Site icon Kuma Blog

Sistem yang Digunakan untuk Pengiriman Data yang Menggunakan Komputer Adalah

Kemajuan teknologi, informasi, dan komunikasi saat ini membawa pengaruh yang sangat besar bagi perkembangan bagi sistem komunikasi dan pengiriman data. Suatu data dapat dikirimkan dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan alat telekomunikasi. Ada beberapa alasan yang membuat data harus dikirimkan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Khusus untuk data yang dikirimkan dengan menggunakan komputer, atau pengiriman data yang menggunakan sistem transmisi elektronik, lebih sering disebut dengan istilah komunikasi data (data communication). Dalam sistem komunikasi, istilah jaringan kerja atau network digunakan paling sedikit dua atau lebih perangkat yang dihubungkan antara satu dengan yang lainnya.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini admin akan membagikan pembahasan mengenai sistem yang digunakan untuk pengiriman data yang menggunakan komputer adalah. Agar kamu tidak ketinggalan informasi pentingnya, pastikan kamu simak artikel ini sampai selesai ya.

Daftar Isi

Informasi tentang Sistem yang Digunakan untuk Pengiriman Data yang Menggunakan Komputer Adalah

Untuk melakukan pengiriman data dari satu tempat ke tempat lainnya, maka harus ada tiga elemen sistem yang tersedia. Tiga elemen tersebut antara lain yaitu sumber data, Media transmisi, dan juga penerima data. Ketiga elemen ini memiliki peran dan fungsinya masing-masing dalam sistem komunikasi data.

Fungsi dari sumber data yaitu sebagai pengirim atau sumber yang mengirimkan data ke penerima. Elemen yang kedua yaitu Media transmisi berperan sebagai pembawa data yang dikirimkan dari sumber data ke elemen yang ketiga yaitu penerima. Sementara itu, penerima merupakan pihak yang menerima data yang dikirimkan.

Apabila salah satu dari ketiga elemen tersebut tidak ada, maka komunikasi atau pengiriman data tidak akan bisa dilakukan. Oleh sebab itu, apabila kamu ingin mengirimkan data, maka pastikan dulu ketiga elemen tersebut terpenuhi. Dari ketiga elemen yang telah dijabarkan di atas, maka kita dapat melihat tahapan dari proses komunikasi atau pengiriman data yaitu:

Sumber data > media transmisi > penerima data

Sistem yang digunakan untuk pengiriman data yang menggunakan komputer adalah sistem transmisi elektronik yang memanfaatkan jaringan kerja atau network. Sebagai informasi, Network merupakan hubungan dari dua atau lebih perangkat yang membentuk suatu sistem komunikasi.

Baca Juga:

Tujuan dari Sistem yang Digunakan untuk Pengiriman Data yang Menggunakan Komputer

Pengiriman data menggunakan komputer memiliki tujuan diantaranya sebagai berikut:

  1. Menyalurkan informasi secepat mungkin dengan kesalahan seminimal mungkin.
  2. Mengirimkan data dalam jumlah besar dengan lebih efisien, tanpa adanya kesalahan dari satu tempat ke tempat lain.
  3. Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukung lainnya dari jarak jauh (remote computer use).
  4. Mempermudah penggunaan sistem komputer secara tersebar ataupun terpusat dan mendukung manajemen dalam hal kontrol.
  5. Mempermudah pengolahan dan pengaturan data dari berbagai sistem komputer.
  6. Mengurangi waktu pengolahan data m
  7. Mempercepat proses penyebarluasan informasi.

Sistem Transmisi Data yang Menggunakan Komputer

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa transmisi data merupakan salah satu elemen penting dalam komunikasi data, dimana menjadi media untuk menyampaikan data dari pengirim ke penerima. Lebih detailnya transmisi data merupakan proses pengiriman data dari sumber data ke penerima data atau receiver. Adapun hal-hal yang menyangkut sistem transmisi data antara lain sebagai berikut:

Media Transmisi dari Sistem yang Digunakan untuk Pengiriman Data yang Menggunakan Komputer

Perlu kamu tahu, ada beberapa media transmisi yang bisa digunakan sebagai channel atau jalur transmisi yang membawa data yang dikirimkan menuju penerima data. Berikut adalah beberapa media transmisi yang banyak digunakan saat ini:

1. Kabel

Jika jarak sumber data dan penerima tidak terlalu jauh atau berada di dalam area lokal, maka data dapat dikirimkan dengan menggunakan kabel sebagai media transmisinya. Kabel tersebut dapat berbentuk kabel tembaga biasa yang digunakan pada kabel telepon, atau coaxial cable. Selain itu, ada pula kabel jenis fiber optik yang digunakan sebagai media transmisi data pada proses pengiriman data menggunakan komputer.

Coaxial cable adalah jenis kabel yang dibungkus dengan menggunakan bahan metal yang lunak. Jenis kabel data ini mempunyai tingkat transmisi data yang lebih tinggi dibandingkan dengan kabel biasa, namun jenis kabel ini biasanya memiliki harga yang relatif mahal.

Fiber Optic Cable merupakan jenis kabel yang dibuat dari serabut-serabut kaca tipis dengan ukuran diameter sebesar diameter rambut manusia. Jenis kabel fiber optik memiliki tingkat kecepatan pengiriman data hingga 10 kali lebih besar dari jenis kabel coaxial.

2. Radiasi Elektromagnetik

Apabila jarak sumber data dan penerima cukup jauh, maka channel komunikasi yang digunakan dapat berupa media radiasi. Sebagai informasi, radiasi elektromagnetik dipancarkan melalui udara terbuka, misalnya gelombang mikro (microwave), sistem satelit, maupun sistem laser.

Microwave adalah jenis gelombang radio dengan frekuensi tinggi yang dipancarkan dari stasiun ke stasiun lainnya. Sifat pemancaran dari gelombang microwave adalah line-of-sight atau tidak terhalang. Karena adanya gedung-gedung tinggi, bukit, atau gunung, gelombang microwave biasanya digunakan untuk pengiriman data dengan jarak yang dekat.

Satellite system adalah jenis media transmisi yang digunakan untuk pengiriman data dengan jarak yang jauh. Satelit akan menerima sinyal yang dikirimkan dari stasiun microwave di bumi dan kemudian mengirimkannya kembali ke stasiun bumi lainnya. Satelit ini berfungsi sebagai stasiun relay yang letaknya berada di luar angkasa.

Sistem laser merupakan salah satu teknologi komunikasi yang banyak digunakan untuk penelitian-penelitian. Para ahli komunikasi memperkirakan di masa yang akan datang bahwa penggunaan teknologi laser akan lebih meluas dan secara dramatis dapat mengurangi biaya transmisi. Contoh dari sistem laser ini yaitu adanya teknologi wireless.

Teknologi wireless merupakan media transmisi radiasi elektromagnetik yang dipancarkan melalui udara terbuka. Biasanya dapat berupa gelombang elektromagnetik, sistem satelit, serta sinar inframerah atau sistem laser. Adanya teknologi wireless sangat bermanfaat bagi banyak orang saat ini karena membawa banyak kemudahan dalam proses pengiriman data.

Kapasitas Channel Transmisi dari Sistem yang Digunakan untuk Pengiriman Data yang Menggunakan Komputer

Bandwidth atau lebar band merupakan angka yang menunjukkan sejumlah data yang dapat ditransmisikan untuk satu unit waktu. Bandwidth dinyatakan dalam satuan bits per second (bps) atau characters per seconds (cps). Bandwidth dengan satuan bps atau cps pada umumnya menyatakan ukuran dari kapasitas channel transmisi, dan bukan merupakan ukuran kecepatan transmisi data.

Sehingga, transmisi data dengan ukuran 1000 bits per seconds tidak bisa dikatakan lebih cepat dari transmisi data dengan ukuran 200 bits per seconds. Kapasitas atau tingkat penyaluran dari channel transmisi dapat digolongkan ke dalam 3 channel transmisi antara lain:

1. Narrow Band Channel

Narrow band channel atau sub voice channel adalah channel transmisi dengan bandwidth yang rendah, yaitu sekitar 50-300 bps. Biaya transmisi dengan menggunakan channel transmisi jenis ini relatif lebih rendah, namun biaya rata-rata per bitnya lebih mahal dengan tingkat kemungkinan kesalahan yang lebih besar. Contoh dari penggunaan narrow band channel yaitu jalur telegraph.

2. Voice Band Channel

Voice band channel atau biasa disebut voice grade channel merupakan jenis channel transmisi yang memiliki bandwidth lebih besar dibanding dengan jenis narrow band channel. Bandwidth yang dimiliki oleh channel jenis ini berkisar antara 300-500 bps. Contoh dari voice dan channel ini yaitu jalur telepon.

3. Wideband Channel

Wideband channel atau broadband channel merupakan jenis transmisi yang digunakan untuk mentransmisikan volume data yang besar dengan bandwidth mencapai 1 juta bps. Pada umumnya, transmisi atau Pengiriman data dengan wideband channel memiliki biaya yang sangat mahal. Namun, bila diperhitungkan biaya per bitnya akan relatif lebih murah dan kemungkinan adanya kesalahan transmisi lebih kecil.

Jalur telepon umum merupakan salah satu contoh transmisi data menggunakan wideband channel, di mana jalur telepon umum menggunakan media coaxial kabel yang terletak di bawah laut atau microwave system serta satelit sistem.

Tipe Channel Transmisi dari Sistem yang Digunakan untuk Pengiriman Data yang Menggunakan Komputer

Tahukah kamu, dalam sistem yang digunakan untuk pengiriman data yang menggunakan komputer adalah suatu channel transmisi dapat memiliki tipe transmisi yang berbeda-beda antara lain sebagai berikut:

1. One-Way Transmission

Tipe cara transmisi dari sistem yang digunakan untuk pengiriman data yang menggunakan komputer adalah one way transmission. Ini merupakan tipe transmisi satu arah yang hanya bisa membawa informasi data dalam bentuk satu arah saja, dan tidak bisa dibolak-balik.

Contoh dari transmisi ini adalah siaran radio atau televisi, gimana sinyalnya dikirimkan dari satu stasiun pemancar dan hanya dapat diterima oleh pesawat penangkap siaran. Dalam hal ini, pesawat penangkap siaran tidak dapat mengirimkan kembali informasi ke stasiun pemancar.

2. Either-Way Transmission

Either-Way Transmission merupakan tipe transmisi dua arah bergantian, gimana tipe ini merupakan channel transmisi yang informasi datanya dapat mengalir dalam dua arah secara bergantian. Contoh dari tipe transmisi ini yaitu radio CB walkie talkie yang bisa mendengarkan atau berbicara secara bergantian.

3. Both-Way Transmission

Tipe transmisi terakhir dari sistem yang digunakan untuk pengiriman data yang menggunakan komputer adalah Both-Way Transmission yang merupakan tipe transmisi dua arah serentak. Tipe ini merupakan contoh transmisi yang informasi datanya dapat mengalir dalam dua arah secara serentak. Contoh dari both way transmission yaitu komunikasi lewat telepon.

Kode Transmisi dari Sistem yang Digunakan untuk Pengiriman Data yang Menggunakan Komputer

Kode transmisi yang digunakan untuk Pengiriman data menggunakan komputer adalah sebagai berikut:

Mode Transmisi dalam Sistem yang Digunakan untuk Pengiriman Data yang Menggunakan Komputer

Beberapa bentuk mode transmisi dalam sistem yang digunakan untuk pengiriman data yang menggunakan komputer adalah:

1. Parallel Transmission

Pada mode ini, semua bit dari karakter yang diwakili oleh suatu kode, akan ditransmisikan secara serentak yaitu satu karakter setiap saat.

2. Serial Transmission

Serial transmission atau transmisi seri menjadi salah satu mode transmisi yang paling umum digunakan. Pada mode ini, masing-masing Beat dari setiap karakter akan dikirimkan secara berurutan, yaitu bit per bit.

Synchronous transmission adalah istilah yang mengacu pada waktu pengiriman bit bit di sumber pengirim, di mana waktunya harus sinkron dengan waktu penerimaan bit bit yang diterima oleh penerbit.

Sementara itu, ada juga istilah bit synchronization, yaitu berhubungan dengan waktu sumber pengirim harus meletakkan bit-bit yang akan dikirim ke channel transmisi dan kapan penerimaan harus mengetahui dengan tepat untuk mengambil bit yang dikirimkan tersebut.

Asynchronous transmission bisa dikatakan lebih aman dibandingkan dengan synchronous transmission. Hal ini dikarenakan pada asynchronous transmission apabila terjadi suatu kesalahan pada data yang ditransmisikan, maka hanya akan merusak sebuah karakter saja. Lain halnya pada synchronous yang akan langsung merusak satu blok data.

Akan tetapi, asynchronous transmission memiliki kekurangan yaitu kurang efisien dibandingkan dengan synchronous transmission karena memerlukan bit-bit tambahan untuk setiap karakternya, yaitu start bit dan stop bit.

Protokol pada Sistem yang Digunakan untuk Pengiriman Data yang Menggunakan Komputer

Perlu kamu ketahui, protokol merupakan suatu kumpulan dari aturan-aturan yang berhubungan dengan komunikasi data antar perangkat. Tujuan dari adanya protokol ini yaitu agar komunikasi data dapat dilakukan dengan benar. Jabatan tangan merupakan contoh dari protokol yang terjadi antara dua manusia yang akan melakukan komunikasi.

Dalam istilah komputer, jabatan tangan menunjukkan suatu protokol dari komunikasi data bila dua buah alat dihubungkan satu sama lain untuk menentukan bahwa keduanya kompatibel. Agar perangkatnya kompatibel, maka pada saat transmisi data keduanya harus memiliki transfer rate, tipe transmisi, format data, dan mode transmisi yang sama. Umumnya, protokol berupa suatu software yang mengatur adanya komunikasi data tersebut.

Mekanisme Sistem yang Digunakan untuk Pengiriman Data yang Menggunakan Komputer

Sebenarnya, mekanisme atau sistem yang digunakan untuk Pengiriman data yang menggunakan komputer adalah proses yang tidak akan pernah bisa terlihat ataupun diamati secara kasat mata. Hal ini dikarenakan semua prosesnya berjalan dengan cepat dan tidak terlihat oleh pengguna atau user.

Sebuah data yang dikirim dari suatu perangkat ke perangkat lainnya akan mengalami serangkaian proses sebelum mencapai tujuannya. Dalam proses pengiriman data, akan menggunakan protokol protokol yang bisa disebut sebagai Bahasa komunikasi komputer. Pada umumnya, sistem yang digunakan untuk pengiriman data yang menggunakan komputer adalah proses yang harus melalui protokol.

Sebagai informasi, protokol ini berperan sebagai aturan-aturan yang membuat dua komputer dapat berkomunikasi satu sama lain. Salah satu protokol komunikasi yang banyak digunakan saat Pengiriman data yang mencakup area yang luas adalah TCP/IP (Transfer protocol/internet protocol).

TCP sendiri merupakan kumpulan protokol yang bekerja sama untuk bisa menangani proses Pengiriman data dalam komputer. Setiap protokol memiliki fungsinya masing-masing dan secara keseluruhan bisa memastikan bahwa data yang dikirim bisa sampai ke alamat dan aplikasi yang benar, serta data masih dalam keadaan utuh dan tidak mengalami kerusakan.

TCP mempunyai keunggulan yaitu protokol tersebut dapat berkomunikasi dengan dua komputer yang berbeda jenis dan sistem operasi yang digunakan. Transfer protocol atau TCP terdiri dari 4 lapisan protokol yang disebut dengan istilah layer. Setiap layer memiliki fungsi dan perannya masing-masing diantaranya:

1. Application Layer

Application layer merupakan layer yang berperan sebagai tampilan antarmuka pengguna dengan aplikasi yang digunakan dalam sistem jaringan. Contoh aplikasi umum yang termasuk ke dalam layer ini yaitu hypertext transfer protocol (http) yang digunakan pada aplikasi web, file transfer protocol (FTP) yang biasanya digunakan untuk pengiriman file dan sebagainya.

2. Transport Layer

Layer yang satu ini berfungsi untuk mengadakan komunikasi end to end antara dua komputer dalam jaringan. Protokol yang ada di lapisan ini bernama TCP dan berperan dalam menangani komunikasi di antara host dan menyediakan layanan data, multiplexing, dan juga reliable. Selain itu, ada juga UDP yang memungkinkan komputer untuk dapat mengirimkan paket data tanpa perlu melakukan komunikasi terlebih dahulu.

3. Internet Layer

Internet layer atau biasa disebut sebagai Network layer terdiri atas protokol IP yang berperan dalam menyampaikan paket data ke alamat yang tepat. Lalu, ada juga ARP (address revolution protocol) yang berfungsi untuk menemukan alamat hardware dari komputer yang berada dalam jaringan yang sama.

Sementara itu, ICMP digunakan untuk mengirimkan pesan dan melaporkan kegagalan dalam Pengiriman data, sehingga data yang gagal terkirim akan diproses ulang untuk dikirimkan kembali.

4. Network Access Layer

Layer yang terakhir ya itu Network access layer digunakan untuk mendefinisikan protokol dan perangkat keras yang diperlukan untuk menghubungkan mode ke jaringan fisik dan juga untuk mengirimkan data.

Baca Juga:

Bentuk Komunikasi pada Sistem yang Digunakan untuk Pengiriman Data yang Menggunakan Komputer

Pada komunikasi data, ada beberapa bentuk yang memiliki perbedaan masing-masing. Berikut adalah beberapa bentuk komunikasi atau pengiriman data yang menggunakan komputer.

1. Sistem Komunikasi Offline

Komunikasi offline merupakan suatu bentuk sistem komunikasi data atau sistyang tergolong sederhana, dimana dapat berbentuk off-line communication system. Dalam sistem ini, data yang ditransmisikan tidak akan langsung diproses oleh CPU penerima.

2. Sistem Komunikasi Online

Sistem yang digunakan untuk pengiriman data yang menggunakan komputer adalah sistem komunikasi online atau online communication system. Dalam sistem ini, data yang dikirimkan akan langsung diterima oleh komputer pusat untuk diolah. Dalam sistem komunikasi online beberapa jenis sistem komunikasi diantaranya berbentuk remove job entry (RJE), time sharing system, client server system, atau distributed data processing system.

Bentuk Komunikasi Online pada Sistem yang Digunakan untuk Pengiriman Data yang Menggunakan Komputer

1. Remove Job Entry System

Remove job entry system merupakan cara pengolahan yang disebut dengan batch processing system. Adapun hasil dari pengolahan data pada umumnya ada di komputer pusat dan tidak dapat langsung seketika dihasilkan. Hal ini dikarenakan terpusat harus sekaligus melakukan pengolahan pada sekumpulan data yang besar.

2. Real Time System

Real time system merupakan sistem komunikasi data yang memungkinkan untuk mengirimkan data ke pusat komputer. Kemudian, data tersebut diolah di pusat komputer seketika pada saat diterima dan mengirimkan kembali hasil pengolahan ke pengirim data pada saat itu juga.

3. Timer Sharing System

Timer sharing system merupakan bentuk komunikasi data online yang memungkinkan beberapa pemakai komputer atau multi user bersama-sama menggunakan komputer. Nantinya, komputer akan membagi waktunya secara bergantian untuk tiap-tiap pengguna.

Karena perkembangan proses CPU semakin cepat, sedangkan alat I/O tidak dapat mengimbangi kecepatan CPU, maka kecepatan CPU dapat digunakan secara efisien dengan melayani perangkat I/O secara bergantian.

Jadi, tiap-tiap pengguna akan dilayani oleh komputer secara bergiliran dalam waktu yang singkat. Sehingga, tiap-tiap pengguna komputer tidak akan merasa bahwa komputer melayani beberapa pengguna sekaligus bergiliran.

4. Client Server System

Pada umumnya, time sharing system melibatkan komputer mainframe yang dihubungkan dengan banyak terminal, di mana terminal yang digunakan adalah dumb terminal yang berperan sebagai perangkat input dan output saja. Terminal ini disebut dengan dumb terminal karena tidak memiliki prosesor, sehingga seluruh pengolahan datanya dilakukan oleh komputer mainframe.

Oleh sebab itu, komputer pusat yang berfungsi sebagai penyedia data dan program ini disebut sebagai server. Komputer-komputer mikro yang berfungsi sebagai terminal ini disebut dengan client dan sistem jaringan ini disebut dengan client server system.

5. Distributed Data Processing System

DDP system dapat didefinisikan sebagai suatu sistem komputer interaktif yang terpancar secara geografis dan dihubungkan dengan menggunakan jaringan telekomunikasi dan masing-masing komputer mampu mengolah data secara independen serta mampu berhubungan dengan komputer lainnya dalam suatu sistem.

Penanganan Kesalahan dalam Sistem yang Digunakan untuk Pengiriman Data yang Menggunakan Komputer

Dalam proses transmisi atau pengiriman data menggunakan komputer, dapat terjadi gangguan atau kendala yang disebut dengan noise. Hal ini akan menyebabkan adanya kesalahan pada data yang sudah ditransmisikan. Ketika melakukan transmisi data yang penting, kesalahan-kesalahan transmisi semacam ini harus dapat dideteksi dan diperbaiki. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menangani kesalahan pada saat transmisi atau pengiriman data.

1. Echo Technique

Penanganan kesalahan dalam sistem yang digunakan untuk Pengiriman data yang menggunakan komputer adalah echo technique atau disebut juga sebagai echoplex. Echo technique merupakan salah satu cara pendeteksian kesalahan transmisi dengan cara data yang sudah ditransmisikan dipantulkan atau dikirim kembali oleh penerima kepada si pengirim.

Kemudian, pengirim membandingkan hasil yang dikirimkan balik tersebut dengan apa yang tadi dikirimkan. Jika keduanya cocok, berarti tidak ada kesalahan pada data. Namun, jika ada ketidakcocokan data, berarti terjadi kesalahan dalam proses transmisi data.

2. Two-Coordinate Parity Checking

Two-coordinate parity checking merupakan cara pendeteksian data yang ditransmisikan dengan cara memeriksa parity dan dua arah koordinat. Tiap-tiap karakter yang ditransmisikan akan diberi tambahan sebuah bit yang memiliki fungsi sebagai parity check dan satu blok karakter yang ditransmisikan diberi sebuah karakter tambahan yang berperan sebagai block check character (BCC).

Sebagai informasi, BCC bisa juga disebut dengan longitudinal redundancy check character (LRCC). Bit parity untuk setiap karakter dalam cara ini disebut dengan character parity bit atau horizontal parity bit. Selain itu, istilah lain untuk menyebutnya yaitu transverse parity bit atau lateral parity bit serta row parity bit.

Sedangkan, bit-bit parity pada BCC bisa disebut sebagai block check character parity bit, longitudinal parity check, column parity check atau vertical parity check. Jika ada kesalahan pada sebuah bit dalam suatu karakter, maka bit tersebut dapat dideteksi dan diperbaiki secara otomatis.

Perangkat Keras pada Sistem yang Digunakan untuk Pengiriman Data yang Menggunakan Komputer

Tahukah kamu, selain perangkat keras utama seperti input device, processing device, output device, dan mass storage, sistem komunikasi data memerlukan beberapa perangkat keras lainnya yang berguna untuk mempermudah proses pengiriman data. Beberapa perangkat keras yang mendukung sistem komunikasi data antara lain:

1. Modem

Biasanya, jalur transmisi akan menyalurkan data dalam bentuk data analog, sedangkan data yang dihasilkan oleh sumber pengirim berbentuk data digital. Modem atau modulator-demulator digunakan untuk mengubah data dari bentuk digital ke dalam bentuk analog.

Tipe khusus modem yang disebut dengan acoustic coupler dapat digunakan untuk mengubah sinyal digital yang berasal dari terminal menjadi nada suara yang ditransmisikan lewat jalur telepon. Selain modem yang menggunakan saluran telepon, saat ini juga sudah banyak tersedia modem yang tidak menggunakan kabel maupun telepon. Modem ini disebut juga dengan istilah wireless modem

2. Multiplexer

Multiplexer atau disebut mux merupakan suatu perangkat yang memungkinkan beberapa sinyal komunikasi dari masing-masing terminal yang menggunakan channel transmisi kapasitas dapat digabungkan menjadi satu. Kemudian sinyal ini dikirimkan melalui channel transmisi kapasitas tinggi, sehingga lebih efisien dan hemat biaya, karena biaya total akan relatif lebih murah.

3. Concentrator

Concentrator merupakan perangkat yang memiliki fungsi yang sama dengan multiplexer, dia itu menggabungkan beberapa sinyal data dari channel translate kapasitas rendah ke channel transmisi yang berkapasitas tinggi. Perangkat concentrator dapat mengatur bentuk dari arus data sebelum digabungkan ke channel transmisi kapasitas tinggi dan biasanya memiliki suatu simpanan luar sendiri atau mass storage.

Network dalam Sistem yang Digunakan untuk Pengiriman Data yang Menggunakan Komputer

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sistem yang digunakan untuk Pengiriman data yang menggunakan komputer adalah sistem transmisi elektronik. Sistem ini memanfaatkan Network layanan network dalam proses pengiriman data.

Sebagai informasi, Network merupakan jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan satu atau lebih sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi hingga membentuk satu sistem. Dalam proses pengiriman data, Network dibutuhkan untuk dapat mengirimkan data dari sumber data menuju ke penerima data.

1. Komponen Network

Perlu kamu tahu, network memiliki beberapa komponen yaitu node dan link. Sebagai informasi, node merupakan titik yang dapat menerima input ke dalam network, menghasilkan output informasi, maupun keduanya. Node sendiri dapat berupa sebuah perangkat printer maupun perangkat lainnya yang mendukung network.

Sementara itu, link adalah channel atau jalur transmisi atau carrier untuk membawa arus informasi atau data, di mana link ini dapat berupa kabel atau microwave system. Masing-masing node terletak di lokasi yang berjauhan antara satu dengan yang lainnya.

Network yang menggunakan link yang berupa jalur transmisi jarak jauh disebut dengan wide area network (WAN), sedangkan Network yang masing-masing nodanya terpisah dalam jarak yang lokal dan menggunakan link berupa jalur transmisi kabel disebut dengan local area network (LAN).

WAN atau wide area network merupakan jaringan dari sistem komunikasi data yang masing-masing nodenya memiliki lokasi yang jauh (remote location) antara satu dengan yang lainnya. WAN disebut juga sebagai remote Network atau eksternal Network atau long distance Network.

Sementara itu, local area network (LAN) adalah sebuah Network atau jaringan yang terbatas dalam hal area, dimana jaringannya dapat diakses dalam jarak area lokal. Network atau jaringan ini banyak digunakan dalam suatu perusahaan antar departemen-departemen dalam suatu gedung.

Transmisi data dalam local area network (LAN) memiliki kecepatan yang berbeda-beda dan dapat dikategorikan dalam beberapa kategori diantaranya sebagai berikut:

  1. High speed network (kecepatan lebih besar dari 20 MBps).
  2. Medium speed network (kecepatan antara 1 MBps sampai dengan 20 MBps).
  3. Low speed network (kecepatan lebih kecil dari 1 MBps).

Penutup

Terkait hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa sistem pengiriman data menggunakan komputer dapat disebut sebagai transmisi elektronik. Sistem transmisi elektronik sendiri melibatkan berbagai aspek, mulai dari media transmisi hingga perangkat yang digunakan dalam proses transmisi data.

Nah, itulah informasi yang dapat kami bagikan untuk kamu mengenai sistem yang digunakan untuk pengiriman data yang menggunakan komputer adalah. Semoga informasi yang kami bagikan di atas bisa bermanfaat untuk kamu dalam memahami proses transmisi data menggunakan komputer.

Bagikan:
Exit mobile version