Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit

Saat melakukan instalasi Windows di komputer, ada proses dimana kita diminta untuk memilih basis sistem 32 bit atau 64 bit. Begitu juga saat melakukan instal software. Sering kali software tersebut meminta minimal spesifikasi sistem operasi 32 bit atau 64 bit.

Lalu apa sebenarnya 32 bit dan 64 bit itu?

Pasti Anda pernah mendengar istilah game 8 bit yang ada pada sebuah game console atau smartphone. Dimana game tersebut memiliki tampilan yang seadanya, tidak halus, dan bahkan nyaris tidak berbentuk, karena masih nampak titik-titik pixelized-nya. Biasanya game-game tersebut adalah game lawas keluaran tahun 1970-an. Nah, titik-titik itulah gambaran bit pada sebuah perangkat komputer.

Pada awal tahun 2000-an, teknologi digital semakin maju dan berkembang. Prosessor dan CPU yang digunakan juga semakin canggih, sehingga memungkinkan developer membuat grafik beresolusi tinggi hingga 64 bit. Perangkat smartphone, Tablet maupun komputer, masing-masing memiliki prosessor dan CPU. Prosessor sebagai otak dan CPU sebagai tempat penyimpanan data sementara.

Baca Juga : Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakan Windows Task Manager di Laptop

Apa hubungannya Bit, Prosessor dan CPU?

Bit merupakan sebuah satuan digit dalam sistem angka biner. Bit mengacu pada kemampuan prossesor PC maupun CPU untuk menangani berbagai macam informasi yang berada di dalam perangkat tersebut. Fungsi CPU sebagai tempat penyimpanan data yang disebut register. Register ini memiliki fungsi untuk mempercepat proses eksekusi data dan informasi. Kemudian register melahirkan jumlah bit yang dipakai untuk menunjukkan ukuran data yang ada di dalam prosessor.

perbedaan 32 bit dan 64 bit

Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit dan 64 Bit

32 bit dan 64 bit sekilas memang tidak nampak perbedaan, kita para pengguna juga tidak terlalu ambil pusing untuk urusan ini. Yang penting komputer bisa menyala, itu saja sudah cukup. Tapi tahukah Anda bahwa sebenanrya 32 bit dan 64 bit itu adalah hal yang berbeda? Lalu apa saja perbedannya?

1. Perbedaan Kapasitas RAM

Jika dilihat dari segi pemakaian RAM, Windows 32 bit hanya mampu berjalan dengan penggunaan RAM kurang dari 4gb. Apabila kapasitas pemakaian lebih dari 4gb, maka sistem hanya akan membaca sampai 4gb saja. Sedangkan Windows 64 bit bisa membaca RAM hingga 192Gb. Jadi jika Anda membutuhkan RAM besar, sebaiknya pilih 64 bit.

2. Perbedaan Performa

Perbedaan signifikan dari keduanya adalah dari segi performa, sudah jelas prossesor 32 bit memiliki kemampuan di bawah 64 bit yang hanya cocok untuk pekerjaan ringan saja, seperti mengetik tugas kuliah di MS Word, browsing facebook, membuat aplikasi dekstop, dan lain sebagainya.

Sebaliknya, 64 bit cocok untuk pekerjaan yang berat-berat atau pekerjaan yang membutuhkan komputer resolusi tinggi, seperti editing video, rendering, membuat animasi 3D, bermain game online, dan lain sebagainya. Jadi jika Anda melakukan pekerjaan ringan maka 32 bit sudah cukup, tetapi untuk pekerjaan berat sebaiknya pilih 64 bit.

3. Kecocokan Software

Perbedaan antara 32 bit dan 64 bit turut mempengaruhi kecocokan software yang digunakan. Software dengan sistem 32 bit tidak bisa dijalankan pada perangkat 64 bit. Sedangkan software dengan sistem 64 bit bisa ditempatkan dikeduanya, yaitu 64 bit maupun 32 bit.

4. Perbedaan Tingkat Keamanan

Windows 64 bit sudah didukung dengan fitur patchguard yang berfungsi mencegah virus dan malware yang dapat mengacaukan kernel pada komputer Anda. Sedangkan 32 bit belum tersedia.

Demikian informasi mengenai perbedaan windows 32 bit dan 64 bit, semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.