Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note 20 Ultra, Harga dan Spesifikasi

Samsung Indonesia kembali menghadirkan smartphone flagship dengan kombinasi smartphone peforma cepat, kamera terbaik, layar besar dan ditambah dengan fitur produktivitas lengkap.

Samsung Galaxy Note 20 Ultra salah satu dari Galaxy Note Series memiliki fitur S Pen yang eksklusif. Seri Galaxy ini juga memberikan spesifikasi diatas rata-rata dan kualitas kamera terbaik di kelasnya.

Ada banyak peningkatan pada versi Ultra ini dibanding versi Note20 biasa, baik dari segi tampilan hingga fitur andalannya. Samsung Galaxy Note 20 Ultra mengusung desain yang mewah, indah dan elegan.

Untuk harga, ponsel flagship berlayar besar ini dibendrol hingga 19 jutaan, atau setara dengan harga iPhone 12.

samsung galaxy note 20 ultra

Muncul pertanyaan – apakah dengan harga 19 jutaan ini kita bisa mendapatkan sebuah smartphone yang memiliki jaminan fitur terbaik?

Apa sajakah keunggulan yang bisa didapatkan dengan harga segitu? Untuk menemukan jawaban dari pertanyaan di atas, mari kita simak ulasan lengkap kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Note20 Ultra berikut ini.

Namun sebelum itu, mari kita lihat dulu spesifikasi utama dari Samsung Galaxy Note2 Ultra ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note20 Ultra

LayarDynamic AMOLED 2X, 1440 x 3200 piksel
ChipsetExynos 990
GPUMali-G77 MP11
RAM12 GB
Memori Internal128 GB / 256 GB / 512 GB
Memori EksternalmicroSD hingga 1 TB
Kamera Depan12 MP + 64 MP + 12 MP + 0,3 MP (VGA)
Kamera Belakang10 Mp
BateraiNon-removable Li-Po 4500 mAh
Tanggal RilisAgustus, 2020

Kelebihan Samsung Galaxy Note20 Ultra

Ada beberapa kelebihan yang membuat Samsung Galaxy Note20 Ultra ini dihargai begitu mahal. Apa saja sih kelebihan-kelebihannya? silahkan Anda coba nilai sendiri setelah membaca artikel dibawah ini.

1. Flagship dengan Desain Mewah

desain menawan samsung galaxy note20 ultra

Galaxy Note 20 Ultra terlihat begitu mewah dan mengagumkan meski tanpa batu ataupun logam mulia. Pilihan warna Mystic Bronze yang menjadi daya tarik ponsel flagship ini.

Sewaktu melihat tampilannya saat peluncuran, bahkan sempat memegangnya sebentar, saya cukup takjub dengan desainnya yang terlihat “sultan”. Saya pun jadi merasa seperti sultan 😀

Hanya bisa terkagum-kagum dan berusaha untuk tidak mengulangi kata “wah bagus banget ini” berkali-kali untuk mendeskripsikan desain ponsel pintar flagship ini.

Dari lekuk sudutnya Galaxy Note20 Ultra terlihat lebih tegas dengan sisi kiri dan kanan dibuat melengkung supaya bisa lebih nyaman saat digenggam.

Pada bagian depan dan belakang bodi ponsel menggunakan material kaca Corning Gorilla Glass Victus yang diklaim lebih tahan banting, dan dipadukan dengan bingkai berbahan stainless steel.

2. Flagship dengan Layar Terbaik

layar besar samsung galaxy note 20 ultra

Samsung Galaxy Note 20 Ultra memiliki layar yang hampir mirip dengan Samsung Galaxy S20 Ultra. Dibekali Teknologi Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran layar 6,9 inci, mendukung high refresh rate hingga 120Hz serta Touch sampling 240Hz yang memberikan efek gerakan stylus Pen sehingga sentuhan bisa lebih akurat.

Resolusi besar mencapai 1440 x 3088 pixel dengan kerapatan sekitar 496 dpi dan memiliki tingkat kecerahan maksimal 1500 nits, sehingga dapat efektif jika dipakai di luar ruangan.

Layar Galaxy Note20 Ultra memang memiliki Mode penyegaran dua kali lipat dari flagship sebelumnya, namun tak sebatas antara 60Hz – 120Hz, Samsung mengklaim refresh rate-nya bisa lebih variatif. Misal pada saat melihat foto refresh rate hanya 10Hz atau membuka aplikasi yang hanya 30Hz, sehingga bisa berdampak baik pada keawetan baterainnya.

Meski mode 120 Hz ini tidak aktif setiap saat (adaptif), tapi beberapa aplikasi dan game tentu akan menawarkan tampilan yang lebih mengesankan dari biasanya.

Sangat nyaman untuk melakukan streaming, main gim atau menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, tanpa perlu zoom in/out terlalu sering. Apalagi ditambah dengan efek Dolby pada setup speaker stereo, membuat suasana menjadi lebih meriah.

3. Peningkatan Proteksi Layar

proteksi layar samsung galaxy note 20 ultra

Selain resolusi, salah satu yang spesial dari Galaxy Note20 Ultra adalah soal proteksi layar. Meski belum diumumkan secara resmi, ponsel tablet ini mengusung Corning Gorilla Glass Victus.

Samsung mengklaim ketahanan Corning Gorilla Glass Victus jauh lebih baik daripada Gorilla Glass 6, karena bisa tahan bentur meskipun terjatuh dari ketinggian 2 meter.

Victus sendiri merupakan pelindung layar Gorilla Glass buatan Corning penerus Gorilla Glass 6 generasi ketujuh. Samsung Galaxy Note 20 Ultra merupakan smartphone pertama yang menggunakannya.

4. Triple Camera dengan Hasil Foto Memukau

samsung galaxy note 20 ultra kamera

Hadir sebagai penyempurnaan, tapi kok kameranya malah berkurang? Ya, kalau kita lihat Galaxy Note 20 Ultra memang hanya memiliki tiga kamera. Berbeda dengan seri sebelumnya yaitu Galaxy S20 Ultra yang memiliki empat kamera sekaligus.

Tapi meski demikian, bukan berarti Galaxy Note 20 Ultra mengalami kemunduran. Karena memiliki banyak kamera bukan patokan kualitas dari foto. Bahkan, beberapa lensa ada yang tidak berguna sama sekali.

Galaxy Note 20 Ultra memiliki tiga kamera pada bagian belakang bodi, ini mirip dengan S20 Ultra. Beresolusi 108MP dengan dimensi 1/1,33 inci f/1.8, dan dilengkapi dengan kamera lain beresolusi 12MP.

Tidak sampai disitu, ada kamera ultra wide-angle f/2.2, kemudian tambahan kamera periskop 5x optical zoom f/3.0 yang dapat diperbesar hingga 50x secara digital.

Baik kamera utama dan periskop, keduanya dilengkapi dengan PDAF. Sementara Kamera 3D time of flight dihilangkan, sebagai penggantinya samsung memberikan tambahan laser AF yang cukup ampuh menambah kualitas titik focus nya.

Kini tidak ada lagi ada salah fokus ketika memotret objek jauh maupun dekat, bahkan ketika Anda memotret di kaca, atau memotret dalam kondisi banyak cahaya. Cukup setting tap to focus untuk mengkoreksinya.

5. Peningkatan Fitur Stylus

Dari tahun ke tahun, Samsung selalu melakukan upgrade kemampuan pada S-Pen yang menjadi Ciri khas samsung Galaxy Note Series.

Galaxy Note 20 Ultra memiliki kemampuan 9 milisecond (ms) latency atau jeda waktu ketika S-Pen menyentuh layar.

Sedangkan pada Galaxy Note 10+ hanya 42 ms saja, ini artinya kemuampuan pena stylus pada Note 20 Ultra semakin dipersingkat, atau dengan kata lain perbedaannya hampir lima kali lipat.

Selain itu, pena digital ini dilengkapi fitur canggih yang dapat merekam audio ketika kita mencatat di layar ponsel.

6. Performa Mesin

performa mesin samsung galaxy note 20 ultra

Sama seperti flagship Samsung pada umumnya, Galaxy Note20 Ultra memiliki dua varian chipset; Snapdragon 865 Plus khusus untuk pasar Amerika Serikat, dan Exynos 990 untuk pasar Global termasuk Indonesia.

Sehingga disini saya menyimpulkan, secara peforma sepertinya sama saja dengan pendahulunya, yaitu S20 Ultra. Namun Galaxy Note20 Ultra memiliki kapasitas dua kali lipat dari S20 Ultra. Ini terlihat dari RAM 8 LPDDR5 dengan penyimpanan UFS 3.0.

Sebetulnya agak sedikit disayangkan, seharusnya untuk pasar Global setidaknya kita bisa merasakan peningkatan clock speed pada CPU-nya.

Namun secara umum, flagship smartphone ini sangat lancar untuk bermain game seperti Mobile Legend, PUBG, FF dengan pengaturan grafis yang tinggi.

7. Fitur Wireless DEX

Galaxy Note20 Ultra memang dirancang untuk para pekerja kreatif. Selain spesifikasi yang ciamik, smartphone ini juga menawarkan fitur-fitur terbaiknya untuk menunjang produktivitas.

Salah satu fitur yang dapat diandalkan adalah Wireless Samsung DeX yang dimana fungsi fitur ini adalah menghubungkan HP ke Komputer / PC. Anda bisa menulis di Note 20 Ultra dan menampilkannya ke layar PC. Bahkan, Anda pun bisa menghubungkan HP ke TV dengan menggunakan Kabel HDMI.

Tak hanya sekedar screen mirroring, disini Anda juga bisa menjadikan TV sebagai layar kedua dengan opsi extended screen sambil melakukan aktivitas yang terpisah dari HP.

8. Kapasitas Baterai Jumbo

kapasitas baterai samsung galaxy note 20 ultra

Untuk Smartphone 15 Jutaan rasanya tidak mungkin kalau dibekali dengan baterai yang boros, apalagi ponsel ini mendukung layar 120Hz untuk produktivitas yang membutuhkan banyak daya.

Samsung Galaxy Note20 Ultra dibekali baterai Li-Ion berkapasitas 4.500 mAh dan didukung teknologi AI adaptif yang nantinya akan menyesuaikan dengan penggunaan, sehingga baterai bisa lebih hemat dan tahan berhari-hari dalam keadaan stand by.

Selain itu, ponsel ini memiliki kecepatan pengisian baterai hingga 50% dalam 30 menit, karena sudah didukung fitur fast charging 25W. Belum lagi, Galaxy Note20 Ultra juga menggunakan teknologi fast wireless charging dan reverse wireless charging 9W.

9. Dukungan Xbox Game Pass

samsung galaxy note 20 ultra xbox

Belum lama ini Samsung dan Miscrosoft melakukan kolaborasi yang bisa dibilang sangat menguntungkan para gamers dan youtuber. Pasalnya kini Galaxy Note20 Ultra bisa melakukan streaming game-game XboX melalui aplikasi Xbox Game pass.

Anda bisa melakukan streaming game Xbox seperti menggunakan Google Stadia dengan pilihan game yang sangat beragam. Kehadiran aplikasi ini juga berguna untuk Anda membeli beragam item DLC di Xbox dan PC.

Rupanya walaupun ponsel ini dikhususkan untuk pekerja produktif, ternyata juga oke dijadikan sarana entertainment.

10. Sistem Audio untuk Content Creator

Satu hal lagi yang menarik dari kamera Note 20 Ultra adalah fitur perekaman dalam mode Pro Video. Selain pengaturan lengkap, terdapat juga setting untuk audio.

Pengaturan audio pada mode tersebut bisa dilakukan dengan memfokuskan dari mana sumber suara berasal. Apakah itu dari depan, belakang maupun sekeliling.

Dengan begitu, perekaman suara pada video bisa dilakukan secara lebih optimal karena mengikuti arah dari datangnya sumber suara.

Terakhir yang menarik dari kamera Galaxy Note20 Ultra ini adalah teknologi perekaman video. Selain pengaturan lengkap terdapat juga setting untuk audio dalam mode Pro Video.

Pengaturan audio pada mode tersebut dapat merekam sumber fokus suara dari depan, belakang atau secara keseluruhan.

sehingga hasil dari perekaman suara pada video bisa lebih maksimal karena mengikuti arah dari datangnya sumber suara.

Kekurangan Samsung Galaxy Note 20 Ultra

11. Tidak Ada Peningkatan Chipset

Seperti yang sudah saya beritakan diatas, sektor prosesor Samsung Galaxy Note20 Ultra masih mengusung Exynos 990 yang sebelumnya sudah ada pada seri Galaxy S20.

Jadi memang tidak ada penurunan, namun juga tidak ada peningkatan dari segi kecapatan dan peforma. Di sisi lain peforma Exynos 990 masih bisa dibilang adalah prosesor tercepat untuk saat ini.

Peningkatan dari sisi prosesor sendiri hanya bisa didapatkan ketika Anda membeli versi Amerika Serikat yang sudah mengusung ‘otak’ Snapdragon 865+ dari Qualcomm.

Sementara Galaxy Note Ultra untuk pasar Global dan Indonesia masih setia ditemanin oleh prosesor tercanggih Exynos 990.

12. Penurunan Kapasitas RAM

Kapasitas RAM turun? – Kalau dilihat dari sektor kapasitas random access memory (RAM) Galaxy Note20 Ultra adalah 8 GB, padahal seri sebelumnya S20 Ultra memiliki RAM sebesar 12 GB.

Sekilas memang terlihat seperti ada penurunan, tapi sebenarnya ponsel ini justru mengalami peningkatan dalam hal teknologi storagenya yang cukup signifikan.

Seri sebelumnya S20 Ultra RAM 12 GB memiliki versi Universal Flash Storage (UFS) 3.0. Sementara Note20 Ultra RAM 8 GB sudah didukung dengan storage UFS versi 3.1.

Meski penambahan angka yang tidak terlalu jauh, namun UFS versi 3.1 dapat memberikan peningkatan peforma ber kali-kali lipat. Bahkan teknologi ini diklaim sama seperti produk iPhone dan iPad milik Apple yang terkenal punya RAM kecil namun peforma sangat kencang.

Kesimpulan

Samsung sukses menghadirkan sebuah smartphone flagship terbaik dikelasnya, berbekal desain mewah serta fitur penggunaan S Pen yang ditingkatkan, membuat pengguna semakin kreatif dan produktif.

Pengguna dapat mem-presentasikan hasil pekerjaannya, bermain game online kesayangan, membuat konten, sampai yang hobi fotografi dengan hasil jepretan yang mengagumkan.

Secara keseluruhan, jika dilihat dari kelebihan dan kekurangannya, samsung Galaxy Note20 Ultra ini memang bukanlah yang terbaik dikelasnya. Mungkin bisa saya bilang, perangkat ini hanya unggul dibagian layar dan dekstop experience nya saja, selebihnya untuk fitur-fitur dari HP ini sama saja seperti pendahulunya.

Jadi.. Tertarik dengan HP mewah ini? pastikan dana Anda sudah cukup untuk bisa memilikinya.

Harga mulai dari Rp15.999.000 untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 256 GB. Sementara, untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 512 GB dibanderol dengan harga Rp17.999.000,-.

Sudah termasuk Fitur NFC yang berguna untuk melakukan pembayaran secara elektronik

Keduanya sudah bisa Anda bawa pulang sejak tanggal 6 Agustus 2020 melalui online marketplace official ataupun datang langsung ke toko resmi Samsung.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.