Cara Melacak Lokasi No Hp Yang Tidak Dikenal Dengan dan Tanpa Aplikasi

Nomor telepon asing yang tiba-tiba mengirim pesan atau menghubungi lewat panggilan memang meresahkan dan membuat khawatir. Anda pasti pernah mengalami kejadian seperti ini bukan? Tidak perlu takut secara berlebihan, karena Anda bisa segera mengetahui dari mana si pemilik nomor tersebut. Yaitu dengan mencoba beberapa cara melacak lokasi no hp yang tidak dikenal berikut.

Di era serba gadget seperti sekarang, nomor hp menjadi identitas tambahan bagi setiap orang. Kerahasiaannya perlu dijaga supaya tidak mengalami hal-hal negatif. Yang paling utamanya adalah aksi penipuan.

Cara melacak no hp yang tidak dikenal bisa dilakukan lewat aplikasi dan tanpa aplikasi. Banyak website online di internet yang menawarkan fitur pelacakan seperti ini. Tanpa panjang lebar, langsung saja disimak pembahasan selengkapnya dibawah.

tracking id nomer telepon

Cara Melacak No HP Yang Tidak Dikenal Dengan Mudah

Nomor hp misterius yang menghubungi Anda pasti membuat penasaran. Ingin sekali rasanya segera mengetahui darimana nomor telepon itu berasal. Nah, kalau begitu Anda bisa mengandalkan beberapa aplikasi dan website canggih berikut.

Aplikasi Melacak Lokasi Pemilik Nomor Hp Terbaik

1. Truecaller

Truecaller adalah aplikasi yang sedang ramai dibicarakan oleh pengguna smartphone, baik di platform iOS ataupun android. Bagi Anda yang merasa geram dengan teror nomor telepon asing, wajib banget mencoba aplikasi Truecaller.

Sejauh ini, Truecaller sudah diunduh lebih dari 500 juta kali oleh pengguna di berbagai belahan dunia. Basis pengguna yang sangat banyak membuatnya memiliki database besar dan mampu menampilkan hasil secara akurat.

Terhitung ada sekitar 5 miliar database nomor hp yang dimiliki Truecaller dan terus bertambah seiring meningkatnya pengguna.

Cara menggunakan Truecaller untuk melacak no hp sebagai berikut:

  • Pertama, download aplikasi Truecaller dan install
  • Kemudian klik tombol Allow
  • Masukkan nomor hp Anda dan klik Allow
  • Kemudian buat profil Truecaller, bisa mengetik nama manual atau menggunakan akun Google dan Facebook
  • Lihat nomor telepon yang menghubungi Anda di daftar kotak masuk SMS dan log panggilan
  • Klik menu Contacts, masukkan no hp yang ingin dilacak pada kolom pencarian
  • Kemudian Ok

Selain berguna untuk mengidentifikasi identitas pemilik nomor hp, Truecaller juga bisa membantu Anda memblokir SMS dan telepon dari nomor tidak dikenal.  Ukuran Truecaller sendiri hanya 15 MB saja, yang pastinya ringan dan tidak membebani ponsel.

2. CallerID

Aplikasi selanjutnya yang bisa diandalkan untuk mengidentifikasi nomor hp tidak dikenal adalah CallerID. Lebih dari 10 juta pengguna android menggunakan CallerID dan berhasil mendapatkan rating 4,4 di Google Play Store. Ukurannya hanya 6,5 MB saja.

Dengan CallerID, pengguna bisa segera mengetahui siapa penelpon yang mengganggu nomornya. Lebih dari itu, bahkan secara canggih mampu menemukan lokasi si pemanggil. Blokir nomor-nomor yang dianggap sebagai spam.

Fitur dialer pintarnya bisa menemukan log panggilan dengan cepat untuk kemudian diidentifikasi.

3. Mobile Number Locater

Tidak kalah canggih dari aplikasi-aplikasi sebelumnya, Mobile Number Locater juga wajib masuk ke dalam daftar rekomendasi terbaik. Menemukan lokasi penelpon iseng dan spam sekarang jauh lebih mudah dan cepat.

Mobile Number Locater dirilis oleh developer SriApps dan sudah didownload lebih dari 10 juta pengguna hp android. Cara kerjanya mirip seperti Truecaller diatas.

Pengguna hanya perlu membuka aplikasi Mobile Number Locater, memasukkan nomor telepon yang ingin dilacak dan menunggu proses selesai. Tanpa membutuhkan waktu lama, aplikasi segera menampilkan lokasi pemanggil pada peta GPS.

Lebih dari lokasi dalam bentuk peta GPS, Mobile Number Locater juga menampilkan beberapa informasi penting lain. Seperti zona waktu, negara, kota, provider yang dipakai, kode area dan lain-lain.

Mobile Number Locater kompatibel dengan berbagai tipe spek android, mengingat ukurannya hanya 8,9 MB.

4. Caller ID & Number Locator

Cara melacak lokasi no hp yang tidak dikenal selanjutnya adalah memakai aplikasi Caller ID & Number Locator. Cukup menyiapkan ruang 9,1 MB, sekarang Anda bisa segera mengetahui siapa penelpon dan lokasinya.

Caller ID & Number Locator sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna dan menawarkan beberapa fitur funggulan. Pertama, melacak lokasi si penelpon dengan menampilkan negara, kota dan bahkan provider yang digunakan. Kemudian mengidentifikasi nama pemanggil dan memblokir panggilan spam.  

Aplikasi besutan Droid-Developer ini mempunyai database lengkap dari berbagai negara, sehingga mampu menampilkan hasil akurat. Setidaknya tersedia 12,982 kode STD dan 246 kode ISD dari berbagai negara.

Melacak Pemilik Nomor HP Lewat Internet

1. Mencari Tahu di Google

Belum banyak orang tahu, sebenarnya cara melacak lokasi no hp yang tidak dikenal itu mudah. Anda hanya perlu mengetikkan nomor hp target di Google. Nantinya, Google akan memberitahu Anda kode nomor tersebut berasal dari kota mana.

Sebagai contoh, Anda menerima panggilan dari nomor 0821-9087-xxx. Kode nomor di depan menunjukkan jika nomor tadi berasal dari Jakarta barat. Apabila nomor yang menelepon Anda terdaftar di Google Bisnis dan Google Maps, maka informasi yang didapat lebih detail.

Selain berguna untuk mengetahui lokasi nomor, sekarang ini juga banyak website yang membagikan daftar nomor penipu. Sehingga bisa diketahui apakah nomor tersebut penipu ataupun lainnya.

2. Website Pelacak HLR

HLR adalah kependekan dari Home Location Register. Ini merupakan sebuah sistem penomoran seluler atau nomor HP. Nantinya Anda bisa mendapatkan informasi berupa kode area si penelpon mendapatkan nomor yang digunakan.

Sehingga, website pelacak HLR bukanlah menelusuri lokasi pengguna pada saat itu, melainkan tempat membeli nomor. Kendati demikian tidak ada salahnya mencoba, siapa tahu penelpon memang berasal dari daerah tersebut.

Website pelacak HLR yang populer adalah Ceebydith.com. Buka website tersebut, masukkan nomor target dan nantinya muncul detailnya. Yaitu lokasi HLR dan operator seluler yang dipakai.

3. HLRLookup.com

Sesuai namanya, ini adalah salah satu website pelacak HLR. Karena berskala global, setiap kali ingin melacak nomor hp Anda harus memasukkan kode negara. Untuk nomor hp Indonesia, kode negaranya +62.

Menariknya, Anda bisa mendaftar ke website dan berlangganan premium untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Tenang, biayanya tergantung menurut jumlah data dari no hp yang dilacak.  

4. Truecaller Web

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan website resmi miliknya Truecaller. Versi web dihadirkan untuk pengguna yang ingin melacak no hp lewat PC atau laptop. Untuk masalah hasil, sudah pasti akurat dan bisa dipercaya layaknya pada aplikasi Truecaller itu sendiri.

Tutorialnya sebagai berikut:

  • Buka website Truecaller di browser
  • Kemudian silahkan pilih kode telepon Indonesia
  • Sign ini lewat akun Microsoft atau Google
  • Setelah itu ketik nomor hp yang ingin dilacak lokasinya, klik tombol Search
  • Tunggu selama beberapa saat, kemudian muncul detail informasinya

Demikianlah sedikit pembahasan tentang cara melacak no hp yang tidak dikenal dengan aplikasi dan lewat internet. Semoga bisa membantu Anda mengetahui siapa sebenarnya yang sedang mengganggu akhir-akhir ini.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.