10 Kelebihan dan Kekurangan POCO F3 Harga dan Spesifikasi

Setelah suksesnya generasi F2 tahun 2020 lalu, Oppo tampaknya terus meningkatkan smartphone mereka terutama dengan merilis Suksesor dari generasi sebelumnya, POCO F3 hadir sebagai salah satu smartphone terjangkau dengan reffresh rate hingga 120hz dan Warna bodi yang stylish dan kekinian.

Pertama kali diluncurkan pada 28 April 2021 lalu dan dijual secara resmi lewar offical store Authorized Mi Store dan Authorized Mi Shop, maka tak butuh waktu lama smartphone ini banyak menyita perhatian terutama untuk Poco Fans.

Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse menunturkan bahwa POCO F3 ini merupakan penerus juga dari Poco F1 yang merupakan cikal bakal adanya series ini, dimana sekitar 4 tahun lalu yang menyandang sebagai smartphone dengan predikat flagship killer.

harga dan spesifikasi POCO F3

“Poco F3 ini hadir dengan chipset Snapdragon 870 yang didukung juga dengan 5G dan memiliki Layar E4 AMOLED satu tingkat diatas Super AMOLED.” tutur Alvin

Jadi bukan hanya predikat saja, smartphone ini memang menjadi salah satu perangkat POCO yang dibekali dengan spesifikasi mumpuni, walau harganya cukup terjangkau dimana kamu bisa membelinya mulai dari harga 4 jutaan saja.

Oke mending langsung saja kita bahas lebih menyeluruh tentang salah satu seri Killer dari POCO Phone ini lebih lengkap, dalam Kelebihan dan Kekurangan POCO F3.

Kelebihan Smartphone POCO F3

Sebagai generasi dari POCO 1 yang sempat mencuri perhatian diawal perilisannya, tren ini pun dilanjutkan oleh POCO F3 yang juga mencuri atensi publik karena banyaknya kelebihan yang dimilikinya, apa saja itu? yuk simak!

Baca Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Poco M3 PRO 5g

1. Desain Stylish dan Tahan akan percikan air

poco f3 tahan percikan air

Walau sering membekali smartphonenya dengan spesifikasi dan jeroan yang mumpuni, POCO semata-mata tidak melupakan juga unsur estetika bodinya yang selalu tampak kekinian. Apalagi di Seri F3 kali ini kesan elegan nan simpel sangat terlihat, dilapisi dengan material kaplastik, bodi belakangnya memiliki efek reflektif layaknya keramik dengan gradasi yang indah.

Varian warna yang ditawarkan juga beragam, ada Night Black dan White, Deep Ocean Blue yang tampil berbeda dan lebih trendi dengan kontur garis-garis diliputi juga logo ikonis besar POCO terpampang.

Smartphone ini juga memiliki ukuran yang begitu tipis, dimana hanya 7,8 mm saja ketebalannya.

Berikutnya, POCO juga tidak ketinggalan memastikan produk terbarunya ini tahan debu dan percikan air sekalipun agar pengguna lebih merasa aman lagi. POCO F3 ini sudah mempunyai sertifikasi IP53.

Bedanya dengan seri-seri sebelumnya, F3 kali ini lebih rapih dan tidak mencolok. Jadi untuk kmau yang mencari Smarpthone dengan desain stylish dan Kokoh bisa langsung membeli POCO F3 ini saja.

2. Layar berkualitas dari E4 AMOLED

poco f3 Layar berkualitas dari E4 AMOLED

Dilapisi dengan layar beresolusi Full HD+ dengan bentang 6,67 inci smartphone cukup baik untuk urusan kualitas. Apalagi unutk kemampuannya dalam merespon sentuhan, dimana layarnya sudah didasari touch sampling rate mencapai 360hz, ini sudah melampaui standar smartphone gaming yang biasanya hanya 240Hz.

Jadi kalau diartikan angka 360hz ini dimaksudkan untuk 360 titik sentuhan yang diproses dalam satu detik, jadi smartphone akan merespon sentuhan hanya dalam 2,7 milidetik saja. Lebih dari itu Refresh rate yang ditawarkan juga cukup besar lo yakni 120Hz, angka ini bisa juga diturunkan sesuai personalisasi menjadi 90, 60, atau 30Hz.

Selain itu alasan mengapa POCO F3 ini mampu memberikan Visualiasi yang baik, pertama karena layarnya telah menggunakan panel AMOLED dari Samsung yang dibuat secara khusus dari material baru E4, dimana konon katanya E4 bisa memancarkan warna dengan akurasi yang lebih baik dan hemat daya juga.

POCO sendiri bahkan mengklaim layar smartphonya bisa 100 persen tembus ruang warna DCI-P3 yang biasaya dipakai oleh Youtube, Bioskop modern, atau Netflix.

3. Triple Camera yang oke

poco f3 triple camera oke

Mungkin sekilas kamu melihat gambar diatas, POCO F3 ini seperti memiliki empat lensa kamera, Benarkah demikian? Yang benar adalah tiga kamera, Jadi disana kita bisa melihat ada satu lensa kecil yang ada ditengah itu adalah mikrofon bukan kamera.

Lho kok ada mikrofon di belakang layar, apa gunanya? Jadi mikrofon ini berfungsi sebagai audiozoom, atau ketika kamu merekam video contohnya dan kamu melakukan zoom maka kualitas suara yang dihasilkan akan menjadi jernih.

Kembali lagi ke tiga kamera utamnaya, dimana memiliki 48 MP, 8 MP untuk ultrawide, dan terakhir ada 5 MP untuk makro lens. Masing-masing lensanya ini menggunakan spek dan tenaga yang berbeda, kalau lensa utamanya ditenagai oleh sensor Sony IMX 582 dengan ukuran ½ inc i dan bukaan sampai f/1.8.

Baca Juga : 11 Kelebihan Kekurangan Poco M4 Pro 5G, Harga dan Spesifikasi

Sedangkan lensa ultra wide menggunakan sensor dari Sony IMX 355 yang mempunyai focal length 15mm berukuran ¼ inci. Terakhir ada lensa makro yang menggunakan diafragma f/2.2 dengan sensor andalan Samsung S5K5E8, lensa ini memiliki focal length hingga 49mm yang mampu melakukan autofocus sampai jarak 3-7 cm dari objek.

Tidak lupa juga kita bahas kamera depannya yang dibekali dengan 20MP resolusi, didukung juga oleh sensor Samsung S5K3T2 ISOCELL Plus berukuran 1/3,4 inci.

Dari spesifikasi diatas mungkin kamu sudah cukup tertarik dengan sektor kamera dari POCO F3 ini, tetapi apakah angka sebanding dengan kualitas yang ditawarkan? Untuk keseluruhan kemampuan dari kameranya cukup oke sebagaimana standar smartphone kelas menengah, kontras, warna, dan dynamic range tampak bagus apalagi untuk perekaman video.

4. Perfroma kencang berkat Snapdragon 870

poco f3 Perfroma kencang berkat Snapdragon 870

Untuk kamu yang sering menggunakan samrtphone untuk beraktivitas secara multitasking atau untuk yang hobi bermain game berat, POCO F3 ini cocok untuk menjadi rekomendasi kamu. Dengan dibekali tenaga pacu Berspesifikasi Qualcomm Snapdrgaon 870 smartphone ini tampak anal apalagi dengan adanya depalan inti yang diklaim kencang dan tidak mudah panas dimana ia memakai Cortex A77.

Snapdragon 870 sejatinya adalah Chipset smartphone tahun 2020, yang menggunakan fabrikasi 7nm pada Kryo 585 prime. Kecepatan core yang dihasilkan meningkat dibandingkan Snapdrgaon 865+ ssebelumnya, yang semula 3,1 GHz meningkat menjadi 3,2 GHz.

Bukan berspekulasi, Chipset dari Qualcomm ini memang kencang buktinya dalam uji coba skor Antutu 8 meraih angka 600 ribu poin.

Hal lain yang juga perlu kamu tahu adalah pengelola grafisnya yang menggunakan GPU dari Adreno 650 yang powerfull, tidak sendirian ia juga bekerja dengan keandalan dari RAM LPDDR5 dan Internal UFS 3.1 yang menjamin pengalaman terbaik ketika menggunakan smartphone.

5. Baterai bongsor dan Charging yang Kencang

baterai litium polimer berkapasitas 4520 Snapdragon 870

Untuk urusan baterai, POCO F3 ini mamakai baterai litium polimer berkapasitas 4520 mAh, kalau kita ukur kapasitas ini sudah cukup besar namun tidak besar-besar sekali seperti banyaknya smartphone dikelas yang sama.

Mungkin kapasitas tidak terlalu unggul, tetapi untuk urusan edurance rating atau ketahanan baterainya patut diacungi jempol dimana POCO F3 dimana menurut GSM Arena smartphone ini mampu bertahan selama 24 jam untuk menelepon dijaringan 3G, browsing selama 15 jam, dan menonton video offline selama 19 jam.

Sedangkan untuk pengisan baterai sendiri, POCO F3 ini cukup oke sih. Ia dibekali dengan teknologi fast charging berdaya 33W, yang bisa mengisi daya sampai 100 persen hanya dalam 56 menit saja.

6. Speker dan Konektivitas

FLAGSHIP DUAL SPEAKER POCO F3

Memiliki performa yang oke, daya tahan baterai oke, satu lagi nih yang bisa melengkapi pengalaman gaming yang sempurna, Spekaer yang berkualitas adalah aspek yang juga penting dalam smartphone. Dan beruntungnya POCO F3 ini memiliki kualitas spekaer yang oke untuk kelasnya.

Ia dibekali dengan speaker ganda stereo, kelantagan daripada speaker ini tidak usah ditanyakan lagi dan bukan sekedar gimmic. Suara yang dihasilkan mampu memberikan kelantangan hihha -24,5 LUFS.

Tidak hanya lantang saja, suara juga cukup berimbang dengan apa yang diproses oleh sepakernya. Bass dan personalisasi volume sudah mantap.

Untuk konektivitas, POCO F3 ini sudah mendukung jaringan 5G seperti yang banyak diadopsi oleh smarpthone saat ini. Selain itu juga sinyal Wi-Finya sudah masuk generasi ke-6 yang lebih kencang dan stabil jaringannya.

Mungkin kamu akan kebingunan, dimana letak sensor sidik jarinaya? Nah POCO F3 ini menggunakan side-fingerprint. Dimana kamu bisa dengan mudah membuka kunci layar hanya dengan menempelkan jempol kamu atau jari yang terintegrasi sidik jarinya ke bagian samping bodi smarpthone, maka kunci akan terbuka dengan cepat.

Baca Juga : 10 Kelebihan dan kekurangan Poco X3 GT, Harga dan Spesifikasi

7. Harganya yang Kompetitif

Harga dari POCO F3 ini separonya dari samrtphone flagship pada umumnya, walau dengan jargon “Flagship killer” dan ada di kelas flagship, kapan lagi kamu bisa membawa pulang smartphone berkualitas ini dengan harga mulai dari Rp 4 jutaan saja/

Dalam Offical Storenya, POCO F3 ini untuk varian RAM 6GB + 128GB dibandrol dengan harga Rp 4.899.000, sedangkan untuk varian RAM 8GB + 256GB dibandrol dengan harga  5.499.000 juta saja. Harga ini tentu berbeda daripada pendahulunya POCO F2 Pro yang dijual mulai dari 6 jutaan pada varian RAM 6 GB.

Padahal kalau kita bandingkan POCO F3 dan POCO F2 Pro perbedaanya tidak banyak, kalau untuk untuk kesamaan mulai dari ukuran layar, resolusi layar, aspek rasio itu sama. Jika Chipsetnya kalau POCO F2 Pro menggunakan Snapdrgaon 865, sedangkan POCO F3 sudah menggunakan varian terbaru dari Snapdragon 870.

Kekurangan Smartphone POCO F3

Seperti layaknya smartphone lain, pasti aspek kekuragan itu ada. Namanya juga perangkat elektronik, walau banyak kelebihan yang bisa kita nikmati pasti ada kok satu atau beberapa kekurangan yang perlu kamu tahu untuk pertimbangan.

1. Tidak adanya Slot MicroSD dan Jack Audio

TIDAK ADA SLOT POCO F3

Umumnya slot baru untuk MicroSD itu berguna untuk menambah ruangan pada smartphone, pasti hal ini akan sangat membantu jika kamu sering menyimpan file-file yang banyak dan besar di memori, kamu tidak perlu repot-repot melepas dan memasang simCard jika ingin menggunakan MicroSD.

Jadi POCO F3 ini hanya menggunakan dua slot nano card saja, tidak ada slot MicroSD disana yang bisa kamu gunakan.

Hal lainnya yang mungkin perlu kamu tahu adalah POCO F3 tidak dibekali dengan jack audio 3,5mm yang biasanya digunakan untuk menyambungkan headset ke smartphone.

Umumnya smartphone dengan keterbatasan port ini harus terpaksa memanfaatkan konverter 3,5mm ke USB  C yang harus kamu beli terlebih dahulu. Hal ini tentu sangat disayangkan, padahal sang pen ahulu POCO F2 Pro masih menggunakan jack audio 3,5mm.

2. Kamera Ultrawide yang biasa-biasa saja

Kamera Ultrawide yang biasa-biasa saja POCO F3

Oke mungkin kita bisa menerima kalau Spesifikasi Kamera dari POCO F3 ini cukup oke apalagi untuk yang gemar fotografi, tetapi ada satu masalah pada salah satu lensanya yakni ultrawide atau kamera sudut lebar yang kurang maksimal kualitasnya.

Beberapa penguji menyebutkan kalau hasil potret dari kamera ultra-high resolution 8 MP masih biasa-biasa saja, jauh berbeda dengan lensa utamanya.

C. Scott Brown selaku penguji Gadget dari Android Authroity mengatakan kalau akurasi warna yang diperlihatkan itu rendah dibandingkan dengan kamer autamanya, selain itu kualitas juga menurun apalagi saat digunakan pada malam hari.

GSM Arena menduga kalau masalah inferioritas kamera Ultra Wide POCO F3 bermasalah pada pengurangan noisenya yang berlebihan.

3. Inkonsistensi dari Antarmuka MIUI

Inkonsistensi dari Antarmuka MIUI POCO F3

Smartphone ini dibekali dengan Antarmuka andalan Xiaomi yakni MIUI 12 dengan berbasiskan OS Android 11, Sama halnya dengan smartphone dikeluarkan Xiaomi lainnya. Tetapi yang menjadi masalah pada MIUI pada POCO ini adlaah diberikannya nuasa lain yang terlihat berbeda, ini berkat POCO Laucher bawaan.

Kalau kita lihat dari versinya saja, MIUI 12.0.1 yang terpasang disebut “stabil” bukan alpha atau beta. Yang artinya ROM sudah diteliti dengan baik oleh developertnya langsung. Sayangnya menurut C. Scott Brown menyebutkan kalau MIUI 12.0.1 yang ada pada POCO F3 masih jauh dari standar stabil.

Alsannya karena ketika diuji terkadang yang seharusnya muncul itu malah tidak mucnul, seperti ketika notifikasi yang masuk. Masalah ini bisa saja diatasi oleh Xiaomi, tetapi jika kamu tidak ingin demikian kamu bisa mengupdate Antarmuka di pengaturan jika itu tersedia.

Spesifikasi POCO F3 5G

  • Nama : POCO F3 5G
  • Rilis: Maret 2021
  • Bobot : 196 gram
  • Layar: AMOLED 6,67 inci, 120Hz, HDR 10+, Corning Gorilla Glass 5
  • Resolusi : 1080 x 2400 piksel, screen ratio 85, 9%
  • Sistem Operasi : Android 11, MIUI 12.5.6
  • RAM : 6 GB & 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB & 256 GB
  • Chipset :  Qualcomm Snapdragon 870 (7 nm)
  • GPU :  Adreno 650
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), dan 5 MP (macro)
  • Kamera Depan : 20 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4520 mAh non-removable, Fast Charging 33 W, Power Dilevery 3.0m Quick Charge 3+

Kesimpulan

Kalau kita baca semua kelebihan dan kekurangan smartphone baru dari POCO F series ini, cukup memuaskan dibanding pendahulunya, ada banyak pembaruan dan perbaikan yang dilakukan. Seperti Chipset yang digunakannya dengan prosessor killer super kencang Qualcomm Snapdragon 870 yang sudah mendukung jaringan 5G, apalagi ditambah kapasitas RAM hingga 6GB dan Internal 128GB.

Hal menarik lainnya dari Smartphone ini adalah dibekalinya Dynamic E4 AMOLED dengan refresh rate 120Hz dan Pelidnung layar dari Corning Gorilla Glass 5, ini cukup tangguh untuk spesifikasi layarnya.

Meski ada beberapa kekurangan yang terlihat, namun menurut saya itu kembali ke masing-masing saja, kekurangan yang ada cukup opsional untuk sebagian orang. Seperti tidak adanya microSD, mungkin sebagian orang suka sebagian juga tidak. Oke itu saja ulasan tentang Kelebihan dan Kekurangan samrtphone POCO F3 yang telah kita bahas diatas, semoga bisa bermanfaat.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.