Fakta Seputar Nasi Padang

Fakta Seputar Nasi Padang – Siapa sih yang tidak suka nasi Padang? Kudapan yang satu ini sudah melegenda dari masa ke masa. Ibarat surga ada di bawah telapak kaki ibu, surga juga ada di rumah makan Padang. Kenapa bisa begitu? Karena kenikmatan makanannya yang tiada tara, dan rasanya yang juara tak terhingga.

Meskipun berasal dari Sumatera Barat,  nasi Padang tetap saja digandrungi pecinta kuliner seluruh nusantara, baik dari segala suku bangsa, agama, maupun tingkat ekonomi apapun rata-rata suka dengan masakan yang satu ini. Dibalik kelezatan masakan ini, terdapat fakta-fakta seputar nasi Padang yang perlu diketahui.

1 Porsi lebih banyak saat dibungkus

Salah satu fakta dari nasi Padang yakni porsi makanan lebih banyak saat dibungkus. Mengapa bisa demikian? Ternyata di zaman kolonial terdahulu, Rumah Makan Padang termasuk yang ekslusif, hanya kaum penjajah dan para saudagar kaya saja yang bisa menikmati lezatnya menu seperti rendang, gulai tunjang, dendeng batako, dan lain sebagainya. Entah siapa yang memulai, para pemilik rumah makan (orang minangkabau asli) menyadari bahwa banyak dari saudara mereka bekerja sebagai buruh kasar untuk para penjajah dan saudagar kaya yang makan di rumah makan mereka, dan saudara mereka ini membutuhkan tenaga dan gizi yang cukup untuk tetap selalu sehat dan bekerja menafkahi keluarga mereka.

fakta seputar nasi padang
fakta seputar nasi padang

Pemilik rumah makan juga beranggapan kalau mereka yang membeli dibungkus, akan berbagi dengan keluarganya di rumah. Oleh karena itu, nasi dilebihkan agar keluarga si pembeli juga bisa ikut menikmati. Kebijakan ini oleh para pengusaha pemilik warung makan Padang disebut dengan Ampera alias Amanat Penderitaan Rakyat. Inilah yang menjadi cikal bakal kenapa rumah makan Padang di Sumatera Barat sana disebut dengan rumah makan Ampera.

Baca Juga : Resep membuat Mashed Potato Balls

2 Dapat di Jumpai di Seluruh Pelosok

Sudah budayanya bawasanya orang Minangkabau untuk pergi merantau. Hampir seluruh pelosok negeri dapat kita jumpai rumah makan yang menghidangkan masakan Padang. Baik itu yang sekelas resto maupun yang kelas warung jalanan. Disamping itu, alasan kongkrit dari mainstream-nya masakan Padang itu sendiri karena setiap menu, hidangan-nya pasti berasal dari bahan-bahan yang berbeda. Untungnya, masakan yang disajikan oleh rumah makan Padang terbuat dari bahan baku yang mudah didapatkan di setiap daerah. Misalnya, ayam, daging sapi, ikan, telur, santan, dan rempah-rempah.

3 Termasuk masakan terlezat di dunia

Kita patut berbangga karena salah satu menu masakan Padang yaitu Rendang pernah masuk kedalam The World’s 50 Best Foods versi polling dari CNN Travel. Dalam polling tersebut, Rendang berada diperingkat 11 dibawah kudapan Chicken Muamba dari Gabon. Disamping itu, masakan Padang termasuk yang digandrungi dunia. Tahun 2016 lalu, heboh video viral oleh Youtuber asal Norwegia yang dikenal dengan nama Audun ‘Kvitland’ ini menciptakan lagu berjudul nasi Padang.

Dalam liriknya, menceritakan betapa dia sangat menyukai rasa nasi Padang yang begitu lezat. Bahkan saking sukanya, dia ingin menikahi nasi Padang jikalau kuliner kebanggaan masyarakat Minangkabu tersebut ialah  wanita.

 

 

Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *