Tips Memilih Aki Untuk Mobil Avanza

tips memilih aki mobil avanza

Tips Memilih Aki untuk Mobil Avanza – sebelum membeli aki untuk mobil Avanza Anda, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Pertama Anda harus mengetahui dari segi kualitas, kedua harga, dan ketiga adalah spesifikasi mobil itu sendiri. Dari segi kualitas coba teliti terlebih dahulu apakah merek aki tersebut mudah soak atau cepat rusak. Bagaimana cara nya? Untuk mengetahuinya Anda bisa melihatnya dari testimoni-testimoni orang lain atau yang sudah berpengalaman dalam membeli aki untuk mobil mereka.

Dan disini kita lihat juga apakah aki tersebut memiliki garansi? jika ada perhatikan juga si penjual apakah bisa dipercaya atau tidak, terlebih jika Anda membelinya melalui online. Kita bisa melihat reputasi toko biasanya dari badge atau testimoni website / review dari google.

Kemudian sebelum membeli, apakah aki tersebut baru? jangan-jangan rekondisi atau aki bekas yang dikemas menjadi seperti baru?. Hindari pembelian aki model ini, karena selain bisa merusak komponen-komponen elektronik mobil, tentu mesin juga akan susah untuk distarter.

Dari segi harga, jangan tergoda dengan harga yang murah, bisa jadi itu aki rekondisi, hati-hati!. Tidak apa membeli aki dengan harga yang sedikit mahal, asalkan awet sampai berbulan-bulan. Tapi Anda juga bisa melihat dan membandingkan harga dari beberapa merek aki mobil yang bagus, murah dan tahan lama.

Selanjutnya adalah menyesuaikan tegangan aki dengan standar mobil Anda. Jika tegangan kurang, maka mobil akan cepat tekor, dan juga apabila tegangan lebih besar dari standar yang ditentukan, justru akan merusak komponen lain yang ada didalam mobil Anda. Jadi tanyakan dulu kepada ahlinya atau Anda juga bisa melihat terlebih dahulu katalog battery aplication yang disediakan supaya tidak salah dalam membeli aki.

Tips Memilih Aki Mobil Untuk Avanza

Perhatikan Komponen Mobil dan Besaran Daya Amper
Baterai atau aki mobil memiliki peran penting dalam menunkang komponen kelistrikan yang ada pada mobil. Adapun jenis komponen yang dimaksud adalah, lampu, Klakson, HID, audio, video, power windows, central lock, pendingin, dan lain sebagainya. Komponen elektronik tersebut membutuhkan kelistrikan seperti kondensator, resistor beserta dengan besaran tegangan yang beragam.

Apabila suplai listrik tidak stabil, otomatis bisa merusak komponen elektronik yang ada didalamnya. Yang parahnya lagi, jika sudah rusak satu makan bisa merembet ke komponen lainnya dan mengakibatkan penurunan peforma mobil secara keseluruhan. Jadi kesimpulannya pilih aki sesuai standar mobil Anda, jika tidak maka bisa berakibat kerusakan pada komponen elektronik didalamnya. Untuk Avanza biasanya kita memerlukan daya 12 Volt dengan kapasitas sebesar 40-45 Amper. Biasanya standar tipe akinya adalah tipe NS40 untuk 32 Amper atau NS60 untuk 45 amper (jika ada tambahan perangkat elektronik didalamnya). Baca juga Cara Merawat Aki Mobil Toyota Avanza Agar Awet.

Merek Aki untuk Avanza
Ada banyak merek aki yang dijual bebas dipasaran, seperti GS Astra, Yuasa, Zeus Battery, Delkor, Amaron, G-Force, Gobal DLL. Ada beberapa aki yang sudah dipercaya dan paling banyak digunakan oleh konsumen. Namun admin juga menyarankan untuk menggunakan Aki Merek Zeus Tipe NS60, Selain harga murah, kualitas baterai ini tidak kalah dengan Yuasa dan GS Astra. Tidak cepat soak, terbuat dari bahan berkualitas tinggi, memiliki standar industrial jepang, Desain khusus untuk wilayah tropis dan yang paling penting adalah memiliki daya starter yang besar. Zeus Battery juga memberikan garansi hingga 6 bulan, dan gratis ongkos kirim untuk wilayah jabodetabek.

Harga Aki Mobil Avanza
Untuk harga kembali lagi pada komponen mobil yang digunakan. Apabila mobil Avanza Anda tambahan perangkat elektronik didalamnya, maka tipe aki yang digunakan juga harus ditambah kapasitasnya. Namun pada umumnya mobil Avanza menggunakan Tipe NS40 dengan kapasitas standar yaitu 32 Amper. Harga NS40 umumnya di bendrol sekitar Rp 500.000 hingga Rp 600.000. Untuk tipe NS60 para pedagang aki biasanya menjual dengan harga 600.000 – 700.000. Bahkan kalau di online mereka terkadang banting harga sampai 15 %, jadi bisa menghemat hingga 100.000 rupiah.

 

Kesimpulan

Anda harus teliti dalam memilih aki terbaik untuk mobil avanza dan hati-hati dalam bertransaksi terutama melalui online. Jika Anda ingin membelinya melalui online Anda bisa membelinya di marketplace seperti tokopedia dan bukalapak. Atau bisa juga menghubungi customer service Zeus Battery melalui situs www.zeusbatteryonline.com, situs belanja aki online terpercaya dan fast response. Silahkan hubungi CSnya di Telp / Whatsapp081342000410 atau Email: marketing.selatanmajusejahtera@gmail.com.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *