Mengenal Komponen Elektronika Jenis Dioda Ultrafast

Dioda terkenal mempunyai banyak jenis yang dapat digunakan untuk menyearahkan arus atau tegangan pada suatu rangkaian elektronika. Jenis dioda Ultrafast atau juga kerap disebut sebagai Fast Recovery Diode (FRD) merupakan salah satu jenis baru perangkat semikonduktor yang telah diperkenalkan dalam beberapa tahun terakhir.

Populer dengan mempunyai  karakteristik switching yang baik, waktu pemulihan balik pendek, arus maju besar, ukuran kecil, dan instalasi mudah. Superfast Recovery Diode (SRD) ini juga dikembangkan berlandaskan pada dioda pemulihan cepat.

Dengan Nilai trr waktu pemulihan terbalik yang mampu mendekati nilai dioda Schottky. Bahkan dapat digunakan secara luas dalam mengalihkan catu daya, modulator lebar pulsa (PWM), dan catu daya tidak terputus (UPS).

Selain itu juga berperan penting dalam pengaturan kecepatan frekuensi variabel motor AC (VVVF), pemanasan frekuensi tinggi, dll. Ketika digunakan pada  frekuensi tinggi, dioda freewheeling arus tinggi atau Penyearah merupakan daya yang menjanjikan dan perangkat semikonduktor elektronik.

mengenal dioda ultrafast

Karakteristik Kinerja Dioda Ultrafast

Karakteristik kerja dari jenis dioda ultrafast ini sendiri ada cukup banyak yang harus dipelajari oleh para perangkai elektronika. Karena akan sangat bermanfaat saat membuat rangkaian elektronika yang dibutuhkan pada suatu perangkat.

1. Membalikkan Waktu Pemulihan

Karakteristik ini adalah waktu pemulihan balik  yang didefinisikan sebagai interval waktu selama transisi saat ini dari nol ke nilai rendah yang ditentukan. Merupakan sebuah indikator teknis penting untuk mengukur kinerja freewheeling dan perbaikan perangkat frekuensi tinggi.

2. Fitur Struktural Pemulihan Cepat

Kemudian karakteristik yang kedua adalah struktur internal yang terdapat pada dioda pemulihan cepat ini mempunyai perbedaan dari dioda normal. Ia hanya menambahkan daerah basis I antara bahan silikon tipe-P dan tipe-N untuk membentuk wafer silikon PIN.

Hal ini disebabkan oleh daerah pangkalan sangat tipis, biaya pemulihan yang terbalik kecil, dan tidak hanya sangat mengurangi nilai trr, namun juga mengurangi penurunan tegangan maju transien, sehingga tabung tersebut dapat menahan tegangan operasi terbalik tinggi.

Dengan mempunyai waktu pemulihan terbalik dari dioda pemulihan cepat biasanya yang beberapa ratus nanodetik, dengan penurunan tegangan maju sekitar 0,6 V, dengan arus maju berupa beberapa amp hingga ribuan amp.

Selain itu juga tegangan puncak terbalik yang dapat beberapa ratus hingga beberapa ribu volt. Biaya pemulihan terbalik dioda pemulihan Ultrafast ini akan semakin berkurang, menjadikan trr serendah puluhan nanodetik.

Sebagian besar dioda pemulihan cepat dan juga pemulihan cepat yang di bawah 20A termasuk dalam paket TO-220. Dilihat dari struktur internal, dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu jenis tabung tunggal dan jenis tabung berlawanan (juga disebut tabung ganda).

Kemudian Ada juga dioda pemulihan cepat di dalam tabung. Berdasarkan perbedaan antara kedua dioda tersebut ada pasangan katoda umum dan tabung anoda umum. Semuanya jenis komponen listrik tersebut dikemas dalam plastik TO-220.

Metode Pendeteksian Dioda Ultrafast

Kemudian yang tak kalah penting adalah metode pendeteksian yang harus dilakukan. Sehingga dapat ditemukan hasil yang paling baik. Dengan cara atau langkah sebagai berikut:

1. Mengukur Waktu Pemulihan Terbalik

Sirkuit pengukuran dapat ditunjukkan dengan melalui sumber arus DC yang dipasok dengan IF yang telah ditentukan. Kemudian generator pulsa menambahkan sinyal pulsa lewat kapasitor pemblokiran DC C, dan nilai trr yang diamati oleh osiloskop elektronik adalah waktu yang berlalu dari waktu I = 0 hingga waktu IR = Irr.

Anda dapat mengatur biaya pemulihan terbalik di dalam perangkat ke Qrr, yang memiliki hubungan,

trr≈2Qrr / IRM (5.3.1). Kemudian dari persamaan (5.3.1), ketika IRM konstan, semakin kecil biaya pemulihan terbalik, semakin pendek waktu pemulihan mundur.

2. Metode Deteksi Konvensional

Ketika dalam keadaan amatir, multimeter akan digunakan untuk mendeteksi konduktivitas searah dari pemulihan cepat dan dioda pemulihan cepat. Selain itu juga apakah ada gangguan hubungan singkat atau hubungan singkat di dalam, serta mampu mendeteksi penurunan tegangan maju. Jika dilengkapi dengan megohmmeter, maka  tegangan breakdown terbalik juga dapat diukur dengan mudah. Demikianlah sekilas ulasan singkat mengenai dioda ultrafast yang dapat Anda gunakan, semoga memberikan informasi yang bermanfaat bagi wawasan  elektronika Anda.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.