Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Memory Internal Android melalui Komputer

Kehilangan foto atau dokumen penting lainnya pasti menjadi masalah besar bagi siapapun. Termasuk pada ponsel android dimana terdapat memori penyimpanan khusus. Jika hilang, Anda bisa mencoba cara mengembalikan file yang terhapus di memori internal android melalui PC.

cara mengembalikan file yang terhapus di memory internal android melalui pc

Perangkat pada ponsel, memang memiliki potensi atau memungkinkan kehilangan data baik itu dari virus maupun kerusakan eksternal lainnya. Untuk menyelamatkannya, Anda masih bisa melakukan recovery atau pengembalian data secara menyeluruh.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembalikan foto ialah dengan menggunakan aplikasi recovery khusus. Sebut saja, Easeus Mobi Saver atau juga Android Data Recovery.

Android Data Recovery sendiri merupakan sejenis aplikasi yang berbasis Windows, oleh karenanya dapat diinstall pada PC desktop ataupun laptop pada sistem operasi Windows. Sementara itu, Easeus Mobi Saver juga tersedia versi khusus yang mendukung sistem operasi Windows maupun android.

Baca Juga : 11 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop

Apa Itu Recovery Data dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Pada dasarnya, recovery data merupakan sebuah proses pemulihan atau penyelamatan data yang sebelumnya tak lagi bisa diakses, hilang atau bahkan rusak. Sebab kondisi lain ialah adanya media removable yang tak bisa diakses dengan prosedur umum.

Data sendiri paling umum disimpan pada media seperti harddisk drive, ssd, flash drive USB cd atau bahkan dvd serta perangkat sejenis. Pemulihan data pun diperlukan lantaran kerusakan fisik perangkat penyimpanan pada berkas yang mungkin mencegah pemasangan oleh sistem operasi induk.

Prosedur pemulihan data paling sering diakibatkan oleh kegagalan pada sistem operasi, kegagalan perangkat penyimpanan, kerusakan atau bahkan penghapusan yang tak disengaja. Oleh karena itu, cara mengembalikan file yang terhapus di memory Internal Android melalui PC adalah menyalin seluruh file ke dalam media baru.

Baca Juga : Cara Download File di Slideshare Tanpa Login Gratis

Langkah Recovery Data

Lebih jauh mengenai cara pengembalian foto atau dokumen di memori internal android menggunakan aplikasi serta PC Windows berikut ini.

  • Download aplikasi android data recovery atau dengan Easeus Mobi Saver.
  • Unduh dan install pada PC atau juga laptop yang mendukung OS Windows.
  • Jalankan aplikasi Android Data Recovery tersebut secara langsung.
  • Sambungkan pada ponsel android ke PC sampai sistem tersebut terdeteksi oleh aplikasi pendukung.
  • Lanjutkan dengan proses scanning.
  • Pilih file atau juga foto yang ingin dikembalikan.
  • Pilih tombol “Recover”.
  • Pilih lokasi penyimpanan yang diinginkan untuk ditaruh file hasil recover.
  • Pilih/klik Ok.

Hanya saja, Easeus Mobi Saver dalam versi gratis mengharuskan para penggunanya pada kondisi root. Apabila tidak, maka jelas proses scanning atau recovery tak akan dapat dilakukan. Sementara itu, Android Data Recovery adalah aplikasi berbayar dengan harga mencapai 49,95 dolar AS.

Baca Juga : 3 Cara Download File di Scribd Tanpa Bayar

Selanjutnya, cara untuk mengembalikan foto yang hilang pada memori internal Android dengan mengandalkan Easeus Mobi Saver bisa juga langsung dilakukan pada smartphone tipe android. Berikut ini caranya:

  • Download Easeus Mobi Saver pada Google Play Store untuk selanjutnya diinstalasi.
  • Lanjutkan dengan aplikasi Easeus Mobi Saver.
  • Lanjutkan scanning.
  • Pilih file maupun foto yang bakal dilakukan recovery atau pengembalian.
  • Klik/pilih “recovery”.

Baca Juga : Cara Download File di Academia Edu Tanpa Login Gratis

Berikutnya, sama dengan versi desktop, Easeus Mobi Saver pada versi android juga sangat membutuhkan ponsel dalam kondisi root guna merecover file yang diinginkan. Aplikasi ini sendiri, juga kompatibel dengan menggunakan OS Android versi 4.0 atau bisa yang lebih baru.

Bagikan:
Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published.