10 Kelebihan dan kekurangan iPhone 11 Pro, Harga dan Spesifikasi

iPhone 11 Pro pada akhir tahun 2019 lalu resmi dipasarkan di Indonesia, peluncuran ini sebebarnya dibarengi dengan dua varian lainnya yakni seri Iphone 11 dan Iphone 11 Pro Max. Sebelumnya mungkin kita sudah membahas yang iPhone 11 reguler, kita bisa tahu ada banyak kelebihan yang cukup menarik disana, tentu sudah  bisa kamu tebak apa yang akan hadir di versi Pro ini, yang pastinya adalah pembaruan setiap aspek yang lebih meningkat dari versi biasanya.

Tetapi kalau soal Tampilan atau luarannya, mungkin banyak orang yang bertanya-tanya “apa yang berubah?”, ini pertanyaan yang yang wajar sebab kalau kita bandingkan nih dengan iPhone 11 yang reguler itu tampilannya sangat mirip, mungkin bedanya di ukuran.

Sebelumnya banyak yang menyebtukan bahwa Smartphone ini digadang-gadang sebagai penerus dari iPhone XS yang menuai kepopuleran pada saat itu. Namun kita tidak bisa berpresepsi terlebih dahulu, untuk membutikannya, mending kita bahas dalam ulasan Kelebihan dan Kekurangan iPhone 11 Pro dibawah ini.

Baca Juga : 11 Kelebihan dan Kekurangan Smarpthone iPhone 11, Harga dan Spesifikasi

Kelebihan Smartphone iPhone 11 Pro

Setiap series dari iPhone selalu menghadirkan banyak reaksi positif maupun negatif, tetapi porduk Apple ini nyatanya selalu dinantikan oleh para penggemarnya, tak heran yang pensaran dengan bentuk desain, fitur, serta spesifikasi yang ditawarkan pada setiap produk terbarunya. Nah untuk Iphone 11 Pro ini memiliki beberapa aspek yang unggul dan cukup mengesankan, apa saja itu? simak dibawah ini.

1. Desain bodi yang kuat dan tanah air

desain bodi tahan air iPhone 11 Pro

Untuk desain variasi body yang ditawarkan pada iPhone 11 pro kali ini mungkin tidak terlalu spesial, sebab tidak ada perubahan dari varian sebelumnya. Namun utnuk urusan build quality, body iphone 11 pro ini cukup tangguh.

Karena samrtphone ini secara khusus telah dibekali dengan spesifikasi anti air dari IP68 yang diklaim dapat bertahan selama 30 menit dalam kedalaman air 4 meter, dan masih akan tetap menyala da di akses walau didalam air, luar biasa!.

Selain iti body nya juga tidak meninggalkan noda maupun sidik jari berkat dilapisinya oleophobic, sebab lapisannya yang buram. Selain itu sentuhan akhir dari body juga tidak licin.

2. Layar XDR dengan OLED yang berkualitas dan terang

Layar XDR dengan OLED

Iphone 11 Pro memiliki dimensi layar yang lebih sedikit kecil dibandingkan iphone 11 sebelumnya, Smartphone ini hanya mneawarkan dimensi layar berukuran 5,8 inci saja. Namun untuk urusan resolusi, varian Pro lebih unggul yakni dengan 1125 x 2436 piksel.

Dengan resolusi setinggi ini, sudah jelas layar dari Iphone 11 pro memiliki kualitas dan tingkat kecerhaan yang sangat baik. Apalagi layarnya juga sudah menudkung Supert Retina XDR OLED.

XDR ini adalah singkatan dari eXtrame Dynamic Range yang disebut Apple sendiri sebagai kemajuan dalam HDR. Pada dasarnya layar akan lebih terang pada 800nits dan bila perlu layar ini akan menyala bahkan samapi 1200nits. Jadi singkatnya XDR ini mampu memberikan kualitas alayar yang lebih cerah dan menawarkan kontras dua kali lipat lebih baik.

Untuk urusan akurasi warna, Iphone 11 pro ini juga sangat unggul. Ketika diukur DetlaE yang dihasilkan adalah rata-rata 2,4 dan deviasi maksimum 5 terhadap sRGB.

3. Kemampuan perfroma yang tercepat

A13 Bionic iPhone 11 Pro

Walau Chipset yang dibawanya ini tidak berubah, namun tetap saja chipset Apple A13 Bionic tetap menjadi keunggulan, meningat kemampuan dari chipset ini untuk menyokong perfroma dari Iphone 11 Pro sungguh luar biasa.

Apple Bionic 13 inmi dibuat dengan proses fabrikasi 7nm+ dan memiliki 8,5 miliar transistor, yang didalam chipset ini tersemat enam core prosesor, yang masing-masing Porsesornya terdiri dari dua core lightning 2,65 GHz untuk menopang perfromanya dan ada empat core thunder 1,8 GHz untuk urusan hemat daya.

Lalu untuk pengelola grafisnya sendiri, Apple A13 ini ditemani dengan CPU dari Apple dengan empat inti core graphics.

Dengan dibekalinya chipset ini kembali, Iphone 11 pro ternyata sangat cantik untuk urusan perfroma, dalam pengujian AnTuTu smartphone ini meraih skor di angka 460 ribuan. Dimana angka ini lebih tinggi daripada Asus ROG Phone 2 (Snapdragon 855), juga Samsung Galaxy Note 10 (Exynos 9825).

Selain dapat mendukung fungsionalitas dasar sehari-hari, chipset A13 ini juga memmungkinkan untuk peningkatan pada fitur-fitur seperti pengambilan video 4K 60fps, masa pakai baterai yang lebih baik, serta banyak fungsi smart HDR yang telah diperbarui.

Kalau untuk yang hobi bermain game, sudah tidak perlu ditanya lagi. Kamu bisa menikmati game apapun dengan sangat baik menggunakan paerangkat ini, Menurut trustedrereviews.com ketika menggunakan iphone 11 pro ini untuk bermain game bahkan yang intensif sekali pun akan tetap berjalan dengan sempurna tanpa drop framenya dan cenderung memuatnya dengan cepat.

4. Daya tahan baterai sangat baik, Fast charging ngebut

teknologi fast charging berdaya 18W iPhone 11 Pro

Walau kapasitas baterai dari Iphone 11 Pro ini sedikit berkurang daripada varian sebelumnya, tetapi untuk ketahanan masa pakai baterainya masih cukup oke lo. Smartphone ini dibekali dengan beterai berkapasitas 3.046 mAh, ini angka yang cukup besar meningat layar yang dipakai ini padahal tidak begitu lebar.

Seperti uji coba yang dillakukan oleh channel Youtube UlitimateDeviceVids yang membandingkan Battery life test antara Iphone XS, iPhone 11 Pro, dan Iphone 12 Pro.

Di uji coba ini, ketika ketiga smartphone digunakan untuk menonton video, bermain game, dan aktivitas menggunakan kamera. Hasilnya Iphone XS bertahan selama 6 jam 37 menit, sedangkan Iphone 12 Pro bertahan selama 7 jam 55 menit, dan untuk Iphone 11 Pro sendiri bertahan paling lama yakni 9 Jam 4 menit.

Waktu ini cukup mengesankan untuk smartphone berkapasitas baterai yang tidak terlalu besar, perlu kamu thau juga bahwa durasi daya baterai itu tidak selalu bergantung pada kapasitas saja, hal lain juga mempengaruhi.

Habisnya lama, pastinya ngecas baterianya juga lama? Eitss jangan salah, Iphone 11 pro ini sudah didukung dengan teknologi fast charging berdaya 18W, yang mampu mengisi baterai sampai penuh hanya dalam 1 jam 44 menit saja.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Smartphone iPhone SE (2020)

5. Spekaer Stereo dengan kualitas terdepan

spekaer stereo iPhone 11 Pro

Seperti iphone 11 pendahulnya, di versi Pro kali ini spekaer stereo juga hadir sebagai salah satu aspek didalamnya, dan kualitasnya tentu jangan ditanyakan lagi, Kualitas audio yang dihasilkan cukup baik dan nyaman ditelinga.

Jadi ada dua spekaer, yang pertama ada di bagian bawah smartphone,  sedangkan untuk spekaer dua adalah kemampuan lain dari lubang suara. Output audio yang dihasilkan oleh spekaer stereo ini sangat seimbang, namun untuk lubang suara bass –nya sedikit kurang dibandingkan primer speaker bawah, tetapi itngkat kenyaringan tetap setara.

Apple menggunakan loudspeaker full-blown untuk lubang suaranya dan ini cukup keras hasilnya. Secara kesimpulan suara dari speaker Iphone 11 pro in sangat kaya, bassnya cukup dalam, dan kalau dimainkan untuk aktivitas yang menggunakan audio seperti memutar lagu, video, maupun bermain game cukup baik.

6. Antarmuka IOS meningkatkan pengalaman pengguna

Antarmuka IOS iPhone 11 Pro

Produk smartphone terbaru dari Apple selalu ahdir dengan Antarmuka IOS terbaru juga, hal inilah yang ada pada iphone 11 pro kal ini. Untuk defaultnya sendiri smartphone ini berjalan dibawah IOS 13, tetapi kamu juga bisa mengupgrade IOS tersebut ke versi 15.1 di pengaturannya, pembaruan IOS akan meningkatkan juga setiap antarmuka, fitur yang ada pada smartphone.

Kita bahas sedikti IOS defaultnya yakni versi 13, pada versi ini iphone menghadirkan Dark Mode pada seluruh sitem barunya, peningkatan masa pakai baterai dan pengisan daya juga turut hadir, ada juga banyak fitur bawaan yang cukup berguna seperti Keamanan biometrik, Face ID, Notifikasi pop-up yang lebih baru, hadir juga Siri (asisten digial apple), dan lebih banyak lagi fitur super berguna yang bisa anda nikmati di Iphone 11 ini.

Kalau untuk kamu yang sudah memperbarui IOS ke versi yang paling anyar nih yakni 15.1, maka kamu bisa menikmati fitur-fitur yang lebih baru lagi dan seger juga tampilannya.

7. Kemampuan tiga lensanya cukup mengesankan

tiga lensa yang terdiri dari Wide 12MP, Ultrawide 12MP, dan Telephoto 12 MP iPhone 11 Pro

Kalau sebelumnya iPhone 11 hanya menggunakan konfigurasi dua lensa kamera saja pada smartphonenya, kini di versi Pro lensa kamera ini bertambah menjadi tiga. Iphone 11 pro secara khsusu menggunakan tiga lensa yang terdiri dari Wide 12MP, Ultrawide 12MP, dan Telephoto 12 MP, yhap ketigaya memiliki resolusi yang sama dan tidak berubah dari versi iphone sebelumnya.

Kamera utamanya memiliki piksel 1,4µm yang tergolong besar, dengan lensa lebar 26mm f/1,8, dengan opticial image stabilization (OIS) dan Dual Pixel AF.

Sedangkan untuk lensa telephotonya sendiri memiliki ukuran 52mm dengan zoom optik sampai 2x. Lensa ini menggunakan piksel 1,0µm, dengan exposure lebih etrang yakni f/2.0. Tersedia juga fitur pendukung seperti OIS, namun tidak seperti dua lensa lainnya yang terdapat Dual pixel AF.

Lanjut ke lensa ultrawide, yang merupakan anggota baru dari  kamera iPhone 11. Lensa iini menggunakan piksel yang sama yakni 1,0µm  dengan kemampuan tangkap mencapai 120 derajat. Sayangnya lensa ini tidak dilengkapi dengan stabilitas maupun autofokus.

Lanjut ke bagian depan, kamera dari Iphone 11 pro ini menggunakan kamera selfie beresolusi 12 MP dengan lensa berukuran 23mm f/2.2.

Baca Juga : 10 Kelebihan dan kekurangan iPhone 12, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Smartphone iPhone 11 Pro

Walau dikenal sebagai smartphone berbalut premium, Iphone 11 pro tetaplah sebuah smartphone yang tak bisa dihindarkan dari segala kekurangan yang mungkin terlihat. Tidak banyak poin kekurangan, tetapi mungkin penting untuk anda ketahui.

1. Bezelnya masih terlalu besar

Bezel besar iPhone 11 Pro

Kekurangan ini tidak berubah dari versi Iphone sebelumnya, yakni memiliki bezel yang terlalu lebar dan juga notch diatas layarnya cukup memakan ruang. Ya walaupun rasio to bodynya meningkat yang sebelumnya 79,0% kini di Iphone 11 pro jadi 82,1% artinya bezelnya ini sedikit lebih tipis.

Tetapi akalu kita bandingkan dengan samrtphone flagship lainnya di harga yang sama, banyak lo yang memakai bezel super tipis, bahkan harganya bisa lebih terjangkau dari pada iPhone 11 pro. Contoh saja Samsung Galaxy S10 dengan rasio to body mencapai 93,1%.

Dengan bezel yang tipis dan layar yang lebih lapang tentu ini akan menjadi sebuah kelebihan, apalagi untuk kamu yang sering memanfaatkan sebuah kemampuan display dari smartphone. Seperti menonton film atau bermain game, ini sangat menyenangkan kalau bezelnya juga tipis.

Tetapi semua itu sebenanrya kembali lagi ke masing-masing, dan penggunaan bezel yang cukup berisi dari Iphone 11 pro ini tidak termasuk hal yang baru juga, bisa saja ini adalah sebau tren yang digemari oleh para pecinta Apple, dan mungkin ini bukan masalah besar bagi mereka.

2. Refresh Rate yang lebih tinggi mungkin lebih Kompetitif

Refresh rate 60hz iPhone 11 Pro

Dengan harga bandrol di dua digit seperti Iphone, sebenarnya untuk emndapatkan Refresh rate yang lebih tinggi sampai 120Hz ini bisa lo. Tetapi sayangnya Iphone 11 Pro ini hanya dibekali dengan kemampuan refresh rate di 60Hz saja, dan menurut saya ini kurang.

Walau diatas kita bisa melihat kemampuan dari aspek layar iPhone 11 Pro cukup menjanjikan, kualitas, kecerhaan, kontras, ketajaman cukup menjadi perhitungan bahwa layar ini termasuk punya kualitas. Tapi kalau untuk urusan seberapa responsif layar iphone 11 Pro ini, masih kurang.

Kita tahu sendiri bahwa Refresh rate ini merupakan tolak ukur seberapa cepat layar smartphone me-refresh pixel pada layarnya setiap per detik. Refresh rate ini dikur dalam satuan Hz, semakin tinggi angka refresh rate maka akan semakin cepat pula layar memperbarui pixel per detiknya.

3. Kemampuan lensa Ultrawide dan Telephoto masih kurang

ini tidak memiliki fitur Autofocus dan Mode malam iPhone 11 Pro

Pembaruan akan kehadiran tiga lensa kamera pada iPhone 11 Pro ini sebenarnya cukup mengesankan, sebab varian reguler sebelumnya hanya menyediakan dua lensa saja. Dan aspek kamera pada Iphone 11 pro ini juga menjadi salah satu kelebihan dari produk Apple ini, karena selain menyuguhkan triple-camera, kualitas gambar yang dihasilkan juga cukup oke.

Baik mungkin tidak ada masalah untuk lensa utamanya yang memakai 12 MP, tetapi ada sedikit masalah yang mengganjal pada dua lensa lainnya yakni Ultra wide dan Telephoto, walau keduanya sama-sama mamkai pengaturan 12 MP. Tetapi diyakini keduanya kurag greget untuk urusan kualitas, mengapa?

Pertama untuk masalah lensa Ultrawide, yang diyakini kurang dalam urusan fitur yang ada didalamnya, lensa ini tidak memiliki fitur Autofocus dan Mode malam. Kedua untuk masalah lensa Telephoto, adalah kurangnya kemampuan zoom yang diberikan, yakni hanya 2x zoom saja. Sementara banyak pesaing yang sudah mamakai 3x zoom bahkan ada yang 5x zoom.

Harga dan Spesifikasi Smartphone iPhone 11 Pro

  • Nama : iPhone 11 Pro
  • Rilis: Desember 2019 (indonesia), September 2019 (global)
  • Bobot : 188 gram
  • Layar: Super Retina XDR OLED 5,8 inci, HDR10, Dolby Vision, 800 nits (HBM), 1200 nits (peak)
  • Resolusi : 1125 x 2436  pixels, screen ratio 82.1%
  • Sistem Operasi : IOS 13 (upgrade to IOS 15.1)
  • RAM : 4 GB
  • Memori Internal : 64 GB, 256 GB, 512 GB
  • Chipset :  Apple A13 Bionic (7 nm+)
  • GPU :  Apple GPU (4-core graphics)
  • Kamera Belakang : 12 MP (wide), 12 MP (telephoto),12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan : 12 MP (wide)
  • Baterai : Li-Ion 3046 mAh, non-removable, Fast Charging 18 W
  • Harga : Rp 8,600.000 – Rp 9.699.000

Kesimpulan

Series smartphone iPhone 11 yang dikeluarkan pada akhir 2019 ini banyak hadir dengan segala pembaruan dan peniongkatan dari series sebelumnya, mulai dari versi reguler, pro, sampai pro max pasti memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Karena saat ini kita bahasnya yang Pro, bisa saya simpulkan bahwa smartphone ini adalah salah satu series Apple yang paling kuat dengan ukuran yang ramah dan pas ditangan.

Ia memiliki tiga lens akamera yang dapat digunakan untuk mengambil foto dan video dari berbagai perspektif, mode malam yang baru juga turut menjadi peningkatan, daya tahan baterai tidak usah ditanya lagi sangat awet. Ya walau desain yang dihadirkan tidak berubah, tetapi peningkatan yang paling menonjol menurut saya adalah aspek kamera dan baterai. Untuk kamu yang suka berfoto-foto dan ingin hasil gambar yang maksimal, Iphone 11 Pro ini cocok karena memiliki banyak fitur dan kualitas yang oke di perangkatnya. Untuk kamu yang hobi main game juga cocok banget dengan iPhone 11 pro ini, mengingat kapasitas baterainya yang besar dan awet.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.