Definisi, Manfaat dan Kerugian Jaringan Komputer yang Wajib Kamu Pahami

Saat ini komputer menjadi perangkat yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari keperluan kantor, hingga pendidikan. Sebagai informasi, jaringan komputer merupakan jaringan telekomunikasi yang memungkinkan para pengguna komputer untuk saling bertukar data. Sekarang, komputer banyak digunakan untuk berbagai keperluan misalnya saja bekerja dan menjelajah internet.

Komputer memerlukan sebuah jaringan untuk bisa mengakses internet, yang disebut sebagai jaringan komputer. Dalam jaringan komputer, ada beberapa komputer yang bisa saling terhubung satu sama lain. Jaringan komputer sebenarnya dibagi menjadi beberapa jenis yang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai definisi, manfaat dan kerugian jaringan komputer yang informasinya sudah kami rangkum di bawah ini. Jadi, agar tidak ketinggalan informasi pentingnya, pastikan kamu simak artikel ini sampai selesai.

Definisi, Manfaat dan Kerugian Jaringan Komputer yang Wajib Kamu Pahami

Pengertian Jaringan Komputer yang Wajib Kamu Pahami

Sebelum membahas lebih jauh lagi tentang manfaat dan kerugian jaringan komputer, tentunya kamu harus memahami terlebih dahulu mengenai pengertian dari jaringan komputer. Sebab, saat ini komputer bukan merupakan benda yang asing di kalangan masyarakat. Komputer yang berkembang saat ini memiliki berbagai fungsi yang digunakan untuk menunjang berbagai kegiatan manusia di zaman modern saat ini.

Jika berbicara soal jaringan komputer, maka jaringan yang dimaksud merupakan sebuah sistem penghubung antara satu perangkat ke perangkat lainnya. Perlu kamu tahu, jaringan komputer adalah sebuah sistem komputer yang terdiri atas dua komputer atau lebih yang saling terkoneksi satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi.

Jaringan komputer yang saling terhubung ini dapat digunakan untuk saling bertukar informasi, berbagi data, dan masih banyak lagi. Jaringan komputer saat ini menjadi salah satu teknologi yang memudahkan pekerjaan manusia. Banyak kegiatan atau pekerjaan yang saat ini mengandalkan jaringan komputer, misalnya di sebuah kantor yang biasanya menggunakan jaringan komputer agar mempermudah komunikasi antar karyawan.

Melansir dari sumber lainnya, jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari komputer-komputer yang dirancang untuk bisa berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan dapat mengakses informasi secara bersama-sama.

Jenis jenis Jaringan Komputer

Jika ingin membahas mengenai manfaat dan kerugian jaringan komputer, maka tidak lengkap rasanya tidak membahas topik yang satu ini. Berikut ini adalah jenis jenis jaringan komputer berdasarkan pengelompokannya.

1. Jenis jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Pola Pengoperasian

  • Jaringan client-server: hubungan jaringan komputer yang menggunakan prinsip pelayanan dan yang dilayani.
  • Jaringan peer to peer: kumpulan dari beberapa komputer yang biasanya tidak berjumlah banyak, dimana komputer tersebut terhubung dalam jaringan untuk melakukan koneksi, berbagi data (sharing), dan memakai sumber daya (resource) komputer lain seolah iru komputer sendiri.

2. Jenis jenis Komputer Berdasarkan Jangkauan Koneksi

  • Local Area Network (LAN): jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah yang kecil, misalnya jaringan komputer kampus, sekolah, gedung kantor, dalam rumah atau yang lebih kecil.
  • Metropolitan Area Network (MAN): jaringan komputer yang merupakan gabungan dari LAN, di mana jangkauan man ini antara 10 km hingga 50 km. Merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor dalam satu kota, antara pabrik dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
  • Wide area network (WAN): jaringan komputer yang mencakup area yang besar, misalnya jaringan komputer antar wilayah, kota, bahkan negara. Jaringan komputer WAN bisa disebut sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

3. Jenis jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi

  • Wire network: jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media transmisi atau pengantar. Pada sebuah jaringan, Media transmisi memegang peranan penting, karena informasi dan data akan diangkut melalui media transmisi.
  • Wireless: jenis jaringan komputer yang menggunakan media transmisi data tanpa kabel. Media yang digunakan antara lain seperti gelombang radio, inframerah, microwave, maupun bluetooth.

Manfaat dan Kerugian Jaringan Komputer yang Wajib Kamu Pahami

Setelah membahas mengenai pengertian dan jenis jenis jaringan komputer, selanjutnya akan dibahas pula mengenai manfaat dan kerugian jaringan komputer. Jika kamu menggunakan jaringan komputer dengan baik, maka kamu bisa menemukan banyak manfaat di dalamnya.

1. Manfaat Jaringan Komputer

  • Bisa saling bertukar sumber daya, sehingga akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu, serta menghemat biaya.
  • Menjaga data-data yang bersifat rahasia, sehingga menghindari kejadian yang merugikan seperti peretasan data.
  • Memudahkan proses komunikasi antar divisi.
  • Mempercepat arus informasi.
  • Mempermudah akses data ke dalam server komputer.
  • Memberikan kemudahan dalam berbagai layanan.

2. Kerugian Jaringan Komputer

  • Penambahan biaya terus menerus ketika ada pembangunan jaringan.
  • Gangguan down pada jaringan yang disebabkan perencanaan sistem yang tidak baik.
  • Memerlukan manajemen perangkat keras dan administrasi sistem dari tenaga ahli secara berkelanjutan.
  • Adanya sharing file yang tidak diinginkan.
  • Aplikasi virus dan berbagai ancaman hacking.

Penutup

Nah, itulah tadi pembahasan lengkap mengenai manfaat dan kerugian jaringan komputer, serta pengertian dari jaringan komputer itu sendiri. Selain itu, telah dijelaskan pula terkait jenis jenis jaringan komputer berdasarkan pengelompokannya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi kamu dan menambah wawasan seputar jaringan komputer.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *