21 Cara Menambah Visitor pada Blog dengan Cepat

Bagi seorang blogger, kesuksesan sebuah blog dapat diihat dari jumlah pengunjung atau visitor blog tersebut. Jumlah kunjungan yang banyak setiap harinya dapat menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan seorang blogger dalam mengembangkan blog nya.

Namun yang sering terjadi adalah tidak semua blogger mendapat kunjungan yang banyak pada blog nya, padahal artikel yang dimuat pada blog sudah lumayan banyak. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membagian 21 tips dan cara menambah visitor pada blog agar anda lebih dapat mengembangkan blog yang sudah anda miliki. Berikut cara-caranya:

cara meningkatkan visitor blog

1. Buat Konten atau artikel yang berkualitas

Konten menjadi topik yang paling utama dalam sebuah blog. Banyak hal dapat dijadikan sebuah konten dalam blog. Namun tidak semua konten yang ada itu berkualitas. Kualitas sebuah konten dapat dilihat dari nilai manfaat atau isi dari artikel yang telah anda publikasikan. Semakin bermanfaat untuk khalayak, berarti semakin berkualitas konten yang telah anda buat.

Memiliki satu konten yang berkualitas itu lebih baik daripada konten yang banyak konten yang asal jadi dan tidak ada manfaatnya. Publikasikan konten yang berkualitas agar pengunjung blog anda merasa terbantu dan menjadi royal pada blog anda.

Baca Juga :

2. Buat Konten atau Artikel yang Berpotensi Viral

Konten atau artikel yang memiliki potensi untuk viral bukan berarti konten yang kita buat akan menjadi konten yang viral. Tepi tentu saja kita masih dapat megupayakan agar konten yang kita buat menjadi viral sehingga banyak dicari oleh pengunjung. Konten yang viral memperbesar kemungkinan untuk di share atau dibagikan oleh banyak orang ke social media dan tentunya blog kalian dapat lebih dikenal khalayak.

3. Membuat Topik dari Berita yang Sedang Viral

Topik berita yang sedang viral tentu akan membuat orang untuk berlomba-lomba mencari berita tersebut. Begitu juga penulis berita. Para penulis berita tentu juga akan berlomba-lomba menuliskan berita yang sedang viral. Jika anda ingin menuliskan berita yang viral tentu kemungkinan besar berita anda akan tenggelam oleh artikel lainnya. Namun bukan berarti tidak ada cara untuk menyiasati nya. Cara menyiasati nya adalah dengan Newsjacking.

Newsjacking adalah metode untuk memanfaatkan sebuah isu yang sedang viral untuk meningkatkan traffic. Secara mudah dapat diartikan sebuah konten berita yang sedang viral kita tulis kembali dengan ditambahkan ide atau gagasan kita sendiri. Sebagai contoh ada konten viral di sosial media terkait berita teka-teki.

Banyak media memberitakan konten tersebut, namun belum ada yang dapat memecahkan teka-teki tersebut. Anda dapat melakukaan riset dan mencari jawaban yang pasti untuk memecahkan teka-teki tersebut, misalnya teka-teki antara ayam dan telur mana yang duluan hadir, atau tomat termasuk kedalam jenis buah atau sayur. Pelajari tentang newsjacking agar dapat membuat konten yang anda buat menjadi lebih menarik.

4. Buat Judul yang Menarik

Judul artikel menjadi aslah satu faktor yang membuat seseorang ingin berkunjung ke blog anda dan membaca artikel yang tersedia. Lalu seperti apa judul yang menarik? Judul yang menarik adalah yang dapat membuat sesorang penasaran dengan isi artikel. Sebagai contoh artikel kesehatan

Judul 1: Cara Memutihkan Kulit

Judul 2: 5 Cara Ampuh Memutihkan Kulit dalam Waktu 2 Minggu (100% Worked)

Dari kedua judul di atas, manakah judul yang membuat anda penasaran dan ingin membaca secara lebih mendalam? Jika anda menjawab yang ke dua, tentu sangat wajar, karena judul yang ke dua lebih menarik dan membuat orang merasa ingin membacanya. Jangan pernah lupa untuk membuat judul semanarik mungkin untuk artike anda. Nah apakah judul artikel yang anda tulis sudah termasuk kategori judul yang menarik?

5. Kuasai Bidangnya

Apakah yang menjadi tujuan anda membuat tulisan di blog? Apakah itu hanya untuk berbagi ilmu yang anda miliki atau bahkan untuk mencari penghasilan dari blog tersebut? Apa pun tujuan anda membuat tulisan di blog tidak ada salahnya menguasai apa yang anda bagikan pada blog anda.

Jika anda menguasai materi tentu akan menjadi nilai plus pada artikel dan blog anda. Misalnya jika anda seorang dokter, pengunjung blog anda akan lebih memepercayai dan menyukai konten yang anda tulis mengenai tips kesehatan atau semacamnya.

6. Tetap Konsisten dan Rajin

Tetap konsisten di sini berarti anda harus tetap konsisten dalam menyajikan artikel yang berkualitas dan tetap rajin memposting tulisan ke blog anda. Jika pada awalan anda kesulitan untuk mendapatkan pengunjung, jangan pernah berhenti dan menyerah begitu saja dan membuat anda malas untuk melanjutkan tulisan pada blog anda.

Karena banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan banyak pengunjung blog asalkan anda tetap mau berusaha. Jangan lupa untuk rajin memposting tulisan anda dengan teratur.

7. Melakukan blogwalking atau kunjungan blog

Melakukan blogwalking atau berkunjung ke blog milik orang lain dapat menjadi salah satu cara menaikan jumlah visitor pada blog anda. Anda dapat berkunjung dan memeberikan komentar-komentar yang dapat mengarahkan orang lain untuk mengunjungi blog anda.

Belakangan banyak yang beranggapan bahwa blogwalking merupakan cara yang kuno, namun bukan berarti tidak dapat menjaring pengunjung pada web anda. Dengan blogwalking secara tidak langsung anda akan memperolah back-link yang dapat memberikan anda keuntungan dan memperbesar kemungkinan terjadinya kunjungan pada blog anda.

8. Aktif di Komunitas Online

Siapa bilang jika konten atau artikel saja sudah cukup untuk mendapatkan banyak kunjungan. Ternyata salah satu cara lain agar blog kita dikinjungi adalah dengan aktif di komunitas online.

Komunitas online merupakan salah satu wadah untuk mengumpulkan orang-orang dengan tujuan yang sama. Misalkan konten pada blog kita tentang Teknologi atau IT kita dapat bergabung dengan komunitas online yang berhubungan dengan Teknologi atau IT tersebut.

Di sana akan terdapat banyak orang tertarik dengan konten yang anda buat mengenai IT. Sering meberikan komentar dan bergabung dalam obrolan grup tentu akan membuat anda terkenal dan tentu saja akan membawa dampak baik untuk blog anda di kemudian hari.

9. Aktif di Situs Tanya Jawab

Tidak ada salahnya anda ikut aktif pada forum tanya jawab yang tersedia. Anda dapat menjawab pertanyaan orang lain dan kemudian memberikan link yang mengarahkan pada blog anda. Semakin aktif anda menjawab dan memberikan link, semakin besar kemungkinan untuk seseorang mengunjungi blog anda. Situs tanya jawab yang dapat anda gunakan diantaranya: Yahoo Answer, Brainly, Quora (situs internasional), Takon (aplikasi android)

10. Bagikan Link Postingan pada WhatsApp Group

WhatsApp masih menjadi primadona bagi banyak orang untuk saling berkomunikasi. Salah satu fitur yang dimiliki WhatsApp adalah WhatsApp Group. Di dalam WhatsApp Group biasnya terdapat banyak orang yang kita kenal.

Kita dapat membuka topik obrolan yang dapat mengarahkan anggota group yang lain untuk berkunjung ke blog kita. Ingat, jangan membuat postingan yang bersifat spam, karena akan mengganggu anggota group lain. Awali obrolan group dengan kesan yang menyenangkan, misalnya dengan membuka forum jejak pendapat atau diskusi.

11. Jalin Interaksi dengan Pengunjung

Interaksi antara pengunjung dan pemilik blog kadang menjadi penting dilakuakn agar pengunjung merasa dekat dengan pemilik blog. Jangan malas untuk membalas komentar-komentar dari para pengunjung blog anda. Kedekatan dengan pengunjung pun akan meberikan citra yang baik bagi blog anda, walaupun hanya sekadar membalas komentar.

12. Aktif di Sosial Media

Sosial media bagi banyak orang masih menjadi sarana yang wajib untuk dikunjungi. Dengan banyaknya orang yang memiliki sosial media itu berarti akan banyak orang yang dapat anda jaring untuk mengunjungi blog anda. Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Seperti contohnya Instagram @tribunjateng. Pada akun instagram tersebut selalu membagikan judul-judul artikel atau berita yang mengarahkan sesorang mengklik link untuk menuju websitenya. Anda juga dapat membuat akun sosial media untuk memberitahukan khalayak tentang artikel atau konten yang telah kalian post pada blog.

13. Tambahkan Minimal 1 Gambar

Menambahkan gambar adalah salah satu cara untuk meningkatkan klik pengunjung. Alasannya karena orang-orang di sosial media lebih tertarik melihat gambar ketimbang tulisan. Jika anda sudah aktif di sosial media, tidak ada salahnya menambahkan satu  gambar yang benar-benar dapat menarik orang untuk mengklik link yang anda berikan.

Banyak website atau situs yang menyediakan foto gratis tanpa copyright misalnya Pixabay, Pixels, Pablo, Stok Snaps, Stock Up, dll. Jangan malas untuk menambahkan gambar pada artikel anda untuk memperbesar peluang klik ke blog anda.

14. Pilih Keyword yang Paling Sering Dicari

Keyword atau kata kunci sangat penting untuk mendongkrak visitor pada blog kita. Mengapa harus memilih kyword yang paling sering dicari? Bukankan persaingan akan semakin ketat dan bisa jadi artikel kita akan tenggelam. Pemikiran seperti itu harus dihindari. Mengapa? Karena jika artikel kita berada pada posisi satu namun keyword atau kata kuncinya jarang dicari sama saja tidak akan menghasilkan banyak visitor pada blog kita.

Tawarkan sesuatu yang berbeda dengan konten blog lainnya, agar anda juga dapat bersaing dengan blog atau website yang sudah populer sebelumnya. Jika anda masih belum paham tentang teknik me-research keyword dan SEO, anda harus mempelajarinya terlebih dahulu

15. Long Tail Keyword

Long tail keyword merupakan kata kunci yang terdiri dari 3 suku kata atau lebih. Long tail keyword merupakan keyword turunan yang merupakan pengembangan dari short tail keyword. Sebagai contoh:

Short tail keyword: Cara Buat Blog

Long tail keyword: Cara Membuat Blog Sampai Bisa Menghasilkan Gratis Untuk Pemula

Long tail keyword merupakan keyword yang lebih spesifik dan tertarget daripada short tail keyword. Faktanya bahwa 70% dari semua konten di dunia menggunakan long tail keyword. Pelajarilah dan gunakan long tail keyword agar visitor pada blog anda dapat meningkat. Apakah anda sudah membuat Long tail keyword atau masih menggunakan Short tail keyword?

16. Pahami Tentang SEO On Page

Seo On Page adalah serangkaian proses optmalisasi yang dilakukan oleh seorang blogger atau webmaster. Proses optimalisasi ini diharapkan dapat berpengaruh terhadap pengguna dan juga mesin penacari atu Search Engine.

Anda harus menguasai dan memahami secara mendetail tentang SEO on page ini, sebab nilainya akan sangat penting untuk dapat meningkatkan visitor pada blog anda karena salah satu fungsinya adalah agar koten atau artikel anda dapat muncul dalam mesin pencarian.

Jika anda belum menerapkan sistem optimalisasi SEO On Page dengan benar, maka kemungkinan besar konten atau artikel anda tidak akan muncul di mesin pencarian walaupun telah menuliskan keyword dengan benar.

17. Internal Linking

Internal linking adalah memberikan link dalam sebuah artikel menuju artikel lainnya yang relevan dalam satu blog. Contohnya artikel A memuat tentang “5 Teknik Berbisnis Online” kemudian Artikel B memuat penjelasan mendetail tentang salah satu Teknik tersebut. Dalam artikel A disematkan link untuk menuju penjelasan pada artikel B. hal ini dapat menaikan jumlah klik pada artikel lain yang anda buat.

18. Domain Blog yang Simple

Menggunakan nama domain yang simple ternyata juga berpengaruh dalam meningkatkan traffic ke blog kita. Gunakan nama domain yang tidak rumit dan dapat menimbulkan kesalahan ejaan, seperti contohnya: hello.com atau helo.com. Kesalahan pada nama domain ternyata dapat menyebabkan situs atau blog menjadi sulit dicari.

19. Lakukan Optimalisasi Halaman Blog

Tidak hanya SEO yang harus dioptimalisasi, halaman pada blog anda pun butuh pengoptimalisasian. Yang dapat dioptimalkan dari halaman web atau blog adalah http status, Robot Txt, Title Tag, Speed, dan sebagainya

20. Menggunakan Iklan berbayar

Iklan berbayar menjadi salah satu upaya dalam menaikan jumlah visitor pada blog. Cara ini merupakan cara yang paling cepat untuk mendapatkan pengunjung. Namun cara ini memerlukan biaya yang bisa dibilang tidak sedikit untuk beriklan. Salah satu layanan iklan tersebut adalah Google Adwords.

Google Adwords adalah layanan iklan bebayar milik Google dimana pengiklan dapat melakukan penawaran harga pada setiap keyword. Penawar tertinggi dapat menampilkan iklan pada hasil pencarian Google maupun pada kolom iklan pada website rekanan dari Google Display Network.

21. Menggunakan Jasa Penulis Artikel

Sebagai pemiliki blog, anda tidak dilarang untuk menggunakan jasa penulis artikel. Tujuan utama adalah agar pekerjaan anda menjadi ringan.  Tujuan lainnya adalah agar konten yang anda hadirkan menjaadi konten yang berkualitas karena penulis artikel akan lebih fokus pada tulisannya. Setelah selesai, tugas anda selanjutnya adalah menerapkan sistem SEO

Baca Juga : Kebiasaan Buruk Blogging yang Harus Anda Tinggalkan

Itulah 21 cara menambah visitor pada blog yang tela kami paparkan. Jika anda ingin menambah visitor pada blog, anda dapat menerapkan cara-cara di atas sesuai dengan porsi yang anda butuhkan. Semoga bermanfaat

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *