10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone POCO M3 Pro 5G, Harga dan Spesifikasi

Sebagai sub-brand dari Xiaomi yang selalu konsisten dalam merilis produk-produk smartphone berkualitas dengan spesifikasi yang mumpuni, POCO tak lelah terus menunjukkan dirinya di pasar smartphone pada berbagai kelas baik entry-level, mid, hingga flagship.

Pabrikan Smartphone asal China ini kembali merilis produk terbarunya di M series dalam POCO M3 Pro 5G, setelah rilisnya varian regulernya yang disebut-sebut sebagai entry-level killer, kini rilis juga varian Pro dari M3.

Smartphone ini tersedia dalam dua varian harga berdasarkan memorinya, selain itu ia juga dibekali dengan spesifikasi berteknologi tinggi yang menawarkan perfroma flagship level dengan memperhatankan kemampuan penghematan konsumsi daya yang lebih rendah.

Baca Juga : 11 Kelebihan Kekurangan Poco M4 Pro 5G, Harga dan Spesifikasi

Yang spesial lainnya adalah tulisan 5G di smartphonnya, yang dimana modem 5G ini sudah secara tetap terintegrasi dan sudah didukung dual 5G standbay yang memberikan pengguna koneksi 5G yang selalu aktif tanpa harus repot menukar kartu SIM secara fisik.

“Poco Menghadirkan ‘The Real 5G Killer’ untuk menjangkau sebanyak mungkin masyarakat indonesia serta memungkinkan mereka agar merasakan teknologi 5G. Poco M3 Pro 5G ini menarik untuk dimiliki karena membawa fitur-fitur esensial yang dibutuhkan masyarakat saat ini.” ujar Head of Marketing POCO Indonesia Andi Renreng.

Sebenarnya bukan itu saya keunggulan dan hal spesial pada POCO M3 Pro 5G, masih ada beberapa lagi keunggulan menarik yang ditawarkan smartphone ini, sebagaimana yang akan kita ulas dibawah!.

kelebihan dan kekurangan poco m3 pro 5g

Kelebihan Smartphone POCO M3 Pro 5G

Enaknya kalau memiliki smarpthone dengan harga murah dan berkualitas tinggi itu kita bisa merasakan perfroma yang oke tetapi harganya itu terjangkau. Kalau untuk POCO M3 Pro ini ia memiliki beberapa keunggulan pada setiap aspeknya, contoh layar, chipset, kamera, hingga baterai. Tetapi untuk lebih lengkapnya mending kita bahas dibawah.

Baca Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Poco F3, Harga dan Spesifikasi

1. Desain yang Cerah dan Catchy

Pro 5G poco x3 gt

Desain yang ditonjolkan pada seri M3 Pro 5G ini menurut saya hampir mirip sih dengan M3 reguler yang rilis terlebih dahulu, dimana frame kamera yang lebar dan logo yang besar diperlihatkan disana. Namun bedanya POCO M3 Pro in mengemas frame kameranya di pojok kiri dengan warna hitam yang ngebland cukup lebar.

Untuk pilihan warna sendiri, Seperti biasa OPPO memiliki satu warna standar mereka yakni kuning, dan lainnya ada Power Black dan ada juga Cool blue. Sedangkan saat ini kalau kamu check di official storenya, POCO M3 Pro sedang ada penawaran color blue edition dengan tema Herzven Cersion.

Lanjut lagi kebagian ukuran, nah justru di versi Pro ini memiliki tingkat ketebalan dan bobot yang lebih kecil dan sedikit tipis lo. Kalau kita bandingkan dengan M3 reguler ia memiliki berat 198 gram sedangkan versi pro memiliki 190gram. Kalau untuk ketebalan Reguler memiliki 9,6 mm sedangkan Pro lebih tipis dengan 8,9mm.

2. Layar luas dengan Resolusi Full HD Plus

Resolusi Full HD Plus poco m3 pro 5g

Kedua untuk tampilan layar, tidak halnya seperti seri dari brand utamanya yakni Redmi Note 10 yang semua produknya itu sudah pakai panel Siper AMOLED, nah untuk POCO M3 Pro 5G ini hanya dibekali panel IPS LCD dimana tidak sepenuhnya kalah ia juga menawarkan kualitas tampilan memukau apalagi ditambah dengan spesifikasi display lainnya sepert ini.

Memiliki bentang layar sekitar 6,5 inci dan resolusi berkulaitas hingga Full HD Plus atau 2400 x 1080 piksel yang menghasilkan kerapatan piksle sampai 400ppi, Jadi bisa kita lihat bahwa smartphone mampu memberikan pengalaman pengguna yang memukau dari aspek layarnya.

Tampilan layar yang dipakai menggunakan Tipe Punch Hole dengan lensa selfie didepan. Selain itu layarnya juga memiliki kontras rasio hingga 1500:1 yang pastinya bisa menampilkan warna layar yang menyenangkan dan memanjakan mata.

Hal lain yang menarik dari POCO M3 Pro 5G ini adalah didukung dengan kecepatan refresh rate hingga 90hz yang dinamis, dukungan Widevine L1 DRM juga sudah tersedia, yang nantinya hal ini dapat digunakan penggunanya untuk menikmati streaming konten dengan resolusi Full HD Maksimum.

3. Kapasitas Baterai hingga 5.000 mAh

Baterai 5.000 mAh poco m3 pro 5g

Walau di varian Pro kali ini kapasitas baterai POCO M3 Pro berkurang yang sebelumnya kalau kita lihat pada varian reguler mencapai 6000 mah, sedangkan untuk varian Pro hanya 5000 mAh saja. Tetapi untuk durasi ketahanan baterai apakah POCO M3 Pro ini lebih unggul? Kita bahas lebih lanjut.

Umumnya sebagai pengguna smartphone, ngak mungkin lah kita ngak mengandalkan aspek penting dalam samrtphone ini, semakin besar dan tahan lama pasti akan semakin menarik perhatian.

Nah untuk POCO M3 Pro 5 ini diklaim bisa bertahan selama 7 jam lebih 3 menit ketika digunakan untuk menonton youtube dan memainkan game PUBG dengan grafis HD, sedangkan POCO M3 yang normalnya memiliki kapasiats baterai lebih besar juga memiliki perbandingan tipis dimana ia habis dalam waktu 7 ham lebih 6 menit saja.

4. Dibekali Chipset bertenaga

POCO terkenal dengan smarpthonenya yang sering memberikan jeroan bertenga dengan harga yang terjangkau, hal ini tentu akan sangat membuat senang orang-orang yang senang bermain game dan aktivitas multitasking sebab dengan chipset yang berkualitas dan bertenaga aktivitas yang memperlukan performa akan menjadi lebih enteng dan ngebut.

POCO M3 Pro 5G ini tidak lagi memakai chipset dari Qualcomm Snapdragon 662 seperti yang digunakan varian regulernya, untuk kali ini ia mengandalkan sokongan dari chipset samsung yakni Dimensity 700 5G yang berjalan atas manufaktur.

Selain itu ia juga berjalan atas konfigurasi octa core yang terdiri dari dua inti ARM Cortex A76 dengan kecepataan sampai 2,2 GHz. Selain itu tersemat juga dua inti efesiensi daya berupa ARM Cortex A55 dengan clock speed 2.0 GHz.

Kalau kita bandingkan, chipset apa yang mirip dengan Dimensity 700 ini. Jadi performanya kalau kita bandingkan mirip dengan chipset dari Qualcomm Snapdragon 765G, yang dimana chipset ini sering ditemui pada smartphone flagship killer seperti contoh vivo X50.

Selanjutnya jika melihat test Benchmark AnTuTu v8, Chipset ini menghasilkan skor yang hampir menyentuh 300 ribu poin, dimana ia mendapat 290.999 poin menurut test benchmark ayng dilakukan situs Kimovil.

5. Triple kamera yang berkualitas

48MP lensa utama poco m3 pro 5g

Dari beberapa seri dan produk smartphone POCO M3 Pro banyak saya melihat yang menggunakan konfirguasi kamera dengan resolusi yang besar, nah hal inilah yang biasanya dicari juga oleh pengguna. Dimana dengan kamera yang berkualitas pengguna bisa menikmati aktivitas fotografi dengan sempurna.

Kalau bisa saya bilang sebenarnya POCO M3 Pro 5G  dan POCO M3ini konfigurasi dan spek kameranya tidak berubah mereka memiliki resolusi yang sama, dengan 48MP lensa utama, 2MP makro lens, dan 2MP sensor potret.

Walaupun memiliki resolusi yang sama, namun untuk fitur dan kualitas tangakapan dari kameranya POCO M3 Pro ini tentu unggul, kameranya juga ditopang oleh prosessor yang digunakannya juga hal inilah yang membuatnya lebih unggul.

Fitur-fitur keren yang bisa kamu gunakan untuk pengalaman fotografi cukup banyak, seperti ada mode malam, mode AI, slow motion, time lapse, dan masih banyak lainnya. Ada juga kemampuan perekaman hingga 1080p dengan frame rate 30FPS, ditambah lagi fitur pendukung seperti stabilisasi, Inilah yang membuatnya begitu menarik.

Lalu untuk kamera depan dengan desain ala punch hole, dibekali 8 resolusi kamera yang mampu menangkap setiap potret momen kamu dengan indah.

6. Dukungan NFC dan IR Blaster

Di kehidupan yang semakin maju ini fitur NFC atau near Field Communication sangat sangat penting apalagi dengan banyaknya jumlah transkasi digital saat ini. Hal inilah yang membuat vendor-vendor smartphone untuk menerapkan teknologi NFC pada konektivitasnya,  terutama smartphone andalan dari seri POCO M3 Pro 5G ini.

Kalau kita lihat pada POCO M3 reguler, yang juga sudah mendukung teknologi NFC dan kini juga diterapkan pada varian Pro, tentu ini adalah konsisten yang baik ditengah berkembangnya dunia digital teknologi dengan menerapkan NFC pdidalam konektivitas smartphone.

Selain itu ada juga satu fitur yang keren yakni IR Blaster (infrared) yang fungsinya untuk membuat smartphone bisa menjelma menjadi remote TV atau AC, penggunaan infrared inilah yang sangat membantu jadi kita tidak perli remote bawaan untuk mengganti channel TV atau menurunkan suhu AC, hanya dengan mengarahkan smartphone ke sensor kita sudah bisa mengatur itu.

Konektivitas lainnya yang juga cukup menarik adalah Bluetooth 5.1 yang merupakan versi terbaru dari Bluetooth, ada juga AI Face Unlock,Side Fingerprint scanner, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan Poco F3, Harga dan Spesifikasi

Kekurangan Smartphone POCO M3 Pro 5G

POCO ini memiliki tiga seri berbeda yakni M series, F series, dan X series. Nah diantara mereka memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan untuk POCO M3 Pro 5G ini tidak memlulu soal keunggulan saja, pasti ada sisi kekurangan yang nampak disana, apa saja itu yuk simak dibawah ini.

1. Kamera depan hanya 8MP

Kamera depan 8MP m3 pro 5g

Kamera menjadi aspek yang begitu penting bagi seseornag yang aktif dengan fotografi, dan oleh sebab itu kualitas yang dihasilkan juga menjadi nomer satu untuk sebuah lensa kamera. Sayangnya kamera depan dari POCO M3 Pro ini hanya didukung dengan resolusi 8 MP saja, ini kurang mantap untuk smartphone sekelas POCO.

Jadi kalau kita bahas kembali, POCO M3 Pro ini memiliki konfigurasi kamera yang sama persis dengan POCO M3 reguler. Mulai dari resolusi triple kamera belakangnya, dan spesifikasi kamera depannya yang sama-sama menggunakan 8MP resolusi.

Sehingga walau masih bisa digunakan dan menghasilkan foto, hasilnya mungkin akan kurang detail dan tajam. Inilah yang membuatnya menjadi kekurangan, padahal smartphone diharga yang sama sudah banyak yang mengadopsi resolusi kamera hingga 16MP.

2. Tidak ada lensa ultrawide

Masih satu aspek, kali ini kita akan membahas kekurangan POCO M3 Pro yang lagi-lagi belum mengadopsi lensa ultrawide pada smartphonenya. Walau di varian reguler juga belum ada setidaknya di varian terbaru ini seharusnya kita bisa merasakan kemampuan lensa ultra lebar yang mampu menangkap foto dalam jangkauan yang lebih luas.

Jika POCO M3 reguler menggunakan spesifikasi wide, macro, dan depth, maka untuk POCO M3 Pro juga sama wide, macro, dan tambahan lensa depth.

Walau kita tidak bisa mengahrapkan, setidaknya dengan lensa ini untuk yang gemar fotografi pemadangan akan merasakan smartphonenya bisa menangkap foto dalam jarak yang lebih luas dan juga tajam. Kalau kita bandingkan lagi diharga yang sama, sudah banyak kok smarpthone dengan konfigurasi yang bahkan quad-camera dengan mengadopsi tambahan lensa ultrawide.

3.  Belum mendukung rating IP53

Untuk yang sedang mencari mencari smartphone dengan kualitas perlindungan mungkin POCO M3 Pro 5G ini tidak cocok, sebab belum adanya sertifikasi IP53 yang mampu memberikan proteksi pada smartphone. Nah hal inilah yang menjadi kekurangan, bahwa pentingnya seritifkasi IP Rating untuk sebuah smartphone untuk pengguna yang selalu was-was.

Jadi IP53 ini adalah seritifkasi yang menunjukan bahwa smartphone dapat terlindungi dari semprotan air kurang dari 60 derajat secara vertikal serta bisa tahan ketika  ada debu yang masuk.

Sayang sekali POCO M3 Pro 5G ini belum mendukung standar proteksi barang elektronik ini, sebab saduaranya di seri POCO X3 NFC atau juga Redmi Note 10 dengan harga yang hampir sama malah sudah dibekali dengan sertifikasi ini.

4 . Tidak ada dual speaker     

dual speaker m3 pro 5g

Selain kamera dan body protection, kekurangan juga terdapat pada aspek sound. Umumnya siapa sih yang ngak pengen punya smartphone dengan kualitas speaker yang nyaring dan nendang, pasti semua mau lah. Tapi tidak semua smartphone itu memiliki standar itu, walau lumrah tetapi hal ini tentang tingkat baik atau tidaknya suara yang sering keluar ketika kita memutar media musik, film, atau bahkan bermain game.

Dual Speaker atau Stereo adalah standar speaker yang sudah banyak digunakan pada smartphone dielas entri sampai flagship, hal ini juga mempengaruhi kualitas. Sayangnya POCO M3 varian Pro ini tidak dibekali fitur tersebut, hanya POCO M3 reguler saja yang terlihat sudah menerapkan fitur ini.

Kendati demikian kualitas Speaker POCO M3 Pro tidak jelek-jelek amat, ia ternyata sudah menghadirkan sertifikasi Hi-Res pada sepakernya, jadi suara yang dikeluarkan akan lebih dapat dan tinggi untuk didengar and You will enjoy a quality listening experience.

Harga dan Spesifikasi POCO M3 Pro 5G

  • Nama : POCO M3 Pro 5G
  • Rilis: Mei 2021
  • Bobot : 190 gram
  • Layar: IPS LCD 6,5 inci, 90Hz, Corning Gorilla Glass 3
  • Resolusi : 1080 x 2400 piksel, screen ratio 83, 7%
  • Sistem Operasi : Android 11, MIUI 12
  • RAM : 4 GB & 6 GB
  • Memori Internal : 64 GB & 128 GB
  • Chipset :  MediaTek Dimensity 700 5G (7nm)
  • GPU :  Mali-G57 MC2
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 2 MP (macro), dan 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 8 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh non-removable, Fast Charging 18 W

Kesimpulan

Baik cukup saja pembasan tentang Kelebihan dan Kekurangan POCO M3 Pro 5G diatas, secara kesimpulan bisa kita lihat seperti halnya kebanyakan smartphone POCO lainnya setiap series pasti memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, ciri khas itu pasti ada nah oleh sebab itu pertimabangkan lagi apakah kamu benar-bener sudah tertarik dengan Smarpthone ini atau Tidak.

Kalau kita lihat dari beberapa aspek keunggulannya, smartphone POCO M3 Pro 5G sudah cukup oke, ia dibekali dengan kualitas layar yang  oke berefresh rate 90Hz, Ditenagai juga dengan chipset andalan dari Dimensity 700, Konektivitas NFC, Kemampuan kamera yang mumpuni, Baterai jumbo dan tahan lama, dan lain sebagainya.

Untuk harga sendiri, POCO M3 Pro 5G ini turun harganya menjadi hanya dua jutaan saja pada tahun 2022 ini. Untuk varian 4GB+64GB dihargai sekitar Rp2.599.000 sedangkan untuk varian 6GB+128GB dengan harga 2.899.000.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.