Cara Membuat Password di Laptop Windows 10

Menambahkan password di komputer atau laptop memang sangat disarankan demi menjaga keamanan dan privasi dari orang luar yang hendak mencuri data dan informasi penting Anda. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan Laptop Anda dari orang-orang tidak bertanggung jawab, salah satunya adalah dengan mengunci Laptop dengan kata sandi. Berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengunci laptop Anda dengan password atau kata sandi.

cara mengunci laptop windows 10

1. Cara Membuat Password Laptop Windows 10 dengan menggunakan akun pengguna lokal

Cara ini khusus bagi pengguna yang menggunakan akun pengguna lokal atau akun Laptop Anda sendiri (offline), berikut cara untuk sign in ke dalam Laptop Windows 10.

  1. Buka menu Setting. Caranya, klik icon Windows kiri pojok kiri bawah kemudian klik Settings ikon gerigi, atau bisa langsung tekan tombol Windows + huruf I pada keyboard.menu setting windows 10
  2. Pilih Accounts -> Sign-in options.menu account windows 10
  3. Pilih Password -> Klik tombol Add. Jika Akun pengguna tidak terkunci dengan sandi, maka Windows 10 akan menampilkan pesan: “You must add a password before you can use the other sign-in options”, artinya, sebelum Anda menambahkan kata sandi, Anda tidak akan bisa menggunakan fitur sign in di luar kata sandi seperti pemindai sidik jari, PIN, atau Windows Hello. Sebab, jika Anda lupa PIN atau metode untuk sign-in lain gagal, maka Anda bisa menggunakan password atau kata sandi ini sebagai cara alternatif.add passwords PC windows 10
  4. Selanjutnya pada kotak password, silahkan buat password dan konfirmasi password. Gunakan password yang kuat dan tidak mudah diitebak orang lain. Jika sudah silahkan klik Next.kotak membuat password windows 10
  5. Langkah terakhir silahkan klik tombol Finish untuk menyelesaikan cara menambahkan kata sandi pada akun pengguna lokal.

2. Cara Membuat Password Laptop Windows 10 dengan menggunakan akun Microsoft

  1. Buka menu Settings -> Pilih Accounts -> Your Info.
  2. Klik tautan Sign in with a Microsoft account instead.
  3. Selanjutnya, silahkan masukkan alamat email akun Microsoft Anda beserta password. Jika sudah, klik tombol Next. Apabila Anda belum memiliki akun Microsoft silahkan buat disini. Jika Anda lupa kata sandi, silahkan klik tautan Forgot my password yang ada di bagian bawah, dan ikuti perintah selanjutnya.
  4. Anda Juga bisa menggunakan two-step verification untuk masuk akun Microsoft, Anda hanya disuruh memasukkan security code atau kode keamanan yang telah dikirimkan ke sms atau alamat e-mail Anda.
  5. Apabila Anda disuruh untuk memasukkan kata sandi akun pengguna lokal, silahkan masukkan kata sandi dan passwordnya terlebih dahulu, kemudian klik tombol Next. Namun jika Anda tidak pernah membuat akun tersebut, maka Anda bisa melewati tahan tesebut dan bisa langsung ke tahap berikutnya.
  6. Jika dirasa sudah selesai semua, silahkan klik tombol Finish untuk meyelesaikan proses sinkronisasi antara akun Microsoft dengan Komputer Windows 10 Anda. Selamat Anda sudah berhasil mengamankan komputer Anda dengan kata sandi akun Microsoft.

Untuk memastikan apakah sistem keamanan sudah berjalan ketika komputer sedang Sleep Mode. Silahkan cek caranya berikut ini:

  • Buka menu Settings -> Kkemudian pilih Accounts -> Sign in options.
  • Pilih opsi When PC wakes up from sleep dari kotak dropdown tersebut.

Oh iya, jangan lupa juga untuk mengaktifkan opsi untuk meminta kata sandi setelah keluar dari screensaver. Berikut caranya:

  • Buka Settings -> Personalization -> Lock screen -> Screen saver settings.
  • Beri tanda centang pada kotak On resume, display logon screen. Lalu klik tombol Apply.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.