10 Kelebihan dan kekurangan iPhone 12, Harga dan Spesifikasi

Perusahaan teknologi Apple, dari waktu ke waktu selalu memberikan kejutan kepada para penggamarnya lewat setiap rilisan smartphone iPhone miliknya. Kita tahy sendiri pada 2010 lalu, mendiang Steve Jobs pendiri Apple memperkenalkan smartphone inovatif terbarunya yakni iPhone 4 dengan desain yang masih Apple banget pada saat itu.

Kemudian pada tahun 2014, Apple kembali meluncurkan series iPhone 6 yang dimana desain dari smartphone ini berbeda dari generasi-genrasi sebelumnya, ibaratnya ini adalah inovasi baru dari bentuk iPhone yang memiliki sisi lengkung dan ukuran HP yang lebih besar, dan hingga saat ini tren tersebut masih dipakai sampai iPhone 12 terbaru saat ini.

Pada akhir tahun 2020 lalu, Apple kembali menambah portofolio produk smartphone mereka dengan merilis Iphone 12 yang uniknya ia memadukan kembali desain bingkai yang diusung iPhone 4, selain itu dikombinasikan juga dengan footprint yang ala-ala iPhone 11 dengan bagian samping yang rata, hal inilah yang membuat smartphone Apple kali ini cukup unik dan banyak menarik para penggemar iPhone.

Baca Juga : 11 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone iPhone 11, Harga dan Spesifikasi

Nah seperti pada series-series Smartphone pada umumnya, disetiap seri baru pasti ada yang namanya varian, nah iPhone ini membawa beberapa varain baru di series kedua belasnya ini, seperti varian Reguler, Mini, Pro, sampai Pro Max.

Namun disini kita akan membahas varian Regulernya saja, sebab ini adalah varian yang gak terlalu mahal dan gak terlalu murah, jadi ya standar smartphone iPhone lah. Kalau yang mini kan harganya lebih terjangkau, dan yang Pro atau Pro Max harganya lebih tinggi.

Oke tidak usah berlama-lama dibawah ini saya akan membahas kelebihan dan kekurangan dari iPhone 12 terbaru ini.

Kelebihan Smartphone iPhone 12

Seperti series sebelumnya yakni iPhone 11 yang juga menawarkan banyak sekali kelebihan  yang menarik, mulai dari layarnya yang berspesifikasi Retina XDR, Bodi smartphone yang tahan air, Chipset super kencang, dan lain sebagainya.

Nah hal itu ternyata kelebihan-kelebihian tersebut juga masih diterapkan pada series terbarunya kali ini, tapi juga ada hal-hal yang berbeda dan perbarui tentunya, oke untuk mengetahuinya yuk kita bahas lebih lengkap.

Baca Juga : 11 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone iPhone 11 Pro, Harga dan Spesifikasi

1. Layar OLED dengan Super Retina XDR yang Tangguh

Layar OLED dengan Super Retina XDR iPhone 12

Kualitas layar juga menjadi salah satu pertimbanga seseorang ketika ingin membeli samrtphone baru, sebab sehari-hari kita selalu menantap layar sebagai tampilan visual, maka layar yang berkualitas sudah semestinya menjadi incaran.

iPhone 12 ini memberikan peningkatan pada panel layarnya, kalau kita lihat pada iPhone 11 reguler ia hanya dibekali dengan panel beresolusi IPS LCD, namun kini diseries terbarnya Apple sudah membekalinaya dengan panel OLED dan Super Retina XDR yang mampu menambah kemmapuan display dari samrtphone ini.

Nah Teknologi OLED atau Organic Light-Emitting DIode adalah sebuah teknologi yang digunakan pada layar dimana mampu menghasilkan rasio kontras yang sangat tinggi dan resolusi yang tinggi pula. OLED ini memiliki ciri-ciri dalam memancarkan cahaya melalui setiap pikselnya, sehingga dapat mewujudkan layar yang lebih tipis.

Sebaliknya kalau Super Retina XDR adalah teknologi baru yang digunakan pada iPhone, terhitung sejak iPhone X dan hingga sekarang Apple terus konsisten dalam menggunakan tipe layar ini untuk tujuan pengotimalan.

Layar Super Retina XDR ini mampu menghasilkan layar dengan kualitas kontras yang luar baisa, kecerhan yang tinggi, dan gamut warna lebar berstandar bioskop, dan juga manajemen warna sistem yang baik. Warna dari layar in juga dikalibrasi secara presisi untuk menghasilkan pengalaman menonton yang optimal.

Nah Apple sendiri menyebutkan bahwa penggunaan layar OLED dan Super Retina XDR akan memberikan hasil yang terbaik untuk layar iPhone.

2. Dukungan aksesoris Magsafe

aksesoris Magsafe iPhone 12

Bersamaan dengan dirilisnya iPhone 12 series, Apple juga memperkenalkan produk baur mereka untuk melengkapi Apple ecosystem yang kamu miliki, produk tersebut dinamakan Magsafe.

Tetapi aksesoris baru dari Apple ini tidak hanya satu kategori saja, ada beberapa diantaranya Magsafe charger, cases, dan dompet.

Nah yang menarik kita akan bahas yang Magsafe charger, yang digunakan untuk pengisan daya baterai iPhone agar lebih cepat dan aman lagi secara nirkabel. Sistem dari teknolgoi ini secara keseluruhan dibuat untuk menyesuaikan dengan kondisi guna mengoptimalkan pengisan daya dengan penyaluran daya puncak sampai 15W.

Cara menggunakan magsafe charger ini cukup mudah, kamu hanya perlu menyambungkan konektor USB-C dari Magsafe ke adaptor daya USB-C yang ada pada iPhone 12.

3. Ketahanan baterai yang sangat Unggul

Ketahanan baterai yang sangat Unggul iPhone 12

Sudah tidak bisa bohong lagi, kalau aspek baterai juga menjadi prioritas bagi siapa saja yang ingin mencari smartphone baru. Sebab dengan baterai berkapasitas besar dan daya tahan baterai yang lama akan membuat penggunanya dapat menggunakan gadget selama mungkin tanpa takut cepat kehabisan baterai.

Nah iPhone 12 kali ini, ternyata daya tahan baterainya meningkat dibandingkan iPhone 11 tahun 2019. pada uji coba yang dilakukan oleh GSMArena menyebtukan bahwa butuh waktu 28-30 jam untuk mencapai kapasitas 10% yang sebelumnya 100% penuh.

Selama itu digunakan untuk apa saja? ya digunakan untuk menonton film di Netflix, bermain Pokemen Go, Menjelajah web atau sosial media, Menonton Youtube, membuka email, dan lain sebagainya.

4. Spesifikasi tahan air dan Desain menarik

tahan air iPhone 12

Siapa yang sering ceroboh ketika menggunakan smartphone? mungkin hal ini bisa kamu lupakan sebab jika kamu sudah memiliki Iphone 12, sebab smartphone ini secara keseluruhan sudah dibekali dengan spesifikasi anti air dan debu terbaik di industri smartphone, yakni IP68.

Sertifikasi anti air ini dapat membuat perangkat bisa bertahan hingga 6 meter didalam air selama 30 menit. Sebenarnya sertifikasi IP68 ini juga dimiliki oleh smartphone generasi sebelumnya yakni iPhone 11.Namun iPhone 11 hanya mampu bertahan dikedalaman sekitar 12 meter saja.

Nah selain smartphonennya yang bisa tahan air, iPhone 12 juga memiliki desain bodi yang menarik. Sebab kita bisa melihat campuran desain nostalgia yang dulu digunakan pada Iphone 4 dan iphone 5, dengan campuran desain modern yang belakangan ini selalu dibawa oleh Apple.

Kesan yang bisa kita rasakan dengan iPhone 12 ini adalah smartphonennya yang ringkas dan ringan, serta nyaman dan aman ditangan. Sebab hanya memiliki dimensi bodu 146.7 x 71.5 x 7.4 mm dan berat hanya 164 gram saja.

5. Dibekali Chipset mumpuni dari Pabrikan terbaik

Apple Bionic A14 iPhone 12

Mencari smartphone dengan chipset yang unggul tentu sudah menjadi hal yang penting, sebab keseharian kita biasanya selalu berhubungan dengan perfroma, contoh ketika menggunakan smartphone untuk multitasking maupun untuk yang suka bermain game.

Ketimbang generasi sebelumnya, iPhone 12 ini sangat unggul dengan chipset bertenga yakni Apple Bionic A14. sebelumnya kalau kita bandingkan dengan iPhone 11 ia hanya menggunakan Bionic A13 saja.

Chipset A14 Binoic ini dibuat menggunakan proses fabrikasi 5 nanometer (nm) dengan 11,8 miliar transistor. Kinerjanya diyakini lebih tinggi 40 persen dibadningkan A13 Bionic sebelumnya, chipset ini juga berpengaruh ke daya tahan baterai sehingga menjadikannya lebih awet.

“Chipset A14 Bionic menandakan sejarah penting untuk pengembangan iPhone” ucap VP Engineer Program Management, Hardware Technologies Apple, Hope Giles.

“Pengurangan ukuran fisik transistor memungkinkan kamu untuk meningkatkan perfroma chipset secara keseluruhan, tetapi masih mengedepankan aspek daya juga.” imbuhnya yang mempertegas bahwa selain kencang chipset ini juga dapat berpengaruh ke efesiensi data.

Konfigurasi prosesor yang digunakan iPhone 12 dengan chipset A14 Bionicnya masih sama dengan generasi sebelumnya, yakni menggunakna unit pemrosesan utama yang memiliki 6 inti (core) CPU yang terdiri dari 2 core dengan kinerja tinggi, dan 4 core utnuk penghematan daya.

Selanjutnya untuk pengelola grafis atau GPU, A14 Bionic ini ditemani Apple GPU terbaru yang diklaim 50 persen lebih kencang dibandingkan GPU pada chipset kelas atas buatan pabrikan lainnya.

6. Konfigurasi kamera dengan hasil foto yang bagus

12 MP lensa utama iPhone 12

Kemampuan tangkap sebuah kamera banyak dibutuhkan pada saat ini, mengingat sekarang ini dunia digital teknologi semakin berkembang saja apalagi untuk pengguna media sosial yang semakin aktif, Hal ini tentu akan menutut kita agar memiliki smartphone dengan kamera mumpuni dengan hasil gambar yang bagus agar nantinya kita bisa membeirkan foto yang maksimal dan kemudian bisa diunggah ke medsos masing-masing.

Sejak dulu, iphon memang tak pernah mengecewakan dalam aspek kameranya. Walaupun memiliki embel-embel resolusi yang besar, tetapi kualitas foto yang dihasilkan sungguh diluar dugaan dan sangat maksimal.

iPhone 12 kali ini menggunakan konfigurasi dua kamera belakag dengan resolusi masing-masing 12 MP untuk lensa utama dengan ukuran sensor 1/3.6 inci dan focal length f/1.6, sementara lensa lainnya adalah ultra-wide dengan reoslusi 12 MP.

Kemudian untuk kamera depannya, iPhone tidak merubah resolusi yang seperti mereka terapkan pada kemera belakangnya, yakni dengan 12 MP yang didukung oleh satu sensor 3D SL untuk sensor kedalaman dan pengenalan wajah.

yang spesial dari kamera belakang iPhone 12 ini adalah sudah didukung oleh kemampuan mode malam yang mumpuni, jadi ketika kamu ingin memotret foto dimalam hari, tidak perlu khawatir hasil foto tidak maksimal dan gelap, sebab tanpa lampu flash pun kamu sudah bisa mengambil gambar dengan cahaya maksimal berkat mode malam.

7. Perekaman video yang didukung Dolby Vision

Dolby Vision iPhone 12

Selain memiliki konfigurasi kakap kamera yang oke dan kualitas tangkapan gambar yang mumpuni, iPhone 12 juga dibekali dengan spesifikasi perekaman video yang sudah didukung dengan fitur Dolby Vision.

Fitur ini akan sangat membantu sekali, apalagi untuk kamu yang sering aktif menggunakan kamera untuk perekaman video atau membuat konten di Youtube, tiktok, maupun media sosial lainnya.

Dengan dukungan Dolby Vision, Iphone dapat menangkap video yang mampu menghasilkan gamabr dengan akurasi warna yang sangat baik digabungkan juga dengan kemampuan komputasi yang memadai ketika pengeditan nantinya.

Sebenarnya Dolby Vision ini adalah sebuah format HDR yang dikembangkan oleh Dolby Labs. Kalau kamu yang pernah mendengar HDR10, nah kurang lebih fungsinya mirip dengan itu.

Apakah Dolby Vision benar-benar membeirkan kualitas gambar yang lebih baik? Ya itu benar, fitur ini dengan pintar dapat menyesuaikan gambar bedasarkan adegan demi adegan. kamu akan melihat detail yang lebih tinggi dengan akurasi warna yang lebih baik dengan Dolby Vision ini.

Kekurangan Smartphone iPhone 12

Ya mau smartphone semahal apapun, secanggih apapun, pasti ada saja beberapa aspek atau hal yang masih menjadi kekurangan darinya. Tidak luput juga dari samrtphone terbaru Apple kali ini, Dibawah ini akan ada beberapa poin kekurangan dari iphone 12.

1. Kemampuan Refresh Rate yang masih kurang

refresh rate 60Hz iPhone 12

Sebenarnya aspek layar pada iPhone 12 sangat unggul dengan kemampuan kualitas layar berpanel OLED dengan Super Retina XDR, sayangnya kualiatasnya belum sempurna sebab kemampuan Refresh rate yang ada pada layarnya masih kurang, yakni hanya 60Hz saja.

Kita tahu sendiri lahRefresh rate ini adalah kemampuan dari layar smartphone yang fungsinya untuk menggambarkan berapa kali layar me-refresh atau memindai ulang setiap gambar yang ada per detik dalam satuan Hertz (Hz). Semakin tinggi angka Hz pada Refresh rate maka akan semakin banyak gambar yang ditampilkan per detiknya, ini akan menjanjikan perfroma yang baik untuk tampilan visual dari smartphone ketika digunakan untuk menonton film atau bermain game.

Sayangnya iPhone 12 ini masih saja menggunakan pengaturan layar dengan refresh rate yang hanya 60Hz saja, pengaturan ini juga bisa kita lihat pada series sebelumnya seperti iPhone 11.

Padahal smartphone ini termasuk kedalam produk flagship dengan harga selangit, namun untuk refresh rate belum menyentuh angka 120Hz. padahal kalau kita bandingkan dengan samrtphon Andoird di kelas harga yang sama, yakni belasan juga. Banyak banget lo yang sudah menarapkan konfigurasi layar dengan refresh rate 120Hz.

Sebelum iPhone 12 rilis sebenarnya sudah gencar kabar bahwa akan dirilis dengan laju penyegaran 120Hz, tetapi sayangnya hal tersebut tidak berhasil direaisasikan.

2. Tidak ada Touch ID

Tidak ada Touch ID iPhone 12

Touch ID adalah salah satu fitur keamanan khusus dari iPhone yang sudah ada sejak lama. Touch ID ini adalah suatu sensor sidik jari yang memungkinkan penggunannya untuk masuk ke dalam home screen atau melakukan verifikasi dengan hanya melakukan pemindaian sidik jari saja, kalau di Andorid biasa kita kenal sebagai Fingerprint.

Sayangnya smartphone sekelas iPhone 12 tidak mendukung fitur berguna ini kembali ke pengaturan keamanan smarpthonenya. iPhone 12 hanya dibekali dengan Face ID saja yakni sebuah keamanan biometrik berupa pengenalan wajah.

Namun dimasa pandemi seperti saat ini, dirasa fitur Face ID tadak bisa maksimal sepenuhnya, karena fitur ini hanya mendeteksi wajah, bukan iris mata!. jadi ketika kamu menggunakan masker atau penutup muka, hal ini tidak akan dikenali oleh smartphonemu.

Maka hal tersebut seharunya Touch ID hadir sebagai salah satunya, tetapi iPhone ternyata masih belum mau untuk menerapkan fitur ini kembali ke samrtphone terbarunya kali ini.

3. Tanpa Lensa LiDAR

Tanpa Lensa LiDAR iPhone 12

Tehukan kamu bahwa pada series iPhone 12 ini terdapat sebuah teknologi super keren yang dinamakan liDAR pada smartphonenya yang dimana teknologi ini digunakan sebagai peraba optik berupa cahaya untuk mengukur jarak suatu benda atau obyek.

Cahaya yang dimaksud ini adalah laser yang nantinya dipancarkan dari sumber dan dipantulkan ke sensor apabila menjumpai obyek sekitarnya, Teknologi ini prinsipnya mirip dengan gelombang radar, bedanya LiDAR menggunakan sinar laser.

Sayangnya untuk iPhone 12 varian reguler ini tidak mendukung teknologi LiDAR, padahal untuk varian pro dan pro max sudah mendukungnya.

Padahal dengan teknologi ini pengguna akan sangat terbantu jika ingin lebih cepat mengenali obyek-obyek yang ada disekutarnya. Misalnya ketika kamu ingin mengukur prabot rumah tangga seperti sofa yang ukurannya bisa kamu lihat dan ditampilkan langsung ke layar smartphon.

LiDAR ini juga meruapakan salah satu teknologi yang sudah digunakan oleh banyak organisasi dunia, seperti contoh NASA yang menggunakan teknologi ini ini melancarkan misi diluar angkasa.

Harga dan Spesifikasi Spesifikasi Smartphone iPhone 12

  • Nama : iPhone 12
  • Rilis: Oktober 2020
  • Bobot : 164 gram
  • Layar: Super Retina XDR OLED, HDR10, Dolby Vision, 625 nits (HBM), 1200 nits (peak)
  • Resolusi : 1170 x 2532 pixels, ~86.0% screen-to-body ratio
  • Sistem Operasi : IOS 14.1 (upgrade to IOS 15.1)
  • RAM : 4 GB
  • Memori Internal : 64 GB, 128 GB, 256 GB
  • Chipset :  Apple A14 Bionic (5 nm)
  • CPU : Hexa-core (2×3.1 GHz Firestorm + 4×1.8 GHz Icestorm)
  • GPU :  Apple GPU (4-core graphics)
  • Kamera Belakang : 12 MP (wide),12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan : 12 MP (wide)
  • Baterai : Li-Ion 2815 mAh, non-removable,Fast charging 20W

Kesimpulan

Secara keseluruhan sebenarnya iPhone 12 reguler kali ini meninigkat dan lebih baik ketimbang generasi sebelumnya yakni iphone 11, ini sudah semestinya sih. Smartphone ini sangat cocok digunakan oleh semua kalangan, baik itu untuk bermain game dengan chipset paling mutakhir dengan kemampuan perfroma yang luar biasa, cocok juga untuk yang suka eksis dimedia sosial sebab memiliki kemampuan kamera yang oke, untuk multitasking juga cocok karena dibekali dengan daya tahan baterai yang lama sehingga membuat kegiatan kita lebih nyaman tanpa takut cepat kehabisan baterai.

Kendati demikian, seperti yang sudah dipikirkan oleh banyak orang bahwa produk terbaru dari Apple ini memiliki harga selangit yang termasuk juga dengan berbagai aksesoris seperrti Charger, Airpods, dan lain sebagainya.

Menurut halaman resmi dari iBox, iPhone 12 varian reguler ini dihargai sekitar Rp 12.499.00 juta. Bagaimana apakah kamu siap memmbawa smartphone ini pulang? Dan menikmati setiap keunggulan yang ditawarkan iPhone 12?

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.