Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20 Ultra, Harga dan Spesifikasi

Setelah banyak kita membahas Koleksi smartphone Samsung di kelas bawah dan menengah, kali ini akan ada yang berbeda, sebab yang akan kita ulas berikut ini adalah Smartphone kelas atas Flagship dengan harga yang terhitung mahal, tapi apa sih yang membuatnya mahal?

Ia adalah Samsung Galaxy S20 Ultra, ingat ini pakai ultra lo berarti diatasnya plus. Mirip spesifikasi Samsung Galaxy Note20 Ultra, ponsel ini menawarkan segudang fitur dan spesifikasi yang mumpuni untuk digunakan berbagai hal, tentu ini lebih unggul dari versi Galaxy S20 lainnya.

Layar yang besar, Kapasitas Baterai yang bongsor, kamera dengan kualitas jepretan yang ciamik, Performa yang super  kecang, dan masih banyak lagi. Pokoknya ada banyak sekali kelebihan yang sangat menarik untuk kita ulas nanti.

Oke tidak perlu berlama-lama, ulasan tentang Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20 Ultra ini akan kita bahas secara terbuka dibawah ini.

Kelebihan Samsung Galaxy S20 Ultra

Sudah saya singgung sedikit diatas, bahwa Smartphone ini memang benar memiliki banyak kelebihan luar biasa yang patut kamu pertimbangkan untuk membelinya nanti.

1. Layar AMOLED 120Hz yang Besar dan Indah

Layar AMOLED 120Hz Samsung Galaxy S20 Ultra

Dengan dibekali dimensi layar yang super besar, Smartphone ini menawarkan layar sampai 6,9 inci dengan resolusi 1440 x 3200 piksel dan tentunya pengaturan dari resolusi bisa dirubah ke Full HD.

Nah sudah saya sebutkan, Samsung Galaxy S20 Ultra menggunakan layar Tipe Dynamic AMOLED 2X capacitive touchscreen dengan refresh rate 120Hz, ini adalah fitur unggulan yang patut kamu pertimbangkan. Bukan hanya itu sebenarnya kamu juga bisa memilih refresh rate lain melalui pengaturan smartphone dengan pilihan 120Hz dan 60Hz.

Ada lagi nih, S20 Ultra juga sudah mendukung Touch Sensing (sensor sentuh) dengan 240Hz, fitur ini hanya dimiliki ROG Phone II dan Black Shark 2 untuk saat ini.

Screen Protection yang digunakan adalah jenis Corning Gorilla Glass 6, yang terbukti dengan kekokohannya dalam melindungi layar dari jatuh ataupun tergores.

Dari beberapa sumber dan riset, Samsung Galaxy S20 Ultra ini adalah smartphone dengan kecerahan layar yang paling terang, dengan 894 nits. Tentu ini lebih unggul dari Samsung Galaxy Note 10+ hanya dengan 794 nits atau Asus ROG Phone II yang hanya 629 nits.

2. Kualitas Kamera yang Luar biasa

kualitas kamera samsung galaxy s20 ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra hadir dengan kombinasi empat kamera belakang dan kamera depan dengan desain infinity O. Hal ini menjadi spesial karena seri lainnya Galaxy S20 dan Galaxy S20 plus masih menggunakan konfigurasi tiga kamera saja. Namun untuk kali ini galaxy S20 Ultra menawarkan tambahan kamera namun tidak ketinggalan juga dengan kualitas yang diberikannya.

Keempat kamera ini terdiri dari Kamera Utama dengan resolusi 108 MP, Telephoto kamera 48 MP, Ultra Wide Kamera 12 MP, dan Kamera depth. Hasil foto yang dihasilkan juga mampu menghadirkan gambar yang detail dan HDR yang seimbang.

Tidak usah khawatir tentang beberapa masalah yang sering terjadi, Kamera dari Galaxy S20 ultra benar-benar bisa diandalkan baik untuk Cahaya yang redup, siang hari, Auto focus, Perekaman video dan lain sebagainya.

Kita beralih ke bagian depan, Kamera selfie dari smartphone ini juga bagus. Dengan dibekali resolusi 40 MP, kamera ini mampu menangkap gambar yang tidak kalah dari kamera belakangnya, apalagi jika digunakan untuk selfie baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Untuk fitur pendukung dari kamera, sebenarnya Galaxy S20 Ultra ini menawarkan berbagai fitur canggih yang bisa kamu gunakan seperti yang baru untuk ponsel ini adalah Single Take mode yang dapat menangkap foto dalam jeda 10 detik dan membuat objek menjadi indah dan menarik.

3. Kamera telephoto yang menawarkan opsi Zoom Serbaguna

samsung galaxy s20 ultra 3

Kita kembali lagi di kelebihan pada kamera, sengaja dipisahkan karena memang kelebihan ini sangatlah keren dan menarik untuk dibahas detail.

Kamera periscope adalah salah satu kamera belakang dari Galaxy S20 Ultra yang menawarkan 48 MP dengan segudang fitur keren, seperti PDAF, OIS, dan kemampuannya dalam melakukan 10x Zoom Hybrid optical.

Hal ini dibuktikan juga oleh beberapa uji coba  yang menyebutkan bahwa kamera periscope galaxy S20 Ultra mampu menangkap gambar dengan Zoom yang lebih jauh dan berkualitas. Samsung sendiri bahkan mengklaim bahwa smartphonenya ini mampu melakukan 100x Space Zoom yang sangat mengesankan.

4. Performa smartphone yang Solid

peforma samsung galaxy s20 ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra ini mengemas smartphonenya dalam dua varian chipset yang berbeda, opsi yang pertama menggunakan Snapdragon 865 dan opsi kedua menggunakan Exynos 990, perlu di ingat bahwa setiap pasar hanya mendapatkan satu varian dari dua yang ada.

Untuk indonesia sendiri, Sasmung Galaxy S20 Ultra ini hadir dengan chipset Exynos 990 yang merupakan chipset kelas atas milik Samsung. tentu jenis ini sangat worth it untuk kamu yang suka bermain game ataupun menggunakannya untuk multitasking.

Kalau kita lihat dari Galaxy S20 series, mungkin untuk hal Chipset tidak jauh berbeda, semua menawarkan keunggulan pada hal performa yang mumpuni untuk digunakan dalam berbagai hal.

Untuk uji coba AnTuTu, Galaxy S20 ultra ternyata mendapatkan skor yang lebih tinggi daripada ponsel kelas atas lainnya, Smartphone ini mampu mendapatkan skor 514485, ini lebih tinggi daripada Samsung Galaxy Z Flip yang hanya 487908 saja, atau OnePlus 7T Pro dengan skor 493901 saja.

5. Kemampuan Fast Charging

fast charging samsung galaxy s20 ultra

Fitur Fast charging memang untuk saat ini sangatlah tren dikalangan smartphone kelas bawah sampai kelas atas, Hadirnya fitur ini sangatlah bermanfaat sekali apalagi smartphone terbaru saat ini banyak yang membekali ponselnya dengan kapasitas baterai yang besar, tentu Fast Charging sangat bisa diandalkan untuk hal itu.

Perlu kamu tahu juga kapasitas baterai dari Galaxy S20 Ultra ini sebesar 5.000mAh, memang tidak terlalu besar namun untuk smartphone biasa mungkin membutuhkan waktu yang lama untuk mengisi daya dari nol sampai penuh, Namun tidak untuk Galaxy S20 Ultra ini yang mampu melakukannya dengan cepat.

Dengan menggunakan charger bawaan 25W, pengisan daya yang dilakukan dari nol sampai penuh bisa dicapai dalam waktu 58 menit saja. Walau sebenarnya Galaxy S20 Ultra ini juga sudah mendukung pengisan daya 45W.

Kekurangan Samsung Galaxy S20 Ultra

Walau menyajikan segudang kelebihan yang mengesankan, ternyata ada beberapa hal yang mungkin menjadi kekurangan smartphone ini. Nah untuk mengetahuinya mari kita bahas di bawah ini.

1. Baterai yang boros pada Refresh Rate 120Hz

baterai boros samsung galaxy s20 ultra

Ya walaupun refresh rate 120Hz menjadi kelebihan yang berarti bagi smartphone ini, Namun jika kita melihatnya dari berbagai sisi, ternyata mode layar 120Hz sangat memboroskan baterai, apalagi Galaxy S20 Ultra ini hanya memiliki kapasitas 5.000 mAh saja.

Hal ini dibuktikan oleh GSMArena yang menguji bahwa pada mode layar 120Hz Galaxy S20 Ultra cenderung lebih boros untuk melakukan berbagai hal, seperti Browsing, Menonton video, maupun penggunaan normal. Endurance Rating yang didapatkan hanya 87 jam saja.

Ini berbeda pada mode layar 60Hz yang dikatakan lebih baik dan bisa bertahan lebih lama juga. Dalam ujicobanya ternyata ternyata smartphone ini mampu bertahan lebih lama yaitu 97 Jam untuk Endurace ratingnya.

2. Performa sensor sidik jari yang kalah

fingerprint samsung galaxy s20 ultra

Letak sensor sidik jari dari Galaxy S20 Ultra ini terletak di bagian bawah dalam layar. Hal yang mengecawakan adalah performa yang ditawarkan, sebab untuk membuka layar yang terkunci Smartphone ini membutuhkan waktu yang sedikit lama.

Sebenarnya ada satu hal kelebihan dari sensor ini yaitu digunakannya pemindai sidik jari dalam layar dengan ultrasonik yang dicipatakan oleh Qualcomm. Teknologi ini dapat mengenali gelombang suara yang memantul ke kulit dan memungkinkan sensor untuk mencatat setiap pola unik yang terekam.

Walau kedengarannya sangat futuristik, Namun kenyataannya tidak demikian Pemindai sidik jari ultrasonik yang ditawarkan sangatlah lambat dan tidak seakurat pemindai optik yang diadopsi oleh perusahaan lain.

3. Desain Bodi yang biasa saja

Standard Desain samsung galaxy s20 ultra

Untuk kamu yang menginginkan smartphone dengan desain yang menarik dan atraktif mungkin Galaxy S20 Ultra ini bukan menjadi salah satu rekomendasi smartphone untuk kamu.

Ya ini hanya selera pengguna saja, tidak terlalu berdampak pada pemakaian smartphone. Walau Galaxy S20 Ultra mengemas ponselnya dengan bodi yang besar dan frame aluminum jelas, Namun untuk hal desain ponsel ini tampak biasa-biasa saja.

Ada dua warna yang disediakan, yaitu Cosmic Black dan Cosmic Grey, dalam segi warna juga tampak tidak terlalu menarik dan kurangnya pilihan warna yang mencolok sehingga ini membuatnya sedikit mengecewakan.

Spesifikasi Samsung Galaxy S20 Ultra

Nah ini adalah kesimpulan dari beberapa kelebihan dan kekurangan diatas, mungkin kamu bisa melihat ringkasan spesifikasi dibawah ini untuk melihat apakah Galaxy S20 Ultra cocok untuk kamu. Berikut spesifikasinya.

RilisFebruari 2020
Berat222 g
WarnaCosmic Grey, Cosmic Black
Layar6,9 inci 1440x 3200 piksel, dengan Corning Gorilla Glass 6
Kamera belakang108 MP main camera, 48 MP periscope camera, 12 MP ultrawide, 0,3 MP depth camera
Kamera depan: 40 MP, sensor 1/2.65, filter Quad Bayer
BateraimAh, fast charging 25W
RAM12 GB
Memori Internal128 GB
ChipsetExynos 990 (7 nm+)
OSAndroid 10
HargaRp 12.750.000,-

Kesimpulan

Menjadi primadona untuk smartphone kelas atas memang mengesankan untuk Samsung Galaxy S20 Ultra. Chipset terbaru, Layar 120Hz, Kamera yang menarik, dan berbagai fitur pendukung lainnya dapat dijadikan pertimbangan untuk kamu apakah ingin membelinya atau tidak.

Perlu kamu tahu juga smartphone ini juga dibandrol dengan harga yang tidak murah, jadi untuk kamu yang mengidam-idamkan Samsung Galaxy S20 Ultra ini, mulai dari sekarang siapin dulu uang dan siap untuk membawanya pulang, setelah itu nikmati berbagai unggulan dari smartphone sultan ini.

Baca Juga : HP Flagship Samsung Terbaru Galaxy S21 Series 5G

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.