16 MP
  • Baterai :  Li-Po 5.000 mAh, Fast charging 18W
  • Harga resmi : Rp 3.799.000

Kesimpulan

Kalau kita meringkas poin-poin kelebihan dan kekurangan diatas, terlihat bahwa OPPO A74 5G ini lebih terlihat pada segi kelebihannnya yang menyuguhkan berbagai fitur serta teknologi terbaru yang patut untuk kita rasakan.

Dengan harga yang tidak terlampau jauh dari edisi sebelumnya, setidaknya varian OPPO A74 5G masih unggul pada berbagai aspeknya, namun masih juga ketinggalan pada beberapa fitur yang sudah ada.

Seperti contoh fast charging yang berkurang, OPPO A74 5G ini hanya mendukung 18W fast charging saja, berbeda dengan edisi sebelumnya yang sudah menggunakan daya 33W.

Kehadiran NFC juga menjadi pembeda, kalau sebelumnya OPPO A74 ini belum mendukung teknologi tersebut, dan akhirnya untuk edisi 5G ini mendapatkan pembaruan dengan mendukung teknologi NFC pada smartphoennya. Sekian begitu saja ulasan sedikit tentang kelebihan dan kekurangan dari OPPO A74 5G, semoga bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin membelinya.

Bagikan:
Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published.