Jenis Kabel Listrik Dan Harganya Yang Paling Umum Di Pasaran

Listrik merupakan salah satu kebutuhan yang cukup penting pada setiap rumah maupun gedung perkantoran. Karena dengan adanya aliran listrik dari berbagai jenis kabel listrik, Anda dapat mengoperasikan perangkat elektronik, menyalakan lampu, hingga memenuhi kebutuhan sederhana lain.

Meskipun bukan mekanik atau ahli listrik namun tidak ada salahnya kalau Anda mengetahui berbagai macam model kabel. Karena setiap jenis kabel mempunyai kelebihan dan fungsi tersendiri untuk disesuaikan menurut kebutuhan.

Jenis Kabel Listrik Dan Harganya Yang Harus Dipahami

Di pasaran terdapat banyak sekali kabel listrik yang akan sulit dibedakan oleh orang awam. Agar ketika sedang membutuhkan tidak keliru membeli maka Anda dapat menyimak beberapa uraian dibawah ini dengan seksama.

1. Kabel Listrik NYA

Jenis kabel listrik yang pertama adalah jenis kabel listrik NYA yang fungsinya sangat penting dalam instalasi listrik rumah tangga maupun sistem tenaga. Biasanya saat mencarinya di pasaran Anda akan menemukan kabel listrik yang mempunyai ukuran 1,5 mm dan 2,5 mm.

Kabel NYA ini mempunyai inti tunggal dan juga dilapisi dengan bahan PVC dengan beberapa macam warna. Contohnya adalah warna merah, biru, kuning dan hitam untuk instalasi luar. Dari sisi idealnya jenis kabel ini akan digunakan sebagai kabel udara karena sangat tipis.

Selain itu juga mudah robek dan tidak tahan terhadap air. Anda dapat memasang pipa PVC tambahan sehingga lebih aman dari gigitan tikus. Karena seperti yang kita tahu bahwa tikus memang sangat senang mengerat kabel yang akibatnya cukup fatal bagi kita.

Kabel Kawat NYA

2. Kabel Listrik NYM

Kemudian kabel yang kedua adalah jenis kabel listrik NYM yang biasa digunakan untuk instalasi listrik di hunian atau gedung. Kabel ini terdiri dari dua, tiga atau empat inti dan juga dilengkapi isolasi PVC sebanyak dua lapis sendiri.

Sehingga menggunakan kabel jenis ini jauh lebih aman daripada kabel listrik jenis NYA. Jenis kabel listrik NYM ini biasanya digunakan di lingkungan yang basah atau kering, namun tidak dapat ditanam. Meskipun demikian Anda dapat memilihnya karena jaminan yang lebih aman dibandingkan yang pertama tadi.

jenis Kabel Listrik NYM

3. Kabel Listrik NYY

Jenis kabel listrik NYY ini diluncurkan ke pasaran dengan warna merah biru kuning hijau dalam balutan hitam. Pada umumnya jenis kabel listrik NYY ini terdiri dari dua, tiga, dan empat inti dengan material tembaga yang juga diisolasi dengan PVC.

Berbeda dengan dua kabel listrik yang pertama tadi kabel listrik NYY ini sangat aman untuk ditanam di dalam tanah karena mempunyai isolator yang kuat dan tebal. Mempunyai karakter warna hitam, keunggulan jenis kabel listrik ini juga tahan terhadap air.

Namun demikian, sebaiknya Anda tetap memberikan lapisan tambahan dengan pipa pada kabel listrik NYY ini. Terutama ketika Anda menggunakannya untuk aliran listrik dengan tegangan yang cukup tinggi.

Kabel Listrik NYY

4. Kabel Listrik NYAF

Selanjutnya ada jenis kabel listrik NYAF yang sering digunakan untuk instalasi listrik rumah dalam panel yang memerlukan fleksibilitas tinggi. Selain itu juga cocok ketika ditempatkan pada daerah yang memiliki belokan tajam.

Jenis kabel listrik NYAF ini diluncurkan ke pasaran dengan memiliki material tembaga. Juga dilengkapi dengan isolasi bahan PVC. Namun dalam penggunaannya sebaiknya digunakan dalam lingkungan kering dan tidak terkena pengaruh cuaca langsung.

Kabel Listrik NYAF

5. Jenis Kabel Listrik NYFGbY, NYRGbY, NYBY

Kemudian ada lagi kabel listrik NYFGbY/NYRGbY/NYBY yang biasanya digunakan untuk instalasi di dalam tanah. Kabel jenis ini tidak memerlukan perlindungan tambahan jika tidak harus menyebrang jalan. Namun demikian, sebaiknya, kedalaman pemasangan jenis kabel ini berada pada 0,8 meter di dalam tanah.

Jenis Kabel Listrik NYFGbY NYRGbY NYBY

6. Kabel Listrik NYCY

Selanjutnya adalah jenis kabel listrik NYCY yang mempunyai ketahanan yang prima pada berbagai kondisi cuaca.  Jenis kabel seperti ini sangat cocok untuk pemakaian di dalam tanah, dalam ruangan, hingga alam terbuka.

Kabel NYCY ini merupakan jenis kabel listrik yang terdiri dari penghantar konsentris yang telah dilapisi oleh pita CU kabel. Sehingga kabel yang satu ini dijual ke pasaran dengan harga yang cukup tinggi, sebanding dengan material dan keamanannya.

kabel NYCY

7. Kabel Listrik NYMHYO

Kemudian selanjutnya adalah kabel listrik NYMHYO yang terdiri dari dua inti serabut. Jenis kabel ini lebih banyak digunakan pada peralatan elektronik rumah tangga. Karena alat seperti ini biasanya memerlukan arus rendah. Contohnya adalah seperti sound system, kabel audio video, dan sebagainya.

Kabel Listrik NYMHYO

8. Jenis Kabel Listrik NYMHY/NYYHY

Lalu yang terakhir adalah kabel listrik NYMHY yang mempunyai ciri khas berwarna putih dan kabel listrik NYYHY berwarna hitam. Jenis kabel listrik yang satu ini mempunyai beberapa inti serabut yang diisolasi PVC. Dan digunakan pada alat rumah tangga dengan daya 900 watt ke bawa.

Kabel listrik jenis ini mempunyai kelebihan tidak mudah patah dan memiliki fleksibilitas yang tinggi. Sehingga Anda dapat mengandalkannya untuk penggunaan rumah tangga Anda yang tidak memerlukan watt terlalu besar.

kabel listrik NYMHY

Kisaran Harga Kabel Listrik Di Pasaran

Mengenai harga kabel listrik ini di pasaran, semua mempunyai harga yang sangat bervariasi, tergantung dari merk, ukuran, dan juga panjangnya. Selain itu juga dapat dihitung per meter ataupun per 50 dan 100 meter. Anda dapat menyimak dengan melihat tabel dibawah ini:

SPESIFIKASISATUANHARGA
Kabel Listrik Jenis NYAPer 100 MeterRp 145.000 hingga Rp 350.000
Kabel Listrik Jenis NYMPer 50 MeterRp 250.000 hingga Rp 415.000
Kabel Listrik Jenis NYYPer 50 MeterRp 325.000 hingga Rp 550.000
Kabel Listrik Jenis NYAFPer 100 MeterRp 130.000 hingga Rp 280.000
Kabel Listrik Jenis NYFGbYPer MeterRp 140.000 hingga Rp 650.000
Kabel Listrik Jenis NYCYPer MeterRp 45.000 hingga Rp 55.000
Kabel Listrik Jenis NYMHYOPer 50 MeterRp 90.000 hingga Rp 250.000
Kabel Listrik Jenis NYMHY / NYYHYPer 50 MeterRp 140.000 hingga Rp 375.000

Demikianlah jenis kabel listrik dan harganya dari masing-masing jenis kabel yang memiliki kelebihan tersendiri. Sehingga Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Namun untuk penggunaan pada instalasi listrik tegangan tinggi, pastikan Anda meminta bantuan ahli saat memasangnya sehingga dilakukan dengan cara yang aman dan tidak berbahaya.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.