11 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone iPhone 11, Harga dan Spesifikasi

Pada akhir 2019 lalu seri iPhone 11 resmi masuk ke indonesia, Smartphone besutan Apple yang pertama kali diluncurkan secara global di Cupertino, California, Amerika Serikat pada 10 September 2019 ini akhirnya rilis juga dipasar indonesia. Hal ini tentu menjadi kabar baik untuk para penggemar Apple, sebab sebelumnya iPhone sangat sukses dengan iPhone XR yang sudah rilis terlebih dahulu.

Smartphone ini adalah lompatan besar sebagai suksesor iPhone XR, tampilan secara keseluruhan dari iPhone 11 sangatlah seksi, apalagi walau notabennya adalah smartphone varian baru dari IPhone tetapi harga dari varian 11 lebih murah dibandingkan varian XR.

iPhone XR memang benar merupakan versi generasi XS yang lebih murah dan kencang, dengan layar LCD, kamera yang menjanjikan, kualitas daya tahan baterai yang sangat baik. Tetapi sejujurnya, tahun 2019 menjadi awal untuk iPhone 11 agar bisa menggeser pendahulunya ini, hadir dengan harga yang lebih murah serta mempertahankan juga beberapa aspek seperti bentuk body dan layar yang sama dengan XR.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Smartphone iPhone SE (2020)

Bandrol harga yang lebih rendah, serta peningkatan berbagai fitur yang sinifikan, menggambarkan betul upaya dari Apple agar iPhone 11 ini bisa diterima oleh banyak orang dan bisa melanjutkan keberhasilan varian sebelumnya.

Nah keberhasilan yang dinantikan ini memang betul terjadi adanya, iPhone 11 dilaporkan mendapatkan respons yang positif dipasar global. Menurur laporan terbaru dari analisis perusahaan riset Rosenblatt Securities, Jun Zhang yang mengatakan bahwa penjualan iPhone 11 ini sudah melampaui 12 juta unit hanya dalam kurun waktu satu bulan setelah peluncurannya, jumlah ini dinilai sangat mengesankan.

Lalu selain harga yang lebih murah, apa saja sih keunggulan dari iPhone 11 ini? tentu akan banyak jika diulas, contoh peningkatan fast charging 18W, penggunaan kamera dan chipset baru, perangkat lunak yang lebih baru dan kekinian. untuk selanjutnya mungkin kita bisa membahas tentang iPhone 11 ini dibawah. Saya akan memberikan beberap hal tentang Kelebihan serta kekurangan dari smartphone besutan Apple ini yakni iPhone 11, oke berikut pembahasannya.

Kelebihan Smartphone iPhone 11

Sebagai smartphone kelas atas bukan tidak mungkin lagi, segala aspek yang ditawarkan iPhone 11 ini sanggup membuat para penggemarnya takjub dan ingin segera memilikinya. Kendati demikian harga dari smartphone ini juga lebih murah dari varian pendahulunya, oke disini akan ada beberapa hal tentang kelebihan-kelebihan dari iPhone 11.

Baca Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan iphone 11 Pro, Harga dan Spesifikasi

1. Desain bodi belakang yang lebih Mengkilap, keras, dan tahan air

desain iphone 11

Bodi belakang dari iPhone 11 ini menggunakan bahan aluminium sebagai sentuhan akhirnya, sebelumnya kalau kita bandingkan dengan iPhone XR ini juga menawarkannya. Perlu kamu tahu juga bahwa kebanyakan iPhone premium terbaru saat ini banyak yang menggunakan stainless-steel (anti-karat) dengan lapisan belakang yang mengkilap.

Bodinya ini juga termasuk keras karena sudah dilindungi dengan proteksi dari Gorilla Glass yang menambah kemanan eksternal dari iPhone 11 ini sehingga kita tidak takut smartphone terjatuh kemudian pecah atau retak.

iPhone 11 berukuran 150,9 x 75,7 x 8,3 mm dengan berat smartphone mencapai 194 gram. Selain itu untuk kamu yang takut smartphone rusak atau mati ketika kena air, tenang sebab iPhone 11 ini juga sudah mendukung keamanan untuk kethanan air, dimana iPhone 11 ini sudah mengkantongi peringkat IP68 yang dapat menahan debu dan air (mampu bertahan di air sedalam 2m selama 30 menit).

2. Layarnya memiliki kecerahan dan kontras yang sangat baik

828 x 1.792 piksel iphone 11

Bukan lagi alasan aspek layar selalu menjadi hal inti yang selalu kita lihat pada smartphone, kualitas layar yang oke tentu juga akan membuat kita senang karena bisa menikmati setiap konten visual yang ditampilkan dengan sangat baik. Nah iPhone 11 ini termasuk kedalam samrtphone dari Apple yang memiliki kualitas layar yang terbilang oke.

Salah satu hal yang menarik adalah dijanjikannya kecerhaan maksimum sampai 625 nits dan rasio kontras layar 1400:1. Dimana kecerhan dan rasio ini lebih tinggi dibandingkan iPhone XR maupun iPhone 11 Pro lainnya.

Keunggulan lainnya yang ditawarkan adalah akurasi warna pada layar yang terbilang sangat baik, dimana DetlaE rata-rata adalah 1,1 dan deviasi maksimum adalah 2,4 terhadap sRGB. Selain itu juga iPhone 11 ini mendukung yang namanya DCI-P3 dan secara otomatis, fungsinya untuk secara otomatis mengalihkan ke gemma ketika konten DCI-P3 ini ditampilkan pada layar.

Itulah beberapa keunggulan dari aspek layarnya, mungkin kamu juga ingin melihat spesifikasi secara keseluruhan dari layarnya. Dimana iPhone 11 ini mengemas layarnya dengan panel IPS LCD dengan Liquid Retina 6,1 inci. Resolusi layar adalah 828 x 1.792 piksel dengan kepadatan layar 326ppi.

3. Performa ngebut berkat chipset Apple A13 Bionic

chipset Apple A13 Bionic iphone 11

iPhone 11 ini memakai salah satu chipset terbaikd an terkencang dari Apple yakni A13 Bionic terbaru. A13 Bionic memiliki 8,5 miliar transistor dan dibangun diatas proses fabrikasi 7nm+, dimana selain kencang untuk performa chipset ini juga lebih hemat daya dibandingkan generasi sebelumnya A12.

Chipset Apple A13 Bionic ini dibuat dengan prosesor Hexa-core dengan core perfroma tinggi lighning 2×2, 65 GHz dan core CPU efesien Thunder 2×1,8 GHz.

Core Lightning yang dipakainya ini 20% lebih cepat, 30% lebih efesien. Beberapa prosesor yang digunakan untuk menyokong Chipset A13 Bionic ini adalah yang terbaik dan mampu memproses perfroma dari iPhone 11 dengan sangat ciamik.

Ada juga hal lain seperti dukungan Neural Engine generasi ketiga yang memiliki 8 core (ini lebih cepat 20%, dan lebih efesien 15%) Neural ini bertangguh jawab atas pemrosesan gambar seperti Deep Fusion dan Night Mode dari iPhone 11. Nah untuk menemani chipset A13 Binonic, Apple menyematkan pengelola grafis dengan empat inti core graphics. iPhone 11 walau memiliki beberapa versi tetapi semuanya hadir dengan Ram 4GB, tetapi untuk ROM sendiri berbeda-beda tentunya, ada 64GB, 128GB, hingga 256GB.

Antutu 7 iphone 11

Dikutip dari situs GSMArena kertika menjalankan tes benchmark pada iPhone 11 ini, dan hasilnya GeekBench 4.1 (inti-tunggal) menghasilkan 5477 poin diatas iPhone X, iPhone XR, XS, Samsung Galaxy Note 10. Selain itu Antutu 7 yang dihasilkan juga cukup luar biasa, Apple iPhone 11 ini menghasilkan 419.453 poin diatas Redmi K20 Pro dengan Snapdragon 730nya,  Samsung Galaxy Note 10 dengan Exynos 9825nya, dan OnePlus 7 dengan Snapdragon 855.

Ini artinya iPhone 11 dengan chipset Apple A13 Bionic ini memang benar-benar sangat unggul untuk urusan perfroma, jadi jangan ragukan jika digunakannya untuk mutitasking maupun bermain game yang berat-berat.

4. Data tahan baterai yang baik dan dukungan Fast Charging

Fast Charging iphone 11

Menurt situs Techradar.com yang menyebutkan bahwa Iphone XR ini adalah salah satu iPhone yang memiliki baterai paling tahan lama yang pernah dicobanya. Dan tren ketahanan baterai in juga dilanjutkan oleh Iphone generasi beriktunya yakni Iphone 11.  Dalam pengujiannya, smartphone ini dapat bertahan selama 27 jam untuk penggunaan rendah.

Dengan memiliki kapasitas baterai 3.110 mAh yang meningkat dibandingkan XR yang hanya 2.940 mAh. Selain Techradar, situs GSMArena juga menguji kemampuan dari ketahanan baterai iPhone 11 ini dan hasilnya juga cukup mengesankan. Dimana Apple iPhone 11 ini mendapatkan waktu Edurace rating sampai 94 jam, panggilan selama 17 jam, digunakan untuk Browsing selama 15 jam, dan memytar video playback selama 18 jam.

Selain keunggulan pada aspek baterainya, hal lain yang cukup menarik perhatian juga hadir pada kemampuan fast charging yang dipakainya. iPhone 11 ini sudah mendukung pengisian cepat 18W, dimana ia mampu mengisi daya ulang dari 0% sampai 55% hanya dalam 30 menit.

5. Speaker Stereo yang berkualitas

Speker Stereo yang berkualitas iphone 11

Sama seperti saudaranya yakni iPhone 11 Pro dan iPhone XR, iPhone 11 ini juga mendukung audio berkualitas dengan speaker stereo. Spekaer pertamanya berada dibagian bawah, sedangkan untuk lubang suaranya berfungsi sebagai sepaker kedua.

Output suara yang dikeluarkan oleh spekaernya ini sangat seimbang, suaranya juga cukup ngebas, kenyaringan juga sangat baik.

Apple sendiri mengatakan bahwa spekaer iPhone 11 nya ini mendukung audio spesial dan secara subjektif suaranya tampak baik dan berbeda dari smartphone lainnya. Situs GSMarena sendir pun menguji kemampuan speker stereo dari Iphone 11 ini dan mengatakan bahwa pengeras suara yang dihasilkan cukup kaya, bass yang dihasilkan cukup oke, dan setelah digunakan untuk memutar musik, memainkan game, dan menyetel video GSMArena menganggap speaker iPhone 11 ini sebagai salah satu pengaturan spekaer yang terbaik.

6. Dukungan Antarmuka IOS 13

Dukungan Antarmuka IOS 13

Iphone 11 secara default didukung dengan antarmuka dari IOS 13 yang dapat memberikan fitur dan tampilan yang cukup menarik untuk dilihat dan dinikmati. IOS 13 ini pertama dirilis pada 2019 lalu yang tentunya meningkatkan beberapa fitur yang telah ada dan diperbarui menjadi lebih keren.

Ada banyak fitur dan kelebihan dari IOS 13 ini, fitur-fitur tersebut seperti Dark mode,  Sign in with apple untuk melindungi privasi, aplikasi maps bawaan yang lebih baru, family Hotspot sharing yang dapat berbagai internet dengan mudah, slider volume yang baru, dapat memblokir panggilan spam, msart battery charging, peningkatan apple music, dan masih banyak lagi.

Tetapi ternyata walau defaultnya adalah menggunakan IOS 13, Iphone 11 ini bisa lo diupdate IOS nya ke yang lebih baru yakni IOS 15.1 dan ini bisa diupdate sendiri lewat menu Pengaturan di smartphone.

7. Kemampuan kameranya sangat bagus

kamera 12 MP iphone 11

Sudah bukan hal yang baru lagi kalau setiap produk Apple ini selalu memberikan hal yang berbeda pada sentuhan hasil bidikannya, sebab walupun memiliki resolusi yang ngak besar-besar amat tetapi kualitasnya sangat mumpuni dan berbeda dari smartphone lainnya

Iphone 11 ini dibekali dengan dua kakap pada bodi belakangnya, yang pertama ada kamera 12 MP dengan bukaan f/1.8, kemudian kamera kedua adalah ultra-wide dengan resolusi yang sama yakni 12 MP dengan bukaan f/2.8. Kedua kamera belakang ini sama-sama sudah mendukung Quad-LED dual-tone flash dan juga HDR. Selain itu kamera ini juga sudah mendukung rekaman video dengan reoslusi hingga 2160p.

Kamera utamanya ini memiliki sensitiviyas ISO yang diperluas, selain tiu eksposur min/ maks juga sudah diperbarui. Ada beberapa fitur yang ada pada kamera utamanya seperti optical image stabilization (OIS), Dual Pixel AF, Mode malam yang hanya tersedia pada kamera ini, dan ada juga Deep Fusion.

Menurut beberapa penguji, kedua kamera dari Iphone 11 ini sudah tergolong bagus dan terbaik di harga bandrolnya. Hasil gambar yang ditangkap dapat memberikan detail dan kualitas yang fantastis. Selain itu smartphone in juga dapat menghasilkan tangkapan kamera dengan warna yang lebih realistis, dinamis range yang luar biasa, detail foto yang tajam, mode malam yang bagus, Bahka menurut Mashable SEA hasil dari mode malamnya ini lebih baik dibandingkan Google Night Sight yang ada pada smartphone Google Pixel.

Selain kamera belakangnya yang cukup andal, kamera depan dari Apple iPhone 11 ini juga tergolong bagus juga.dengan resolusi mencapai 12 MP dengan bukaan f/2.2. Kualitas yang dihasilkan kamera selfienya ini juga tergolong bagus apalagi untuk mode potrait. Resolusi yang diberikan ini juga meningkat ketimbang Iphone XR yang hanya 7 MP.

Baca Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 12, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Smartphone iPhone 11

Selain banyaknya kelebihan yang cukup menarik perhatian, tetapi tidak selamanya iPhone 11 ini dipandang baik-baik saja, ada beberapa aspek juga yang menjadi poin kekurangan daripada smartphone besutan Apple ini.

1. Masalah Notch dan Bezel yang besar

Notch dan Bezel besar iphone 11

Layar dari iPhone 11 ini memang lebih lebar dan memiliki rasio to body yang meningkat daripada varian pendahulunya, tetapi kita masih melihat ada masalah pada ukuran notch yang ada pada bagian atas layar dan bezel disekitar layar smartphone.

Apple ini seperti tetap memeprtahankan sesuatu yang dipopulerkannya walau saat ini sudah banyak Smartphone Android yang menawarkan layar tanpa notch atau tanpa poni, jadi banyak model smartphone flagship sekarang memiliki tempat kamera depan yang berbentuk pop-up, ada juga yang tipe notchnya ini lebih kecil hanya berbentuk lingkaran saja.

Tetapi untuk iPhone 11 kali ini memiliki notch yang memotong 80% dari bagian atas layarnya, seperti bentuk poni pada. Selain itu bezel pada sisi-sisinya tergolong tebal, walau tidak terlalu tetapi ini tetap saja masih kurang. Padahal kalau bezel dari layarnya ini bisa lebih tipis, tentu akan membuat desain smartphone ini tampak sempurna dan lebih menarik tentunya.

2. Layarnya masih kurang oke dan belum OLED

belum layar OLED iphone 11

Sebenarnya kita sudah bisa menikmati layar iPhone 11 ini dengan kualitas yang memukau yakni hadir dengan kecerahaan dan kontras yang cukup baik tetapi masalah masoh ditemukan karena belum didukungnya layar OLED yang biasanya sudah dibekalkan pada smartphone seharga iPhone 11 ini.

iPhone 11 ini masih mendukung layar panel IPS LCD, yha mungkin bagi sebagian orang masih setuju dan oke dengan tipe panel ini dan bukan yang tergolong jelek, hanya saja dukungan OLED pada layar sejatinya akan menambah kualitas dan kontras yang lebih memukau pada layar Iphone 11 ini.

Selain tidak didukungnya OLED, Apple Iphone 11 ini juga tidak mendukung layar HDR, sangat disayangkan sekali diharganya yang menyentuh dua digit bahkan kualitas layar pun masih kurang, walau tidak terlalu berdampak tetapi masih cukup menjadi pertimbangan.

3. Tidak adanya Jack Audio 3.5mm

Tidak ada Jack Audio 3.5mm iphone 11

Kualitas audio dari Iphone 11 ini memang juga cukup menjanjikan dengan kemampuan speaker stereonya, Tetapi sayang sekali kualitas dari spekaernya ini tidak diimbangi dengan dukungan jack audio 3.5mm yang masih cukup populer dan banyak digunakan.

Dengan dukungan port 3.5mm ini sebenarnya kamu bisa menghubungkan headset, earphone, speaker eksternal ke smartphone. Tetapi jika tidak ada, diperlukan adapter khusus untuk menyambungkan antara keduanya agar bisa terhubung, memang ini sedikit ribet tetapi sudah banyak menjadi tren pada smartphone kelas atas.

Iphone sendiri sebenarnya sudah mentidadakan Jack Audio sejak iphone 7 mereka. Sebelumnya memang benar para fanboy dari Apple ini banyak yang melakukan protes karena dibuangnya jack audio ini, tetapi perusahaan secara pintar dapat meredamnya karena kualitas audio yang ditawarkan pada perangkatnya tetap terjamin kualitas dan resolusinya dapat dipertimbangkan.

4. Adalah iPhone murah, tetapi Handphone Mahal

kelebihan dan kekurangan iphone 11

Maksudnya bagaimana? iPhone 11 ini memang kalau kita bandingkan dengan samrtphone seri Iphone lainnya yang memiliki spesifikasi lebih rendah atau seimbang itu lebih murah dan dapat dibeli dengan harga terjangkau.

Tetapi kalau kita bandingkan smartphone ini dengan perangkat Android, tentu sangat berbeda. Dengan harga bandrol dari Iphone 11 kamu sudah bisa membawa pulang smartphone Android flagship yang memiliki spesifikasi yang sama dengan iPhone 11 atau bahkan yang lebih dari iPhone 11 dalam setiap aspeknya. Tetapi hal ini kembali lagi ke pengguna sih, sebab para penggemar Iphone seperti sudah memiliki naluri dan kecintaan sendiri terhadap pernagkat besutan Apple ini, jadi mau semahal apapun harganya tetap akna diboyong jika benar-benar ingin memilikinya.

Harga dan Spesifikasi Smartphone iPhone 11

  • Nama : iPhone 11
  • Rilis: Desember 2019 (indonesia), September 2019 (global)
  • Bobot : 194 gram
  • Layar: Iiquid Retina IPS LCD, 625 nits
  • Resolusi : 828 x 1792 piksel, screen ratio 79.0%
  • Sistem Operasi : IOS 13 (upgrade to IOS 15.1)
  • RAM : 4 GB
  • Memori Internal : 64 GB, 128 GB, 256 GB
  • Chipset :  Apple A13 Bionic (7 nm+)
  • GPU :  Apple GPU (4-core graphics)
  • Kamera Belakang : 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan : 12 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 3110 mAh non-removable, Fast Charging 18W

Kesimpulan

Iphone 11 memang lebih murah, tetapi tidak murahan. Harganya sama dengan kebanyakan flagship Android yang ada saat ini, bahkan dengan harga iPhone 11 kamu sudah bisa membawa samrtphone Android dengan spesifikasi yang menjanjikan. Tetapi bagi para penggemar smartphone, produk Apple ini dinilai lebih mengesankan dan memiliki value sendiri.

Apalagi untuk iPhone 11 andalan kali ini, smartphone ini banyak membawa spek andalan dari Apple, seperti contoh ada chipset terbaru dan terkuat yakni Apple A13 Bionic, selain itu ada juga peningkatan dengan kamera ganda yang dibekali dengan kemampuan bidikan yang lebih oke, panel kaca yang lebih keras, perfroma IOS 13 yang membaik, kapasitas baterai yang lebih besar, kualitas audio yang ditingkatkan, desain kamera selfie yang baru, dan masih banyak lagi.

Untuk kesimpulan kali ini saya bisa mengatakan bahwa iPhone 11 adalah peningkatan yang sangat bijaksana dari pendahulunya yakni varian XR. Beberapa yang ada di Iphone 11 memiliki semua yang baru dari Apple, hanya saja harganya yang lebih murah tetapi tidak menghapus kualitas dari beberapa aspek yang tersemat. Oke itu saja ulasan tentang Kelebihan dan Kekurangan smartphone iPhone 11, intinya sebagai salah satu produk Apple yang cukup populer, saya sangat menyukai berbagai aspek yang ada pada smartphone ini.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.