11 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen di Laptop Paling Ampuh

File yang terhapus seringkali membuat pengguna merasa pusing dan jengkel. Terlebih lagi jika itu berhubungan dengan dokumen pekerjaan, tugas sekolah, foto kenangan dan lain sebagainya yang bersifat penting. Ketika mengalami kejadian seperti ini banyak orang berpikir membawanya ke tukang service. Padahal, Anda bisa mempraktekkan beberapa cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop berikut.

Sekarang ini sudah ada berbagai macam software yang bisa membantu Anda mengembalikan file terhapus di laptop atau PC secara otomatis. Sehingga tidak terlalu sulit dan membutuhkan banyak waktu. Bahkan pemula sekalipun pasti bisa mengikuti tutorialnya.

cara mengembalikan file yang terhapus

Tanpa basa-basi, inilah cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop.

Baca Juga : Cara Mengembalikan File Yang Terhapus di Memory Internal Android Melalui Komputer

Tiga Syarat Penting Agar Berhasil

Sebelum menggunakan salah satu software yang admin rekomendasikan dibawah, Anda perlu memahami tiga syarat wajib berikut. Sehingga file bisa dikembalikan dalam kondisi baik. Persyaratan itu terdiri dari:

  1. Tidak menambah data baru di folder atau drive tempat Anda menyimpan data tersebut
  2. Tidak menginstall program apapun di folder atau drive tersebut
  3. Tidak menyimpan file yang berhasil direcover ke dalam drive tersebut

Ketiga hal diatas disebut sebagai syarat wajib karena apabila Anda menyimpan data baru ke dalam drive tadi, maka dikhawatirkan file baru menimpa file yang terhapus. Sehingga membuatnya rusak dan sama sekali tidak dapat dikembalikan. 

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen di Laptop

Setelah Anda memastikan sudah memenuhi ketiga syarat diatas, sekarang saatnya mencoba salah satu aplikasi file recovery terbaik berikut ini. Setiap aplikasi mempunyai kelebihan tersendiri untuk tipe file tertentu. Jadi, pilihlah sesuai kebutuhan masing-masing.

1. Recuva

aplikasi data recovery recuva

Bagi para pemula yang masih awam soal backup file, maka bisa mencoba menginstall Recuva. Software ini cocok digunakan karena memiliki wizard yang akan membimbing Anda selama proses pengembalian file berlangsung. Ada banyak format disk yang didukung, seperti exFAT, FAT dan NTFS. Selain itu, Recuva juga menampilkan preview untuk file gambar.

Tersedia pula fitur Advanced Mode untuk membantu Anda melakukan pencarian file lebih detail, meskipun relatif lebih lambat. Versi portable Recuva memungkinkan Anda menggunakannya tanpa perlu menginstall terlebih dahulu.

2. EaseUS Data Recovery

EaseUS Data Recovery

Ini dia software yang sudah populer dikalangan pengguna PC dan laptop berkat kehebatannya dalam mengembalikan file terhapus. EaseUS Data Recovery bisa digunakan untuk laptop atau PC, sekaligus di perangkat removable lain.

Selain bisa dimanfaatkan untuk mencari file yang terhapus, software ini juga bisa membantu Anda melakukan backup data penting di PC atau laptop. Bahkan, email yang sudah terhapus sekalipun bisa dipulihkan dengan EaseUS Data Recovery Wizard.

Fitur scanning pada EaseUS Data Recovery Wizard sangatlah fleksibel dan bisa mengembalikan 1000 lebih format file. Mulai dari file dokumen, audio, video, gambar dan format lainnya. Kapasitas recovery data yang ditawarkan mencapai 2GB. Anda bisa menginstall untuk perangkat Windows 10/XP/Vista/8.1/7/8.

Adapun cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop menggunakan EaseUS Data Recocery Wizard sebagai berikut:

  1. Pertama, download dan install EaseUS Data Recovery Wizard
  2. Buka aplikasi dan pilih partisi yang ingin di recovery filenya. Apabila Anda ingin mengembalikan file terhapus di folder tertentu, maka pilih Browser di Specify a location lalu pilih foldernya. Kemudian pilih opsi Scan
  3. Tunggu sampai prosesnya selesai, lama atau tidaknya tergantung jumlah file di folder/partisi yang direcovery. Setelah selesai, silahkan pilih file mana saja yang hendak direcovery. Centang pada file yang Anda inginkan, lalu klik Recover
  4. Sekarang pilih folder tujuan (sebagai contoh folder Data Kantor) untuk menyimpan file hasil recovery. Kemudian pilih OK
  5. Selesai

Untuk memastikan file sudah berhasil direcovery, silahkan buka folder yang Anda pilih sebagai penyimpanan. Misalnya saja folder Data Kantor seperti diatas.

Baca Juga : 3 Cara Download File di Scribd Tanpa Bayar

3. Stellar Phoenix

stellar phoenex windows data recovery

Software lain yang bisa membantu Anda mengembalikan file terhapus dengan aman adalah Stellar Phoenix. Anda bebas memilih apakah ingin mengcover satu file tertentu atau semua file di dalam folder. Hebatnya, Stellar Phoenix bukan hanya bisa dipakai untuk mengembalikan data pada hardisk saja, melainkan juga SD Card, DVD, CD dan USB Drive.

Stellar Phoenix bisa membantu Anda memulihkan file dokumen, musik, video dan gambar. File arsip dalam format ZIP dan database juga mampu dikembalikan dengan aman dan baik. Pada versi pro, pengguna perlu melakukan kloning hardisk agar proses pemulihan data lebih aman.

4. Disk Drill

disk drill file recovery

Tidak berlebihan rasanya apabila memasukkan Disk Drill ke dalam daftar aplikasi file recovery terbaik. Pasalnya, fitur didalamnya sangatlah canggih dan keren. Ia mampu memulihkan file terhapus karena mati listrik secara mendadak, kerusakan partisi, kerusakan sistem, serangan virus, sampai tidak sengaja menghapus Recycle Bin.

Disk Drill mendukung banyak system penyimpanan seperti EXT, FAT32, NTFS, HFS+ dan lain-lain. Selain melakukan recovery di hardisk PC atau laptop, software ini juga bisa dipakai untuk perangkat eksternal seperti SD card, flash disk dan sejenisnya. 

Salah satu fitur unggulan Disk Drill adalah Recovery Vault. Fitur ini berguna untuk menyimpan database dari file yang sudah dihapus, sehingga bisa dikembalikan sewaktu-waktu membutuhkannya. Ketika Anda tidak sengaja menghapus file penting, maka sekarang terasa lebih aman.

Semua kecanggihan Disk Drill bisa dinikmati secara gratis dan ukurannya kurang dari 500 MB. Bagaimana, ingin segera mencobanya bukan? 

5. R-Studio

r-studio data recovery terbaik

Kurang lengkap rasanya apabila membahas aplikasi file recovery laptop terbaik apabila sampai melewatkan R-studio. Fitur-fiturnya canggih dan mudah dipahami oleh semua orang. Anda bisa menggunakannya untuk pencarian file sederhana sampai secara mendetail layaknya ahli komputer.

Studio akan membantu Anda mencari berbagai macam format file yang terhapus dan mengembalikannya cukup beberapa klik. Sama seperti aplikasi lain, R-Studio bisa dipakai untuk memulihkan file dari hardisk, flash disk dan perangkat apapun yang terhubung ke PC.

Meskipun file sudah dalam keadaan rusak, tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa memperbaikinya dengan fitur text-and-hexadecimal editor. Selama Anda menguasainya, masih ada harapan dikembalikan.

Bahkan ketika OS Windows di perangkat Anda rusak, masih tetap bisa melakukan recovery lewat fitur bootable USB drive di R-Studio.

Baca Juga : Cara Download File di Slideshare Tanpa Login Gratis

6. PC Inspector File Recovery

PC Inspector File Recovery

Meskipun pamornya kalah dari software lain dan dari segi fungsi tidak secanggih EaseUS Data Recovery Wizard, namun Anda boleh mencoba PC Inspector File Recovery. Siapa tahu masalah Anda bisa segera diatasi dengan aplikasi ini.

Jika tertarik untuk mencoba, silahkan ikuti cara mengembalikan file yang terhapus dan tidak ada di recycle bin berikut:

  1. Langkah pertama, download PC Inspector File Recovery dan install
  2. Buka aplikasi, pilih bahasa English dan klik Centang
  3. Setelah itu pilih bagian Recover Deleted Files
  4. Tentukan drive yang ingin direcovery dan klik Centang
  5. Setelah itu lihat pada kolom Content of Deleted yang berisi file recovery. Perhatikan keterangannya, apabila good maka masih bisa dikembalikan. Untuk file yang terhapus sudah lama, kelihatannya tidak bisa dipulihkan
  6. Selanjutnya, klik kanan pada file yang hendak dipulihkan dan pilih Save To. Pilih lokasi dan tekan tombol Centang
  7. Tunggu prosesnya selama beberapa saat, Selesai

7. Pandora Recovery

pandora File Recovery

Selain menawarkan kecanggihan, Pandora Recovery juga memiliki keunggulan berupa pemakaian yang mudah. Pemula dijamin tidak bingung ketika ingin menggunakannya, karena sudah disediakan wizard. Wizard ini berupa panduan untuk membimbing Anda disetiap tahapnya, mulai dari pengecekan recycle bin, memilih metode recovery dan lain sebagainya.

Ada beberapa metode recovery yang bisa dipilih oleh pengguna. Pertama, mencari folder dan file secara manual. Proses pencarian dilakukan menurut jenis file, ukuran dan nama. Ada pula mode deep scan yang berguna untuk membantu pengguna menemukan data yang susah diidentifikasi dan sudah rusak.

Baca Juga : Cara Download File di Academia Edu Tanpa Login Gratis

8. Data Rescue PC

data rescue pc file reacovery

Tidak hanya bekerja dengan baik di perangkat modern, Data Rescue PC juga mampu memberikan performa terbaik untuk perangkat jadul. Untuk Anda yang kebetulan memiliki hard disk jadul, maka recomended banget buat mencobanya.

Selain hard disk, pengguna juga bisa memulihkan file-file penting dari beberapa komponen PC jadul. Sebagai contoh, floppy disk. Mirip seperti R-Studio, Anda juga dapat membuat kloningan data dari sejumlah komponen jadul itu.

Lebih kerennya lagi, software Data Rescue PC mampu dioperasikan di hampur seluruh versi Windows. Yaitu mulai Windows 3.1 sampai dengan Windows 8.1. Pengguna juga bisa menginstallnya di MS-DOS untuk memulihkan file pada OS Windows. 

9. Wise Data Recovery

wise data recovery

Siapa bilang cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop itu susah dan ribet? Mungkin saja Anda belum mencoba Wise data Recovery. Aplikasi ini hadir dengan user interface sederhana dan tidak banyak customisasi yang seringkali membuat pengguna merasa bingung.

Wise Data Recovery hadir dengan tampilan seadanya. Yaitu terdiri dari tombol pencarian, kolom pencarian dan tombol untuk memulihkan data. Bagi pengguna yang belum pernah melakukan recovery data sebelumnya, pasti mudah banget memahami fitur di software satu ini.

Wiste Data Recovery tersedia untuk OS MAC, Windows 7/8 dan Windows Vista baik pada 32 bit atau 64 bit. Tersedia banyak pilihan bahasa, seperti Belanda, Arab, Latin, Inggris, Cina dan lain-lain.

10. MiniTool Partition Recovery

minitool file recovery

Sesuai dengan namanya, fungsi utama dari software ini adalah mengatur partisi pada hard disk. Selain itu, pengguna juga bisa memulihkan berbagai format data di dalam hard disk tersebut. Tampilannya sederhana dan dilengkapi panduan lengkap, itulah kelebihan dari MiniTool Partition Recovery.

Software ini juga bisa mengembalikan file yang terhapus di email, CD dan lain sebagainya. Bisa diinstall untuk Windows XP, 2000, Vista 7 dan 8.

11. Undelete 360

undelete 360

Cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop terakhir adalah menggunakan software Undelete 360. Keampuhannya dalam memulihkan file berbagai format sudah tidak diragukan lagi, baik itu PDF, video, foto dan lain sebagainya. Prosesnya tidak membutuhkan waktu lama dan hasilnya sempurna. Bahkan file dari flashdisk dan kamera digital sekalipun dapat dikembalikan.

Sayang sekali, Undelete 360 memiliki terlalu banyak penawaran dan iklan yang dirasa cukup mengganggu kenyamanan pengguna. Bisa coba sendiri untuk membuktikannya.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop. Semoga bisa membantu Anda menemukan kembali file atau data-data penting yang secara tidak sengaja kehapus.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.