Site icon Kuma Blog

Perkembangan dan Sejarah Sistem Operasi dari Setiap Generasi

Sebelumnya, kita telah membahas tentang komponen sistem operasi yang mendukung kinerja sistem agar dapat berjalan secara optimal. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sejarah sistem operasi atau disebut juga generasi sistem operasi yang ternyata memiliki perkembangan yang cukup signifikan dari awal hingga saat ini.

Sebelum muncul sistem operasi, orang-orang hanya bisa menggunakan sinyal analog dan sinyal digital untuk mengoperasikan komputer. Sehingga, adanya sistem operasi yang menjadi penghubung antara user, perangkat, dan hardware memberikan inovasi baru dari perkembangan informasi dan teknologi. Nah, untuk mengetahui lebih detail tentang perkembangan dan sejarah sistem operasi dari setiap generasi berikut penjelasan lengkapnya.

Perkembangan Sejarah Sistem Operasi

Peran sistem operasi yang sangat penting sebagai pengelola sumber daya secara keseluruhan pada sebuah perangkat tentu tidak terlepas dari yang namanya sejarah perkembangan sistem operasi tersebut.

Sistem operasi terbagi menjadi beberapa generasi dengan perubahan yang sangat cepat. Menurut beberapa sumber yang kami kumpulkan, sejarah sistem operasi terbagi menjadi 4 generasi menurut Tanenbaum dan berikut penjelasan tentang generasi sistem operasi tersebut:

1. Sejarah Sistem Operasi Pertama Tahun 1945-1955

Generasi sistem operasi pertama hadir pada tahun 1945 sampai 1955 yang bisa dibilang sebagai awal perkembangan sistem komputasi elektronik. Perkembangan sistem operasi pada fase ini menggantikan sistem komputasi mekanik. Hal tersebut dikarenakan sistem operasi mekanik membatasi berbagai aktivitas manusia seperti kecepatan menghitung yang terbatas, sangat rentan membuat kecerobohan, dan sering terjadi kesalahan serta kekeliruan.

Meskipun disebut sebagai generasi sistem operasi pertama namun pada fase ini belum ada sistem operasi seperti sekarang. Sehingga, sistem operasi masih berupa instruksi yang harus dikerjakan secara langsung. Intinya, pada generasi sistem operasi pertama manusia menyadari bahwa mereka membutuhkan perangkat komputer yang lebih canggih untuk mengatasi keterbatasan komputer mekanis.

Baca Juga:

2. Sejarah Sistem Operasi Kedua Tahun 1955-1965

Generasi sistem operasi kedua yaitu muncul pada tahun 1955 sampai 1965 yang disebut sebagai batch processing system. Sejarah sistem operasi pada masa ini memperkenalkan batch processing system sebagai inovasi komputer generasi kedua dengan mengumpulkan tugas-tugas dalam satu rangkaian kemudian dieksekusi secara berurutan atau sistematis. Program-program tersebut dikerjakan oleh komputer dan ditulis di tape.

Meskipun pada generasi sistem operasi kedua sudah menggunakan sistem operasi namun baru beberapa fungsi dasar saja yang tersedia misalnya Fortran Monitoring System (FMS) dan IBSYS sebagai layanan perangkat keras. Sebelum generasi sistem operasi kedua berakhir tepatnya pada tahun 1964, IBM mengeluarkan sistem komputer dinamakan komputer S/360 yang kompatibel dengan hardware dan berevolusi menjadi sistem 370.

3. Sejarah Sistem Operasi Ketiga Tahun 1965-1980

Selanjutnya, sejarah sistem operasi ketiga muncul pada tahun 1965 sampai 1980 dimana perkembangan sistem operasi mulai dikembangkan untuk melayani banyak pengguna sekaligus. Pada generasi ini, sistem operasi bisa digunakan untuk berkomunikasi secara interaktif melalui terminal online ke komputer (multi user). Selain itu, generasi sistem operasi ketiga juga mengembangkan dan melayani banyak program sekaligus (multi program).

Untuk mengimbangi perkembangan sistem operasi pada saat itu, maka sistem operasi juga dilengkapi dengan time sharing dan spooling di mana time sharing merupakan varian dari multi program yang melakukan proses untuk melayani pengguna aktif secara bergantian dan cepat. Sedangkan, spooling merupakan teknik yang digunakan untuk membuat peripheral yang seolah dapat digunakan secara bersamaan pada saat yang sama.

3. Sejarah Sistem Operasi Keempat Tahun 1980-2000

Memasuki generasi keempat sistem operasi sudah digunakan untuk jaringan komputer dimana user menyadari bahwa jaringan komputer yang digunakan saling terhubung satu sama lain. Oleh karena itu, generasi sistem operasi keempat tidak lagi fokus pada satu model pengolahan saja namun cenderung menggunakan banyak model pengolahan sekaligus. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kenyamanan sistem operasi yang mulai diperhatikan.

Perkembangan sejarah sistem operasi keempat terjadi pada tahun 1980 sampai 2000 di mana komputer sudah semakin canggih dan sanggup memberikan interface yang memenuhi kebutuhan user. Dalam hal ini, sistem operasi generasi keempat sudah mendukung page processing, time sharing, networking, soft real time application, dan lain-lain. Mulai dari generasi keempat ini, komputer mengalami perkembangan yang signifikan hingga saat ini.

Baca Juga:

Penutup

Demikianlah informasi yang bisa kami rangkum tentang perkembangan dan sejarah sistem operasi dari setiap generasi. Kesimpulannya, sebelum sistem operasi secanggih ini ternyata mengalami berbagai proses dan regulasi yang cukup signifikan. Hal ini menjadi bukti bahwa manusia terus berpikir dan melakukan inovasi untuk memudahkan aktivitas agar lebih optimal dan efisien dengan memanfaatkan teknologi.

Bagikan:
Exit mobile version