8 Kelebihan dan Kekurangan HP OPPO Reno3, Harga dan Spesifikasi

Produsen smartphone terbesar di dunia yakni OPPO, menjadi salah satu produsen yang aktif dalam melencurkan smartphone terbarunya dari berbeagai segmen dan seri. Salah satu seri yang banyak menyita perhatian adalah OPPO Reno yang pertama hadir pada tahun 2019, smartphone Reno ini banyak yang masuk ke dalam kelas menegah sampai ke kelas atas.

Salah satu gebrakan terbarunya adalah OPPO Reno3 yang menambah portofolio produk Oppo yang memiliki kualitas serta kelebihan pada berbagai aspeknya. Smartphone ini pertama rilis di indonesia pada tanggal 17 Maret 2020, selain itu Reno3 juga menjadi penerus dan peningkatan dari seri pendahulunya yakni Reno2 yang telebih dahulu rilis dan banyak menyita perhatian para pecinta ponsel.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Reno3 Pro, Harga dan Spesifikasi

Rilisnya OPPO Reno3 ini tentu bukan tanpa alasan, selain karena permintaan pasar yang meningkat. Ini juga menjadi upaya pabrikan ponsel untuk menjaga konsistensi pasar mereka agar tetap stabil dan up-to-date. Smartphone terbaru dari seri Reno ini menyuguhkan beberapa perubahan, seperti kameranya yang lebih oke, desainnnya juga disederhanakan namun tetap elegan.

Daripada pensaran ya kan? mending kita review Smartphone OPPO Reno3 ini dari aspek kelebihan serta kekurangannya. Dengan kalian mengetahui dua aspek ini, diharapkan kamu bisa mepertimbangkan untuk membeli OPPO Reno3 atau tidak.

kelebihan dan kekurangan hp oppo reno3

Kelebihan Smartphone OPPO Reno3

Ada beberapa kelebihan yang ada pada OPPo Reno3 ini, aspek layar, baterai, dan kamera sanggup memberikan hal yang spesial pada seri Reno terbaru kali ini. Ya ini tentu adalah harapan para pecinta smartphone, yakni mengharapkan yang lebih terhadap Rebo series terbaru ini. Nah untuk mengetahui apa saja kelebihan itu, yuk kita simak ulasan dibawah ini.

1. Layar AMOLED yang lebar

layar amoled 6.4 inci hp oppo reno3

Memiliki layar yang lebar serta berkualitas adalah tujuan sebagaian besar pembeli smartphone, sebab layar yang berkualitas bisa memberikan pengalaman yang luar basa kepada penggunaanya untuk bermain game atau menonton film.

Dan luar biasa sekali, ternyata OPPO Reno3 membekali smartphonenya dengan layar berukuran 6.4 inci yang sudah memanfaatkan teknologi Super AMOLED (16 juta warna), ukuran ini menurut saya sudah sangat pas dan ergonomis. Apalagi ketebalan dari Oppo Reno3 ini juga berkurang dari pendahulunya, sehingga ponsel ini sangat nyaman ketika digenggam.

Dengan resolusi 1080 x 2400 dan rasio 20:9 sudah sangat pas sekali, apalagi layar dari Oppo Reno3 ini juga sudah menggunakan Full HD+ jadi tidak usah tanyakan lagi soal kualitas, ya layarnya sangat jempolan dan cemerlang.

Keunggulan lain pada aspek layar dari smartphone ini adalah sertifikasi TUV Rheinland yang dimana menjadi standar untuk kualitas ketahanan setiap perangkat elektronik, termasuk smartphone. Ada juga Netflix HD Certification untuk menonton video berkualitas tinggi 1080p.

2. Baterai yang awet

baterai awet hp oppo reno3

engan memiliki kapasitas baterai 4.025 mAh, Oppo Reno3 ini sebenarnya bukan termasuk smartphone yang memiliki baterai kapasitas besar, apalagi kalau kita bandingkan juga ada banyak ponsel entry-level sampai mid-range yang sudah membekali smartphonenya dengan baterai yang jumbo. Tapi tahukan kamu kapasitas baterai sekarang tidak selamanya menjadi penentu awet tidaknya baterai tersebut, ada beberapa acuan yang menjadikannya awet.

Beberapa pengujian telah dilakukan untuk membuktikan seberapa tangguh baterai dari Oppo Reno3 ini bertahan, seperti yang dilakukan situs Tek.id yang mengujinya dengan PCMark Battery Live, dan hasilnya OPPO Reno3 ini mendapatkan skor 14 jam 57 menit.

Hasil waktu yang dicapai itu termasuk baik, apalagi kapasitas dari Reno3 ini juga tidak terlalu besar. Kenapa ini bisa? hal yang menyebabkannya salah satunya adalah penanaman sistem AI yang ada pada baterainya.

3. Fast Charging VOOC 3.0 yang cepat

fast charging vooc 3.0 hp oppo reno3

Tidak cukup OPPO hanya memberikan kelebihan ketahanan baterai, ada juga kelebihan lain yang sangat berguna yakni kemampuan teknologi pengisian dayanya yang sangat cepat, dengan mendukung Fast Charging VOOC 3.0 tentu Oppo Reno3 ini sudah sangat unggul soal pengisian baterainya. OPPO Sendiri bahkan mengklaim, bahwa ponselnnya ini mampu mengisi daya sampai 50% hanya dalam 30 menit, jika sampai 100% bisa sampai 73 menit. Luarr biasaaa.

Selain dapat mengisi baterai smartphone dengan cepat, teknologi VOOC 3.0 ini ternyata juga memiliki kelebihan-kelebihan lainnya.

Seperti Menjaga temperatur perangkat saat pengisian ulang agar tidak panas, ini juga memungkinkan kamu dapat menggunakan smartphone walau sambil dicas sehingga tidak overheat.

Makanisme pengisian baterai dari VOOC 3.0 ini sebenarnya mengandalkan konsep cool charging, dimana Oppo menaikkan arus (ampere) 5V/4A agar bisa menghasilkan daya 20W, ini karena VOOC lebih memilih menaikkan ampere daripada voltase, jadi proses pengisan daya lebih dingin.

4. Quad kamera yang ciamik

quad camera hp oppo reno3

OPPO adalah salah satu produk smartphone yang selalu mengedapankan aspek kameranya, ya inilah yang membuat Oppo banyak sekali disenangi anak muda, terutama mereka yang mencari smartphone dengan kemampuan fotografi yang mumpuni.

Untuk kamera belalakangnya, Oppo Reno3 ini menggunakan konfigurasi Quad-Camera dengan kemampuan 48 MP (wide), 13 MP (telephoto), 8 MP (ultra-wide), dan 2 MP (mono), menurut saya spesifikasi resolusi ini sudah sangat-sangat pas dan cocok.

Lanjut ke bagian depan, dengan desain tempat kamera waterdrop dan resolusi mencapai 44 MP tentu ini bukan angka yang kecil. dengan resolusi ini kamu bisa memanfaatkan smartphone untuk selfie-selfie yang bisa menghasilkan foto yang jernih dan berkualitas.

Selain spesifikasi resolusi kamera, Oppo Reno3 juga memiliki kelebihan lainnya yakni adanya teknologi AI disana. Oppo memiliki algoritma sendiri yang bekerja di lensa kamera Oppo Reno3 ini,  seperti kemampuan sensor cahaya sampai 1 lux (ukuran cahaya lilin, dalam mode Ultra Dark. ini memungkinkan kamera dapat menangkap objek yang terang, walau mata kita susah untuk melihatnya.

Ada lagi, AI pada lensa ini juga berguna untuk mereduksi noise yang dihasilkan oleh gambar agar tidak buram. dan masih banyak lagi sebenarnya kelebihan-kelebihan pada aspek kamera dari Oppo Reno3 ini.

5. Fitur Ultra Steady Video 2.0 yang berguna

Ultra Steady Video 2.0 hp oppo reno3

Untuk kamu yang gemar melakukan aktivitas videografi atau senang melakukan vlog, mungkin hasil video yang stabil menjadi aspek yang sangat penting. Dan syukurnya, Oppo Reno3 in ternyata juga dapat memberikan hasil Videografi yang baik pula dengan fitur Ultra Steady Video 2.0 yang mampu merekam video dengan resolusi 1080p 60fps meski dalam keadaan bergerak.

Reno3 ini juga membawa evolusi bUltra Steady Video dengan dua mode berbedanya, yakni yang Standar dan Pro. Seperti yang sudah saya singgung sedikit diatas, bahwa OPPO ini memanfaatkan teknologi Electronic Image Stabilization (EIS) yang secara khusus dikembangkan dengan algoritma yang baru pula sehingga bisa meningkatkan efek anti-shake, untuk kemulusan hasil video.

Kekurangan Smartphone Oppo Reno3

Masih ada beberapa kekurangan yang bisa kita temukan didalamnya, fungsi-fungsi fungsionalitas dan desain smartphone yang dianggap tidak mendapatkan pengingkatan pada seri Reno2 nya. Oleh karena itu unutk kamu yang sudah menargetkan untuk membeli smartphone ini, ada baiknya pertimbangkan beberapa kekurangan dibawah ini.

1. Desain setara dengan smartphone entry-level

desain setara entry level hp oppo reno3

Entah megapa desain bodi dari Oppo Reno3 kali ini tidak ada mewah-mewahnya sama sekali, smartphone ini telihat modern dan menimalis, kalau kita bandingkan dengan generasi pendahulunya seperti Reno2 F, yang terlihat lebih mewah, peremium, dan mengoda.

Kenapa smartphone dengan bandrol harga setinggi ini, desainnya serasa smartphone entry-level. Dari depan, samping, maupun belakang tidak ada kesan spesialnya. Bila kita lihat Oppo Reno2 dengan desain revolusionernya berkat kamera mekanik pop-up. Namun pada generasi baru ini, Justru oppo memilih untuk memnggunakna model kamera poni atau waterdrop.

Selanjutnya untuk bagian samping, warna bodi belakang dan samping terlihat sama, warnanya dilebur sama sepeerti casing belakang, ini membuat pewarnaan ponsel terasa flat dan kurang variatif.

Jika bagian belakangnya, menurut saya variasi warnanya sudah baik. Namun tidak ada hal yang neko-neko disana, desain bodinya terlihat simple dan minimalis.

Saya tidak menyebut desain dari OPPO ini jelek-jelek amat, masih ada plusnya. Yakni unggulnya smartphone dalam segi kerampingan bodi dan bobotnya yang begitu ringan, sehingga masih cukup seimbang untuk sedikit menutupi kekurangan pada segi desain.

2. Chipsetnya masih kalah saing

chipset MediaTek Helio P90 hp oppo reno3

Dengan dibekali chipset MediaTek Helio P90 sebenarnya Oppo Reno3 ini ini sudah cukup unutk melibass game-game berat seperti PUBG atau CODM. Namun kalau kita bandingkan dengan pesaing-pesaing lain pada kelas yang sama, Chipset ini masih kurang menjanjikan.

Sebenarnya tidak ada yang salah juga dengan Chipset ini, bahkan Helio P90 bisa menghasilkan skor yang bagus di benchmark sintetis, dengan hasil AnTuTu skor 202746. ini sudah termasuk bagus, tapi bagaimana jika kita bandingkan dengan smartphone dikelas harga yang sama.

Seperti contoh Huawei Nova 5T dengan harga yang sama yaknik Rp5 Jutaan, namun ia memiliki chipset kelas atas dengan Kirin 980 (7 nm) yang bisa menghasilkan performa yang lebih cepat.

3. Tidak ada Konektivitas NFC

Kenapa smartphone dikelas harga ini, tidak ada NFC. sangat disayangkan memang dengan absennya teknologi super berguna NFC ini, dimana dengan teknologi ini kita bisa melakukan aktivitas transaksi dengan mudah dan cepat.

Harga dan Spesifikasi Oppo Reno 3

  • Nama : Oppo Reno3
  • Rilis: Maret 2020
  • Bobot : 170 gram
  • Layar: AMOLED 6.4 inci
  • Resolusi : 2400 x 1080 piksel, screen ratio 90,8%
  • Sistem Operasi : Android 10, ColorOS 7
  • RAM : 8GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Chipset :  Mediatek MT6779 Helio P90 (12 nm)
  • GPU :  PowerVR GM9446
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 13 MP (telephoto), 8 MP (ultrawide), 2 MP (mono)
  • Kamera Depan : 44 MP
  • Baterai : Li-Po 4025 mAh, non-removable
  • Harga : Rp 2.700.000 – Rp 4.000.000

Kesimpulan

Berada dikelas menengah tentu menjadi hal yang bagus untuk OPPO Reno3 ini, spesifikasi dan jeroannya juga masuk akal dengan harganya Rp5 jutaan. Untuk ukuran smartphone selfie, ponsel ini bisa dibilang sudah masuk ke kriteria mumpuni, apalagi dengan konfigurasi Quad-Cameranya. kapasitas baterai yang besar serta teknologi pengisian cepatnya sudah termasuk jemoplan pada kelas harganya.

Mungkin hanya kedua sektor tersebut (kamera & baterai) yang terlihat, untuk sektor performa masih kurang oke apalagi dikelas mid-range. Hanya dengan MediaTek Helio P90 tentu sangat ketinggalan dengan banyak kompetitor diharga yang sama.

Namun saya masih bisa katakan, Oppo Reno3 ini bukan ponsel kaleng-kaleng. Ada banyak kemampuannya yang bisa memberikan kesenangan bagi siapa saja yang memakainya. Ya bisa saya katakan, Smartphone ini masih layak untuk kamu dapatkan dengan harga yang cukup standar juga untuk ponsel kelas menengah.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.