Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M31, Harga dan Spesifikasi

Setiap tahunnya Samsung selalu memberikan kejutan bagi pecinta Smartphone, terbukti pada Maret 2020 lalu samsung mengeluarkan versi Galaxy M-series terbarunya, yaitu  Galaxy M31.

Perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini ternyata membekali smartpone terbarunya dengan spesifikasi yang mumpuni, baik itu Daya baterai, Performa, Kamera,  dan lain sebagainya.

Dengan kapasitas Baterainya yang jumbo yaitu sebesar 6.000 mAh, Samsung galaxy M31 menjadi salah satu smartphone yang cocok untuk berbagai kebutuhan. Hal inilah yang  memikat orang-orang  untuk segera membawanya pulang.

Tidak lepas dari segala kelebihan yang ponsel ini tawarkan ternyata masih ada banyak lo kelebihan dan keunggulan lainnya yang bisa kamu rasakan, baik itu dari segi penggunaan  atau fitur yang disediakan.

Baca Juga : 15 HP Samsung dengan Fitur NFC

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M31

samsung galaxy m31 image

Nah, kali ini saya akan membahas secara lengkap kelebihan maupun kekurangan yang ada pada Samsung Galaxy M31, mungkin ulasan dibawah ini bisa menjadi rekomendasi  kamu untuk mempertimbangkan ingin membelinya atau tidak. Langsung saja kita ke pembahasannya.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Smasung Galaxy M51, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan Samsung Galaxy M31

Pada bagian kelebihan ini kamu akan mengetahui segala hal yang terkait dengan keunggulan dari Galaxy M31, cukup banyak yang saya lihat dari kelebihannya. Dan inilah yang  menjadi salah satu strategi samsung pada setiap produk keluarannya, selalu menawarkan berbagai kelebihan dan membuat penggunannya puas akan kelebihan tersebut.

1. Memiliki kapasitas Baterai yang Jumbo

kapasitas baterai besar samsung m31

Ini nih yang saya singgung di awal, bahwa Galaxy M31 ini memiliki daya baterai yang sangat besar, yaitu sebesar 6.000 mAh. Ini tidak kecil lo, kapasitas sebesar ini mampu  bertahan beberapa hari untuk berbagai pemakaian, entah itu bermain game, mengakses media sosial, streaming, dan lain sebagainya.

Dalam beberapa pengujian, seperti Bermain Game PUBG mobile selama 1 jam ternyata smartphone ini hanya menghabiskan 9% daya saja, dan untuk 2 jam bermain hanya 20%  saja. Pada kasus lainnya, seperti menonton video YouTube selama 2 Jam ternyata daya baterai hanya berkurang 10% saja.

Beralih ke pengisan daya, Galaxy M31 ini dibekali dengan fitur fast charging, yang memiliki daya pengisian 15 watt. Ada fitur yang bawaan yang disediakan samsung untuk  ponselnya ini, yaitu Mematikan fitur fast charging ini juga merupakan opsi rekomendasi ketika kamu mengisi daya semalaman.

2. Resolusi kamera besar yang Memuaskan

kamera samsung m31

Tak perlu khawatir hasil foto yang mengecewakan, sebab Samsung Galaxy M31 ini dibekali dengan main camera sebesar 64 MP f/1.8 . Wah sudah puas banget pokoknya akalu  resolusi yang ditawarkan sebesar ini, dan perlu kamu ketahui juga bahwa Galaxy M31 ini meimiliki sistem quad camera dibagian belakangnya. 

Bukan hanya itu kamera depan Galaxy M31 ini juga tak mau kalah, memiliki resolusi separuh dari main camera yaitu sebesar 32 MP dengan bukaan f/2.0. Ini lah yang spesial dari  Smarpthone ini, tidak hanya mengutamakan daya tahan baterai saja, namun juga kualitas kameranya yang memberikan ekspetasi tinggi untuk penggunanya.

Beralih ke hasil rekaman video yang dihasilkan, baik itu Kamera depan ataupun Belakang Samsung Galaxy M31 mampu mengambil video hingga resolusi 4K 30fps. Fitur lain yang  ada pada kamera, antara lain sebagai berikut Live focus, Panorama, Mode profesional, Bixby Vision, Hyperlapse, dan Super slow-motion video.

3. Dibekali dengan kapasitas Memori dan RAM yang Besar

ram samsung galaxy m31

Untuk kamu yang suka menyimpan file-file besar atau mendowload game-game dengan kapasitas yang besar, jangan takut kehilangan ruang penyimpanan? sebab Samsung  galaxy M31 ini dibekali dengan memori internal sebesar 128 GB yang menggunakan jenis storage UFS 2.1.

RAM juga tidak mau kalah, Galaxy M31 dibekali dengan 6GB RAM yang tentunya bisa kamu manfaatkan untuk berbagai hal, Seperti bermain game atau multitasking.

4. Desainnya yang Sederhana namun Elegan

desain elegan samsung galaxy m31

Mungkin tidak banyak yang menyukai desain sederhana seperti yang ditawarkan Samsung Galaxy M31 ini, namun menurut saya pada jaman sekarang ini tidak sedikit juga lo  orang-orang yang menyukai desain simple dan minim. Seperti yang ditawarkan Galaxy M31 ini dari atas sampai bawah desainnya tampak berbeda dari smartphone lainnya.

Pada bagian belakang, warna yang ditonjolkan tidak terlalu bervariasi dan aneh-aneh. Kalian juga bisa menemukan bagian magnetic fingerprint yang besar pada bodi belakangnya.  Selain itu ada juga tempat quad camera berada yang tertata di bagian belakang bodi, ini juga menambah nilai estetika walau menurut saya desainnya masih terlihat simpel.

5. Memiliki Tampilan layar yang kece abis

layar m31

Walau merupakan salah satu samrtphone yang hadir dalam segmen harga menegah, nampakya Samsung tidak mau kalah untuk urusan layar yang ia tawarkan. Bagaimana tidak?  ponsel ini dibekali dengan layar Super AMOLED dengan ukuran panel yang lumayan besar, yaitu 6,4 inci atau 2340×1080.

Memiliki aspek rasio 19,5:9 membuat layarnya tak terasa lebar dan nyaman ketika dipegang dengan satu tangan. Memiliki resolusi layar yang besar tentu membuat Samsung  Galaxy M31 sangat puas ketika digunakan untuk menonton video ataupun bermain game.

Reproduksi warna yang dihasilkan juga sangat baik, dengan sensivitas yang lumayan tinggi. Kalau kamu tanya nih fitur apa yang menonjol pada bagian layar, maka Fitur Blue Light  filter menjadi rekomendasi untuk kamu aktifkan ketika mata menjadi lelah saat menatap layar Smartphone.

Fitur ini sangatlah bermanfaat untuk melindungi mata, apalagi ketika kamu menggunakannya di ruangan yang kurang cahaya, maka ini adalah hal terbaik yang wajib kamu  gunakan.

6. Sudah hadir dengan Andorid 10

android 10 samsung galaxu m31

Tentu setiap pemilik smartphone menginginkan segala fitur terbaru yang diusung ponselnya, seperti Oprating System (OS). Samsung Galaxy M31 ini sudah mengusung Android  versi 10 yang hadir dengan berbagai fitur dan kelebihannya.

Kita tahu sendiri bahwa Android 10 adalah OS paling baru saat ini, pertama kali rilis pada September 2019 lalu OS ini kini banyak digunakan oleh smartphone terbaru, Namun belum  menyeluruh saja. Tapi tenang kamu sudah bisa menikmati Andorid 10 ini di Samsung Galaxy M31.

Salah satu keunggulan dari OS ini adalah supportnya terhadap jaringan 5G, ya walaupun jaringan ini belum ada di indonesia, tapi sewaktu nanti sudah dirilis di indonesia kamu sudah  bisa menggunakan kecepataan super dari 5G.

7. Memiliki tiga slot kartu (Dedicated Slot)

sim card slot samsung galaxy m31

Ini juga meruapakan satu dari beberapa keunggulan lainnya, kamu tidak perlu mengorbankan satu slot kartu SIM untuk memasang Memori eksternal. Sebab dedicated slot  ini  bekerja secara bersamaan dengan 3 slot kartu, yaitu 2 SIM Card dan 1 Micro SD.

Penggunaan dedicated slot pada Samsung Galaxy M31 menurut saya sangat berbeda, kenapa begitu? karena kebanyakan smartphone yang memori internal besar tidak akan  mendukung tambahan slot memori eksternal, kita tahu sendiri Galaxy M31 ini membekali Smartphonenya dengan 128 GB ROM.

Kekurangan Samsung Galaxy M31

Bagian kekurangan ini mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk kamu yang ingin membawa Galaxy M31 ke gengaman mu. Tidak banyak kekurangan yang menjadi sorotan pada  smartphone, hanya beberapa aspek saja yang mungkin perlu untuk diperhatikan.

1. Pengisian Baterai yang Lama

charging samsung m31

Terlepas dari keunggulannya yang memiliki kapasitas baterai yang besar dan fast charging dengan daya 15 watt. Ternyata nih galaxy M31 pengisan daya yang dihasilkan relatif  lambat.

Bahkan dalam beberapa pembuktian, pengisian daya selama 30 menit hanya dapat mengumpulkan sekitar 21% saja. dan setelah satu jam hanya bisa terkumpul 40%.  Untuk pengisan sampai penuh, bisa memakan waktu lebih dari dua setengah jam lamanya.

Tentu ini mejadi satu kekurangan yang sangat terasa, kalau kita bandingkan nih dengan smartphone lain yang memiliki kapasitas baterai yang sama-sama besar. smartphone lain  cenderung mengisi lebih banyak daya dalam beberapa waktu.

2. Hanya di lapisi dengan Corning Gorilla Glass 3

corning gorilla samsung m31

Perlindungan layar sangatlah penting, karena kita tidak tahu kapan Smartphone kita terjatuh atau terbentur, maka untuk melindungi layar ada teknologi yang bernama Gorilla Glass  yang dapat memberikan kekuatan ketika ponsel jatuh, terbentur, ataupun tergores.

Namun sayang saja Samsung Galaxy M31 masih menggunakan Proteksi Gorilla Glass versi 3 dan di versi ini di katakan hanya mampu menahan goresan saja, walaupun ini juga  sebenarnya tahan akan jatuh dari ketinggian.

Dalam sebuah uji ketahanan kala di jatuhkan dari ketinggian, luas permukaan Gorilla Glass ini hanya rusak sebesar 0,52 persen saja,  sedangkan pada Gorilla Glass 4, 5, dan 6 bisa menahan kerusakan dengan 0,39 persen saja.

intinya Penggunaan Gorilla Glass 3 pada Galaxy M31 ini tampak tertinggal, Tapi masih wajar mengingat smartphone ini hanya dibandrol dengan harga 3 jutaan saja.

3. Performa untuk bermain game yang Biasa aja

peforma grafik game

Dengan dibekali RAM 6GB ternyata Galaxy M31 ini belum bisa bersaing dengan samrtphone lainnya di klaster Gaming, RAM aja ngak cukup karena prosesor juga berpengaruh.  ponsel ini hanya menggunakan Chipset Exynos 9611 dan CPU 8 core, inilah yang membuat ekspetasi performa ketika bermain game berkurang.

Bukti ini juga di buktikan dengan hasil benchmark AnTuTu yang menghasilkan skor 195284 saja. ini tentu lebih rendah daripada pesaingnya Redmi Note 8 Pro yang mendapatkan  skor 279355.

Namun tenang saja untuk kamu masih ingin bermain game menggunakan Samsung Galaxy M31 ini, masih bisa namun untuk FPS yang dihasilkan mungkin akan naik turun untuk  bermain PUBG Mobile dengan pengaturan Ultra.

Kesimpulan

Ya itulah beberapa Kelebihan serta Kekurangan yang mungkin bisa menjadi referensi kamu untuk memilih smartphone. Dalam hal kelebihan saya cenderung menyukai daya  baterainya yang sangat besar, kapasitas sebesar 6000 mAh tentu bisa saya gunakan untuk berbagai hal.

Dan untuk Kekurangan saya kurang srek dengan layarnya yang hanya dilapisi oleh Gorilla Glass 3, jadi untuk kamu yang sering membawa HP kemana-mana harus hati-hati deh  pokoknya atau kamu juga bisa menambah proteksi layar tambahan jika kamu ingin tetap awet.

Setelah membaca ulasan diatas, Apakah Samsung Galaxy M31 menjadi salah satu Smartphone impian yang ingin kamu beli?

Add a Comment

Your email address will not be published.