Semua berasal dari Espresso

“Kopi yang enak akan selalu menemukan penikmatnya” begitu kutipan quote dari film Filosofi Kopi. Bagi sebagian orang, memulai hari dengan secangkir kopi adalah sebuah kenikmatan tersendiri. Rasanya tanpa meneguk secangkir kopi, seperti ada serpihan yang hilang dalam berutinitas. Tak heran, minuman berkafein ini merupakan salah satu minuman paling digemari di dunia. Ada berbagai macam jenis kopi yang dijajakan di beberapa kedai kopi. Tetapi, tahukah kamu semua jenis kopi yang terdapat pada menu semua berasal dari espresso. Tidak percaya? berikut ulasanya.

1. Americano

Formula kopi americano paling sederhana, dengan hanya olahan espresso yang dicampurkan dengan air panas. Sehingga kopinya lebih ringan, ditambah lagi rasanya tidak begitu pahit ketimbang espresso.

2. Latte

Jenis kopi yang satu ini memang unik. Rasanya yang creamy dan tampilan penyajianya yang menarik, membuat kopi Latte banyak digemari orang terutama anak muda. Formula dari jenis kopi ini terdiri dari campuran espresso dan susu yang di steaming, dimana kandungan susu-nya lebih dominan ketimbang kopinya.

3. Macchiato

Kalo latte menyajikan kandungan espresso yang kecil, beda halnya dengan machiatto hadir dengan takaran espresso yang lebih besar. Tentunya ada campuran susu yang dibuat secara frothing berbeda dengan latte yang dibuat secara steaming.

4. Cappucino

Dari semua pembahasan, Cappucino memiliki semua formula yang ada. Tentu basic-nya dari espresso juga, yang dicampur dengan susu (baik susu yang di frothing maupun yang di steaming). Umumnya ciri cappucino terasa foam-nya yang agak tegas serta bold di saat pertama tegukan, lalu diikuti kopi dengan rasa milky yang kuat setelahnya. Berbeda dengan latte, cappucino tidak memakai art di permukaannya.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.