Pengertian, Fungsi, dan Contoh Alat Pemroses Komputer

Saat mengoperasikan komputer tentunya sangat membutuhkan alat pemroses atau disebut juga processing device. Pada dasarnya, alat pemroses komputer memiliki berbagai macam yang terbagi berdasarkan fungsinya. Unit proses komputer secara umum merupakan perangkat keras yang saling terhubung satu sama lain. Oleh karena itu, banyak sekali contoh alat pemroses komputer yang terintegrasi dan memiliki sistem kerja masing-masing.

Nah, untuk mengoptimalkan pengoperasian suatu komputer maka alat pemroses memiliki peran penting sebagai sebuah sistem yang mengikuti dan menjalankan instruksi (input). Bagi kamu yang sedang mencari informasi tentang pengertian, fungsi, dan contoh alat komunikasi komputer maka artikel ini akan memberikan rangkuman secara lengkap tentang unit proses komputer sebagai berikut!

Sebelum kami membahas lebih jauh tentang apa saja contoh alat pemroses komputer maka kami akan memberikan informasi tentang pengertian serta fungsi dari alat pemroses komputer atau processing device. Alat pemroses komputer merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah berbagai data input. Selanjutnya, alat pemroses akan mengubahnya menjadi output atau informasi yang diterima oleh user.

Selanjutnya, fungsi alat pemroses sangat kompleks dan tergantung pada komponennya. Secara garis besar, unit proses komputer memiliki fungsi untuk menjalankan berbagai input yang diterima dalam komputer kemudian menjadikannya data yang berbentuk informasi. Sehingga, pengguna atau user mendapatkan respon dari berbagai proses sistem operasi yang dilakukan secara mudah, cepat, dan stabil. Berikut penjelasan lengkapnya!

Pengertian, Fungsi, dan Contoh Alat Pemroses Komputer new NEW

1. CPU atau prosesor

CPU atau disebut juga processor berfungsi sebagai otak komputer untuk mengendalikan berbagai proses. Satuan kecepatan yang ada di prosesor disebut Mhz sehingga semakin besar nilai Mhz maka semakin cepat aksesnya. CPU bisa dibilang sebagai unsur penting dalam sistem komputer dan CPU membutuhkan lebih dari satu papan sirkuit atau mikroprosesor yang ditentukan dari ukuran mesinnya. 

2. Motherboard

Motherboard berbentuk papan sirkuit yang berisi berbagai komponen dan berfungsi sebagai tempat setiap komponen untuk saling terhubung satu sama lain. Motherboard juga berfungsi mengatur daya listrik, lalu lintas komponen, perangkat input, dan sebagainya. Adapun komponen yang ada dalam motherboard antara lain RAM, prosesor, VGA card, LAN card dan lain-lain.

3. RAM (Memori Sementara)

RAM berfungsi sebagai memori sementara dan sangat mempengaruhi kecepatan proses serta akses dalam komputer. RAM juga disebut sebagai penyimpanan volatile yang akan menyimpan memori kerja sementara sehingga saat dimatikan RAM akan menghapus berbagai data yang tersimpan. 

4. ROM atau Memori Permanen

ROM atau penyimpanan permanen berfungsi untuk menyimpan data yang hanya bisa dibaca saja dan tidak dapat diubah maupun diperbarui. Sehingga, saat komputer dimatikan maka ROM akan menyimpan berbagai data dan bisa diakses lebih cepat oleh prosesor saat dihidupkan. 

5. VGA Card dan Sound Card

Selanjutnya, kedua perangkat ini termasuk dalam alat pemroses komputer sebagai pengolah data grafis yang akan dikeluarkan atau output. VGA card biasanya mengolah data grafis untuk ditampilkan ke layar monitor komputer. Sedangkan, sound card memiliki fungsi untuk melakukan proses data berupa suara.

6. LAN Card

LAN merupakan kartu yang terpasang di mainboard dan berfungsi sebagai alat pemroses komputer yang menghubungkan komputer dalam satu jaringan. Sehingga unit proses komputer yang satu ini akan menjalankan peran sebagai alat proses sinyal untuk data jaringan sehingga komputer dapat terhubung dengan internet dengan lebih mudah.

7. Power Supply

Satu lagi unit proses komputer yang memiliki peran untuk menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan komputer sehingga masuk dalam kategori perangkat input. Dengan adanya power supply, komputer dapat mengelola aliran listrik atau menyimpan aliran listrik sehingga bisa digunakan untuk mengoperasikan komputer agar tetap hidup dengan stabil. 

8. Floppy Disk, CD ROM, Hardisk, DVD ROM, dan CMOS

Kelima perangkat pemroses diatas merupakan kategori penyimpanan data yang mendukung proses pada komputer. Floppy disk berfungsi menyimpan data dari medium penyimpanan magnetis yang tipis dan lentur. CD ROM berfungsi membaca data pada compact disk audio,

DVD ROM juga memiliki bentuk yang sama namun berfungsi membaca data pada DVD. Hardisk merupakan penyimpanan utama pada komputer dan CMO merupakan penyimpanan konfigurasi bersifat semi permanen.

Penutup

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang pengertian, fungsi, dan contoh alat pemroses komputer yang terdiri dari berbagai macam komponen dan perangkat yang saling terintegrasi satu sama lain. Sehingga unit  proses kmputer mengoptimalkan suatu kinerja komputer agar lebih optimal dalam melakukan proses input dan output data.

Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *