Cara Memperbaiki Komputer Black Screen

Pernahkah kamu mengalami komputer yang tiba-tiba mati dan gelap namun mesin masih beroperasi seperti biasanya? Nah, inilah yang disebut sebagai blackscreen. Banyak pengguna komputer atau laptop yang panik dengan kondisi blackscreen sehingga melakukan berbagai tindakan yang justru berpotensi merusak komponen komputer lainnya. Nah, ketika kamu mengalami hal ini maka jangan panik dan buru-buru mematikan komputer mendadak.

Faktanya, komputer yang mengalami blackscreen bisa terjadi karena hardware maupun software sehingga kamu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum mengetahui cara memperbaiki komputer blackscreen. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami sudah merangkum tentang apa saja penyebab komputer blackscreen dan cara mengatasi blackscreen pada komputer sebagai berikut!

Cara Memperbaiki Komputer Black Screen

Tutorial Cara Memperbaiki Komputer BlackScreen, Dijamin Work 100%

Sebelum membahas tentang tutorial cara memperbaiki komputer blackscreen, maka kami akan menyebutkan beberapa penyebab yang memungkinkan komputer tiba-tiba mengalami blackscreen atau layar gelap. Secara garis besar, penyebab komputer blackscreen diantaranya kerusakan hardware, malfungsi, adanya konfigurasi sistem yang salah, bug driver, software error atau bermasalah, user profil yang corrupt, dan adanya malware.

Beberapa hal yang sudah disebutkan tadi memungkinkan komputer mengalami blackscreen sehingga cara memperbaiki komputer blackscreen yaitu mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu dengan mengecek beberapa hal. Alih-alih langsung mematikan laptop karena panik, alangkah baiknya kamu bersikap tenang dan mengidentifikasi masalah yang terjadi pada laptop step by step sebagai berikut:

  • Hardware yang baru ditambahkan
  • Software yang baru di update
  • Driver yang baru diinstal
  • Komputer baru saja dipindahkan
  • Komputer tidak dimatikan sesuai dengan prosedur
  • Komputer terkunci dalam keadaan hibernasi
  • Mengakses sebuah situs atau halaman yang mencurigakan
  • Adanya virus yang masuk melalui halaman yang kamu akses
  • Dan aktivitas lainnya yang tidak biasa kamu lakukan pada komputer

Nah, jika kamu sudah berhasil mengidentifikasi penyebab dari komputer yang mengalami blackscreen, maka selanjutnya kami akan membahas tentang tutorial cara memperbaiki komputer blackscreen yang terbagi menjadi beberapa tutorial dan bisa kamu coba satu persatu hingga berhasil sebagai berikut:

1. Melakukan Pemeriksaan pada Hardware

Saat kamu menggunakan komputer lalu tiba-tiba monitor atau layar mati dan gelap maka jangan panik serta lakukan langkah untuk memeriksa hardware. Hardware menjadi kemungkinan pertama komputer mengalami blackscreen. Hal tersebut dikarenakan adanya troubleshooting dari hardware yang digunakan dengan sambungan atau penerimaan di komputer, berikut ini cara mengatasi blackscreen dengan langkah pengecekan hardware:

  1. Memeriksa berbagai hardware yang terpasang di komputer entah itu input atau output port, lepaskan sambungan berbagai kabel hardware dari komputer
  2. Kemudian, matikan pelan-pelan komputer kamu melalui tombol power yang tersedia
  3. Bukalah casing komputer dan bersihkan CPU, jika memungkinkan kamu bisa melakukan lepas pasang pada beberapa perangkat seperti memori dan VGA card untuk dibersihkan
  4. Periksalah pengkabelan dan cobalah untuk mengencangkan kabel dengan posisi yang benar
  5. Jangan lupa juga untuk menekan tombol on off ada monitor untuk memastikan tombol masih berfungsi dengan baik
  6. Selanjutnya, cobalah menghubungkan komputer dengan layar eksternal melalui kabel HDMI
  7. Matikan komputer melalui tombol power secara perlahan dan biarkan dalam beberapa waktu

2. Menggunakan Last Know Good Configuration

Selanjutnya, cara memperbaiki komputer blackscreen yaitu dengan menggunakan opsi Last Know Good Configuration untuk membuka settingan yang sama dengan konfigurasi terakhir saat user berhasil login. Agar kamu bisa masuk ke opsi ini maka matikan komputer yang sedang mengalami blackscreen secara perlahan. Kemudian, hidupkan kembali komputer dan tekan tombol F8 sampai muncul menu advance boot option dan klik Last Know Good Configuration (advanced).

3. Menggunakan Startup Repair

Opsi startup repair ada pada system recovery tool yang berfungsi untuk mendiagnosa dan memperbaiki kerusakan komputer. Kerusakan tersebut memungkinkan komputer mengalami blackscreen karena sistem operasi tidak bisa melakukan startup. Adapun langkah untuk bisa masuk ke startup repair dan memperbaiki laptop yang blackscreen sebagai berikut:

  1. Hidupkan kembali komputer kamu secara perlahan dengan menggunakan tombol power
  2. Kemudian langsung tekan tombol F8 sampai muncul menu booting
  3. Kemudian pada menu advance boot option pilihlah repair your computer
  4. Setelah itu, pilih next dan jika muncul kolom untuk mengisi username dan password maka lengkapi kolom tersebut
  5. Lalu pilih startup repair dan ikuti prosesnya, jika sistem berhasil mendeteksi masalah maka akan muncul permasalahannya pada kolom yang tersedia
  6. Kamu bisa langsung klik next dan tunggu prosesnya hingga selesai
  7. Jika komputer sudah tidak mendeteksi masalah lagi maka akan muncul notifikasi startup repair could not detect a problem

4. Menggunakan Aplikasi Fixshell

Cara memperbaiki komputer blackscreen yang mungkin bisa kamu coba yaitu menggunakan aplikasi Fixshell untuk mereset Windows shell dan disable malware yang kemungkinan menyebabkan komputer mengalami blackscreen. Caranya yaitu kamu bisa langsung mendownload aplikasi Fixshell dengan klik linknya DISINI. Setelah download aplikasinya, maka kamu bisa mengikuti tutorial sebagai berikut:

5. Install Ulang Windows atau Bawa ke Ahli Servis Komputer

  1. Hidupkan komputer dan tekan tombol F8 sampai muncul menu advance boot option
  2. Kemudian, kamu bisa langsung klik Windows safe mode with command prompt
  3. Setelah itu, jalankan instruksi sfc/scannow yang bertujuan untuk restore Windows system file dan mengembalikannya ke file explorer
  4. Jika jendela Windows Explorer sudah bisa berfungsi maka operasikan aplikasi Fixshell diatas
  5. Selanjutnya, restart komputer kamu dan tunggu prosesnya

Terakhir, cara memperbaiki komputer blackscreen yaitu dengan repair atau instal ulang sistem operasi Windows. Jika kamu seseorang yang bisa menginstal ulang sistem operasi secara mandiri maka kamu bisa langsung mencobanya. Nah, bagi kamu yang tidak ahli untuk melakukan instal ulang sistem operasi sendiri maka bisa langsung membawa komputer ke ahli service komputer untuk diperbaiki atau diidentifikasi kerusakannya.

Kesimpulannya, jika cara terakhir untuk menginstal ulang sistem operasi tidak membuat monitor hidup maka jawabannya yaitu adanya kerusakan VGA atau fleksibel pada laptop. Sehingga, kamu perlu mengganti komponen tersebut agar layar monitor bisa hidup kembali. Kamu bisa mengkonsultasikan permasalahan ini dengan ahlinya terkait biaya dan proses servisnya.

Penutup

Akhir kata, itulah informasi tentang cara memperbaiki komputer blackscreen dengan beberapa tutorial yang bisa kamu coba. Jika komputer kamu tidak mengalami kerusakan fatal maka cara-cara di atas pasti akan berhasil jika dicoba. Namun, jika kerusakannya terletak pada komponen internal maka kami sarankan untuk membawa komputer kamu ke ahli service agar bisa diperbaiki sesegera mungkin.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.