7 Cara Merawat Aki Mobil Toyota Avanza Agar Awet

merawat aki mobil avanza

7 Cara Merawat Aki Mobil Toyota Avanza Agar Awet – Aki menjadi bagian yang sangat penting untuk kendaraan. Jika tidak ada aki, sudah tentu kamu tidak akan bisa menghidupkan mesin kendaraan. Selain itu komponen elektronik seperti AC, TV portable, Audio, alarm, jendela otomatis, lampu juga tidak akan bisa menyala.

Fungsi aki sendiri sebenarnya bukan buat penghasil listrik, tapi lebih tepat dikatakan sebagai alat penyimpanan daya listrik, yang kemudian digunakan untuk menghidupkan komponen eletronik kendaraan. Jadi jika kamu ingin menghidupkan perangkat elektronik maka dibutuhkan aliran listrik yang berasal dari aki.

Jadi aki sangatlah penting bagi kendaraan dan kita perlu menjaga dan merawatnya supaya tidak cepat rusak. Karena kalau sudah rusak kemungkinan kecil aki bisa diperbaiki, dan harus mengganti dengan yang baru. Tentu kamu sudah tau bukan kalau harga aki yang baru untuk mobil avanza tidaklah murah. Jadi dari pada beli baru lebih baik menjaga dengan merawatnya bukan?

Berikut adalah 7 Cara Merawat Aki Mobil Avanza dengan benar

  1. Cek Cairan Elektrolit
    Aki untuk mobil avanza sebaiknya cek secara rutin minimal 1 sampai 2 bulan sekali untuk menghindari kerusakan, khususnya aki basah. Biasanya cairan elektrolit pada aki basah mudah sekali menguap akibat panas karbin mobil. Jika kapasitas air menurun dan sudah hampir dibawah batas bawah, maka kamu harus sesegera mungkin mengisi air elektrolitnya. Karena apabila dibiarkan kosong, aki bisa cepat rusak dan bahkan bisa merembet ke komponen lainnya yang ada di dalam mobil.
  2. Pastikan jalur kelistrikan mobil tidak konslet
    karena ini akan berpengaruh pada aki nantinya.
  3. Ketahui apakah posisi aki berada di belakang kipas radiator?
    Jika ya, sebaiknya gunakan penutup aki supaya panas yang dihasilkan kipas radiator tidak langsung mengenai unit aki. Perlu kamu ketahui bahwa panas tersebut bisa mempercepat penguapan cairan elektrolit aki.
  4. Selalu memeriksa permukaan kleman aki yang berada di kutup positif dan negatif
    Menjaga kebersihan kleman aki amatlah penting, karena jika tidak maka aki akan cepat rusak. Nah jika kamu melihat ada kerak berwarna hijau di kutub tersebut, maka segeralah untuk membersihkan dengan air panas secukupnya. Setelah membersihkan area kutub, perhatikan juga baut klem. Kencangkan secukupnya, jangan terlalu kencang.
  5. Tidak danjurkan terlalu sering menggunakan strum aki
    Penggunaan setrum aki yang terlalu sering sangatlah tidak dianjurkan, terlebih jika mesin mobil dalam keadaan mati. Karena semakin sering arus listrik aki digunakan maka semakin pendek pula umur aki. Terutama pada komponen yang memakan arus yang besar.
    Pastikan arus listrik aki mobil avanza selalu stabil – Idealnya untuk pengisian arus listrik adalah 1/10 dari besar kapasitas aki mobil avanza.
  6. Selalu panaskan mobil avanza milikmu
    Jika kamu jarang menggunakan mobilmu dalam rentang waktu yang lama, sebaiknya selalu panaskan mobil setiap 2 hari sekali selama 5-10 menit. Ini berguna agar aki dan komponen elektronik dalam mobil tidak akan mudah rusak. Memanaskan mesin mobil itu sama saja seperti memakai namun tanpa berjalan dan tidak akan cepat rusak jika didiamkan begitu saja.
  7. Segera ganti aki baru jika memang sudah waktunya
    ini penting untuk menjaga komponen elektronik yang ada di dalam mobil avanza kamu. Jika dipaksakan justru bisa membahayakan, dan pilihlah aki yang bagus dan berkualitas untuk mobil avanza Anda dan kalau bisa tipenya sama dengan tipe aki yang lama, supaya lebih memudahkan sata pemasangan, terutama dudukan aki. Jadi kita tidak perlu lagi merubah posisi dudukan atau pegangan aki. Sebelum membeli baca dulu Tips Memilih Aki Untuk Mobil Avanza.

Demikian artikel tentang bagaimana cara merawat aki mobil avanza agar tidak cepat rusak. Intinya adalah memperpanjang umur aki supaya dapat menghemat pengeluaran. Namun jika memang harus benar-benar diganti pelajari dulu 17 Merek aki Mobil yang Bagus, Murah dan Tahan Lama. Merek aki untuk mobil Avanza yang bagus admin rekomendasikan untuk menggunakan NS40 Zeus, terbuat dari berkualitas, memiliki daya starter besar dan umur yang panjang tentunya.

Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *