Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A31, Harga dan Spesifikasi

Pada 2020 lalu Samsung meluncurkan smartphone menegah terbarunya yaitu Galaxy A31, dibandrol dengan harga 4 jutaan smartphone sanggup bersaing untuk meluluhkan hati para peggemarnya.

Hal ini terbukti dari setiap keunggulan yang ditawarkan, Salah satu yang menonjol adalah Kamera utamanya yang mencapai 48 MP, selain itu Galaxy A31 juga di bekali dengan dapur pacu yang kencang.

Kalau kamu tahu, Galaxy A31 ini adalah salah satu produk dari Galaxy A Series. dan ini adalah smartphone penerus Galaxy A30s yang sama-sama juga memiliki segala kelebihannya. Namun ada juga yang membedakannya Samsung Galaxy A31 ini diklaim lebih menonjol dari saudaranya.

Untuk melihat apa saja sih hal yang ditonjolkan Smartphone ini, sehingga menjadi salah satu primadona di kalangan pecinta smartphone. Dibawah ini akan ada pembahasan lengkap mengenai Kelebihan dan Kekurangan dari Galaxy A31.

samsung Galaxy A31

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A31

Sudah saya katakan di atas ini adalah samrtphone menegah dari samsung yang memiliki berbagai keungglan yang patut kamu pertimbangkan untuk membelinya. Namun ada baiknya kamu melihat terlebih dahulu apa saja sih yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari series A31 kali ini. Langsung saja kita ke pembahasannya dibawah ini.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M31, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan Samsung Galaxy A31

Dilihat dari spesifikasinya, tampaknya Samsung lebih mengincar pengguna yang menuatamakan perofroma pada smartphone-nya. Namun tidak ketinggalan juga dengan berbagai aspek pendukung yang menjadi suatu hal yang patut kamu pertimbangkan. Berikut ini adalah ulasan tentang kelebihan dari Galaxy A31.

1. Kamera Apik hasil Ciamik

kamera galaxy A31

Smartphone ini memiliki tipe empat kamera belakang yang semuanya memiliki kualitas jepret yang bagus. dan konfigurasi serta bentuk juga sama dengan saudaranya yaitu Samsung Galaxy A51.

Keempat kamera tersebut antara lain main camera sebesar 48MP, ultawide 8MP, macro camera dan depth sensor camera 5 MP. memang benar konfigurasi seperti ini hampir mirip dengan Galaxy A51, yang membedakannya adalah kamera ultrawide dari A51 lebih besar resolusinya yaitu 12MP.

Selanjutnya kita beralih ke bagian depan, kamera selfie dari Samsung Galaxy A31 memiliki 20MP yang menggunakan sensor SK Hynix Hi-2021, dan pada beberapa pengujian sensor ini sangat bagus ketika menangkap foto di tempat yang rendah cahaya. Lanjut lagi kita beralih ke bagian Video Qualitynya yang bisa mengambil tangkapan sampai 4K.

2. Layar dengan jenis Super AMOLED

layar amoled samsung galaxy a31

Jangan heran loh dengan jenis layar super ini kamu sudah bisa menikmati berbagai hal yang ada di ponselmu dengan nyaman dan tajam,kualitas layar yang diberikan Galaxy A31 ini cocok buat kamu yang suka nonton video, bermain game, stremming, dan lain sebagainya.

Kamu akan melihat layar dengan tampilan yang cemerlang serta warna yang menyenangkan, dengan tingkat hitam tinggi khas dari Super AMOLED.

Panel layar ini berukuran 6,4 inci dengan resolusi 1080×2400 piksel yang menghasilkan tingkat kepadatan layar sampai 441 ppi. Pokoknya kamu akan mendapatkan suguhan yang memukau ketika membuka smartphone ini.

Seperti yang dikutip dari beberapa sumber juga, layar smartphone yang menggunakan panel AMOLED mampu memberikan kualitas warna yang tajam dan cemerlang, Ini juga merupakan tren dari Samsung yang memiliki rekam jejak baik dalam menawarkan layar yang tidak hanya cerah, melainkan juga berkinerja baik pada reproduksi warna.

3. Sudah mendukung Teknologi NFC

fitur NFC samsung galaxy a31

NFC adalah sebuah teknologi yang mampu memudahkan penggunannya dalam berbagai hal transaksi digital, seperti transfer uang, menarik uang, pembayaran digital dan lain sebagainya.

Teknologi ini sudah tersedia di berbagai smartphone flagship tebaru saat ini, namun saya heran ternyata Samsung Galaxy A31 yang notabennya bukan ponsel kategori flagship ternyata sudah dibekali dengan Teknologi NFC ini.

Ini adalah hal yang bagus, hanya dengan harga 4 jutaan saja kamu sudah bisa memboyong smartphone yang sudah didukung dengan teknologi NFC.

Baca Juga : 15 HP Samsung dengan Fitur NFC Untuk Cek Saldo E-Money atau E Toll

4.  Kapasitas Baterai yang besar

kapasitas baterai samsung galaxy a31

Samsung Galaxy A31 ini mengemas kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh. Kapsitas segini sudah termasuk besar di sebuah ponsel seri A, kalau kita lihat saudaranya yaitu Samsung Galaxy A30s dan A51 hanya dibekali dengan 4.000 mAh saja, dan Galaxy A41 yang hanya memiliki kapasitas baterai sebesar 3.500 mAh.

Dalam beberapa pengujian Samsung Galaxy A31 mampu bertahan selama 24 jam dalam pemakaian normal. Dan kalau baterai habis, jangan khawatir sebab smartphone ini juga sudah dibekali dengan teknologi fast charging 15 Watt.

5. Sudah didukung One UI 2.0 dan Android 10

didukung One UI 2.0 samsung galaxy a31

Kedua hal ini adalah satu kesatuan karena merupakan sebuah interface sistem yang diberikan ke Samsung Galaxy A31. Digunakannya One UI versi 2.0 pada smartphone menjadi sebuah kelebihan karena kamu akan mendapatkan tampilan atau UI yang baik dan maksimal. Kalau kamu belum tahu One UI adalah sebuah sistem antaramuka yang dibuat oleh Samsung untuk user experiencepara penggunannya.

Dan untuk Andorid 10 adalah sebuah OS terbaru saat ini yang banyak diberikan ke smartphone flagship dan menegah, terutama Samsung Galaxy A31 ini. Android versi 10 ini memiliki segudang kelebihan, terutama fitur dark mode bawaanya, dukungan untuk jaringan 5G, Security dan Privacy yang lebih terjaga, dan masih banyak lagi.

6. Desain solid dan menawan

desain menawan samsung galaxy a31

Secara keseluruhan Galaxy A31 ini memiliki desain yang sangat mirip dengan Galaxy A51, yang membedakannya mungkin hanya ketebalan dan berat saja. Kita lihat pada bagian bodi belakangnyayang memiliki tiga garis dengan perpaduan geometris warna yang elegan.

Beralih ke bagian depan yang menonjolkan desain notch Infinity-U pada kamera selfienya, ini terlihat tampak modern, walau sudaranya Galaxy A51 sudah menggunakan tipe punch hole Infinity-O, Namun saya melihat Smartphone ini masih terlihat menawan dengan desain naturalnya yang elegan.

Kekurangan Samsung Galaxy A31

Sayangnya, masih ada beberapa kekurangan yang mungkin menjadi suatu hal yang kurang menyenangkan untuk para penggemar samsung. Mesikupun hanya beberapa kekurangan saja, mungkin ini bisa menjadi pertimbangan sebelum kamu membeli smartphone Samsung Galaxy A31.

1. Fast Charging yang hanya 15 W

15w charging samsung galaxy a31

Walau memiliki kelebihan pada kapasitas baterainya, Samsung Galaxy A31 ternyata juga memiliki kekurangan pada fast chargingnya yang hanya mampu melakukan pengisan daya pada 15 Watt saja. Ini juga merupakantren dari keluarga Galaxy A dan Galaxy M series pada saat ini, yang secara umum hanya dibatasi 15 W.

Pada beberapa uji coba, pengisan dari nol sampai 30% mampu dicapai dalam waktu 30 menit, dan untuk pengisan sampai penuh ternyata menghabiskan hampir 3 jam.

2. Performa yang biasa-biasa saja

peforma samsung galaxy a31

Mungkin untuk kamu yang senang bermain game berat, harus dipikir-pikir dulu. sebab Samsung Galaxy A31 ini hanya dibekali dengan chipset Helio P65 yang didalamnya terdapat prosesor octa-core. Pada bagian pengelolaan grafisnya, chipset ini hadir dengan GPU Mali-G52 MC2.

Ya tidak terlalu jelek, namun hal ini masih kalah dengan Samsung Galaxy A51 yang dibekali chipset Exynos 9611.

Beralih ke skor AnTuTu, dimana Galaxy A31 ini hanya mendapatkan skor 150378. Secara keseluruhan, untuk pemakaian sehari-hari performa dari Smartphone ini masih tergolong bagus, namun tidak untuk beberapa aktivitas berat seperti Bermain game dan Multitasking.

Dan bisa dibilang, performa dari Samsung Galaxy A31 ini masih tergolong biasa-biasa saja pada kelas harganya, mengingat masih banyak ponsel pada harga tersebut yang memiliki berbagai keunggulan terutama di performa dan kecepatannya.

3. Belum mendukung fitur Super Steady

super steady samsung

Untuk kamu yang suka membuat video atau vlog, mungkin Samsung Galaxy A31 ini belum menjadi kriteria untuk content creator. Karena smartphone ini belum dilengkapi dengan fitur Super Steady.

Super Steady adalah sebuah fitur kamera yang berfungsi untuk menghilangkan guncangan pada kamera baik ketika merekam video pada objek yang bergerak atau ketika digerakkan dengan tangah. Manfaatnya adalah Super steady mampu merekam setiap momen dengan aksi cepat dan dapat menghasilkan rekaman yang stabil dan bagus.

Jadi untuk kamu yang ingin merekam dengan Samsung Galaxy A31 harus menggunakan alat tambahan seperti Gimbal atau sejenisnya.

Spesifikasi Samsung Galaxy A31

  • Layar : Super AMOLED, 6.4 inci.
  • OS : Andorid 10
  • Chipset : Mediatek MT6768 Helio P65 (12nm)
  • CPU : Octa-core (2×2.0 GHz & 6×1.7 GHz)
  • GPU : Mali-G52 MC2
  • RAM : 4 GB, 6 GB
  • Memori Internal : 128 MB
  • Baterai : 5.000 mAh, fast charging 15W
  • Kamera Belakang : 48 MP (main camera), 8 MP (ultrawide), 5 MP (macro), 5 MP (depth)
  • Kamera Depan : 20MP
  • Harga : Rp 4,1 jutaan.

Kesimpulan

Melihat dari harganya, bisa saya katakan Samsung Galaxy A31 ini termasuk ponsel yang naggung. Karena kalau kita melihat selish harganya dengan Galaxy A51 ini tidak jauh, namun untuk hal spesifikasi dan performa jelas A51 lebih unggul.

Namun yang saya suka adalah walau harganya sekitar 4 jutaan kamu sudah bisa mendapatkan layar dengan super AMOLED dan fitur NFC, tidak semua smartphone dengan kelas harga 4 jutaan memiliki kedua hal tersebut.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.