Pengganti Aki yang Bagus Untuk Sepeda Listrik Selis 12v 12Ah

Cari pengganti aki kering sepeda listrik Selis murah dan tahan lama? berikut admin berikan untuk kamu rekomendasi aki yang bagus untuk sepeda listrik.

Sepeda listrik semakin populer belakangan ini, karena diklaim jauh lebih murah dan hemat ketimbang kendaraan berbahan bensin seperti motor. Benarkah demikian?

Ya, untuk harga sepeda listrik memang dikatakan jauh lebih murah. Dengan harga yang variatif mulai dari empat juta rupiah Anda sudah bisa memilikinya. Ditambah kendaraan ini juga tidak membutuhkan bahan bakar minyak untuk menggerakannya. Sepeda listrik hanya membutuhkan baterai aki sebagai sumber energi.

Namun dari segi harga aki sepeda listrik lebih mahal daripada aki sepeda motor. Jika harga aki motor standar dipasaran sekitar Rp 120.000 perbuah, maka aki sepeda listrik bisa dihargai Rp 245.000 Rp 1.200.000 perbuah (tergantung dari kualitas dan merek-nya), itu pun Anda membutuhkan setidaknya minimum tiga unit aki.

Baca Juga : Mengenal Jenis Aki Pada Kendaraan

Misal, jika Anda membeli aki paling murah yaitu Rp 245.000, kemudian dikalikan 3 Unit aki, maka Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 735.000 untuk mengganti aki yang rusak.

Umumnya Baterai aki untuk sepeda listrik bisa bertahan sampai dua tahun, itupun tergantung pemakaian dan kualitas baterai aki itu sendiri. Nah supaya enggak salah pilih, berikut aki terbaik yang bagus untuk sepeda listrik selis kesayanganmu.

Baca Juga : 17 Merek Aki Mobil yang Bagus Murah, dan Tahan Lama

1. Zeus Battery VRLA 12v 12Ah

zeus battery vrla 12v 12ah

Zeus Battery adalah brand dari PT Selatan Maju Sejahtera didirikan berdasarkan kebutuhan/market otomotif di Indonesia yang besar. Tersedia beberapa kebutuhan aki untuk kendaraan sepeda motor, mobil, sepeda listrik, kapal, perusahaan tambang dan pabrikan lokal yang membutuhkan aki (baterai).

Terbuat dari bahan baku timah berkualitas, Zeus Battery siap menembus pasar nasional dan internasional. Zeus Battery memiliki tipe yang cocok untuk sepeda listrik, yaitu Zeus Battery VRLA (Valve Regulated Lead Acid) 12v 12Ah Deep Cycle. Tipe ini memiliki Kapasitas 12Ah, 10HR Rate dan di hargai Rp 275.000 per-buah.

Anda bisa membelinya secara langsung melalui website resmi Zeus Battery VRLA 12v 12Ah atau melalui marketplace Zeus Battery Official Store Tokopedia.

2. SMT Power Battery VRLA 12v 12Ah

smt vrla 12v12ah

Baterai SMT Power VRLA 12v 12Ah adalah jenis Deep Cycle Battery yang digunakan sebagai tenaga cadangan (Backup Power) dari Suatu Sepeda Listrik atau Motor Listrik.

Battery ini termasuk aki kering SLA (Sealed Lead Acid) yang tidak membutuhkan perawatan khusus seperti jenis aki konvensional.

Aki SMT Power VRLA 12v 12Ah Deep Cycle untuk sepeda listrik dihargai sekitar Rp 310.000. Soal ketahanan baterai SMT cukup menjanjikan. SMT mengklaim daya tahan baterai untuk sepeda listrik bisa dua tahun lamanya.

3. MAXStrom Battery VRLA 12v 12Ah

maxstrom battery vrla 12v 12ah deep cyle

Maxstrom memberikan solusi praktis dan ekonomis untuk kebutuhan berbagai jenis baterai aki VLRA. Menawarkan kapasitas daya, efisiensi dan ketahanan yang maksimal sehinga bisa menjadi solusi baterai terbaik untuk berbagai kebutuhan komersial dan industri.

Aki kering ini tidak mudah bocor, high quality AGM separator, low self discharge rate, dan anti korosi sehingga sangat baik untuk sepeda listrik. MAXStrom mengklaim akinya bisa tahan hingga setahun lebih dengan perawatan yang maksimal.

Di marketplace, harga aki MAXStroom VRLA 12v 12Ah Deep Cycle dibendrol Rp 240.000 per-buah. Relatif paling murah diantara harga aki merek lain, maka tak heran kalau aki impor dari China ini memiliki angka penjualan terbanyak di tahun 2020.

4. Nagoya Battery VRLA 12v 12Ah

nagoya vrla 12v 12ah deep cycle

Baterai Nagoya Firstpower VRLA Deep Cycle merupakan aki yang menggunakan asam timbal (lead acid) berkualitas. Terdiri atas dua tipe aki; Starting Battery (baterai otimotif) dan VRLA Deep Cycle Battery (baterai industri).

Jenis aki kering Nagoya yang cocok untuk sepeda listrik adalah Nagoya FirstPower VRLA 12v 12Ah Deep Cycle. Secara fisik baterai ini terlindungi dan tertutup rapat sehingga cairan elektrolit tidak berkurang karena bocor dan anti penguapan.

Harga aki sepeda listrik Nagoya VRLA 12v 12Ah dipasaran cukup terjangkau. Rata-rata penjual online memberikan harga Rp 255.000 perbuah.

5. Kayaba Battery VRLA 12V 12Ah

kayaba vrla 12v 12ah

Baterai kering Kayaba mengusung teknologi AGM dimana ia dapat menggabungkan gas yang efisien tanpa efek fload atau aplikasi siklik pada DOD (Depth of Discharge). Memiliki masa pakai yang cukup lama dengan tingkat discharge rendah.

Itulah mengapa baterai ini cocok untuk sistem SHS atau PLTS dan Sepeda Listrik dimana ia menggunakan sistem Off Grid. Selain itu, Kayaba VRLA 12v 12Ah sangat mudah digunakan serta bebas dari pemeliharaan elektrolit atau penambahan air elektrolit.

Baterai Kayaba memiliki masa pemakaian hingga satu tahun lebih, karena meminimalkan konsumsi kelistrikan dan memiliki desain unik, kuat dan tahan terhadap lingkungan yang keras.

Harga aki Kayaba 12v 12Ah VRLA Deep Cycle untuk sepeda listrik dibendrol sekitar Rp 250.000, namun sepertinya di daerah jabodetabek aki ini belum banyak tersedia.

6. Yuasa Battery VRLA 12v 12Ah

yuasa battery vrla 12v 12ah

Siapa yang tidak kenal Yuasa? Ya, Merek dagang ini memang menguasai hampir seluruh pelosok Indonesia, dari suku cadang otomotif hingga Industri.

Baterai Yuasa NP4-6 terdiri dari Stationary Battery yang digunakan sebagai tenaga cadangan (Backup Power) dari suatu perangkat/mesin. Battery ini termasuk battery kering dan tidak memerlukan perawatan khusus seperti jenis battery konvensional.

Mengusung teknologi Valve-Regulated Lead-Acid Absorbent Glass Mat. Teknologi ini diklaim aki menjadi tidak mudah bocor, karena cairan sepenuhnya sudah terserap ke dalam lapisan fiberglass.

Sama seperti tipe lainnya, Anda bisa membeli Tipe Yuasa NP12-12 VRLA 12v 12Ah untuk sepeda listrik kesayangan Anda. Untuk harga bisa dibilang hampir dua kali lipat dari harga yang saya sebutkan diatas.

Yuasa NP12-12 VRLA 12v 12Ah dibendrol sekitar Rp 475.000 per buah. Ada harga ada kualitas!

7. Chilwee 6 DZM 12 VRLA 12v 12Ah

chilwee vrla 12v 12ah deep cycle battery

6 DZM 12 adalah type aki sepeda listrik bebas perawatan inisial China dengan kapasitas 12Ah. Angka 6 diartikan sebagai jumlah sel lead acid, sedangkan 12 adalah 12 ampere hours.

Seringkali ketika Anda baru membeli sepeda listrik mendapati aki model seperti ini. Ya, aki tersebut memang aki bawaan sepeda listrik asal china.

Harga aki tersebut dibendrol cukup mahal yaitu sekitar Rp 700.000 per buah. Meski mahal Chilwee 6 DZM 12 12v 12Ah memiliki HR rate yang baik yaitu kisaran 2hr.

Nah sesuai dengan harganya, aki jenis ini tergolong aki berkualitas bagus, dengan teknologi graphene berkapasitas besar, Chilwee 6 DZM 12 memiliki masa pakai lebih lama.

Kesimpulan

Memilih aki untuk sepeda listrik memang tidak bisa sembarangan. Kalau salah bukannya hemat malah membuat kantong kamu jebol. Untuk itu tips dari kami sebelum membeli online, lihat dulu review dari pembeli lainnya. Atau Anda bisa bedakan aki berkualitas berdasarkan beratnya.

Semakin berat suatu baterai aki maka bisa dipastikan aki tersebut memiliki kualitas bagus. Soal harga pun demikian, semakin mahal biasanya kualitas aki semakin bagus.

Dan hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah biasanya baterai aki untuk sepeda listrik membutuhkan kapasitas 12v 36Ah atau 12v 48 Ah yang disusun secara seri.

Artinya, untuk sepeda listrik yang menggunakan aki 12v 36Ah, berarti ia butuh tiga baterai aki 12v 12Ah. Sedangkan 12v 48Ah membutuhkan empat baterai aki 12v 12Ah.

Sekian dulu informasi Rekomendasi Aki Kering yang Bagus Untuk Sepeda Listrik dari kami. Jika dirasa aki masih bisa di perbaiki, ketahui dulu penyebab aki rusak pada sepeda listrik. Semoga Bermanfaat.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.