Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakan Windows Task Manager di Laptop

Saat mengoperasikan komputer, pasti Anda pernah menemukan alat yang bernama Task Manager. Mungkin tidak semua orang tau kegunaan alat ini selain menutup paksa program crash atau stack.

Nah, pada artikel ini, kami akan menjelaskan fungsi, fitur-fitur dan cara menggunakan Windows Task Manager. Siapa tahu bisa bermanfaat bagi Anda sekaligus menambah wawasan tentang komputer.

fungsi windows task manager

Pengertian Windows Task Manager

Windows Task Manager adalah sebuah alat bawaan dari OS Windows yang berguna untuk memonitoring proses program yang sedang berjalan pada suatu komputer atau laptop.

Disini Anda akan disuguhkan informasi tentang keadaan komputer, mulai aplikasi yang berjalan, proses CPU, RAM atau disk yang kamu gunakan, hingga ketersediaan jaringan yang digunakan.

Untuk melihatnya Anda bisa memilih menu Performance dan keterangannya:

tab performance task manager
  • Prosecess : berapa banyak proses aplikasi yang sedang berjalan
  • CPU Usage : menampilkan prosentase Processor yang digunakan
  • Physical Memory : menampilkan prosentase penggunaan RAM

Fungsi Windows Task Manager

  1. Memonitoring semua kegiatan dan proses pada sebuah komputer, sekaligus memantau kinerja RAM, Processor dan Jaringan.
  2. Mengatur prioritas pada sebuah program yang sedang berjalan – bisa dilakukan Masuk Tab Processes > Klik Kanan pada program yang dipilih > Set Prioity > High (pilih sesuai kebutuhan) > Ok/Apply.
  3. Melihat aplikasi yang menggunakan kinerja RAM dan CPU – melihatnya melalui menu menu Performance.
  4. Memberhentikan paksa program yang Not Responding – dengan klik End Processes atau End Task dapat menutup paksa aplikasi yang tidak merespon.

Cara Menggunakan + Menu-Menu Windows Task Manager

Untuk menampilkan Task Manager gunakan Shortcut Ctrl + Shift + ESC atau bisa juga Klik Kanan pada Taskbar lalu pilih Task Manager. Setelah masuk ke Windows Task Manager akan menampilkan beberapa fitur atau menu yang diantaranya adalah:

  1. Aplications – Menu ini akan menampilkan aplikasi/program yang sedang berjalan atau sedang dibuka sekaligus menampilkan status aplikasi yang Not Responding.
  2. Processes – Menu Processes menampilkan data proses aplikasi/program maupun latar belakang yang sedang aktif saat ini. Kemudian akan ditampilkan juga dari mana sistem tersebut berasal, sekaligus menampilkan status CPU, memory RAM yang digunakan, dan deskripsi proses yang dijalankan. Secara default menu processes akan menampilkan berdasarkan urutan besarnya memory RAM yang digunakan, memori penggunaan yang paling besar akan ditampilkan paling atas, semakin kebawah semakin kecil penggunaan RAM nya.
  3. Services – Jika pada processes hanya menampilkan data aplikasi/program yang sedang berjalan saja, pada menu service akan menampilkan seluruh proses yang sedang berjalan maupun yang sudah berhenti.
  4. Performance – Menu ini dapat menampilkan status penggunaan RAM dan CPU dengan tampilan Grafik, dan detail data yang lebih jelas pada bagian bawahnya.
  5. Networking – Menu ini menampilkan status komputer yang terhubung dengan internet, mulai dari Wireless Network Connection 2, Local Area Connection dan Wireless Network Connection.
  6. Users – Menu ini menampilkan pengguna yang sedang Log on di komputer.

Baca Juga : Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit

Windows Task Manager semoga membantu dan dapat bermanfaat. Terimakasih sudah meluangkan waktu membaca artikel ini.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published.