Cara Membuat Aplikasi Android Di HP Menggunakan Android Studio

Sekarang, ada beberapa cara membuat aplikasi Android di HP yang bisa kamu coba sendiri. Memang, di Android market sudah tersedia berbagai macam aplikasi yang dapat diunduh secara gratis hingga berbayar. Tapi, untuk kamu yang ingin merancang aplikasi sendiri sesuai dengan keinginan, kamu bisa mencoba dengan sistem Android di smartphone.

Membuat aplikasi sendiri menggunakan ponsel pintar memang tak semudah memakai komputer ataupun laptop. Namun di sini, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Android yang bernama Android Studio.

cara membuat aplikasi android di hp

Cara Membuat Aplikasi Android Di HP Menggunakan Android Studio

Ketika kamu akan menyusun aplikasi sendiri, kamu bisa memulainya dengan Android Studio. Tapi sebelumnya, kamu harus menyiapkan beberapa hal dengan sederetan langkah berikut ini:

  • Silakan unduh JDK (java development kit), yang merupakan salah satu software untuk mengembangkan aplikasi berbasis java, dari development environment.
  • Kalau sudah berhasil diinstal, klik “next” untuk lanjut.
  • Download Android Studio, dan jika sudah terinstal, silakan buka dialog untuk konfigurasi awal di Android Studio milikmu.
  • Klik saja “do not impor setting” apabila itu pertama kalinya kamu menginstall Android Studio, lalu klik lagi “next” setelahnya.
  • Tentukan tema Studio Android yang kamu inginkan.
  • Silakan centang atau ceklis bagian “Android virtual devide” jika kamu ingin menginstall emulator Android.
  • Tentukan juga ram yang akan dipakai oleh emulatornya.
  • Tekan “finish” dan Android Studio akan mengunduh file-file yang dibutuhkan.
  • Selanjutnya, instal Android SDK (software development kit).
  • Silakan centang bagian OS Android yang ingin kamu instal sdk-nya itu.

Tersebut adalah beberapa hal yang akan kamu perlukan untuk membuat aplikasi Android menggunakan Android Studio. Belum selesai sampai di sini ya. Karena langkah selanjutnya kamu bisa membuat aplikasi Android yang kamu maksudkan.

Baca Juga : Cara Membuat Aplikasi Input data di Android

Setelah memenuhi beberapa komponen yang dibutuhkan, selanjutnya untuk membuat aplikasi Android dengan Android Studio, bisa kamu mulai dengan:

  1. Buka aplikasi Android Studio terlebih dulu.
  2. Kemudian, pilih “start e new Android Studio project”.
  3. Jangan lupa tulis nama aplikasi yang akan kamu buat dan lokasi penyimpanannya.
  4. Pilih juga minimum OS Android guna menjalankan aplikasimu nanti.
  5. Lanjut ke “empty activity” dan beri nama lalu klik “finis”.
  6. Cari tampilan environment Android Studio dengan fokus ke “main activity” dan “activity_main.xml
  7. Untuk melihat tampilan Androidnya, buka file “activity_main.xml
  8. Untuk menjalankan aplikasi, pilih tombol berwarna hijau (play)
  9. Tempatkan di mana kamu akan menjalankan aplikasi Androidnya.
  10. Untuk pengguna ponsel Android, kamu bisa memulainya dengan pergi ke menu “developer options” di menu setting Android.
  11. Aktifkan menu “usb debugging”
  12. Tancapkan smartphone Android itu ke komputer menggunakan kabel usb. Kalau muncul notifikasi mengenai perizinan, silakan pilih “allow”.
  13. Instal drive smartphone Android pada laptop atau komputermu dan (kembali ke Android Studio). Maka device Android milikmu akan muncul di dialog yang ada di opsi “connected devices”.
  14. Klik saja “device Android” tersebut dan klik lagi “oke”. Silakan tunggu sampai proses compiling selesai dan nantinya aplikasi Android milikmu akan berjalan di ponselmu.

Itulah beberapa langkah panjang menggunakan Android Studio untuk membuat aplikasi lewat Android. Memang, cara membuat aplikasi Android di hp bisa dengan beberapa aplikasi lainnya. Akan tetapi, Android Studio diklaim sangat user-friendly dan mudah diikuti untuk seorang pemula sekalipun.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.