9 Aplikasi Pembersih RAM Android Terbaik 2020

Kamu sebal karena ketika menggunakan Handphone sering Lemot? mungkin itu karena kamu belum membersihkan RAM di ponsel kamu. Apakah kamu tahu bahwa penyebab lemot ini bisa disebakankan oleh berbagai hal, seperti Menumpuknya sampah yang tidak berguna di ponsel, Banyaknya aplikasi, dan yang paling sering terasa adalah Menyempitya kapasitas RAM.

Apasih RAM itu? RAM adalah singkatan dari Random Acces Memory yang sangat berperan penting pada kinerja dari Handphone, RAM fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan sementara.

Membiarkan kapasitas RAM terisi penuh adalah hal yang fatal, jika keadaannya demikian maka akan memperberat kinerja ponsel alhasil lemot yang akan dirasakan. RAM akan sering digunakan untuk proses multitasking ketika kamu membuka banyak aplikasi, hal ini yang menyebabkan pemrosesan data menjadi tidak lancar.

Apa yang terjadi jika RAM penuh?

Ada beberapa masalah yang akan terjadi jika kamu terus membiarkan RAM terisi penuh dan tidak mencoba untuk membersihkannya, maka inilah hal yang akan terjadi.

  • Handphone akan menjadi Lemot.
  • Baterai akan cepat terkuras karena prosesor berkerja lebih keras.
  • Aplikasi yang ada diponsel akan mengalami Crash dan Force close.
  • Perangkat akan mulai Hang.
  • dan lain sebagainya.

Tentu kamu tidak mau kan hal-hal seperti diatas terjadi kepada Handphone kesayanganmu? maka langkah terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan 7 cara membersihkan RAM HP Android.

9 Aplikasi Pembersih RAM terbaik di Android

Kali ini saya tidak akan mengajarkan cara untuk memebersihkannya, tetapi adalah tools atau alat untuk membersihkannya. daripada menggunakna cara manual yang tergolong rumit, mending kita manfaatkan saja Aplikasi alternatif pembersih RAM seperti yang akan kita ulas dibawah ini.

1. CCleaner

aplikasi pembersih ccleaner

Aplikasi multiguna yang fungsinya adalah untuk meningkatka performa ponsel kamu, ada berbagai alat canggih yang bisa kamu gunakan  disini. Seperti contoh ada fitur Pembersihan sampah, Pemberishan RAM, menghapus berbagai file tidak penting, mengelola Aplikasi, dan lain sebagainya.

Kalau kamu paham CCleaner pasti kamu tahu, sebab aplikasi ini adalah software populer pemberishan terpopuler yang ada di PC. Dengan satu klik kamu sudah membuat langkah untuk mengoptimalkan perangkat Android agar menjadi lebih cepat dan lancar ketika digunakan.

2. Avest Cleanup

avast cleanup pembersih ram

Berikutnya ini juga merupakan alat pemberishan sampah populer yang ada di PC dan kini sudah ada versi Androidnya. Jelas sekali kegunaannya yaitu untuk Membersihkan RAM di ponsel agar kembali lega, mengoptimalkan baterai agar lebih hemat, dan ada satu fitur spesial yang menurut saya paling berguna yaitu Pembersihan Otomatis dimana kamu bisa menjadwalkan kapan Avest Cleanup ini bekerja untuk membersihkan setiap sampah, cache, dan RAM di ponsel kamu,

Jika kamu kesulitan untuk menghapus file-file atau aplikasi yang tidak berguna, maka kamu bisa dengan mudah menghapusnya di aplikasi ini.

3. Nox Cleaner

nox cleaner pembersih ram

Pengoptimalan, Percepatan, dan Pembersihan itulah 3 fitur penting yang diterapkan pada aplikasi Nox cleaner ini. dengan menggunakan aplikasi ini dijamin HP kamu akan menjadi lebih ringan dan cepat ketika digunakan. Lho kok bisa? bisa karena ada banyak fitur keren yang ada di Nox clenaer ini.

Inilah keunggulan yang saya dapat ketika menggunakan aplikasi ini, Membersihkan sampah dengan mudah, Mengatasi game lemot dengan fitur Game booster, Mempercepat RAM untuk meningkatkan kinerja ponsel kamu, Pendingin CPU yang akan memantau suhu ponsel, dan satu lagi ada juga fitur pengamanan Real time Antivirus super keren.

4. Super Cleaner

pembersih ponsel

Ringan digunakan dan Banyak tools bermanfaat yang dapat dimanfaatkan, Tidak perlu ragu lagi ponsel kamu lemot karena menumpuknya RAM, hanya dengan aplikasi Super clenaer kamu sudah bisa melakukan pembersihan sampai ke Akar-akarnya.

Baik itu memebrishkan RAM, Cache, ataupun File-file sampah yang tidak perlukan, tentu hal inilah yang sangat dibutuhkan. bukan hanya itu sebenarnya ada juga fitur lain yang tidak kalah bergunanya, seperti contoh Pemacuan kecepatan ponsel hingga 60%, Memeprcepat game, Penhemat daya, Pembersihan notifikasi, dan Pendingin CPU.

5. AVG Cleaner

AVG Cleaner

Dengan aplikasi AVG Cleaner perangkat Android kamua akan bekerja lebih cepat dan lancar, jadi tidak perlu khawatir lagi jika ponsel Lemot hanya dengan satu klik saja maka ponsel akan kembali sepert semula.

Apa saja sih fiturnya? wuih jangan tanya lagi, ada banyak fitur keren yang bisa kamu gunakan secara gratis disini. Seperti Pemberishan RAM, Pembersih cache atau Sampah, Menghapus aplikasi dengan mudah, dan ada juga Battery server atau alat sebagai Pengoptimalan baterai agar lebih hemat.

6. One Booster

one Booster

Aplikasi multiguna dan dapat digunakan untuk Membersihkan RAM yang menumpuk di ponsel, Amankan ponsel kamu dari masalah Lemot yang sering membuatmu jengkel, sebab dengan satu klik saja kamu sudah bisa mengoptimalkan ponsel agar lebih cepat dan ringan ketika digunakan.

Jadi One booster ini memiliki banyak kegunaan yang sangat membantu Handphone kamu, ada Pembersihan sampah cache secara Cepat dan cerdas, Tools penghematan baterai yang sangat membantu, dan fitur Protection seperti penghapusan virus yang ada di Androidmu.

7. KeepClean

keepclean

Aplikasi pembersih RAM yang komatibel untuk Perangkat Android, aplikasi ini berisi akselerasi terkustomisasi dan digerakkan dengan teknologi canggih yang dapat memebersihkan seluruh sampah serta RAM di ponselmu. Sehingga masalah seperti Lemot, force close, atau crash akan teratasi.

Sejatinya KeepClean adalah tools serbaguna yang akan menjaga Handphone kamu agar terhidnar dari yang namanya RAM penuh. Bukan hanya itu saja sebenarnya, ada lagi fitur keren yang ada, seperti contoh Pendingin CPU yang menghindarkan ponsel dari kepanasan suhu, Mempercepat ponsel dengan kemampuan membebaskan memori dari sampah-sampah yang tidak berguna, ada juga fitur Penghemat Baterai yang dapat memperpanjang masa pakai ponsel hingga 70% lebih lama.

8. iClean

iclean

iClean adalah aplikasi ahli pembersih pada ponsel Android kamu, aplikasi ini dapat mendorong performa ponselmu menjadi lebih baik lagi dengan berbagai fitur yang ada didalamnya. Seperti Pembersihan RAM dengan satu klik, Membersihkan cache atau file sampah, Mendeteksi dan membersihkan malwer serta virus berbahaya, Pendingin CPU, serta Penghemay baterai agar tidak boros.

Ada satu fitur lagi yang saya suka, yaitu Auto Clean. fitur yang dapat membersihkan setiap sampah dengan otomatis sesuai penjadwalan yang kamu tetapkan. Maka kamu tidak perlu repot-repot lagi membuka tutup aplikasi dan memebersihhkannya, sebab sudah ada fitur keren seperti Auto Clean.

9. Greenify

Kesimpulan

Sederhana saja aplikasi seperti diatas adalah tipe aplikasi alternatif saja yang bisa memudahkan suatu hal dengan satu klik. Seperti contoh aplikasi pembersih RAM diatas, memang aplikasi seperti itu bisa membantu melegakan kapasitas RAM di ponsel kamu.

Tapi perlu digaris bawahi pembersihan RAM yang dilakukan adalah dengan melakukan Paksa berhenti atau menghapusan file tidak berguna (seperti cache) dengan cara instan atau otomatis. Jadi menurut saja aplikasi seperti inilah yang membantu kamu jika tidak ada waktu luang untuk membersihkannya secara manual.

Baca Juga : Cara Membersihkan RAM Laptop Windows 7,8 dan 10

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.