7 Cara Membersihkan RAM HP Android

RAM adalah tempat penyimpanan sementara yang gunananya adalah untuk mempercepat proses penggunaan suatu aplikasi ketika dibuka kembali, Pada ponsel android kapsitas RAM berbeda-beda namun dari waktu ke waktu kapasitas ini semakin meningkat.

Tetapi masih ada juga pengguna ponsel yang merasa kekurangan RAM, sebenarnya penuhnya RAM itu disebabkan oleh aktivitas ketika kamu menggunakan ponsel, entah bermain game, membuka aplikasi, mendengarkan musik, dan lain sebagainya.

Akibat yang akan terjadi jika RAM di Android penuh

Saya tidak menyebutkan bahwa ini benar-benar bisa berdampak, sebab RAM ini hanyalah tempat penyimpanan sementara yang berufungsi mempercepat kinerja sistem. tetapi RAM juga sangat berpengaruh jika sudah penuh, ini dia akibatnya.

  1. Aplikasi sering Force Close (keluar sendiri).
  2. Melambatnya kinerja ponsel.
  3. Ketika bermain game atau membuka aplikasi sering lemot.
  4. Borosnya daya baterai ketika digunakan.
  5. dan lain sebagainya.

RAM bukan sebagai indikator utama sebab HP menjadi lemot atau apalah, sebab ada yang lainnya seperti Spesifkasi CPU, Memori Internal, dan lain-lain.

Baca Juga : Cara Membersihkan RAM Laptop Windows 7,8 dan 10

Cara Membersihkan RAM di Android

Setelah kamu membaca akibat yang akan terjadi jika RAM Android penuh, apakah ada niatan untuk membersihkannya? jika ada mari kita sama-sama membaca tutorial dibawah ini.

1. Melakukan Paksa Berhenti pada Aplikasi

Beberpa aplikasi di Android terkadang masih saja berjalan dibelakang layar mesikpun kita sudah menutupnya sekalipun, hal ini akan memakan RAM di ponsel kamu.

Yang saya maksud aplikasi yang sering berjalan di background ini seperti Media Sosial. Tentu kamu seringkan mendapatkan notifikasi jika ada seseorang yang mengirim pesan, inilah yang saya maksud dengan aplikasi yang berjalan di belakang layar.

  1. Masuk ke pengaturan > kemudian cari aplikasi apapun yang kamu anggap sering berjalan dibelakang layar
  2. Setelah ketemu, silahkan klik tulisan Paksa, Berhenti
  3. Tunggu beberapa saat sampai aplikasi tersebut benar-benar terhenti prosesnya.
paksa berhenti aplikasi android

2. Hapus Aplikasi yang Tidak digunakan

Lagi-lagi kita aan berhubungan kembali dengan masalah aplikasi, selain memlakukan paksa berhenti kamu juga bisa melakukan unistall jika perlu.

Uninstall ini saya sarankan untuk aplikasi yang jarang kamu buka atau gunakan, daripada tidak terpakai mending dihapus saja sebab jika terus dibiarkan ada dua masalah yang mungkin terjadi Semakin sesaknya memori internal dan semakin penuhnya RAM.

Kedua hal itu dapat menyebabkan kinerja ponsel menurun alhasil lemot lah yang mungkin kamu alami. Beginilah cara melakukan uninstall aplikasi-aplikasi di android.

  1. Masuk ke pengaturan di ponsel kamu > kemudian cari dan klik menu Aplikasi
  2. Setalah itu kamu akan menemukan banyak aplikasi atau game yang terinstall > silahkan klik aplikasi tersebut yang ingin di hapus
  3. Selanjutnya adalah mengklik tulisan Copot Pemasangan atau Uninstall
  4. Tunggu sampai proses selesai, lama atau tidaknya tergantung dari size aplikasi yang di uninstall.
Menghapus Aplikasi di laptop

3. Jangan menggunakan Wallpaper Animasi

Wallpaper Animasi Android

Kamu tahu wallpaper yang kalau dilihat bisa gerak-gerak sendiri, atau memiliki Animasi. Memang sih terlihat keren dan menambah estetika ponsel kamu, tetapi apakah kamu tahu wallpaper tipe seperti ini bisa memakan banyak RAM dan Membutuhkan kosumsi baterai yang tinggi alhasil ketika memakai HP baterai akan cepat habis.

Maka saran saya gunakanlah wallpaper yang biasa-biasa saja atau tidak memiliki efek animasi bergerak, kamu juga bisa menggunakan wallpaper dengan warna gelap guna membuat baterai di hp menjadi lebih irit.

4. Jangan menggunakan Widget Berlebihan

widget android

Kita kembali lagi ke masalah tampilan layar yang dapat mengurangi kapasitas RAM, jika sebelumnya adalah wallpaper berbentuk animasi sekarang adalah penerapan Widget pada Handphone.

Ini sebenarnya hampir mirip dengan Animasi sebab widget yang saya maksud ini akan terus berjalan, seperti contoh widget JAM yang akan terus berputar selama kamu menyalakan HP.

Inilah yang menjadi masalah selain dapat memakan banyak RAM, hal ini juga bisa membuat baterai menjadi lebih boros ketika digunakan.

5. Mematikan Animasi dan Transisi

Kalau kali ini adalah efek default yang biasanya sudah aktif atau ada ketika pertama kali menggunakan Handphone, efek ini bisa membebani ponsel kamu lo maka langkah untuk mematikannya adalah cara terbaik.

Tetapi tidak semua orang ingin mematikan hal ini, sebab tanpa kedua efek ini mungkin Handphone kamu akan kehilangan estetika-nya. Itu tidak masalah, selagi tidak berpengaruh buruk pada kinerja ponsel kenapa tidak, malah sebaliknya bisa berpengaruh baik utnuk mempercepat kinerja HP.

Untuk mematikannya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Masuk ke pengaturan > kemudian scrool kebawah dan temukan opsi Tentang Ponsel
  2. Jika sudah masuk ke menu ini temukan lagi tulisan Nomer Bentukan, klik berkali-kali pada tulisan itu sampai ada tulisan “Anda telah menjadi pengembang”
  3. Keluar dari menu ini!, kita kembali lagi ke pengaturan > temukan menu Opsi Pengembangan
  4. Setelah masuk, jangan lupa mengaktifkan Opsi pengembangan ini (di bagian atas) > jika sudah silahkan Scrool kebawah dan temukan Skala animasi jendela, Skala animasi transisi, dan Skala durasi animator
  5. Buka satu persatu > dan pastikan klik pilihan Animasi mati.
animasi dan transisi android

6. Menggunakan 9 Aplikasi Pembersih RAM HP Android

Kali ini kita aka menggunakan cara mudahnya saja, yaitu dengan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk membersihkan RAM di handphone kamu.

Saya menyarankan kamu menginstall Aplikasi CCLeaner, tentu kamu sudah tidak asing dengan nama ini. Sebab CCLeaner sudah sangat terkenal sekali sebagai software pembersih di PC dan kini hadir juga versi di Android dengan kegunaan yang sama yaitu membersihkan sampah dan RAM.

Ingin tahu caranya memberishkan RAM dengan aplikasi CClenaer? simak tutorial dibawah ini.

  1. Pertama tentunya kamu harus sudah mendownload Aplikasi CCleaner terlebih dahulu
  2. Jika sudah terpasang silahkan klik tulisan Tingkatkan
  3. Tunggu proses pemindaian sampai selesai, pemindaian ini gunannya adalah untuk mencari aplikasi-aplikasi yang berjalan dibelakang layar dimana ini adalah salah satu penyebab terbesar menyempitnya kapasitas RAM
  4. Jika sudah selesai, klik Tingkatan …MB RAM. Maka proses pembersihan akan berjalan, pada proses ini tunggu saja, dan jika perlu silahkan lakukan Restart ponsel kamu.
aplikasi pembersih android

Kesimpulan

Jika kamu mengalami masalah mengenai kinerja ponsel yang menurun, bisa jadi itu disebabkan karena semakin penuhnya kapasitas RAM, maka kamu bisa menerapkan beberapa cara di atas.

Langkah terakhir yang mungkin bisa kamu lakukan jika semua cara diatas tidak mempan, adalah dengan melakukan Reset handphone dengan ini HP kamu akan pulih seperti baru digunakan

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.